Wednesday, 26 October 2016

Catatan Tumbuh Kembang Kinza

Menjadi Ummu Kinza, saya sudah sepatutnya bangga dan bersyukur kepada Allah atas hal tersebut. Anak batita yang sudah berumur 29 bulan ini, bisa saja membuat saya dan Abi-nya tersenyum, saling memandang bangga dan bahagia. Tanggal 18 kemaren, tepat Kinza berusia 29 bulan, sebagai catatan saya, akan saya list kegiatan-kegiatan apa saja yang sudah bisa dilakukan anak berusia 2 tahun 5 bulan ini. Sejak lama saya sudah pengen sekali menulis jurnal tentang Kinza, dan InsyaAllah setiap hari Rabu saya akan mengulas segala tentang Kinza, baik saat dia waktu bayi ataupun tumbuh kembangnya saat ini.


Mungkin, bisa dijadikan acuan untuk putra-putri kita, tumbuh kembangnya sejauh mana dan sudah sepantasnyakah ia melakukan hal-hal demikian atau belum terjadi yang seperti ini. Ya.. sebagai ukuran kasar saja, karena saya juga bukan seorang dokter anak yang tahu betul tentang tumbuh kembang balita 2 tahun. Atau nanti buat saya juga, kalau Kinza udah punya adek, sama atau enggaknya saya akan tau.

Baiklah.. Biar kita sebagai emak-emak rempong yang sayang anak dan ingin mereka tumbuh dengan baik.

Pertama, apa sih tumbuh kembang itu?


Disini, saya tidak akan menggunakan istilah medis yang sulit dimengerti oleh orang awam seperti saya. Kesimpulan dari apa yang saya baca dari website-website terpercaya, Tumbuh kembang balita adalah salah satu bentuk perubahan anak-anak yang memiliki tahapan-tahapan tertentu sesuai umurnya. Seperti umumnya, anak-anak akan bisa melakukan hal tertentu saat ia berusia 1 tahun atau 2 tahun. Kemampuan ini terjadi karena sel-sel didalam tubuh seorang manusia dalam usia pertumbuhannya yang semakin banyak dan tentu saja semakin mengarah ke arah yang lebih baik tentunya ya.

Mengapa harus diabadikan


Bisa saja suatu saat nanti, ia akan membacanya sendiri catatan Ummiya, bagaimana dia menjalani kehidupannya di masa-masa emas, 1000 hari pertama yang belum terlewatkan ataupun kelak masa sekolah dan remajanya. Membayangkan saja saya senang kalau diperlakukan seperti itu hehe.

Dari mana kita mulai


Mari kita mulai dari pembukaan dulu ya.. Selanjutnya.. nantikan artikel Journal Kinza yang bisa kita sebut dengan belajar parenting ini. Jurnal adalah perjalanan yang tertulis, seperti kisah saya di blog jombloku hehe..

No comments:

Post a Comment