Tuesday, 27 December 2016

3 Cara Mudah Membersihkan Tirai Tanpa Jasa Laundry

Sebagai ibu rumah tangga, tentu kita pasti memperhatikan hal-hal kecil yang ada didalam rumah pastinya ya. Dari penempatan sampai sesi kebersihan, semuanya tergantung ibu rumah tangga. Dan yang gak pernah luput dari perhatian seorang wanita untuk rumahnya adalah tirai. Tirai bukan hanya menjaga privasi isi rumah kita dari luar, tirai juga bisa menjadi pelengkap dekorasi rumah menjadi cantik. Namun, menggunakan tirai perlu perhatian yang khusus untuk merawatnya sebab tirai cenderung menyerap bau yang berasal dari dalam rumah seperti asap rokok hingga bau yang berasal dari dapur. Oleh karena itu, jika dirumah kita menggunakan tirai, kita harus ekstra untuk merawatnya.

Selain untuk privacy, Tirai juga sebagai penghias rumah yang sangat penting


Merawat tirai sebenarnya mudah, pastikan debu tidak menempel di tirai selama berbulan-bulan. Pastikan untuk membersihkan tirai dalam kurun waktu 3 bulan sekali agar tirai tetap bersih dan selalu dalam kondisi yang baik. Berikut ini cara mudah membersihkan tirai yang bisa kita lakukan sendiri dirumah tanpa perlu jasa laundry.

Sunday, 25 December 2016

Hikmah - Belajar Membiasakan Hal Baik

Kemaren, si Mas ngajakin saya bertemu dengan sahabatnya saat ia masih sekolah di Tebu Ireng. Awalnya mas Joo ragu-ragu mau dateng,

"Dateng gak dek?" Katanya, padahal udah ngasih tau kalau mau ngajakin saya dan Kinza buat ketemu sama temennya.

Kinza dan sahabat Abi-nya


"Lhoh gimana sih, kan mas yang pegang kendali, malah ragu sendiri" kata saya. Ya sudah akhirnya kami berangkat ke Tebu Ireng buat jumpa sama sahabatnya. Ada banyak hal yang saya pelajari disetiap pertemuan saya dengan orang-orang baru. Dari sosok orang baru sampai lingkungan yang saya datangi hingga kejadian-kejadian menarik yang gak bisa dilewatkan begitu saja. Saya, mempelajari semua dengan pikiran sederhana dan evaluasi diri untuk jadi lebih baik.


Si Anak sadar Sampah


Ya.. jangan sebut ini sesuatu yang jelek ya, anak sahabat suami saya ternyata peduli banget sama sampah. Badannya yang tambun dan murah senyum ini namanya Faruq. Beberapa kali bermain sama Kinza dan Kinza sendiri adalah anak yang supel -mungkin seperti saya haha- akhirnya mereka bermain sebentar. Usia Faruq mungkin sekitar 6-7 tahunan gitu. Kesadarannya akan sampah membuat saya belajar buat membiasakan anak-anak untuk selalu membuang sampah ditempatnya. Faruq mengambil sampah yang dibuang oleh tangan tak bertanggung jawab di dalam Masjid Terbuka depan SMP Tebu Ireng. Meski kata Bundanya Faruq adalah anak yang paling cuek dari ketiga saudaranya dalam urusan kebersihan, ternyata pengaruh keluarga di dalam rumah sangat menentukan sikap anak-anak diluar rumah.

Sesamai di rumah, saya sedikit malu dengan diri saya sendiri yang kurang perhatian dengan kerapian, akhirnya.. saya mulai peduli dengan barang-barang kecil yang membuat berantakan.

Budaya Antri, hal yang sulit diterapkan


Saya membayangkan ketika saya punya anak kecil dan kebelet pipis tapi gak ada yang mau ngalah saat di tempat umum. Jadi ceritanya kemaren saya mengalami hal ini. Hampir setengah jam saya antri di depan kamar mandi gara-gara diserobot beberapa kali. Kemudian hal lain yang membuat saya kagum dengan sangat berpengaruhnya kebiasaan kecil tentang toleransi ketika ada anak kecil usia sekitar 4 tahunan yang lagi kebelet pipis, gak dikasih kesempatan untuk masuk duluan. Ada 3 pintu kamar mandi disana, dan miris, para ibu-ibu itu bener-bener kayak gak pernah punya anak kecil.

Saya sendiri ngawasin dan senyum-senyum gak jelas. Jelas-jelas sekali budaya nyrobot antrian orang ini memang bisa dibilang tindakan gak punya malu. Istilahnya, mengambil bagian orang lain tanpa izin dan hanya kesadaran diri yang bisa membuatnya berubah. Kesabaran seolah gak bisa ditahan! kalau ngomongin kebutuhan, tentu saja semua orang butuh, saya malah mikirnya.. Orang-orang seperti ini akan menimbulkan banyak perdebatan dan bisa bikin berantem.

Membiasakan hal baik sejak sangat dini


Dari sana, ada keinginan kuat dalam diri saya untuk membuat anak saya tidak seperti mereka ketika dewasa. Toleransi dan mendahulukan hak orang lain, mendahulukan yang seharunya memang harus duluan serta bersikap sabar dan mengerti keadaan orang lain itu sangat penting. Empati dalam diri memang benar-benar harus dibentuk sejak sebelum ia bisa membaca dan kenal huruf. Budi pekerti dan akhlaklah yang utama, bukan yang lain.

Friday, 16 December 2016

Cara Mudah Membuat Susu Kedelai

Bisa dibilang, susu kedelai dan keluarga kecil Mr. Jooizzy adalah penyuka sari kedelai. Saya dan Kinza anak kami terutama, suka sekali minum susu kedelai. Rasanya yang gurih dan khas membuat Kinza kadang selalu minta uang buat beli susu kedelai di tetangga dekat rumah.

"Um.. Bili cucu lele..."

Logatnya yang lucu minta uang buat beli susu kedelai haha.. Sementara saat ini, saya sedang program hamil kembali, suami minta saya banyak mengkonsumsi susu, sayuran serta mengurangi makanan instant. Susu kedelai juga disuruhnya minum banyak-banyak. Baru mulai program hamil lagi, semoga Allah memberi amanah kembali, apapun jenis kelaminnya, cewek lebih mau haha, ini pasrah apa ngarep ya. :D

 


Saturday, 3 December 2016

Tampil Gaya dengan Batik? Siapa Takut

Batik, yang merupakan produk asli milik Indonesia ini memang belakang menjadi salah satu fashion yang sudah banyak digadrungi oleh berbagai kalangan. Bukan hanya orang atas saja yang mengenakan batik, bukan hanya pegawai negeri dan abdi negara, tapi kalangan bawah pun kini sudah menggunakan batik sebagai fashion favorit sehari-hari.

Galeri Batik Indonesia image from blibli.com


Dahulu, saya adalah orang yang paling males pakai batik karena model dan gayanya yang begitu-begitu saja. Saya menganggap batik adalah pakaian yang terlalu resmi buat saya yang bukan orang kantoran atau semacamnya. Ternyata, anggapan saya selama ini tentang batik hanya karena saya belum tahu saja, bahwa orang Indonesia harus bangga pakai batik. Karena dengan memakai batik, merupakan bukti cinta kita kepada tanah air dengan setidaknya memiliki dan membeli Produk Kreatif 100% Indonesia yang Mendunia ini.

Sejarah batik


Batik, sejak 2 Oktober 2009 telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi. Kata batik berasal dari bahasa jawa “tik” yang memiliki makna matik atau membuat titik yang kemudian menjadi kata Batik. Batik juga menjadi salah satu kerajinan yang mempunyai tingkat nilai seni yang tinggi dan menjadi salah satu budaya yang dimiliki Indonesia.

Friday, 2 December 2016

Cara Membuat Brownies Kukus, Murah dan Mudah

Semenjak ada di Jawa, saya kerap sekali membuat cemilan ala kadarnya dirumah dengan bahan dan peralatan seadanya. Bermodal koneksi internet, saya mencoba membuat sesuatu yang pengen saya makan, tanpa beli. Ya.. itung-itung menghemat uang jajan dan melatih diri untuk bisa bikin apa saja. Selama bahannya mudah dicari dan tidak membutuhkan banyak waktu, saya akan praktek membuat kue rumahan ini.



Awalnya, saya bahkan gak ngerti apa itu baking soda, fermipan, baking powder dan bahan-bahan membuat kue lainnya. Namun lama kelamaan, saya bahkan gak pernah kosong untuk nyediain barang-barang untuk membuat kue seperti tepung terigu, mentega, meses, keju, pewarna makanan, vanili dan lain-lainnya. Bahkan kotak dan plastik untuk membungkuspun saya punya lengkap. Ya.. lengkap-lengkap ala ibu rumah tangga baru lah haha. Bagaimana dengan cetakan kue, saya punya banyak ukuran dan bahan ^_^.

Wednesday, 30 November 2016

Tips Jalan-Jalan Tetap Menyenangkan Meski Mobil Mogok

Bagi beberapa keluarga termasuk saya, acara keluar bareng sama suami dan anak adalah sesuatu yang sering kita lakukan. Selain mendekatkan diri satu dengan yang lainnya, jalan-jalan ternyata juga bisa membuat kita makin sayang sama pasangan. Kalau sama anak jelas sayangnya ya.. Karena dia belum tau apa itu kasih sayang, ya.. cukup memberikan kasih sayang sama yang udah ngerti aja, suami ;).

