Thursday, 20 July 2017

Cara Mengecek Apakah Bayi Mengalami Gangguan Pendengaran

Sebagai orang tua, memiliki seorang anak yang terlahir sehat dan sempurna adalah anugerah tersendiri yang wajib disyukuri setiap saat. Ditambah lagi, jika pertumbuhan sang anak yang baik dan normal, tentu akan membuat orang tua bangga dengan anaknya.



Namun, ada banyak juga orang tua yang seringkali terlambat menyadari gangguan yang terjadi pada tumbuh kembang buah hati mereka. Salah satu masalah yang sering dialami oleh bayi adalah gangguan pendengaran. Pada umumnya, gangguan pendengaran tersebut baru disadari oleh orangtua setelah sang anak tumbuh besar dan mengalami masalah seperti kesulitan berbicara, dan sering tidak merespon suara maupun bunyi-bunyian lainnya.

Cara paling mudah untuk mengecek apakah bayi mengalami gangguan pendengaran atau tidak adalah dengan melakukan simulasi menggunakan suara yang bisa diciptakan oleh ibu, misalnya:

Tuesday, 11 July 2017

Obat Anyang-anyangan yang Aman untuk Ibu Hamil

Di kehamilan saya yang kedua ini rasanya lebih berat dibandingkan dengan kehamilan pertama dulu. Waktu hamil Kinza dulu, bahkan saya hampir tidak merasakan berbagai keluhan yang biasanya dirasakan oleh ibu hamil kebanyakan, kecuali ngantuk dan malas. Selebihnya, saya hanya merasakan morning sickness yang ringan. Namun saat ini, di kehamilan yang kedua, segalanya terasa sangat berbeda. Saya lebih sering mengalami morning sickness hampir setiap hari, bahkan setelah usia kandungan sampai 7 bulan.



Saat hamil, tentu saja perasaan khawatir akan kesehatan sering mengganggu dan membuat saya perlu sedikit lebih waspada. Apalagi, disaat-saat hamil seperti ini, wanita sangat rentan terkena berbagai macam penyakit karena imun tubuh mereka yang tidak begitu kuat karena harus menjaga bayi di dalam rahim.

Menyadari hal tersebut, saya melakukan beberapa cara untuk menjaga kesehatan selama kehamilan mulai dari:

Saturday, 1 July 2017

Hello July, Ngomongin Prinsip Hidup Yuk

Iya prinsip! Sebenarnya banyak yang tanya dan ngebully saya dalam banyak hal dan sebenarnya juga saya ga ngerti-ngerti banget tentang apaan sih prinsip ini. Maklum, pengetahuan saya tentang kosakata kata-kata tingkat tinggi emang gak begitu bagus. Tapi apalah sekarang, media online sudah bisa diakses kapanpun dan dimanapun. Sebagai orang yang berpikir dan punya pikiran, saya juga melakukan apa yang seharusnya orang mikir lakukan, mencari tau :D.



Prinsip menurut KBBI adalah, asas (kebenaran yang menjadi pokok dasar berpikir, bertindak, dan sebagainya); dasar;

Nah dari sini kita tarik garis besarnya aja, prinsip hidup adalah pemikiran dasar seseorang dalam menjalani kehidupan, menurut saya. Dulu, saya memang kurang ngerti cara mengaplikasikan sebuah prinsip dalam hidup saya seperti apa. Saya terkesan bingung dan rancu dalam pengartiannya. Padahal, sangat mudah sekali menjalankan sebuah prinsip jika kita konsisten dan gak mudah gamang.

Saturday, 24 June 2017

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 H

Postingan sebelum mudik nih, meskipun mudiknya deket dan cuma butuh waktu sekitar 1 jam aja, Mrs Jo ngucapin selamat hari raya Idul Fitri 1438 H. Semoga Allah mempertemukan kita di Ramadhan tahun dengan dengan keadaan yang lebih baik.


Yang mudik jauh, hati-hati diperjalanan dan semoga uang THR-nya cukup ya haha.. Selamat lebaran semuanya, mohon maaf segala kesalahan dan khilaf saya.

Friday, 16 June 2017

Anak Tetap Sehat di Musim Hujan, Ini Rahasianya

Ketika musim hujan tiba, anak-anak rentan terhadap berbagai macam penyakit, mulai dari flu, batuk, diare, hingga demam berdarah. Menjamin agar anak-anak sehat di musim hujan dan bebas dari berbagai macam penyakit memang tidak mudah. Akan tetapi bukan berarti tidak mungkin bukan?



