Friday, 7 October 2016

Pengalaman Sukses Membuat Bakso Sendiri

Saya adalah salah satu orang yang sangat menggemari kuliner bakso dan segala jenisnya. Entah mau makan sehari 3-4 kali bakso, saya gak bakalan protes. Namun, beberapa kali saya membuat bakso dengan cara yang saya pelajari tanpa panduan apapun dari youtube atau browsing misalnya, walhasil bakso yang saya bikin gagal total. Dari lengket sampai kelembekan dan berbentuk layaknya makanan sampah, menyedihkan :D.

Nah, kemaren itu ceritanya saya sedang mau coba blender baru yang saya beli dari blibli. Akhirnya, saya praktek juga bikin bakso untuk yang pertama kalinya selama di Jawa. Resep membuat baksopun sangat mudah, bisa dibilang siapa aja pasti bisa dan sukses membuat bakso kenyal dan berisi. Sayangnya saya tidak membuat video cara membuat bakso ini, lain kali mungkin ya.. InsyaAllah..


Oke, langsung saja yuk kita simak, apa aja bahan untuk membuat bakso yang enak ini:


Bahan dan resep Membuat Bakso

Pertama yang harus kamu lakukan saat akan membuat makanan sejuta umat ini adalah menyiapkan bahan-bahan dari bakso. Disini saya akan share ukuran yang saya buat kemaren ya.., diantaranya:


  • 250 Gram - Daging Sapi
  • 500 Gram - Daging ayam, bagian dada
  • 5 siung - Bawang putih
  • 5 siung - Bawang merah, di goreng terlebih dahulu
  • 1 Bungkus - Merica bubuk, saya pake ladaku
  • 400 Gram - Tepung tapioka
  • 4 butir putih telur
  • 3 sendok - garam
  • 2 sendok - Gula
  • 1 sendok - Baking Powder

Sudah siap semua bahannya, nanti akan saya sertakan foto sendok ukuran yang saya pakai ya.. jadi jangan khawatir :).
Sendok ukurnya, ini kayak sendok es krim gitu deh..

Cara membuat Bakso Kenyal

Caranya sangat mudah, haluskan daging sapi dan ayam terlebih dahulu. Haluskan juga semua bumbu seperti bawang putih dan bawang merah goreng. Kalau saya kemaren, langsung saya masukkan bersama daging saat digiling, hemat waktu :D. Kemudian kalau sudah halus, masukkan semua bahan-bahan jadi satu. Aduknya pake tangan aja.. cepet juga kok hehe. Dan taraaa.. jadi deh adonan baksonya.


Cetak manual saja menggunakan tangan ;). Tangan kiri mencet bakso, sementara tangan kanan ngambil dengan sendok kemudian dimasukkan ke air mendidih diatas kompor. Bakso yang sudah matang akan megapung, dannn.. siap di makan, emmmm enaakk..

Gampang kan resep membuat bakso-nya, dijamin sukses dah. Mas Jooizzy suka banget, sambil ngemilin bakso yang masih panas, beberapa kali saya langsung dikasih hadiah sun pipi karena sukses bikin baksonya haha. asik asik ;). Selamat mencoba yaaa...

No comments:

Post a Comment