Setiap akhir pekan, pasti banyak keluarga yang merencanakan jalan-jalan bareng. Tapi, tidak banyak keluarga yang merencanakan bakalan ada kejadian mobil mogok ditengah jalan saat suasana hati sedang senang. Nah.. tips jalan-jalan menyenangkan meski jika nanti ada cerita mobil mogok karena Aki yang ngambek tanpa persetujuan kita, cuz yuk..

Menyiapkan Uang lebih


Selalu menyiapkan uang lebih saat bepergian adalah pikiran dan niat yang baik sebelum kita jalan-jalan bersama keluarga. Tujuannya adalah untuk berjaga-jaga saat terjadi sesuatu ditengah jalan seperti ban bocor atau mogok. Dengan yang lebih, maka kita tidak akan khawatir lagi untuk tetap senang meskipun ada kejadian kurang menyenangkan.

Membawa bekal makanan


Kadang, acara mobil mogok memang merusak suasana santai bersama keluarga. Oleh karena itu, hendaknya kita yang berprofesi sebagai seorang ibu, sudah memperkirakan hal-hal yang bisa membuat anak ribut ditengah jalan. Membawa bekal makanan yang cukup, akan mengatasi kebosanan karena menunggu mobil yang sedang diperbaiki.

Hubungi Shop N Drive


Nah ini cara yang paling mudah diterapin dan paling membantu mengatasi maslah mogok dijalan karena AKI soak. Dan.. Mungkin banget, mobil mogok pas tengah malam atau jauh dari bengkel mobil yang paling nyesek ada bengkel tapi tutup. Sekarang, kamu gak perlu khawatir lagi dengan masalah teknis seperti itu, apalagi kamu tinggal di kota besar. Kini ada Shop And Drive yang bisa kamu  Call di nomor 15-000-15 untuk mendapatkan layanan GS Astra Delivery. Kapanpun dan dimanapun, karena selama 24 jam 7 hari, GS Astra Delivery gak pernah tutup. Itu artinya, meskipun mobilmu mogok ditengah jalan saat sedang liburan bareng keluarga, cukup hubungin 15-000-15.

Semoga, selanjutnya Shop And Drive GS Astra Delivery semakin menyebar dipenjuru negara Indonesia, agar semakin nyaman perjalanan yang kita lakukan. Semoga membantu ya..

Artikel ini saya ikut sertakan dalam Kompetisi Bercerita Shop N Drive - #GSAstraDelivery.

Monday, 28 November 2016

Tips Sukses Melatih Toilet Training, Perkembangan Kinza Setelah 12 Hari

Akhirnya kembali lagi setelah hampir 2 minggu saya melatih Kinza untu pipis ke kamar mandi, setelah hari pertamanya anak 2 tahun toilet training hasilnya? Sangat memuaskan. Kinza sudah tidak ngompol lagi, sama sekali sampai hari ini. Sebenarnya, saya sudah mencoba toilet training sejak Kinza berumur 2 tahun, tapi ya gitu deh... saya udah nyerah duluan baru dapet satu jam 😂. Akhirnya.. saya pakein popok lagi sampai beberapa minggu saya coba lagi nyerah lagi. Begitu seterusnya sampai 3 kali. Hingga akhirnya yang terakhir kemaren itu ceritanya popok Kinza habis sementara hujan dan kalau beli harus ambil uang dulu di ATM karena gak ada uang dirumah.



Karena keadaan terpaksa itulah akhirnya saya melepas popok Kinza dan membiarkannya mengompol haha.

Friday, 25 November 2016

Manisan Salak, Seger Bikin Ngiler

Setiap pulang ke rumah ibu di desa Wonosalam, saya selalu pulang dengan harta ghonimah yang nyaris sampai gak bisa kebawa sama motor. Maunya, kalau musik lagi bawa mobil aja kali ya biar muat banyak 😋. Emak saya sendiri, kalau saya pulang ada aja yang mau dibawakan. Jadi keinget waktu masih di Tanah Grogot, Paser, Kalimantan Timur dulu, Mama mertua juga kayak gitu, suka nyariin segala macam di kebun buat dibawa pulang ke rumah kontrakan. Dari sayur, kelapa muda, ikan, krupuk dan masih banyak lainnya, oh ya.. beras juga wwkwkwkwk.



Enak sih jadi anak itu, selalu diperhatiin orang tua, meski saya atau suami sudah berumah tangga, tetep diperhatiin gitu lah. Apalagi saya sebagai mantu yang cerewet dan gak bisa diem, mama mertua jadi juga sama crewetnya kayak saya, nyambung 😂.

Nah kembali lagi ya.. Jadi ceritanya kemaren saya dibawain banyak banget buah dan sayur dari rumah emak. Dari nanas, pisang, salak, nangka muda, daunsingkong, daun pepaya juga kelapa buat masaknya. Sekarung enggak cukup beneran haha. Salak yang dikasih ada 2 jenis, salak pondoh dan yang jenis lainnya, kita nyebutnya salak pager karena ditanemnya buat magerin kebun haha. Salaknya rasanya campur-campur, manis, kecut, sepet  kayak nano nano lah. Kebetulan banyak, jadi saya bagi sama tetangga depan, kanan, kiri rumah saya.

Thursday, 24 November 2016

Kelebihan Wanita yang Justru Tidak Disukai Pasangannya

Ya.. Haloo.. Mrs. Jo datang lagi dengan category Hubungan haha..

Emang, kalo ngebahas hubungan rasanya gak pernah ada habisnya yaa.. Selalu asik dan renyah 'kriuk' kayak ngemil rempeyek.. Gak akan berhenti kalau gak abis. Entah itu cinta yang bahagia ataupun cinta yang gak bahagia-bahagia amat, pokoknya kalau ngebahas cinta, bawaannya alay dan susah move on. Daaaannn Kadang, jadi wanita itu memang mudah-mudah sulit, apalagi wanita yang punya banyak kelebihan. Dan beberapa kelebihan wanita yang malah dibenci laki-laki ini kadang ga kita sadari sebagai pemilik kelebihan ya.. :D. Okee... Kita cus aja yuk..


Kelebihan Ngomong


Hayoo.. wanita mana yang gak suka ngomong dan bicara nyerosos sana-sini. Lumrah memang, malah yang fenomenal, kejadian kepasar perbandingan laki-laki dan perempuan dari beli bawang merah jika lelaki yang ditanya dari mana, pasti mereka cuma bilang beli bawang merah. Tapi, coba wanita yang ditanya, bisa lanjut ke cabe, bawang putih, ayam dan banyak lagi.




Tuesday, 15 November 2016

Pengalaman Toilet Training Anak 2 Tahun, Hari Pertama

Mendung sudah sejak pagi-pagi sekali mengintip di permukaan langit, seolah tak mau melepaskan mentari pergi begitu saja, meninggalkannya. Udara semilir, udara yang paling saya suka karena tidak membuat badan saya menebar harumnya, keringat bercampur entah apalah yang saya sendiri malas untuk menciumnya. Setidaknya.. suasana itu yang ada pagi ini di Jombang, Jawa Timur.

Sejak beberapa bulan yang lalu, jadi ceritanya saya itu sudah mau melakukan toilet training  untuk kesayangan saya Kinza. Target bisa lepas popok diawal usianya yang ke 2 ternyata gagal total, cuma satu alasannya, saya males ngepel akibat ompol yang jadi sebab najis dimana-mana. Tapi, setidaknya saya sudah mencoba untuk melepas popok Kinza walau hanya beberapa jam saja, itu perjuangan, harus dihargai karena belum ada satu jam saya ngepel 4 kali haha. Dasarnya anak bayi, mau digimanakan lagi, belum ngerti dan gak pernah diajari, salah siapa?



Sunday, 13 November 2016

Usia Cantiknya, Memberi Banyak Pelajaran Hidup Untukku

"Mak.. mudahnya Sampean ngasih?"

Begitulah kata yang saya ucapkan kepada ibu saya, ketika beliau bercerita bahwa ada sepupu yang baru menikah akan meminjam uang kepadanya.

"Ya.. soale aku ngerti rasane ndok, pie rasane gak ndue duit tapi gak nok seng ngekei utangan, padahal kebutuhan mendesak"  (ya.. karena saya tahu bagaimana rasanya tak punya uang dan gak ada yang memberi pinjaman sedangkan kita butuh sangat mendesak)

Tentu saja, ada banyak kisah yang bisa saya jadikan pelajaran hidup dari kisah emak saya. Bagaimana beliau berperilaku kepada saudara, tetangga, kepada suami, kepada anak-anaknya bahkan kepada uang yang ia miliki. Semuanya tertata, cermat! Dibalik kemurahan hati Ibu saya, ada berjuta cerita sedih yang sudah beliau lalui.

