Tuesday, 30 August 2016

Tips yang Saya Lakukan untuk Mengatasi Kulit Wajah Berminyak

Apakah kamu memiliki kulit wajah yang berminyak berjerawat dan berharap hal tersebut segera menghilang dari wajahnya? Kamu tidak sendiri! Saya juga termasuk yang memiliki kulit wajah berminyak terutama di area pipi dan dahi. Namun saat ini, kelebihan minyak yang ada di wajah saya berangsur-angsur berkurang. Ada beberapa tips yang saya lakukan untuk mengurangi kelebihan minyak di wajah dan agar wajah terlihat lebih bersih serta bebas minyak. Apa rahasianya? Berikut adalah beberapa diantaranya.



Tips mengatasi kulit wajah berminyak


Jangan mencuci muka terlalu sering


Tips yang pertama ini sebenarnya mudah untuk dilakukan. Akan tetapi, pada saat kita melihat wajah di cermin, rasanya pasti ingin segera mencari air untuk mencuci muka karena banyaknya minyak yang ada di sana.

Sebenarnya mencuci muka dengan air biasa tidak menyebabkan minyak di wajah kita keluar secara berlebihan. Mencuci muka dengan menggunakan air dingin dan tanpa sabun sebenarnya bisa membantu mengatasi kelebihan minyak di wajah. Hanya saja, masalahnya, apabila kita mencuci muka menggunakan sabun terlalu sering, atau menggunakan sabun yang terlalu keras, hal tersebut dapat menyebabkan kulit kita memproduksi minyak lebih banyak.

Mengikis minyak terlalu banyak dan terlalu sering dapat menyebabkan kulit kita menjadi kering sehingga akan memancing kelenjar sebaceous untuk memproduksi minyak lebih banyak lagi.

Jadi jika harus mencuci muka, gunakanlah produk-produk yang lembut dan alami. Mencuci muka dengan menggunakan sabun cuci muka sebaiknya tidak dilakukan lebih dari 2 kali sehari. Saya pribadi merekomendasikan kamu untuk mencuci muka dengan menggunakan sabun yang lembut yang khusus diformulasikan untuk muka 1 kali sehari.

Gunakan pelembab alami


Pelembab alami bisa membantu kita mengurangi kelebihan minyak di wajah. Jika kamu tahu bahwa, wajah kita mengeluarkan minyak karena membutuhkannya untuk melembabkan. Jadi jika wajah kita sudah lembab, maka minyak yang keluar tidak akan terlalu banyak. Ada beberapa pelembab alami yang bisa kita manfaatkan untuk mengatasi kelebihan minyak di kulit wajah diantaranya adalah dengan menggunakan madu mentah.

Pada awalnya, penggunaan bahan alami seperti madu mentah untuk pelembab akan membuat kita benar-benar tampak kacau karena minyak akan keluar secara berlebihan. Tapi cobalah untuk menahan diri agar tidak segera mencuci wajah. Lambat-laun, kamu akan merasakan hasilnya dimana secara alami kulit wajahmu akan berangsur-angsur membaik tanpa harus khawatir kelebihan minyak.

Maksimal gunakan air hangat


Air yang panas memang bisa memberikan kulit yang lebih kering karena sangat mudah menghilangkan minyak. Akan tetapi, sama seperti sebelumnya, terlalu sering menggunakan air panas dapat menyebabkan produksi minyak di wajah menjadi lebih banyak.

Jadi sebisa mungkin, hindarilah menggunakan air panas untuk mencuci wajah, maksimal gunakanlah air hangat suam-suam kuku. Air hangat suam-suam kuku sangat baik apabila digunakan untuk membuka pori-pori terutama pada saat kita akan membersihkan sisa-sisa kotoran yang menempel seperti sisa make up dan lain-lain.

Perhatikan makanan dan gaya hidup yang kamu jalani


Banyak orang tidak menyadari bahwa makanan yang di konsumsi dan gaya hidup yang dijalani ternyata juga dapat mempengaruhi kelenjar minyak yang ada di wajah. Jika selama ini kamu jarang makan sayuran dan jarang makan buah-buahan, cobalah untuk mulai lebih sering mengkonsumsi buah dan sayuran. Kurangnya mengkonsumsi berbagai produk susu dan makanan makanan yang digoreng.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa susu bisa mempengaruhi hormon dan bisa juga menyebabkan jerawat.

Sedangkan faktor gaya hidup, kurang berolahraga, terlalu sering stress, sering terkena sinar matahari langsung terutama antara pukul 10.00 hingga pukul 15.00 sore dan sering begadang adalah penyebab kulit wajah berminyak berlebihan.

Kamu bisa membuktikannya sendiri, misalnya pada saat kamu begadang di malam hari walaupun cuacanya dingin, jika kamu masih kurang beristirahat, kamu akan menemukan kulit wajahmu berminyak secara berlebihan. Jadi, jika kamu ingin menghilangkan minyak diwajahmu, mulailah memilih makanan sehat dan tidurlah secara teratur.

No comments:

Post a Comment