Friday, 2 December 2016

Cara Membuat Brownies Kukus, Murah dan Mudah

Semenjak ada di Jawa, saya kerap sekali membuat cemilan ala kadarnya dirumah dengan bahan dan peralatan seadanya. Bermodal koneksi internet, saya mencoba membuat sesuatu yang pengen saya makan, tanpa beli. Ya.. itung-itung menghemat uang jajan dan melatih diri untuk bisa bikin apa saja. Selama bahannya mudah dicari dan tidak membutuhkan banyak waktu, saya akan praktek membuat kue rumahan ini.



Awalnya, saya bahkan gak ngerti apa itu baking soda, fermipan, baking powder dan bahan-bahan membuat kue lainnya. Namun lama kelamaan, saya bahkan gak pernah kosong untuk nyediain barang-barang untuk membuat kue seperti tepung terigu, mentega, meses, keju, pewarna makanan, vanili dan lain-lainnya. Bahkan kotak dan plastik untuk membungkuspun saya punya lengkap. Ya.. lengkap-lengkap ala ibu rumah tangga baru lah haha. Bagaimana dengan cetakan kue, saya punya banyak ukuran dan bahan ^_^.


Membuat Brownies Kukus ternyata mudah


Meski hingga saat ini saya belum memiliki mixer untuk membuat kue, tapi kadang saya nekat aja bikin kue yang memutuhkan mixer untuk mengaduknya. Hasilnya memang saya pikir gak sebagus yang diresep aslinya, tapi ya lumayanlah buat cemilan saat hujan haha. Dan beberapa kali saya sempat membuat brownies kukus, ternyata sangat mudah dan menurut saya juga murah banget :D. Kita gak perlu mixer juga, diaduk pake tangan dengan alat kocok manual bisa atau belakangan saya pake blender buat ngocok telur dan gula haha, asik.

Resep Brownies Kukus


Resep brownies kukus sendiri terbilang sangat mudah ditemukan dan bisa dibeli di toko kue paling sederhana sekalipun. Selain itu, cukup mengeluarkan sedikit biaya untuk membelinya, murah. Diantaranya adalah:



Cara Membuat Brownies kukus


Cara membuat brownies kukus ini mudah banget, seperti membuat kue kebanyakan, kita hanya perlu mencampur semua bahan jadi satu.


Pertama, masukkan gula dan telur, kocok lepas sampai berubah warna menjadi agak putih dengan buih-buihnya itu. Bisa pakai tangan dengan alat pengocok manual atau lebih gampang pakai mixer. Membuat brownies kukus tanpa mixer juga bisa kok, kita bisa pakai blender, kan intinya sama-sama dikocok dan dicampur aja kan haha.

Kalau sudah, langkah berikutnya untuk membuat brownies kukus enak adalah, memasukkan mentega yang sebelumnya sudah dicairkan bersama susu kental manis. Ingat ya.. mentega harus sudah benar-benar dingin ketika dicampur dengan adonan gula dan telur. Saya pengalaman 2 kali, masukin menteganya agak panas jadinya brownies kukusnya bantat hahaha.

Yang ketiga, tepung terigu, coklat bubuk masukkan. Sebelumnya kedua bahan ini sudah dicampur ya sebelum dimasukkan kedalam adonan sebelumnya, aduk-aduk sampai rata.

Dan terakhir, masukkan baking powder. Dalam proses ini, cetakan yang sudah diolesi dengan mentega dan ditaburi tepung terigu sudah masuk kukusan yang mendidih ya, jadi setelah dirasa baking powder sudah merata, langsung dimasukkan dalam cetakan dan dikukus dengan api sedang sekitar 45 menit.

Yang harus diperhatikan dalam membuat brownies kukus


Tutup kukusan, harus dibungkus dengan lap terlebih dahulu. Pengalaman saya, pernah tutupnya tidak saya bungkus lap, akhirnya uap airnya pada turun dan brownies saya jadi lembek sekali. Kemudian ingat ya... jangan masukkan mentega yang panas kedalam adonan. Oh ya.. kita bisa masukin keju dalam adonan jika ingin brownies ada berasa kejunya, enak banget kalo dikasih keju, gak lurus aja rasanya haha.

Gimana? Mudah banget kan bikin brownies kukusnya, setidaknya, saya sudah bikin 5 kali setelah tahu cara membuat brownies kukus ini sejak 3 bulan yang lalu. Selamat mencoba.. ;).

No comments:

Post a Comment