Emak, saya dan kedua adik saya :)


Kala itu, tahun 1990 kami sekeluarga adalah seorang transmigran yang ada di Sumatera Utara. 8 tahun berada disana, sukses membuat saya menjadi gadis yang tidak mudah bergaul karena hidup ditengah hutan. Pekerjaan emak dan bapak saya adalah membelah hutan dan mencoba menyulapnya menjadi lahan yang pantas untuk ditinggali dan bercocok tanam. Tak heran jika ibu saya yang seorang wanita ini harus melakukan pekerjaan-pekerjaan kasar di lahan rimbun dan seolah tak peduli wajahnya terkena  teriknya sinar matahari setiap hari. Dari mencangkul, potong rumput sampai mencari kayu bakar semua sudah dilakoninya.

Mungkin, saat itu tidak ada dalam kamus emak saya untuk menjaga kulitnya. Bagaimana tetap halus atau tetap cerah seperti yang sering dilakukan oleh wanita kebanyakan. Bahkan ancaman sinar matahari yang bisa menyebabkan wajahnya rusak serta masalah lain seperti keriputpun diabaikannya. Andai beliau bisa, andai beliau mampu.. saya yakin sebagai wanita, ia pasti ingin merawat kulitnya dengan baik.



Tentu saja bukan tanpa sebab kenapa ibu saya begitu cueknya dengan wajah cantik yang ia miliki. Keadaanlah yang memaksanya untuk terus menyakiti wajahnya. Hanya bahan-bahan alami seperti sayuran dan buah-buahan yang ia tanamlah yang membantu memperbaiki kulit wajahnya, tanpa ia sadari. Toko-toko kosmetik yang jauh dan sangat sulit dijangkau dari tempat kami. Jikapun ada, mereka hanya menyediakan kebutuhan pokok saja. Pasar yang baru bisa dijamah dengan berjalan kaki selama semalam suntuk serta membelah gelapnya hutan dengan penerangan jalan seadanya, lampu minyak tanah. Jangankan setiap hari, belum tentu dalam sebulan kami bisa melihat hiruk pikuk pasar.

Saat ini, noda-noda hitam diwajahnyalah yang menjadi saksi bagaimana kerasnya ia menjalani kehidupan masa mudanya. Bukan hanya secara lahir saja yang bisa terlihat oleh orang lain. Tapi, lebih kepada batin yang terlihat dari bagaimana beliau menyikapi setiap masalah yang ada. Lebih sabar, lebih cermat dalam keuangan, bijaksana dan selalu menjalin komunikasi yang baik dengan kami anak-anaknya serta tidak menggampangkan kemudahan dan fasilitas.



Beruntunglah kita, yang hidup dengan  kecukupan, kemudahan dan fasilitas yang serba ada. Kita bisa melakukan apapun yang kita mau tanpa terhalang situasi dan akomodasi. Kita bisa berkarya sebebas yang kita mau tanpa terhalang keadaan yang memaksa kita tidak bisa. Justru keinginan dalam dirilah yang harus selalu dipacu untuk terus melahirkan karya-karya terbaik yang orang lain butuhkan. Ya.. hanya keinginan dalam diri. Tanpanya, sama saja kita seperti hidup berada dalam hutan, tanpa lampu, tanpa internet, tanpa fasilitas. Hutan yang kita ciptakan sendiri.

Begitulah kisah ibu saya dan pelajaran yang dapat saya bagi, wanita kelahiran tahun 1971 ini hingga kini masih sehat di usia cantiknya. Guratan wajahnya yang semakin terlihat, menandakan usianya kini kian berharga, tak peduli bagaimana ia dulu berusaha dengan sangat keras akan hidup, kini saya hanya berharap semoga beliau semakin bahagia menjalani usia cantiknya.

Saya sendiri bertanya-tanya, apakah saya bisa memiliki wajah dan kepribadian yang sama saat  bertemu dengan usia cantik saya nanti. Akankah saya bisa seperti ibu saya yang bisa mempertahankan kecantikannya hingga usianya semakin bertambah seperti sekarang. Yang bisa saya lakukan hanyalah memanfaatkan kesempatan dan kemudahan fasilitas dengan mulai merawat wajah mulai sekarang, semoga diusia cantik saya kelak, saya bisa sebersinar ibu saya, bahkan bisa lebih baik darinya.

Lomba blog ini diselenggarakan oleh BP Network dan disponsori oleh L’Oreal Revitalift Dermalift.


Thursday, 10 November 2016

Keuntungan Bekerja Dekat dengan Anak

Postingan ini terinspirasi dari chat saya di grup sekolah dulu. Awalnya sahabat saya bilang dia sedang di Halmahera, dengan ngawurnya dia bilang itu kampung halaman saya kwwkw. Padahal dia tahu betul saya orang Jawa asli. Salah seorang teman menimpali,

"Ngapain kamu kesana?"

"Sebagai bapak yang tugasnya cari nafkah" Katanya simple..

"Lah.. aku, bapaknya cari nafkah tapi aku gak pernah ditinggal lho.. Enak ditungguin terus, terlebih bisa ngawasin anak bareng-bareng"



Begitulah awalnya..

Banyak orang tua yang biasa meninggalkan buah hatinya bersama eyangnya atau pembantunya sendiri dirumah. Tentu saja semua itu bukan karena ataupun dengan keinginan mereka sendiri. Banyak sebab orang tua meninggalkan anak-anaknya saat ia masih berusia dini. Dari tuntutan pekerjaan, karir sampai situasi yang memang seharusnya begitu. Disini, saya tidak akan membahas sikap-sikap ibu yang meninggalkan anaknya dirumah sendiri dengan orang lain, karena saya tahu, semua orang berbeda menurut kesepakatan rumah tangga dan kebutuhannya masing-masing pasangan.

Hanya saja, sebagai seorang ibu yang tidak bekerja diluar rumah dan selalu bisa berada didekat anak-anak. Saya merasakan beberapa hal yang mungkin tidak dirasakan oleh ibu pekerja. Dan begitupun sebaliknya, saya juga tidak bisa merasakan apa yang dirasakan oleh ibu bekerja saat meninggalkan anaknya dirumah atau di penitipan anak.

Bisa mengawasi anak bersama


Kadang, sang ayahlah yang sangat jarang bertemu dengan buah hati. Mereka harus bekerja diluar rumah dari pagi hingga sore hari. Sedangkan saya dan mas Joo, selalu bersama dalam satu rumah karena pekerjaan kami. Dan untungnya, kami memiliki pikiran yang sama soal mendidik anak ini. Kadang, memang saya bisa sangat kesal dengan tingkah Kinza yang gak bisa diam. Bahkan, mau pake baju saja bisa memakan sampai 15 menit. Saling kejar, gak mau dipakein baju, lari kesana kemari, duh! Tapi Abinya itu sabarrr banget sama Kinza, jadi cemburu juga :D.

Ada banyak hal yang harus kami luruskan dan kami diskusikan, seperti tidak mudah menerima barang dari orang lain sampai mengajarinya untuk mudah berbagi dengan temannya.

Abi Kinza sendiri tidak mengizinkan saya bekerja diluar rumah sedangkan saya sendiri memang tipe-tipe wanita rumahan :D. Dan menurutnya.. wanita menikah memang harus dirumah, saya sih manut-manut saja, karena saya percaya, pembagian fitrah suami istri memang sudah ada, begitu saja.

Thursday, 3 November 2016

Jenguk Mbah Putri, Kinza Sudah Mulai Berani Komunikasi

Semalem, Kinza njenguk Mbah Putri, ibu dari Ama-nya Izzah. Sebenarnya, Kinza adalah anak yang bisa bergaul dengan siapa saja. Dia mudah bergaul seperti saya, gak takut untuk mendekat ataupun salim dengan orang yang baru dilihatnya. Tapi ada pengecualian, Kinza gak mau salim sama orang yang kelihatan tua hahaha, duh anakkuu... malu Ummi nak nak.. kalau sama yang sepadan dan sepantaran sama dia, langsung mau dan mengakrabkan diri.



Berani Menjawab ketika ditanya


Meskipun kadang Kinza masih malu-malu, dia kadang berani menjawap pertanyaan dan menolak sesuatu dengan lawab bicaranya. Kalau dengan saya dan Abi-nya, Kinza memang sudah biasa  menolak kalau dia tidak suka dengan sesuatu. Kami memang membiasakan untuk memancing Kinza bercerita dan menjawab ketika ditanya. Tujuannya tentu saja agar Kinza berani ngomong, meski bukan dengan saya dan Abi-nya.

Tetap Aktif dimanapun dia berada


Kinza dan mungkin sebagian besar anak batita semuanya pasti gak kenal takut jika berada ditempat baru. Kebetulan kemaren dirumah sakit, Mbah Putri berada di ruang VVIP jadi kondisinya sangat baik dan tenang. Kinza minta keluar dan berlari kesana kemari seperti ada dirumah sendiri. Ya.. Abinya yang jagain, saya mah dah capek gendong dia dari parkiran sampai halaman rumah sakit. Meski Kinza dah ribut minta turun sejak turun dari motor, tapi banyak motor jadi ya saya yang ngalah :D.

Akhirnya, sekitar satu jam kami disana, Kinza sudah dapat makan kue, BAB dan nangis karena jatuh. Pas pulang, Kinza malah dibawain buah dari Rumah Sakit, duh.. yang njenguk malah dapet oleh oleh hehehe. Yang penting, Kinza sudah mulai berani dengan orang lain, dan gak selalu mbuntut sama Umminya hehe.

