Tuesday, 15 November 2016

Pengalaman Toilet Training Anak 2 Tahun, Hari Pertama

Mendung sudah sejak pagi-pagi sekali mengintip di permukaan langit, seolah tak mau melepaskan mentari pergi begitu saja, meninggalkannya. Udara semilir, udara yang paling saya suka karena tidak membuat badan saya menebar harumnya, keringat bercampur entah apalah yang saya sendiri malas untuk menciumnya. Setidaknya.. suasana itu yang ada pagi ini di Jombang, Jawa Timur.

Sejak beberapa bulan yang lalu, jadi ceritanya saya itu sudah mau melakukan toilet training  untuk kesayangan saya Kinza. Target bisa lepas popok diawal usianya yang ke 2 ternyata gagal total, cuma satu alasannya, saya males ngepel akibat ompol yang jadi sebab najis dimana-mana. Tapi, setidaknya saya sudah mencoba untuk melepas popok Kinza walau hanya beberapa jam saja, itu perjuangan, harus dihargai karena belum ada satu jam saya ngepel 4 kali haha. Dasarnya anak bayi, mau digimanakan lagi, belum ngerti dan gak pernah diajari, salah siapa?




Dan hari ini, saya dengan terpaksa, gak memakaikan popok Kinza karena hujan rintik-rintik manis udah ada sejak pagi dan popok dirumah lagi habis. Jajan kemaren sore hanya beli 2 buah, sementara belum ke minimarket. Dan saya surprise banget, Kinza hari ini pinterrr toilet training-nya..

20 Menit sekali


Saya ajak Kinza ke kamar mandi setiap 20 menit sekali untuk pipis, meskipun sedikit Kinza selalu bisa pipis. Dan hal ini berjalan lancar sampai dia tidur siang. Bahkan, selama tidur Kinza gak ngompol, Hebat! Perkiraan saya bakalan banjir dah kasur ini hahah.


Makan sambil Ngompol


Ah.. lucu haha, setelah tidur siang, Kinza saya ajak makan. Tidak seperti biasanya yang saya nyuapin, kali ini karena keleletannya, saya sambi makan untuk diri sendiri juga, eh ternyata dia tertarik untuk makan bareng dengan saya. Sambil berhitung, kami sama-sama memasukkan sendok ketika hitungan keempat tiba. One.. Two.. Three.. Four... dan aem, sampai akhirnya tinggal beberapa sendok dipiringnya sementara dipiring saya sudah kandas, eh ternyata Kinza ngompol hahaha. Duh Sebel!! Bisanya makan sambil ngompol itu lho :)).

Aktifnya Bikin gak betah


Bayangkan! Kinza setiap abis pipis dikamar mandi selalu lari sana lari sini bikin saya pengen bersuara pake toak. Entahlah, Kinza selalu berexpresi sangat over action bahkan nyaris anarkis kata Abi-nya kalau suasana hatinya lagi seneng. Dia seneng banget mainan air, makanya keluar kamar mandi lari sana sini sambil lempar-lempar celana dalam, Ya Allah nak.. nak.. bisanya. Gak cuma itu, celana dalamnya bahkan dijadiin bendera dipegangan mobil-mobilan besar miliknya, ck..ck..ck.. Belum lagi kalau dicelanain, Kinza suka sama narik-narik rambut atau sambil nekan kepala yang nyelanain kebawah banget, kesel gak sih.. kesel banget!

Maunya saya itu, atau semua orang gede, selesain cepet gitu lah haha, tapi namanya anak-anak ah u know lah.


Minta Pipis, WOW!


Yeah.. Kinza akhirnya minta pipis sendiri dikamar mandi, saya dan abinya berpikir mesti udah bocor duluan, tapi ternyata keringgg, keren keren. Memang saya dan Abinya selalu ingetkan Kinza untuk bilang sebelum pipis, mungkin, 2 menit sekali bilangnya haha. Kinza bahkan bilang 3 kali dan kami memang akhirnya memutuskan untuk tidak membawanya. Membiarkan dia yang aktif meminta dari pada kami yang aktif. Nyatanya, Kinza bisa nahan lumayan lama ketika dia main, disini saya ngerasa semangat buat nerusin sampai benar-benar gak pakai popok lagi.

Kesimpulan toilet training hari pertama Kinza


Ya.. kesimpulannya, mulai besok saya akan mencoba membiarkan Kinza untuk meminta sendiri untuk pergi ke kamar mandi. Awalnya saya berpikir bagaimana caranya biar dia gak ngompol, tapi ternyata pikiran itu kurang tepat. Akhirnya Abi Kinza meminta untuk merubahnya dengan "Bagaimana caranya agar dia tau dan merasa bahwa dia akan pipis dan meminta kekamar mandi untuk itu, walau harus mengompol".

Kemudian yang kedua, harus banyak bersabar memang, apalagi anak sehat dan aktif gerak sana sini seperti Kinza, harus bener-bener nahan diri. Saya tadi udah nyubitin bokongnya berapa kali ya, abisnyaaaaa... dia ituuu ngejek saya hahhaa.

Semoga besok toilet training-nya lancar dan semakin pintar ya nak.. Can't wait tomorrow ^_^

1 comment:

  1. Duh mesakke ne Kinza dicubit melulu sama emaknya. Wah tapi Mbak Inuel hebat euy, saya bahkan belum mulai..

    ReplyDelete