Friday, 21 October 2016

Trancam, Makanan Segar Buat Kamu yang Suka Sayur Mentah

Halooo.. ketemu lagi di hari Jum'at yang penuh berkah. Dan seperti biasa, saya akan membagi resep makanan yang biasa saya masak dirumah untuk suami dan Kinza. Makanan sederhana saja, yang murah meriah dan gampang carinya. Beberapa hari yang lalu, Mas Jo meminta saya membuatkan trancam untuknya. Mungkin ia udah bosan dengan sayur bening atau apalah gitu ahahha.. Maklum, kadang si Mas cuma ikut masakan untuk anaknya, biar saya juga gak rempong harus masak banyak untuk satu orang.

Saya sendiri tidak begitu suka dengan makanan yang biasa saya kasih ke Kinza. Mungkin karena makanan tersebut gak pake penyedap rasa, hanya gula dan garam itupun gak banyak. Lidah saya udah kebiasaan penyedap, padahal saya pengen banget makan tanpa penyedap, meski harus berproses, saya coba kurangin. Terlebih untuk Kinza dan Abinya, saya buatin masakan yang menurut saya 'gak enak' untuk mereka. Untungnya, Kinza dan Abinya mau mau aja saya masakin kayak gitu haha.

Ini Trancam sayur, Bukan Trancam bahaya hahaha

Nah.. sekarang gimana tu bikinnya, cus yuk..

Resep dan Bahan Trancam Sayur

Sudah saya katakan, bahan-bahan untuk membuat trancam gampang banget didapatkan. Gak perlu pergi ke pasar, cukup ke tukang sayur depan rumah udah bisa bikin trancam sayur yang wenak tenan. 


  • 1/4 Kelapa muda - Parut dengan textur berdiri, bukan menyamping ya..
  • 1 buah tempe baru - potong dadu kecil, kukus
  • 1 genggam daun kemangi
  • 5 batang kacang panjang
  • 1 buah mentimun segar yang masih sangat muda - cacah acak
  • 1 lembar daun jeruk purut
  • 1 genggam petai kecil (lamtoro bahasa jawanya hehe)
  • 7 cabe rawit (tergantung suka pedas atau enggak)
  • 1 buah Bawang putih mentah
  • Sejumput Garam
  • Sedikit Gula merah
  • Sedikit asam jawa


Cara membuat trancam yang enak

Caranyaaa.. Gampang banget bikin trancam ini. Haluskan semua bumbu, di uleg aja ya.. jangan diblender haha. Kalau sudah halus bumbu, masukin kelapa, aduk-aduk dengan ulek-ulek tekan pelan pelan aja sambil cek rasanya. Kalau udah tercampur rata, masukkan sayuran, semuanya. Koreksi rasanya lagi, karena biasanya bisa aja rasanya kurang asin setelah dimasukkan sayuran.

Trancam sayur yang mantab sudah jadi, siapkan piringmu dengan segunung nasi dan jangan lupa, tambahkan ikan asin goreng sebagai pendamping. Dijamin, gak bakal inget mertua kalo dah makan ini makanan haha. Si mas langsung makan lahapp banget, secobek abis buat sarapan aja, ya.. terpaksa masak lagi buat masak siang, tau gitu saya bikin banyak banyak wkwkw..

Selamat mencobaaa.. Maaf gak di foto bahan-bahannya, keburu tangan kotor :D. Kira-kira saya cuma habis sekitar Rp.10.000 untuk masakan ini, murah kan?

4 comments:

  1. hahaha duh kenapa harus inget mertua? makan ya makan aja mbak. Ini apa bedanya sama sayur urap? Bahan dan cara pembuatan sama kayaknya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo urap bumbunya kan digoreng dulu ya Neng :D, kalo trancam kan mentahan, begitulah kura-kura haha

      Delete
  2. Enak nih! Apalagi kalau dimakan sama nasi panas dan ikan asin. :D

    ReplyDelete
  3. Sedap banget niiih, sehat pulaaaaaaa. Bener kata mbak Anis diatas, makannya pake nasi anget sama sambel dan ikan asin yaaaa. Duh ngileeeerrrr

    ReplyDelete