Friday, 28 October 2016

Pudding Jagung, Makanan Murah, Enak dan Bergizi

Alhamdulillah.. ketemu lagi dengan hari jum'at, semoga hari ini kembali membawa banyak keberkahan untuk kita semua ya. Di Mrsjo.Com hari jum'at waktunya share tentang resep masakan sederhana yang sudah saya buat untuk Kinza dan Abinya, mas Jo :D.

Jadi, ceritanya waktu itu saya jalan-jalan di blog salah satu teman blogger yang baru saya kenal. Dan gak sengaja saya baca resep pudding jagung yang ada diblognya. Saya jadi inget dulu nenek saya suka membuat bubur dari jagung kalau beliau sedang panen jagung. Bukan jagung manis ya, jagung biasa sama beliau diparutnya. Ennaaakk banget rasanya, jadi kayak kangen gitu lah, akhirnya saya bikin Pudding jagung yang di mix dengan pudding susu yang biasa Kinza sukai.


Manfaat dan Kandungan Jagung

Jagung, menjadi salah satu bahan pangan yang memiliki kandungan karbohidrat yang cukup penting seain padi dan gandum. Setiap 100 gr, terdapat 365 kalori. Kandungan lengkapnya bisa dilihat dalam tabel ini ya..


Resep Pudding jagung

Sebenarnya, ada banyak sekali makanan yang bisa dibuat dari jagung. Saya sendiri sering membeli nasi jagung yang biasanya lewat didepan rumah. Rasanya yang khas membuat nasi jagung berbeda, apalagi dimakan dengan urap-urap dan ikan asin, hmmm langsung lapar rasanya haha,, Oke, kali ini saya akan kasih resep pudding jagung yang simple ini ya..
  • 3 Buah jagung manis, blender dan saring
  • 1 Sachet agar-agar bubuk tak berwarna
  • Gula, disesuaikan saja, kalau mau manis bisa dikasi 5-6 sendok makan, tergantung selera
  • Sejumput garam
  • Santan dari setengah kelapa, ambil yang kental saja

Cara membuat pudding jagung


Jadi, perhitungannya begitu, kan agar-agar yang ukuran besar butuh 900ml air, dari sana kita ukur blender jagung yang sudah disaring berapa ml, ditambah dengan santan yang sudah diperas. Nah jika jagung blendernya 300 ml, berarti tinggal tambah 600ml untuk santannya. kalau ingin kental dan lebih padat, kurangi santan dan bisa ditambah dengan larutan tepung maizena. Sudah gitu aja, rebus semua bahan sampai mendidih ya...

ini penampakan belakang agar-agarnya ya...

Nah, untuk lapisannya.. saya juga pake agar-agar yang ditambah dengan susu kental manis dan gula. Untuk hasil yang bagus, saat menuang lapisan yang kedua, usahakan lapisan pertama gak terlalu dingin juga gak begitu panas agar ada skatnya. Kemudian untuk lapisan barunya, usahakan dituang dalam keadaan panas agar lapis pudding menempel dengan sempurna. Sudah begitu saja :D.

Jadi, kapan kamu bikin pudding jagung kayak saya? 

Wednesday, 26 October 2016

Catatan Tumbuh Kembang Kinza

Menjadi Ummu Kinza, saya sudah sepatutnya bangga dan bersyukur kepada Allah atas hal tersebut. Anak batita yang sudah berumur 29 bulan ini, bisa saja membuat saya dan Abi-nya tersenyum, saling memandang bangga dan bahagia. Tanggal 18 kemaren, tepat Kinza berusia 29 bulan, sebagai catatan saya, akan saya list kegiatan-kegiatan apa saja yang sudah bisa dilakukan anak berusia 2 tahun 5 bulan ini. Sejak lama saya sudah pengen sekali menulis jurnal tentang Kinza, dan InsyaAllah setiap hari Rabu saya akan mengulas segala tentang Kinza, baik saat dia waktu bayi ataupun tumbuh kembangnya saat ini.


Mungkin, bisa dijadikan acuan untuk putra-putri kita, tumbuh kembangnya sejauh mana dan sudah sepantasnyakah ia melakukan hal-hal demikian atau belum terjadi yang seperti ini. Ya.. sebagai ukuran kasar saja, karena saya juga bukan seorang dokter anak yang tahu betul tentang tumbuh kembang balita 2 tahun. Atau nanti buat saya juga, kalau Kinza udah punya adek, sama atau enggaknya saya akan tau.

Baiklah.. Biar kita sebagai emak-emak rempong yang sayang anak dan ingin mereka tumbuh dengan baik.

Pertama, apa sih tumbuh kembang itu?


Disini, saya tidak akan menggunakan istilah medis yang sulit dimengerti oleh orang awam seperti saya. Kesimpulan dari apa yang saya baca dari website-website terpercaya, Tumbuh kembang balita adalah salah satu bentuk perubahan anak-anak yang memiliki tahapan-tahapan tertentu sesuai umurnya. Seperti umumnya, anak-anak akan bisa melakukan hal tertentu saat ia berusia 1 tahun atau 2 tahun. Kemampuan ini terjadi karena sel-sel didalam tubuh seorang manusia dalam usia pertumbuhannya yang semakin banyak dan tentu saja semakin mengarah ke arah yang lebih baik tentunya ya.

Mengapa harus diabadikan


Bisa saja suatu saat nanti, ia akan membacanya sendiri catatan Ummiya, bagaimana dia menjalani kehidupannya di masa-masa emas, 1000 hari pertama yang belum terlewatkan ataupun kelak masa sekolah dan remajanya. Membayangkan saja saya senang kalau diperlakukan seperti itu hehe.

Dari mana kita mulai


Mari kita mulai dari pembukaan dulu ya.. Selanjutnya.. nantikan artikel Journal Kinza yang bisa kita sebut dengan belajar parenting ini. Jurnal adalah perjalanan yang tertulis, seperti kisah saya di blog jombloku hehe..

Friday, 21 October 2016

Trancam, Makanan Segar Buat Kamu yang Suka Sayur Mentah

Halooo.. ketemu lagi di hari Jum'at yang penuh berkah. Dan seperti biasa, saya akan membagi resep makanan yang biasa saya masak dirumah untuk suami dan Kinza. Makanan sederhana saja, yang murah meriah dan gampang carinya. Beberapa hari yang lalu, Mas Jo meminta saya membuatkan trancam untuknya. Mungkin ia udah bosan dengan sayur bening atau apalah gitu ahahha.. Maklum, kadang si Mas cuma ikut masakan untuk anaknya, biar saya juga gak rempong harus masak banyak untuk satu orang.

Saya sendiri tidak begitu suka dengan makanan yang biasa saya kasih ke Kinza. Mungkin karena makanan tersebut gak pake penyedap rasa, hanya gula dan garam itupun gak banyak. Lidah saya udah kebiasaan penyedap, padahal saya pengen banget makan tanpa penyedap, meski harus berproses, saya coba kurangin. Terlebih untuk Kinza dan Abinya, saya buatin masakan yang menurut saya 'gak enak' untuk mereka. Untungnya, Kinza dan Abinya mau mau aja saya masakin kayak gitu haha.

Ini Trancam sayur, Bukan Trancam bahaya hahaha

Nah.. sekarang gimana tu bikinnya, cus yuk..

Resep dan Bahan Trancam Sayur

Sudah saya katakan, bahan-bahan untuk membuat trancam gampang banget didapatkan. Gak perlu pergi ke pasar, cukup ke tukang sayur depan rumah udah bisa bikin trancam sayur yang wenak tenan. 


  • 1/4 Kelapa muda - Parut dengan textur berdiri, bukan menyamping ya..
  • 1 buah tempe baru - potong dadu kecil, kukus
  • 1 genggam daun kemangi
  • 5 batang kacang panjang
  • 1 buah mentimun segar yang masih sangat muda - cacah acak
  • 1 lembar daun jeruk purut
  • 1 genggam petai kecil (lamtoro bahasa jawanya hehe)
  • 7 cabe rawit (tergantung suka pedas atau enggak)
  • 1 buah Bawang putih mentah
  • Sejumput Garam
  • Sedikit Gula merah
  • Sedikit asam jawa


Cara membuat trancam yang enak

Caranyaaa.. Gampang banget bikin trancam ini. Haluskan semua bumbu, di uleg aja ya.. jangan diblender haha. Kalau sudah halus bumbu, masukin kelapa, aduk-aduk dengan ulek-ulek tekan pelan pelan aja sambil cek rasanya. Kalau udah tercampur rata, masukkan sayuran, semuanya. Koreksi rasanya lagi, karena biasanya bisa aja rasanya kurang asin setelah dimasukkan sayuran.

Trancam sayur yang mantab sudah jadi, siapkan piringmu dengan segunung nasi dan jangan lupa, tambahkan ikan asin goreng sebagai pendamping. Dijamin, gak bakal inget mertua kalo dah makan ini makanan haha. Si mas langsung makan lahapp banget, secobek abis buat sarapan aja, ya.. terpaksa masak lagi buat masak siang, tau gitu saya bikin banyak banyak wkwkw..

Selamat mencobaaa.. Maaf gak di foto bahan-bahannya, keburu tangan kotor :D. Kira-kira saya cuma habis sekitar Rp.10.000 untuk masakan ini, murah kan?

