Thursday, 18 August 2016

13 Manfaat Kesehatan dari Bawang Putih

Bawang putih apabila dikonsumsi dalam keadaan mentah biasanya terasa sangat panas. Bawang putih banyak dimanfaatkan untuk menyedapkan makanan atau masakan. Menurut sejumlah penelitian, bawang putih bisa memberikan sejumlah manfaat kesehatan karena banyak mengandung vitamin, terutama vitamin C, flavonoid, dan fitonutrien.

Flavonoid yang ada di dalam bawang bisa membantu menurunkan penyakit tertentu seperti penyakit stroke, penyakit kardiovaskular dan bisa membantu mengatasi penyakit parkinson. Bawang juga mengandung serat yang sangat tinggi, asam folat, antioksidan dan agen antibakteri. Menurut pakar kesehatan, bawang baik dikonsumsi dalam keadaan mentah atau yang sudah dimasak kedua-duanya tetap bisa memberikan manfaat kesehatan.





Pada zaman dahulu, bahwa seringkali dimanfaatkan untuk mengobati kemandulan pada wanita mencegah wabah kolera, dan dimanfaatkan juga untuk menyeimbangkan kadar gula di dalam darah. Berbagai manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi bawang terangkum dalam pembahasan berikut ini.

Bawang putih dapat menyehatkan jantung

Manfaat yang pertama yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi bawang putih, bisa menyehatkan jantung. Bawang putih bisa membantu mengencerkan darah sehingga kita akan terbebas dari penggumpalan darah yang dapat menyebabkan kesehatan jantung terganggu.


Manfaat bawang putih untuk mencegah kanker


Bawang putih menurut penelitian mengandungku quercetin yang merupakan agen anti kanker.

Bermanfaat untuk menipiskan darah


Bawang putih yang mengandung flavonoid dan sulfur bisa membantu penipisan darah.

Bermanfaat sebagai antiinflamasi


Bagi mereka yang menderita asma, mengkonsumsi bawang bisa membantu mereka mengurangi gejala yang disebabkan karena asma. Hal tersebut tidak lepas dari adanya kandungan sulfur di dalam bawang yang berfungsi sebagai agen anti-inflamasi.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh


Pada saat musim dingin tiba biasanya imun tubuh kita akan menurun. Itulah sebabnya mengapa kita sangat mudah terkena flu dan batuk. Apabila kamu ingin menjaga agar sistem kekebalan tubuh tetap stabil, coba saja mengkonsumsi bawang putih. Bawang putih bisa membantu mengurangi reaksi alergi dan memiliki manfaat lainnya untuk kesehatan.

Menjaga kesehatan sistem pencernaan


Manfaat lain yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi bawang adalah, bawang putih merupakan obat alami paling efektif untuk menjaga agar sistem pencernaan kita tetap sehat. Bawang putih bisa membantu mencegah diare dan dapat membantu mengurangi tukak lambung.

Bawang putih bermanfaat untuk mengatur gula darah


Dari hasil penelitian ditemukan bahwa, kandungan kromium dan sulfur yang ada di dalam bawang bisa membantu mengontrol gula darah dan bagi kamu yang mengalami gula darah tinggi, bawang juga apabila dikonsumsi bisa membantu menurunkan gula darah.

Membantu menyehatkan tulang


Di usia lanjut, biasanya kita mengalami osteoporosis yaitu pengeroposan tulang yang terjadi karena usia atau karena sulitnya kita menerima vitamin D dari sinar matahari. Apabila mengkonsumsi bawang secara rutin, kandungan yang ada di dalam bawang bisa meningkatkan kepadatan tulang dan menjaga agar kita terhindar dari osteoporosis. Bawang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi kepada para wanita terutama yang memasuki usia menopause.

Bawang bisa membantu mencegah cacat lahir pada bayi


Wanita yang secara rutin mengkonsumsi bawang bisa mengatasi masalah infertilitas, karena di dalam bawang terkandung asam folat yang sangat efektif mencegah cacat lahir pada bayi. Bawang juga merupakan salah satu sumber zat besi yang dibutuhkan oleh wanita hamil.


Menjaga kesehatan rambut


Bawang dianggap baik untuk kesehatan secara menyeluruh. Sejak zaman dahulu, bawang sering digunakan untuk memperbaiki tekstur rambut dan baik juga untuk kulit kepala kita.

Bisa membantu melawan flu


Telah disebutkan sebelumnya bahwa bawang bisa meningkatkan sistem imun tubuh kita. Menurut sejarah, kekaisaran Romawi pada zaman dahulu memanfaatkan bawang untuk melawan penyakit flu.

Dapat melembutkan kulit


Mengkonsumsi bawang secara rutin, khususnya bawang putih akan membuat kulit kita terasa lebih lembut dan lebih sehat. Kandungan yang ada di dalam bawang juga dapat mencegah infeksi. Khususnya vitamin C yang ada di dalam bawang, bisa menjaga kulit tetap sehat dan cantik.

Meningkatkan kualitas tidur dan mood


Bawang dianggap sebagai salah satu makanan yang juga bisa membantu mengurangi depresi dan memberikan kita efek tenang apabila dikonsumsi. Jadi, mengkonsumsi sejumlah bawang di malam hari sebelum tidur akan membantu kita tidur lebih nyenyak. Itulah sejumlah manfaat yang bisa kita dapatkan apabila secara rutin mengkonsumsi bawang putih. Manfaat kesehatan tersebut akan kita dapatkan baik ketika menggunakan bawang untuk bumbu sayuran atau apabila dijadikan jus dan dikonsumsi begitu saja. Agar bau bawang tidak terlalu menyengat saat dikonsumsi, kamu bisa menambahkan sejumlah makanan dan minuman lain misalnya madu untuk mengurangi bau dan rasanya yang kurang enak.

No comments:

Post a Comment