Friday, 16 December 2016

Cara Mudah Membuat Susu Kedelai

Bisa dibilang, susu kedelai dan keluarga kecil Mr. Jooizzy adalah penyuka sari kedelai. Saya dan Kinza anak kami terutama, suka sekali minum susu kedelai. Rasanya yang gurih dan khas membuat Kinza kadang selalu minta uang buat beli susu kedelai di tetangga dekat rumah.

"Um.. Bili cucu lele..."

Logatnya yang lucu minta uang buat beli susu kedelai haha.. Sementara saat ini, saya sedang program hamil kembali, suami minta saya banyak mengkonsumsi susu, sayuran serta mengurangi makanan instant. Susu kedelai juga disuruhnya minum banyak-banyak. Baru mulai program hamil lagi, semoga Allah memberi amanah kembali, apapun jenis kelaminnya, cewek lebih mau haha, ini pasrah apa ngarep ya. :D

 




Nutrisi dalam kedelai

langsung saja lihat daftarnya dibawah ini ya..



Cara Membuat susu kedelai


Cara membuat susu kedelai ini sebenernya gampang banget, cuma kadang saya bikin enak kadang kurang enak wkwk. Mungkin karena takarannya yang kurang pas, jadi saya gak begitu memperhatikan berapa banyak jumlah air dan kedelai yang pas itu. Keseringannya sih saya selalu keenceran, atau merebusnya yang kok rasanya bergumpal-gumpal. Mungkin karena saya tidak menggunakan kain untuk menyaring susu kedelainya, jadi tekstur susunya kurang menyatu.

Saya hanya bermodalkan blender yang ada filternya aja, karena malas juga banyak proses hihi. Kembali ke cara membuat susu kedelai ya, pertama-tama kedelai direndam dahulu selama kurang lebih 8 jam lah. Kemudian kita harus kupas kulit kedelai untuk mencegah bau langu saat susu kedelai dimasak. Entah pengaruh atau tidak, tapi resep ini saya dapatkan dari tetangga sebelah rumah yang jualan susu kedelai. Sari kedelai yang ibu itu bikin enak banget :D.

Yang harus diperhatikan saat membuat susu kedelai

Beberapa hal yang harus diperhatikan saat membuat susu kedelai adalah, saat merebus susu, jangan terlalu lama. Pengalaman saya, ngrebusnya lama banget jadi susu kedelai itu rasanya aneh. Usahakan menggunakan api yang sedang atau besar, dan saat mendidih diamkan sebentar, lalu matikan api. Mungkin karena saya yang kurang begitu pengalaman dengan pembuatan susu kedelai ini, jadinya ya.. banyak gagalnya hehehe..

No comments:

Post a Comment