Tuesday, 18 October 2016

Ini Cara Saya Menerapkan Prinsip Belanja Hemat dan Cermat Bersama ShopBack

Kalau dipikir-pikir, saya ini sering banget ngomongin toko online karena memang salah satu kegemaran saya adalah berbelanja (ma’lum rumah tangga baru). Tapi tentunya bukan hanya asal berbelanja, melainkan saya selalu berusaha memenuhi kebutuhan primer dengan prinsip belanja hemat. Beberapa tahun belakangan ini, selain berbelanja di toko konvensional, saya juga rajin berbelanja di toko online. Dan seringkali, saya merasakan berbelanja di toko online jauh lebih hemat dibandingkan dengan berbelanja di toko konvensional yang bahkan lokasinya sangat dekat dari rumah.

Dari berbagai pengalaman yang saya dapatkan selama berbelanja di banyak tempat, maksud saya di banyak toko online, saya akhirnya menyadari ternyata ada beberapa kriteria dari toko online yang menarik buat saya. Apa saja itu? Berikut diantaranya.

ShopBack Indonesia

Prinsip Belanja Cermat dengan memilih Toko Online Terpercaya dan besar


Apapun iming-iming dari toko online, saya memang terkadang tertarik terutama apabila iming-iming tersebut berupa murah, diskon, voucher, atau yang lainnya. Tapi selalu yang saya kedepankan sebelum memilih sebuah toko online sebagai tempat untuk berbelanja adalah, saya harus tahu apakah toko online tersebut cukup terpercaya atau tidak.

Salah satu cara untuk bisa mengetahui bahwa toko online tersebut cukup terpercaya adalah dengan melakukan riset kecil-kecilan di Google untuk mengetahui pendapat dan pengalaman orang-orang yang pernah berbelanja di sana. Selain itu, apabila toko online tersebut lumayan besar seperti Zalora, biasanya toko online tersebut 90% bisa dipercaya.



Ya. Walaupun toko online tersebut besar, saya selalu berusaha untuk tidak sepenuhnya percaya sebagai antisipasi agar saya tidak terlalu percaya diri sehingga tetap waspada saat berbelanja.

Ada banyak toko online besar yang bisa dipercaya sebagai tempat berbelanja online dengan harga murah di Indonesia. Salah satunya yang saya tahu adalah Lazada. Toko online ini menjual berbagai perlengkapan fashion untuk kaum muslim mulai dari sepatu atas hingga hijab, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa, dan untuk pria maupun untuk wanita. Bahkan mereka juga menjual berbagai keperluan makeup.


Gratis ongkos kirim, Prinsip Belanja Hemat


Entah kenapa, saya begitu konsern dengan yang namanya "gratis ongkos kirim." Menurut pengalaman sih, kadangkala kita membeli barang yang ongkos kirimnya jauh lebih mahal daripada harga barang itu sendiri. Jadi kalau gratis ongkos kirim, itu artinya kita bisa menghemat dan memang benar-benar membeli dengan biaya murah bukan sebaliknya semakin mahal karena ongkos kirimnya juga mahal.

Jadi, sebelum benar-benar membayar saya pasti akan berusaha melihat tagihan pembelian apakah ada ongkos kirim atau tidak. Jika ada, biasanya saya memilih untuk membelot ke toko online sebelah yang menyediakan Free Ongkir. Saya pribadi sebenarnya sudah memiliki list toko online mana saja yang terpercaya dan memberikan biaya kirim gratis.


Harga Lebih Murah, Belanja Hemat donk!


Untuk membeli berbagai jenis barang kebutuhan yang tidak mendesak, saya biasanya memilih berbelanja di toko online yang menawarkan harga barang lebih murah. Kadang juga saya akan menunda pembelian hingga mendapatkan diskon atau voucher. Teknik ini sudah saya buktikan berkali-kali untuk menekan pengeluaran rumah tangga. Dan bahkan, saya merasa sisa uang belanja dari diskon dan voucher tersebut bisa dialihkan untuk ditabung atau membeli keperluan lainnya.

Jadi kalau ada toko online yang rajin nawarin diskon, saya juga pasti rajin ngecek email atau berkunjung langsung ke toko online tersebut melalui website atau melalui aplikasinya.


Lalu, Apa jadinya kalau semua Toko Online terpercaya ini bisa kamu temui disatu tempat?


Tentu saja kemudahan ini sangat mempersingkat waktumu dalam berbelanja online bukan? Selain itu, kamu juga bisa memilih toko online yang memberi banyak kemudahan dan tentu saja dengan harga yang urah. Adalah ShopBack, salah satu situs yang akan memberikanmu Cashback langsung dengan berbelanja melalui situs ini. Banyak keuntungan yang kamu dapatkan saat berbelanja melalui ShopBack. Kamu juga bisa mendapatkan double promo dengan kode voucher yang disediakan oleh ShopBack.

Selain itu, ShopBack juga sering memberikan program-program menarik seperti  Belanja makin hemat di Online Revolution 1111 dengan menggunakan ShopBack yang akan berlangsung bulan November mendatang. Bayangkan saja, saat kamu belanja di event Pesta Cashback Nasional, banyak sekali yang akan kamu dapatkan, udah dapet diskon dapet cashback lagi ;).

Bagaimana Caranya Belanja di ShopBack?


Nah, mungkin sebagian dari kamu akan bertanya-tanya, masak iya sih dapet uang lagi, pasti caranya ribet. Tenang saja.. Belanja di ShopBack sangat mudah, pertama kamu hanya perlu membuka situs ShopBack, daftar terlebih dahulu jika belum punya akun, atau lebih mudahnya, kamu juga bisa masuk dengan akun facebookmu.

Kemudian kamu bisa mulai memilih toko online favoritmu disana, ada banyak sekali toko online terpercaya di ShopBack.

Daftar toko online
Kemudian, langkah selanjutnya, kamu akan dibawa kehalaman toko online tersebut, disini saya memilih blibli.com.


Setelah itu kamu akan dibawa ke halaman konfirmasi, klik saja langsung "Belanja Sekarang"


Dan Tara.. kamu hanya perlu membeli kebutuhan yang diperlukan. Perlu diingat, Jangan Tutup Halaman belanja sebelum transaksi selesai agar kamu mendapatkan Cashback langsung dari ShopBack. Bagaimana? Mudah bukan, Belanja Cermat dan Hemat? ShopBack-in aja!

Friday, 14 October 2016

Resep Pudding Pumpkin, Makanan Sehat yang Murah Meriah

Kamu, pasti sudah tau dan kenal banget sama yang namanya labu kuning atau pumpkin. Buah satu ini sering dipakai oleh orang luar dalam acara Halloween. Gak ngikutin sih, cuma dulu sering nonton film gitu, kalo pas ada acara Halloween pasti identik dengan labu kuning. Kalau saya sendiri sih, labu kuning ya dimasak, ngapain pake dibikin bentuk monster, kan sayang ya haha.

Di Jawa sendiri, banyak sekali petani yang menanam buah labu kuning ini di kebunnya. Selain menanamnya sangat mudah, labu kuning juga tidak butuh perawatan khusus, hanya dibiarkan saja sudah bisa hidup sendiri.


Sebelum saya lanjut cara membuat pudding pumpkin ini, pasti kita juga mau tau donk, apa saja sih manfaat dari pumkin yang sudah terbukti nyata, tentunya dengan pengalaman saya sendiri ya..

Lancar BAB, setelah makan pumpkin


Setiap saya masak sayur bening bayam yang saya campur dengan labu kuning, saya, Kinza dan abinya selalu lancar BAB. Bahkan mas Jo sendiri bisa sampai 3 kali masuk kamar mandi. Seperti semacam obat pencahar gitu lah haha. Jadi, setiap mas Jo ngeluh gak bisa BAB berhari-hari, saya masakin aja labu kuning ini.

Mengandung Banyak Gizi


Selain menjadi salah satu jenis sayur yang memiliki rendah kalori Pumpkin mungkin juga mengandung banyak serat makanan. Antioksidan, mineral, dan vitamin juga banyak terkandung di dalam buah labu kuning. perhitungannya, setiap 100 gram labu kuning terdapat 26 kalori yang  bebas dari lemak jenuh dan juga kolesterol. Seperti saya, orang awam kurang mengerti istilah-istilah seperti ini mungkin tidak kita ketahui dengan jelas namun yang pasti buah labu kuning memiliki banyak manfaat kesehatan bagi kita. Diantaranya adalah menstabilkan gula darah karena buah labu kuning termasuk sayuran yang rendah kalori dan gula darah. Selain itu, kandungan magnesium yang terdapat pada pumpkin dapat menjadikan kita lebih tenang karena buah ini dapat merilekskan syaraf.


Resep Masakan dari Labu atau Pumpkin


Sudah tau kandungan gizi yang terdapat di buah pumpkin ini, saatnya kita mengolahnya menjadi makanan lezat dan nikmat. Beberapa orang mungkin tidak menyukai bau dari pumpkin, namun kalau sudah diolah menjadi hidangan yang menggiurkan, siapa sih yang gak tertarik. Beberapa lalu, saya membuat Pudding dari Pumpkin ini, caranya mudah banget.