Kalau Bunda ingin buah hati tetap aktif dan sehat saat musim hujan, setidaknya bunda harus tahu apa yang harus dilakukan. Rahasia anak tetap sehat selama musim hujan berikut ini bisa diterapkan:


Jaga kebersihan lingkungan


Yang pertama dan yang paling utama adalah menjaga kebersihan lingkungan. Membersihkan sampah, membuang benda-benda yang bisa menampung air mengurangi jumlah pakaian kotor yang digantung, hingga membersihkan selokan akan meminimalkan resiko terkena berbagai penyakit.

Tuesday, 13 June 2017

Tips Memilih AC Untuk Kantor Kecil

Kantor atau tempat kerja merupakan salah satu ruangan yang membutuhkan kenyamanan lebih, guna meningkatkan produktivitas. Suasana kantor yang nyaman akan membuat para pekerja lebih produktif, kerja dengan cepat, dan hasil yang di dapatpun lebih maksimal. Karena kenyamanan tempat kerja adalah faktor utama bagi para pekerja melakukan pekerjaan mereka termasuk fasilitas ac terbaik sebagai pendingin udara aga ruangan selalu sejuk.



Adapun salah satu cara menjaga kenyamanan pekerja di dalam kantor adalah dengan menjaga suhu ruangan agar tidak panas. Memasang perangkat elektronik AC tentu menjadi satu - satunya cara mendinginkan ruangan. Namun dalam memilih AC sendiri perlu disesuaikan dengan kebutuhan, tertuama untuk kantor-kantor kecil, karena setiap jenis AC sebenarnya dibuat dengan fungsi masing-masing. Adapun tips memilih AC yang pas untuk kantor kecil adalah sebagai berikut:

Tips Memilh Universitas Bisnis Manajemen Terbaik di Jakarta

Internet merupakan salah satu teknologi yang memberi dampak besar bagi kehidupan manusia. Internet kini semakin berkembang bahkan mengisi setiap aspek pada kehidupan manusia, mulai dari perdangan, pendidikan, komunikasi, hingga bisnis.

Salah satu bidang yang sangat dipengaruhi oleh internet adalah bisnis. Internet mengambil peran penting pada pemasaran, kemudahan dalam melakukan transaksi, hingga manajemen. Hal ini mendorong setiap individu untuk membangun bisnisnya sendiri.



Namun, tak semuanya berhasil dalam memulai bisnis. Masalah terbesar yang sering menjadi kendala adalah sistem manajerial yang kurang baik dalam mengatur keuangan bisnis. Tak sedikit para pendiri bisnis yang gagal hanya karna kurangnya ilmu tentang manajemen bisnis.

Bertitik dari masalah tersebut, perusahaan mulai melirik lulusan bisnis manajemen dari universitas terbaik untuk dijadikan pengatur keuangan perusahaan. Lalu seperti apa universitas yang fokus pada bisnis manajemen yang baik di mata perusahaan dan bagaimana tips memilih universitas bisnis manajemen terbaik di jakarta ? Berikut pemaparannya:

Monday, 12 June 2017

Tempat Liburan Manis Dengan Budget Minimalis di Jogja Ala Backpacker

Jogja biasanya identik dengan tempat wisata berbau budaya, karena kentalnya budaya yang melekat di kota gudeg ini. Ada banyak pesona wisata yang ditawarkan di kota Jogja, mulai dari wisata seni, budaya, sejarah, pendidikan, perbelanjaan, kuliner, terakhir wisata alam.



Khususnya wisata Alam. Beberapa tahun terakhir, Jogja memang sedang mengembangkan, mengeksplore dan mempublish beberapa wisata alam baru untuk meningkatkan wisatawan berkunjung di kota Jogja. Ada banyak destinasi wisata baru yang masih sangat asri dan cantik. Menawarkan view yang eksotis dengan tiket masuk minimalis. Adapun beberapa tempat wisata Jogja tersebut diantaranya :

Kenalan Dengan Berbagai Macam Universitas Teknik Terbaik di Indonesia

Melanjutkan kuliah itu memerlukan persiapan yang matang, mulai dari biaya yang dibutuhkan, persiapan tes masuk, persiapan dokumen, dan bahkan mempersiapkan jurusan yang diminati. Bagi kamu yang berminat masuk universitas teknik di Jakarta, ada baiknya mencari informasi mengenai universitas apa saja yang menawarkan program teknik yang ada secara detail.



