Tuesday, 27 December 2016

3 Cara Mudah Membersihkan Tirai Tanpa Jasa Laundry

Sebagai ibu rumah tangga, tentu kita pasti memperhatikan hal-hal kecil yang ada didalam rumah pastinya ya. Dari penempatan sampai sesi kebersihan, semuanya tergantung ibu rumah tangga. Dan yang gak pernah luput dari perhatian seorang wanita untuk rumahnya adalah tirai. Tirai bukan hanya menjaga privasi isi rumah kita dari luar, tirai juga bisa menjadi pelengkap dekorasi rumah menjadi cantik. Namun, menggunakan tirai perlu perhatian yang khusus untuk merawatnya sebab tirai cenderung menyerap bau yang berasal dari dalam rumah seperti asap rokok hingga bau yang berasal dari dapur. Oleh karena itu, jika dirumah kita menggunakan tirai, kita harus ekstra untuk merawatnya.

Selain untuk privacy, Tirai juga sebagai penghias rumah yang sangat penting


Merawat tirai sebenarnya mudah, pastikan debu tidak menempel di tirai selama berbulan-bulan. Pastikan untuk membersihkan tirai dalam kurun waktu 3 bulan sekali agar tirai tetap bersih dan selalu dalam kondisi yang baik. Berikut ini cara mudah membersihkan tirai yang bisa kita lakukan sendiri dirumah tanpa perlu jasa laundry.


1. Gunakan Setrika Uap 


Bila tirai yang kita miliki dari bahan yang berat dan sangat sulit untuk diturunkan untuk dicuci, kita bisa menggunakan setrika uap untuk membersihkannya. Caranya sangat mudah, gunakan sikat halus untuk menghilangkan kotoran atau debu yang menempel di tirai lalu gunakan setrika uap untuk mengurangi bau yang menempel di Tirai. Belum punya setrika jenis ini? MatahariMall.com jual setrika uap online berkualitas dan harganya terjangkau. Toko online ini bahkan menyediakan cicilan dengan bunga 0%. Jadi kita tidak perlu cemas untuk membeli setrika uap karena MatahariMall selalu mengerti kebutuhan rumah tangga.


2. Mesin Cuci Untuk Tirai dengan bahan yang ringan 


Lain halnya jika kita menggunakan tirai dengan bahan yang ringan. Kita bisa menggunakan mesin cuci untuk membersihkan tirai rumah. Sebelum dicuci sebaiknya pilih pengaturan mencuci dengan lambat pada mesin cuci. Cara ini bisa meminimalisir kerusakan bahan tirai tersebut. Menghindari penggunaan mesin cuci jika tirai berbahan berat dan cenderung bisa menahan air adalah pilihan tepat. Jadi.. capek sedikit gak papa kan, dari pada tirai kesayangan yang kita miliki rusak.

3. Lebih Baik Cuci Dengan Tangan 


Nah ini yang paling berat sebanrnya, jika kita khawatir bahan tirai menjadi rusak jika hanya sekedar dibersihkan menggunakan setrika uap atau mencucinya dengan mesin cuci. Kita bisa memberishkan tirai menggunakan tangan, Yap.. mencucinya. Pilihan ini  lebih aman untuk menghindari kerusakan bahan tirai. Sebelum dicuci menggunakan tangan. Ada baiknya tirai direndam dengan deterjen khusus yang dicampurkan dengan air biasa untuk kain berenda dan kain beludru sehingga kita tidak perlu terlalu membuang banyak energi untuk mencuci tirai. Setelah dicuci, keringkan di halaman rumah yang jauh dari paparan sinar matahari langsung. Biarkan tirai kering secara alami.

Ketiga cara ini bisa kita lakukan dirumah tanpa perlu jasa laundry yang bisa membuat pengeluaran rumah tangga jadi membengkak. Selain hemat, tirai kesayangan dijamin akan selalu bebas dari debu dan kotoran yang menempel. Semoga bermanfaat ya..

No comments:

Post a Comment