Bahan Pudding Pumpkin


  • Susu kedelai, kebetulan saya memiliki beberapa botol susu kedelai, karena saya ingin mencoba hal baru, saya menggunakan susu kedelai sebagai ganti susu sapi.
  • Gula saya pakai sekitar 250 gr, bisa dikurangin atau ditambah untuk manis yang sesuai selera
  • Separo buah labu yang besar, blender sampai halus
  • Agar-agar warna putih 3 sachet besar ( yang menggunakan 900 ml Air )

Cara membuat pudding dari pumpkin


Mudah donk pastinya ya, masukkan semua bahan yang sudah saya tulis diatas dalam air dengan ukuran agar-agar. Jadi kalau misalnya blenderan pumpkin memerlukan air sekitar 500 ml dan gula sekitar 200 ml, total semua bahan jadai 700ml. Sementara kita membutuhkan air sekitar 2700ml, jadi tinggal menambahkan sari kedelai atau air sebanyak 2000ml. Begitu kira-kira cara mengukurnya. Setelah semua tercampur rata, nyalakan kompor dan rebus hingga mendidih.

Memang rasa dari pudding pumpkin ini agak sedikit bertextur, tapi rasanya enakk banget :D. Selamat mencoba yaaa.. semoga sukses dan bermanfaat :)



Wednesday, 12 October 2016

Kiat Menghadirkan Cinta dalam Perbedaan Kehidupan Rumah Tangga

Perbedaan memang selalu ada, bukan kepada sepasang suami istri, bahkan kepada orang tua sendiri yang melahirkan dan membesarkan kita bisa saja berbeda. Bukan dari hal-hal  besar, bahkan hal kecil seperti meletakkan sesuatu yang tidak pada tempatnya saja bisa memicu pertengkaran jika tidak dilanjutkan dengan komunikasi yang baik. Setelah berumah tangga dengan seorang Joo, saya mengerti banyak hal yang mungkin sedikit bagian darinya yang saya tahu.

Bagimu, yang sedang jatuh cinta.. Perbedaan berumah tangga itu sangat banyak.. Jika kita tidak bisa menghadapinya dengan baik, bisa saja setan mencari celah kosong untuk membakar semuanya menjadi hal yang mengerikan.

Kita, tidak bisa menyalahkan perbedaan, kita hanya perlu menguatkan cinta..

Kembali Kepada niat awal


Jika sudah begitu, kembalikan kepada niat awal menikah kita apa? Apa iya untuk bertengkar dan bercekcok dengan pasangan? Niat menikah yang karena Allah akan lebih mudah mengembalikan semuanya kepada Allah jika terjadi sesuatu. Memang, kadang emosi membawa kebencian dan gengsi yang tinggi, disana kita dituntut untuk memulai lebih dahulu, memulai apa?


Mulai minta maaf dan berbicara


Meskipun makan pernah sepiring berdua, minum bergantian gelas, dan saling mengasihi dalam banyak hal. Kita kadang gengsi untuk memulai pembicaraan dengan pasangan, merasa benar dan kadang malu. Waktunya kita 'membunuh' semua perasaan-perasaan itu, katakan maaf, meskipun itu sulit. Jangan berangsur-angsur berdiam diri karena kebencian, disana kembali setan akan menyerang ruang-ruang sempit yang sudah mulai terisi oleh kebencian. Mau dikuasai setan?

Ingat Kebaikan Pasangan


Selain hal yang menimbulkan pertengkaran rumah tangga memang gak ada hal lain saat emosi sudah mulai menguasai hati. Padahal, dibandingkan hal yang menyakiti kita barusan, ada ribuan kebaikan yang mungkin sudah kita lupakan. Pasangan kita, melakukannya dengan penuh cinta dan keihlasan, itu yang harus selalu diingat. Dengan begitu, emosi bisa kita tekan dan kembali menggenggam erat tangannya, memahami perbedaan dan menciptakan kasih sayang dalam rumah tangga.

Ketulusan tidak bisa dibandingkan dengan kebencian, bukan?


"Bukankah pernikahan terjadi karena kita merasa bisa saling mengasihi dan berbagi kasih sayang?"

"Bukankah pernikahan terjadi karena kita saling memberi dan menerim satu sama lainnya?"

"Bukankah pernikahan ini, kita sendiri yang mau menjalankan?"

Dan yang pasti, Bukankah Allah sudah tau yang terbaik untuk kita, kamu dan hidupku.. akan menjadi satu bagian yang indah dalam bingkai rumah tangga. Sampai detik ini, aku masih mencintaimu.. katakan itu kepadanya..

Friday, 7 October 2016

Pengalaman Sukses Membuat Bakso Sendiri

Saya adalah salah satu orang yang sangat menggemari kuliner bakso dan segala jenisnya. Entah mau makan sehari 3-4 kali bakso, saya gak bakalan protes. Namun, beberapa kali saya membuat bakso dengan cara yang saya pelajari tanpa panduan apapun dari youtube atau browsing misalnya, walhasil bakso yang saya bikin gagal total. Dari lengket sampai kelembekan dan berbentuk layaknya makanan sampah, menyedihkan :D.

Nah, kemaren itu ceritanya saya sedang mau coba blender baru yang saya beli dari blibli. Akhirnya, saya praktek juga bikin bakso untuk yang pertama kalinya selama di Jawa. Resep membuat baksopun sangat mudah, bisa dibilang siapa aja pasti bisa dan sukses membuat bakso kenyal dan berisi. Sayangnya saya tidak membuat video cara membuat bakso ini, lain kali mungkin ya.. InsyaAllah..


Oke, langsung saja yuk kita simak, apa aja bahan untuk membuat bakso yang enak ini:


Bahan dan resep Membuat Bakso

Pertama yang harus kamu lakukan saat akan membuat makanan sejuta umat ini adalah menyiapkan bahan-bahan dari bakso. Disini saya akan share ukuran yang saya buat kemaren ya.., diantaranya:


  • 250 Gram - Daging Sapi
  • 500 Gram - Daging ayam, bagian dada
  • 5 siung - Bawang putih
  • 5 siung - Bawang merah, di goreng terlebih dahulu
  • 1 Bungkus - Merica bubuk, saya pake ladaku
  • 400 Gram - Tepung tapioka
  • 4 butir putih telur
  • 3 sendok - garam
  • 2 sendok - Gula
  • 1 sendok - Baking Powder

Sudah siap semua bahannya, nanti akan saya sertakan foto sendok ukuran yang saya pakai ya.. jadi jangan khawatir :).
Sendok ukurnya, ini kayak sendok es krim gitu deh..

Cara membuat Bakso Kenyal

Caranya sangat mudah, haluskan daging sapi dan ayam terlebih dahulu. Haluskan juga semua bumbu seperti bawang putih dan bawang merah goreng. Kalau saya kemaren, langsung saya masukkan bersama daging saat digiling, hemat waktu :D. Kemudian kalau sudah halus, masukkan semua bahan-bahan jadi satu. Aduknya pake tangan aja.. cepet juga kok hehe. Dan taraaa.. jadi deh adonan baksonya.


Cetak manual saja menggunakan tangan ;). Tangan kiri mencet bakso, sementara tangan kanan ngambil dengan sendok kemudian dimasukkan ke air mendidih diatas kompor. Bakso yang sudah matang akan megapung, dannn.. siap di makan, emmmm enaakk..

Gampang kan resep membuat bakso-nya, dijamin sukses dah. Mas Jooizzy suka banget, sambil ngemilin bakso yang masih panas, beberapa kali saya langsung dikasih hadiah sun pipi karena sukses bikin baksonya haha. asik asik ;). Selamat mencoba yaaa...

Tuesday, 30 August 2016

Tips yang Saya Lakukan untuk Mengatasi Kulit Wajah Berminyak

Apakah kamu memiliki kulit wajah yang berminyak berjerawat dan berharap hal tersebut segera menghilang dari wajahnya? Kamu tidak sendiri! Saya juga termasuk yang memiliki kulit wajah berminyak terutama di area pipi dan dahi. Namun saat ini, kelebihan minyak yang ada di wajah saya berangsur-angsur berkurang. Ada beberapa tips yang saya lakukan untuk mengurangi kelebihan minyak di wajah dan agar wajah terlihat lebih bersih serta bebas minyak. Apa rahasianya? Berikut adalah beberapa diantaranya.



Tips mengatasi kulit wajah berminyak


Jangan mencuci muka terlalu sering


Tips yang pertama ini sebenarnya mudah untuk dilakukan. Akan tetapi, pada saat kita melihat wajah di cermin, rasanya pasti ingin segera mencari air untuk mencuci muka karena banyaknya minyak yang ada di sana.

Sebenarnya mencuci muka dengan air biasa tidak menyebabkan minyak di wajah kita keluar secara berlebihan. Mencuci muka dengan menggunakan air dingin dan tanpa sabun sebenarnya bisa membantu mengatasi kelebihan minyak di wajah. Hanya saja, masalahnya, apabila kita mencuci muka menggunakan sabun terlalu sering, atau menggunakan sabun yang terlalu keras, hal tersebut dapat menyebabkan kulit kita memproduksi minyak lebih banyak.

Mengikis minyak terlalu banyak dan terlalu sering dapat menyebabkan kulit kita menjadi kering sehingga akan memancing kelenjar sebaceous untuk memproduksi minyak lebih banyak lagi.

