Friday, 28 October 2016

Pudding Jagung, Makanan Murah, Enak dan Bergizi

Alhamdulillah.. ketemu lagi dengan hari jum'at, semoga hari ini kembali membawa banyak keberkahan untuk kita semua ya. Di Mrsjo.Com hari jum'at waktunya share tentang resep masakan sederhana yang sudah saya buat untuk Kinza dan Abinya, mas Jo :D.

Jadi, ceritanya waktu itu saya jalan-jalan di blog salah satu teman blogger yang baru saya kenal. Dan gak sengaja saya baca resep pudding jagung yang ada diblognya. Saya jadi inget dulu nenek saya suka membuat bubur dari jagung kalau beliau sedang panen jagung. Bukan jagung manis ya, jagung biasa sama beliau diparutnya. Ennaaakk banget rasanya, jadi kayak kangen gitu lah, akhirnya saya bikin Pudding jagung yang di mix dengan pudding susu yang biasa Kinza sukai.


Manfaat dan Kandungan Jagung

Jagung, menjadi salah satu bahan pangan yang memiliki kandungan karbohidrat yang cukup penting seain padi dan gandum. Setiap 100 gr, terdapat 365 kalori. Kandungan lengkapnya bisa dilihat dalam tabel ini ya..


Resep Pudding jagung

Sebenarnya, ada banyak sekali makanan yang bisa dibuat dari jagung. Saya sendiri sering membeli nasi jagung yang biasanya lewat didepan rumah. Rasanya yang khas membuat nasi jagung berbeda, apalagi dimakan dengan urap-urap dan ikan asin, hmmm langsung lapar rasanya haha,, Oke, kali ini saya akan kasih resep pudding jagung yang simple ini ya..
  • 3 Buah jagung manis, blender dan saring
  • 1 Sachet agar-agar bubuk tak berwarna
  • Gula, disesuaikan saja, kalau mau manis bisa dikasi 5-6 sendok makan, tergantung selera
  • Sejumput garam
  • Santan dari setengah kelapa, ambil yang kental saja

Cara membuat pudding jagung


Jadi, perhitungannya begitu, kan agar-agar yang ukuran besar butuh 900ml air, dari sana kita ukur blender jagung yang sudah disaring berapa ml, ditambah dengan santan yang sudah diperas. Nah jika jagung blendernya 300 ml, berarti tinggal tambah 600ml untuk santannya. kalau ingin kental dan lebih padat, kurangi santan dan bisa ditambah dengan larutan tepung maizena. Sudah gitu aja, rebus semua bahan sampai mendidih ya...

ini penampakan belakang agar-agarnya ya...

Nah, untuk lapisannya.. saya juga pake agar-agar yang ditambah dengan susu kental manis dan gula. Untuk hasil yang bagus, saat menuang lapisan yang kedua, usahakan lapisan pertama gak terlalu dingin juga gak begitu panas agar ada skatnya. Kemudian untuk lapisan barunya, usahakan dituang dalam keadaan panas agar lapis pudding menempel dengan sempurna. Sudah begitu saja :D.

Jadi, kapan kamu bikin pudding jagung kayak saya? 

2 comments:

  1. saya mah nunggu dibagi aja sama mrs.jo :)

    ReplyDelete
  2. Emaknya Kinza rajin yaaa, gak kayak emaknya Aisyah gak pernah masak, wakakakaka

    ReplyDelete