Bagi kamu yang masih bingung ingin memilih jurusan teknik dalam bidang apa, berikut ini ada referensi jurusan teknik terbaik yang disediakan oleh beberapa universitas yang sudah terakreditasi A oleh BAN-PT.

Sunday, 11 June 2017

Ketika Kamu Ngerasa Lebih Baik dari Orang Lain

Pernah? Ngerasa lebih cantik, lebih pinter, lebih sholeha atau lebih-lebih lainnya dari orang lain?

Pernah ngerasa lebih baik dari orang lain yang lebih spesifiknya adalah sainganmu dalam banyak hal. Entah itu didunia asmara atau dunia yang lainnya? Tapi bukan dunia lain ya haha...



Sebagai manusia, jujur sih, saya pernah sekali kali ngerasa lebih baik dari orang lain. Saya ngerasa lebih pinter dan lebih bisa dari orang tersebut. Padahal, kenyataannya mungkin saya jauh-jauh sangat jauh lebih bodoh dari orang yang saya remehin tersebut. Dan saya tahu, ini adalah penyakit hati yang gak boleh sering-sering muncul di muka kehidupan kita, gak boleh sama sekali.

Adakalanya, ego ini terlalu tinggi dan mudah sekali merendahkan orang lain. Padahal, orang yang paling buruk adalah orang yang sombong dan ngerasa dirinya paling hebat.

Thursday, 8 June 2017

Apa Saja Penyebab Anak Terlambat Berbicara?

Ketika Anda merasa anak terlambat berbicara dibandingkan dengan teman-teman seusianya, Anda tentu bertanya-tanya dan sedikit khawatir, apakah hal tersebut merupakan masalah? Ataukah masih tergolong normal pada usia tertentu? Jika ini merupakan masalah, adakah cara untuk mengatasinya?

Apa Saja Penyebab Anak Terlambat Berbicara?


Seringkali, anak yang telat berbicara hanyalah kondisi sementara saja. Bukan merupakan masalah. Akan tetapi, jangan buru-buru mengklaim bahwa hal tersebut disebabkan karena autisme. Menurut Stephen Camarata, seorang profesor di bidang ilmu mendengar dan berbicara dari Vanderbilt School of Medicine mengatakan, "hampir semua anak-anak dengan autisme terlambat bisa bicara, akan tetapi tidak semua anak-anak yang lambat bisa bicara memiliki autisme."

Penyebab anak terlambat bicara


Normalnya, anak usia 1,5 tahun sudah bisa mengucapkan beberapa kata (minimal 5) yang sering didengarnya seperti mama, ini, papa, apa, maem, mimi, dan lain-lain. Seiring dengan bertambahnya usia, anak berusia 2 tahun sudah akan bisa merangkai antara dua-tiga kata atau lebih. Tapi sayangnya, ada beberapa anak yang pada usia 2-3 tahun masih belum lancar berbicara dan hanya mengucapkan sepatah dua patah kata saja.

Friday, 26 May 2017

Ramadhan dan Kehamilan

Alhamdulillah.. InsyaAllah besok kita umat Islam yang beriman udah mulai berpuasa. Gak kerasa banget, kayaknya masih kemaren kita lebaran, eh sekarang udah mau lebaran lagi. Banyak hal yang harus dipersiapkan saat berpuasa selain kondisi badan yang harus tetap sehat dan bugar agar menjalani puasa yang lancar. Saya sendiri sekarang lagi sibuk mau pindahan rumah kontrakan, sebenarnya waktunya kurang tepat sih, tapi gimana ya.. Kontrakannya udah habis masa berlaku, jadi mau gak mau ya harus mau :D.



Selain itu, saya juga harus ngurus surat pindah tempat dari Kaltim ke Jatim lagi. Karena kondisi saya yang hamil dan nanti untuk jaga-jaga kalau ada apa-apa dengan saya dan bayi aja sih. Ya.. semoga saja Allah memberi kesehatan dan kelancaran saat persalinan nanti. Banyak hal yang harus saya patuhi dalam menjaga kandungan agar tetap sehat, yang paling utama adalah memperbanyak minum air putih karena air ketubannya kurang, hikz..