Jadi jika harus mencuci muka, gunakanlah produk-produk yang lembut dan alami. Mencuci muka dengan menggunakan sabun cuci muka sebaiknya tidak dilakukan lebih dari 2 kali sehari. Saya pribadi merekomendasikan kamu untuk mencuci muka dengan menggunakan sabun yang lembut yang khusus diformulasikan untuk muka 1 kali sehari.

Gunakan pelembab alami


Pelembab alami bisa membantu kita mengurangi kelebihan minyak di wajah. Jika kamu tahu bahwa, wajah kita mengeluarkan minyak karena membutuhkannya untuk melembabkan. Jadi jika wajah kita sudah lembab, maka minyak yang keluar tidak akan terlalu banyak. Ada beberapa pelembab alami yang bisa kita manfaatkan untuk mengatasi kelebihan minyak di kulit wajah diantaranya adalah dengan menggunakan madu mentah.

Pada awalnya, penggunaan bahan alami seperti madu mentah untuk pelembab akan membuat kita benar-benar tampak kacau karena minyak akan keluar secara berlebihan. Tapi cobalah untuk menahan diri agar tidak segera mencuci wajah. Lambat-laun, kamu akan merasakan hasilnya dimana secara alami kulit wajahmu akan berangsur-angsur membaik tanpa harus khawatir kelebihan minyak.

Maksimal gunakan air hangat


Air yang panas memang bisa memberikan kulit yang lebih kering karena sangat mudah menghilangkan minyak. Akan tetapi, sama seperti sebelumnya, terlalu sering menggunakan air panas dapat menyebabkan produksi minyak di wajah menjadi lebih banyak.

Jadi sebisa mungkin, hindarilah menggunakan air panas untuk mencuci wajah, maksimal gunakanlah air hangat suam-suam kuku. Air hangat suam-suam kuku sangat baik apabila digunakan untuk membuka pori-pori terutama pada saat kita akan membersihkan sisa-sisa kotoran yang menempel seperti sisa make up dan lain-lain.

Perhatikan makanan dan gaya hidup yang kamu jalani


Banyak orang tidak menyadari bahwa makanan yang di konsumsi dan gaya hidup yang dijalani ternyata juga dapat mempengaruhi kelenjar minyak yang ada di wajah. Jika selama ini kamu jarang makan sayuran dan jarang makan buah-buahan, cobalah untuk mulai lebih sering mengkonsumsi buah dan sayuran. Kurangnya mengkonsumsi berbagai produk susu dan makanan makanan yang digoreng.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa susu bisa mempengaruhi hormon dan bisa juga menyebabkan jerawat.

Sedangkan faktor gaya hidup, kurang berolahraga, terlalu sering stress, sering terkena sinar matahari langsung terutama antara pukul 10.00 hingga pukul 15.00 sore dan sering begadang adalah penyebab kulit wajah berminyak berlebihan.

Kamu bisa membuktikannya sendiri, misalnya pada saat kamu begadang di malam hari walaupun cuacanya dingin, jika kamu masih kurang beristirahat, kamu akan menemukan kulit wajahmu berminyak secara berlebihan. Jadi, jika kamu ingin menghilangkan minyak diwajahmu, mulailah memilih makanan sehat dan tidurlah secara teratur.

Saturday, 20 August 2016

Tips Menjadi Orangtua yang Baik Bagi Anak-Anak

Bagaimana caranya menjadi orangtua yang baik? Pertanyaan ini sering diajukan oleh orangtua baru yang belum memiliki pengalaman dalam mengasuh anak. Namun jangan khawatir, kamu bisa menjadi orangtua yang baik dengan mengikuti beberapa tips berikut ini.

 Menjadi orangtua adalah salah satu pengalaman yang paling berharga di dalam hidup kita. Akan tetapi, tidak selamanya menjadi orangtua itu mudah lho. Tidak peduli berapapun usia anak anda saat ini, pekerjaan menjadi orangtua tidak pernah muda. Untuk menjadi orangtua yang baik, kamu harus tahu bagaimana cara menghargai dan mencintai anak. Sehingga anak-anak akan merasa sangat dicintai dan dihargai yang kemudian membuatnya juga memberikan hal yang sama kepada orangtua yaitu rasa cinta dan penghargaan. Karena apa yang kita berikan dan apa yang kita tunjukkan merupakan contoh yang akan langsung ditiru oleh anak tersebut.



Apabila kita hormat kepada anak, cinta, dan penuh kasih sayang serta kelembutan, mereka pun akan memberikan hal yang sama kepada kita, mungkin tidak saat ini melainkan pada saat mereka beranjak dewasa kelak.

Menciptakan lingkungan yang nyaman di rumah atau dimana saja saat bersama-sama adalah kunci untuk mengembangkan hubungan yang harmonis antara keluarga.

Ciptakan kondisi yang tepat dalam mengasuh dan mengembangkan kemampuan anak sehingga mereka akan menjadi orang dewasa yang percaya diri, mandiri, penuh kasih sayang, perhatian, dan bijaksana.


Cara menjadi orangtua yang baik



Beberapa tips menjadi orangtua yang baik untuk anak-anak berikut ini bisa kamu jadikan sebagai acuan atau pertimbangan dalam mengambil sikap dan cara mengasuh.


Tunjukkan cinta yang kamu miliki


Memberikan cinta dan kasih sayang kita kepada anak tidak cukup hanya dengan ucapan saja. Anak biasanya belum begitu memahami arti sebuah ucapan. Akan tetapi tindakan akan memiliki arti yang sangat besar bagi mereka. Walau demikian, kata-kata juga sangat dibutuhkan. Sentuhan hangat, pelukan, dan kehadiran kamu pada saat anak-anak membutuhkan merupakan bentuk dari cinta dan kasih sayang. Jangan pernah mengabaikan pentingnya sentuhan fisik. Karena ini adalah bentuk dari rasa cinta dan kasih sayang yang selama ini sering kita ucapkan.

Beberapa bentuk ungkapan kasih sayang yang bisa kita tuangkan diantaranya adalah, kita bisa mengungkapkan rasa cinta atau memberitahukan mereka bahwa kita mencintai mereka setiap hari. Walaupun pada saat itu mungkin kamu sedang emosi karena anak melakukan kesalahan. Ekspresi yang kita tunjukkan dan keputusan yang kita ambil seperti, elusan lembut, penghargaan, sokongan, persetujuan, atau senyuman ternyata akan sangat berarti bagi mereka terutama untuk meningkatkan rasa percaya diri.

Sering memeluk dan mencium anak adalah bentuk kasih sayang dan cinta yang lainnya. Pada akhirnya, cintailah anak-anak tanpa syarat. Jangan pernah memaksa mereka melakukan sesuatu atau menjadi yang bukan keinginan mereka. Jangan juga paksa anak-anak untuk menyukai dan mencintai anda. Tapi pastikan anak-anak tahu bahwa kamu mencintai mereka.


Berikan pujian


Memberikan pujian kepada anak merupakan bagian penting dari menjadi orangtua yang baik. Jika kamu ingin membuat anak bangga dan berprestasi maka, kamu sebagai orangtua harus memberikan mereka kepercayaan diri. Kepercayaan diri tersebut mereka butuhkan untuk bisa berprestasi dan untuk membuatmu bangga.

Ketika mereka melakukan sesuatu yang baik, pastikan mereka (anak-anak) tahu bahwa mereka diperhatikan dan kamu sangat bangga dengan hal itu.

Dengan membiasakan diri memuji anak ketika mereka berhasil melakukan hal tertentu atau mencapai target akan membuat anak lebih bersemangat. Walau demikian, sangat penting juga untuk memberitahu anak untuk membangun rasa dan sikap positif ketika mereka gagal.

Jika anak-anak masih terlalu kecil untuk memahami arti pujian, dengan tindakan kita juga bisa memberikan mereka pujian. Misalnya, kita bisa bertemu teman atau menunjukkan ekspresi gembira pada saat mereka berhasil. Misalnya, jika anak-anak mau duduk dan buang air kecil atau buang air besar di toilet, atau, apabila anak-anak menyelesaikan pekerjaan tertentu seperti belajar angka 1 hingga 10.

Daripada mengatakan "Hebat!", "Bagus!", "Pintar!", kamu lebih dianjurkan mendeskripsikan pujian tersebut dalam bentuk yang tepat. Misalnya,"Adik hebat, bisa membereskan mainannya sendiri!", atau, "Kamu pintar sekali bisa berhitung dari 1 sampai 10."


Jangan suka membandingkan anak dengan saudaranya yang lain


Kita harus menyadari bahwa setiap anak merupakan individu yang unik. Membandingkan mereka dengan saudaranya, atau dengan orang lain merupakan tindakan yang kurang bijak. Misalnya, jika kita selalu mengungkit ungkit perbedaan mereka terutama soal keberhasilan, hal tersebut akan membuat mereka merasa rendah diri apabila kalah dalam persaingan. Solusinya, untuk menjadi orangtua yang baik, jika kamu memiliki lebih dari satu anak, cobalah untuk membuat mereka bersaing dengan cara yang sehat. Caranya adalah dengan berbicara langsung kepada setiap individu dari anak-anakmu. Beritahukan mereka bagaimana caranya berperilaku yang baik atau bagaimana caranya mencapai tujuan yang mereka inginkan.

