Friday, 14 October 2016

Resep Pudding Pumpkin, Makanan Sehat yang Murah Meriah

Kamu, pasti sudah tau dan kenal banget sama yang namanya labu kuning atau pumpkin. Buah satu ini sering dipakai oleh orang luar dalam acara Halloween. Gak ngikutin sih, cuma dulu sering nonton film gitu, kalo pas ada acara Halloween pasti identik dengan labu kuning. Kalau saya sendiri sih, labu kuning ya dimasak, ngapain pake dibikin bentuk monster, kan sayang ya haha.

Di Jawa sendiri, banyak sekali petani yang menanam buah labu kuning ini di kebunnya. Selain menanamnya sangat mudah, labu kuning juga tidak butuh perawatan khusus, hanya dibiarkan saja sudah bisa hidup sendiri.


Sebelum saya lanjut cara membuat pudding pumpkin ini, pasti kita juga mau tau donk, apa saja sih manfaat dari pumkin yang sudah terbukti nyata, tentunya dengan pengalaman saya sendiri ya..

Lancar BAB, setelah makan pumpkin


Setiap saya masak sayur bening bayam yang saya campur dengan labu kuning, saya, Kinza dan abinya selalu lancar BAB. Bahkan mas Jo sendiri bisa sampai 3 kali masuk kamar mandi. Seperti semacam obat pencahar gitu lah haha. Jadi, setiap mas Jo ngeluh gak bisa BAB berhari-hari, saya masakin aja labu kuning ini.

Mengandung Banyak Gizi


Selain menjadi salah satu jenis sayur yang memiliki rendah kalori Pumpkin mungkin juga mengandung banyak serat makanan. Antioksidan, mineral, dan vitamin juga banyak terkandung di dalam buah labu kuning. perhitungannya, setiap 100 gram labu kuning terdapat 26 kalori yang  bebas dari lemak jenuh dan juga kolesterol. Seperti saya, orang awam kurang mengerti istilah-istilah seperti ini mungkin tidak kita ketahui dengan jelas namun yang pasti buah labu kuning memiliki banyak manfaat kesehatan bagi kita. Diantaranya adalah menstabilkan gula darah karena buah labu kuning termasuk sayuran yang rendah kalori dan gula darah. Selain itu, kandungan magnesium yang terdapat pada pumpkin dapat menjadikan kita lebih tenang karena buah ini dapat merilekskan syaraf.


Resep Masakan dari Labu atau Pumpkin


Sudah tau kandungan gizi yang terdapat di buah pumpkin ini, saatnya kita mengolahnya menjadi makanan lezat dan nikmat. Beberapa orang mungkin tidak menyukai bau dari pumpkin, namun kalau sudah diolah menjadi hidangan yang menggiurkan, siapa sih yang gak tertarik. Beberapa lalu, saya membuat Pudding dari Pumpkin ini, caranya mudah banget.

Bahan Pudding Pumpkin


  • Susu kedelai, kebetulan saya memiliki beberapa botol susu kedelai, karena saya ingin mencoba hal baru, saya menggunakan susu kedelai sebagai ganti susu sapi.
  • Gula saya pakai sekitar 250 gr, bisa dikurangin atau ditambah untuk manis yang sesuai selera
  • Separo buah labu yang besar, blender sampai halus
  • Agar-agar warna putih 3 sachet besar ( yang menggunakan 900 ml Air )

Cara membuat pudding dari pumpkin


Mudah donk pastinya ya, masukkan semua bahan yang sudah saya tulis diatas dalam air dengan ukuran agar-agar. Jadi kalau misalnya blenderan pumpkin memerlukan air sekitar 500 ml dan gula sekitar 200 ml, total semua bahan jadai 700ml. Sementara kita membutuhkan air sekitar 2700ml, jadi tinggal menambahkan sari kedelai atau air sebanyak 2000ml. Begitu kira-kira cara mengukurnya. Setelah semua tercampur rata, nyalakan kompor dan rebus hingga mendidih.

Memang rasa dari pudding pumpkin ini agak sedikit bertextur, tapi rasanya enakk banget :D. Selamat mencoba yaaa.. semoga sukses dan bermanfaat :)



No comments:

Post a Comment