Sebisa mungkin, hindarilah pilih kasih apa manfaat memfavoritkan satu anak saja. Hindari juga selalu memilih berdasarkan urutan kelahiran. Misalnya kamu sering mengajak anak yang lebih tua, atau sebaliknya selalu mengajak anak yang lebih kecil.


Jadilah pendengar yang baik


Anak-anak terkadang juga bisa berkeluh kesah. Pada saat mereka bercerita, dengarkan apa yang mereka katakan. Sesuatu yang mereka alami hari ini biasanya akan mereka ceritakan. Jadilah pendengar yang baik.

Tujuan kita mendengarkan anak-anak pada saat mereka bercerita bukan untuk menghakimi, melainkan untuk memberikan solusi apabila mereka memiliki masalah. Jika mereka melakukan hal negatif, jangan langsung memberikan pernyataan bahwa hal tersebut salah. Melainkan, cobalah untuk memberikan contoh dari tindakan yang benar.

Anak-anak terkadang bisa jadi sangat tertutup apabila orangtua jarang meluangkan waktu untuk berbicara dan membiasakan diri berbicara dengan anak-anak. Jadi disarankan, orangtua untuk lebih sering menyisihkan waktu berdua atau bersama anak-anak pada saat bermain, ketika sarapan, sebelum tidur, apa misalnya berjalan-jalan bersama pada saat pulang sekolah.


Tegakkan aturan yang wajar


Salah satu penyebab mengapa anak-anak sulit diatur, cenderung melawan, dan memiliki attitude yang buruk adalah karena tidak adanya aturan di rumah, atau karena aturan tersebut sangat lembek. Aturan bukan berarti harus keras, melainkan tegas.

Sebagai orangtua menegakkan aturan yang berlaku di rumah dan memberikan ketegasan kepada setiap pelanggarnya adalah cara paling tepat dan paling produktif untuk meningkatkan kemampuan anak dalam menghargai, mengambil sikap, dan akan membuat anak berpikir lebih matang sebelum mengambil keputusan.

Jika di rumah kamu akan membuat sebuah peraturan, pastikan peraturan tersebut dikomunikasikan dengan jelas baik konsekuensi maupun caranya. Pastikan juga kamu memberikan alasan yang mudah dipahami oleh anak-anak mengapa aturan tersebut harus ada. Jadi, pastikan juga peraturan tersebut masuk akal dan tidak berlebihan serta tidak menyebabkan rasa sakit terutama pada fisik.


Jadilah orang yang tenang dan sabar


Mengendalikan emosi sebanyak dan sesering mungkin adalah cara menjadi orangtua yang baik. Setiap kita harus menyadari bahwa anak hanya bisa belajar melalui kesalahan yang mereka buat. Dan anak-anak tidak hanya akan melakukan satu atau dua kesalahan yang sama, melainkan mereka bisa melakukan kesalahan yang sama berulang-ulang kali. Namun sebagai orangtua yang bijak dan pengertian, kamu harus membimbing mereka dan tetap sabar serta menghindari kata-kata kasar, umpatan, kata-kata yang menyalahkan, atau menyudutkan mereka.

Thursday, 18 August 2016

13 Manfaat Kesehatan dari Bawang Putih

Bawang putih apabila dikonsumsi dalam keadaan mentah biasanya terasa sangat panas. Bawang putih banyak dimanfaatkan untuk menyedapkan makanan atau masakan. Menurut sejumlah penelitian, bawang putih bisa memberikan sejumlah manfaat kesehatan karena banyak mengandung vitamin, terutama vitamin C, flavonoid, dan fitonutrien.

Flavonoid yang ada di dalam bawang bisa membantu menurunkan penyakit tertentu seperti penyakit stroke, penyakit kardiovaskular dan bisa membantu mengatasi penyakit parkinson. Bawang juga mengandung serat yang sangat tinggi, asam folat, antioksidan dan agen antibakteri. Menurut pakar kesehatan, bawang baik dikonsumsi dalam keadaan mentah atau yang sudah dimasak kedua-duanya tetap bisa memberikan manfaat kesehatan.





Pada zaman dahulu, bahwa seringkali dimanfaatkan untuk mengobati kemandulan pada wanita mencegah wabah kolera, dan dimanfaatkan juga untuk menyeimbangkan kadar gula di dalam darah. Berbagai manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi bawang terangkum dalam pembahasan berikut ini.

Bawang putih dapat menyehatkan jantung

Manfaat yang pertama yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi bawang putih, bisa menyehatkan jantung. Bawang putih bisa membantu mengencerkan darah sehingga kita akan terbebas dari penggumpalan darah yang dapat menyebabkan kesehatan jantung terganggu.


Manfaat bawang putih untuk mencegah kanker


Bawang putih menurut penelitian mengandungku quercetin yang merupakan agen anti kanker.

Bermanfaat untuk menipiskan darah


Bawang putih yang mengandung flavonoid dan sulfur bisa membantu penipisan darah.

Bermanfaat sebagai antiinflamasi


Bagi mereka yang menderita asma, mengkonsumsi bawang bisa membantu mereka mengurangi gejala yang disebabkan karena asma. Hal tersebut tidak lepas dari adanya kandungan sulfur di dalam bawang yang berfungsi sebagai agen anti-inflamasi.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh


Pada saat musim dingin tiba biasanya imun tubuh kita akan menurun. Itulah sebabnya mengapa kita sangat mudah terkena flu dan batuk. Apabila kamu ingin menjaga agar sistem kekebalan tubuh tetap stabil, coba saja mengkonsumsi bawang putih. Bawang putih bisa membantu mengurangi reaksi alergi dan memiliki manfaat lainnya untuk kesehatan.

Menjaga kesehatan sistem pencernaan


Manfaat lain yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi bawang adalah, bawang putih merupakan obat alami paling efektif untuk menjaga agar sistem pencernaan kita tetap sehat. Bawang putih bisa membantu mencegah diare dan dapat membantu mengurangi tukak lambung.

Bawang putih bermanfaat untuk mengatur gula darah


Dari hasil penelitian ditemukan bahwa, kandungan kromium dan sulfur yang ada di dalam bawang bisa membantu mengontrol gula darah dan bagi kamu yang mengalami gula darah tinggi, bawang juga apabila dikonsumsi bisa membantu menurunkan gula darah.

Membantu menyehatkan tulang


Di usia lanjut, biasanya kita mengalami osteoporosis yaitu pengeroposan tulang yang terjadi karena usia atau karena sulitnya kita menerima vitamin D dari sinar matahari. Apabila mengkonsumsi bawang secara rutin, kandungan yang ada di dalam bawang bisa meningkatkan kepadatan tulang dan menjaga agar kita terhindar dari osteoporosis. Bawang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi kepada para wanita terutama yang memasuki usia menopause.

Bawang bisa membantu mencegah cacat lahir pada bayi


Wanita yang secara rutin mengkonsumsi bawang bisa mengatasi masalah infertilitas, karena di dalam bawang terkandung asam folat yang sangat efektif mencegah cacat lahir pada bayi. Bawang juga merupakan salah satu sumber zat besi yang dibutuhkan oleh wanita hamil.


Menjaga kesehatan rambut


Bawang dianggap baik untuk kesehatan secara menyeluruh. Sejak zaman dahulu, bawang sering digunakan untuk memperbaiki tekstur rambut dan baik juga untuk kulit kepala kita.

Bisa membantu melawan flu


Telah disebutkan sebelumnya bahwa bawang bisa meningkatkan sistem imun tubuh kita. Menurut sejarah, kekaisaran Romawi pada zaman dahulu memanfaatkan bawang untuk melawan penyakit flu.

Dapat melembutkan kulit


Mengkonsumsi bawang secara rutin, khususnya bawang putih akan membuat kulit kita terasa lebih lembut dan lebih sehat. Kandungan yang ada di dalam bawang juga dapat mencegah infeksi. Khususnya vitamin C yang ada di dalam bawang, bisa menjaga kulit tetap sehat dan cantik.

Meningkatkan kualitas tidur dan mood


Bawang dianggap sebagai salah satu makanan yang juga bisa membantu mengurangi depresi dan memberikan kita efek tenang apabila dikonsumsi. Jadi, mengkonsumsi sejumlah bawang di malam hari sebelum tidur akan membantu kita tidur lebih nyenyak. Itulah sejumlah manfaat yang bisa kita dapatkan apabila secara rutin mengkonsumsi bawang putih. Manfaat kesehatan tersebut akan kita dapatkan baik ketika menggunakan bawang untuk bumbu sayuran atau apabila dijadikan jus dan dikonsumsi begitu saja. Agar bau bawang tidak terlalu menyengat saat dikonsumsi, kamu bisa menambahkan sejumlah makanan dan minuman lain misalnya madu untuk mengurangi bau dan rasanya yang kurang enak.

Wednesday, 25 May 2016

Mrs Joo

Halo... kali ini saya akan membawa nama suami di blog saya. Tentu saja, blog ini akan bercerita tentang seputar kehidupan rumah tangga kita ya.. kesehatan, tumbuh kembang Kinza sampai menu-menu masakan kece yang enak, murah dan tentu menyehatkan. So.. Keep touch on ;)

Mrs Joo