Tuesday, 16 May 2017

Tips Menstimulasi Pendengaran Bayi

Ketika anak-anak masih berusia di bawah 1 tahun (bayi) mereka perlu dilatih untuk mendengarkan sesuatu agar mereka mampu bereaksi terhadap suara-suara. Hal ini sangat penting untuk perkembangan anak. Beberapa stimulasi ringan yang bisa membantu bayi untuk bereaksi terhadap berbagai suara yang bisa Anda coba sendiri di rumah antara lain:



Percakapan atau obrolan


Bercakap-cakap dengan anggota keluarga yang lain bisa Anda lakukan di dekat bayi. Misalnya, jika bayi diletakkan di tempat tidurnya, Anda bisa mengajak suami, atau anggota keluarga yang lain untuk duduk dan ngobrol di dekat tempat tidur bayi. Sehingga, bayi akan mendengarkan obrolan anggota keluarganya. Pastikan bayi bereaksi terhadap obrolan tersebut. Obrolan yang Anda lakukan tentu saja bisa bervariasi mulai dari yang serius hingga yang ringan dan penuh canda dan tertawa.

Friday, 12 May 2017

Mengapa Anak Perlu Punya Kamar Sendiri?

Ketika masih bayi, anak-anak yang tidur dengan orang tuanya akan mendapatkan banyak keuntungan. Banyak praktisi kesehatan yang bahkan menganjurkan orang tua untuk tidur dengan bayi mereka karena banyaknya keuntungan yang bisa didapatkan.



Diantara beberapa keuntungan yang akan didapatkan jika orang tua mau tidur dengan bayi diantaranya adalah:

Friday, 5 May 2017

Fasilitas Terbaik Dan Harga Xiaomi Redmi 3

Harga xiaomi redmi 3 dan fasilitas yang dapat diberikannya sering kali tidak sebanding, seringkali harga xiaomi redmi 3 ini ternyata lebih murah dari fasilitasnya yang sangat baik. Dengan harga xiaomi redmi 3 yang hanya sedemikian saja maka Anda sudah bisa mendapatkan sebuah smartphone yang sangat canggih. Tak heran jika smartphone gebrakan dari China ini begitu popular di Indonesia dan penjualannya dari tahun ke tahun ternyata justru semakin menanjak dari tahun ke tahun.



 Karena itulah akhirnya smartphone ini terus merajai pasaran Indonesia dan hingga kini masih terus diperbarui produknya. Dengan adanya smartphone berharga murah namun canggih ini menyebabkan semua masyarakat Indonesia dapat merasakan kecanggihan teknologi dengan harga yang murah. Lalu apakah dengan harganya yang murah itu kemudian menjadikan smartphone ini berkualitas buruk? Tentu tidak seiring dengan teknologi yang canggih itu tentunya smartphone ini bisa dikatakan memiliki ketahanan yang baik, apalagi diiringi dengan perawatan yang baik pula.

Thursday, 4 May 2017

Berkomunitas, Negatif dan Positif yang Saya Dapatkan

Wow Something! Setelah saya keluar dari sebuah group yang saya ikutin beberapa tahun lalu tanpa pernah menghapus chat yang sudah ada, handphone saya langsung mati saat saya delete group tersebut. Saking banyaknya chat yang anggota group dan ya.. begitulah. Sejak dulu, saya kurang suka mengikuti sebuah komunitas blogger. 



Tapi belakangan, saya tertarik untuk ikut karena  salah satu komunitas blogger tersebut memberikan banyak manfaat dan tentu saja ngasih banyak job kepada saya. Komunitas yang menurut saya gak pilih kasih dan memang dinilai dari kwalitas blog bukan karena kedekatan admin dengan para anggotanya.

Menjadi anggota komunitas yang netral dan biasa saja dalam artian tidak terjun terlalu dalam kepada tetek bengeknya memang sedikit butuh keberanian. Saya selalu mematuhi peraturan yang komunitas blogger berikan. 

Thursday, 27 April 2017

Intip Tips Keren Ini Yuk, Saat Traveling Ke Makassar

Aktivitas sehari-hari sanggup membuat seseorang merasa stres. Kadang pekerjaan jadi terbengkalai akibat kondisi jiwa itu. Nah, mengapa tidak melepaskan diri dulu dari rutinitas pekerjaan dan mengurusi rumah tangga dengan berlibur? Nah, jika Anda merasa sangat suntuk, segera rencanakan untuk berlibur atau berwisata bersama keluarga atau para sahabat.

(sumber : hellomakassar.com)

Tidak usah ke luar negeri, di tanah air pun tersedia banyak sekali objek wisata yang bisa dikunjungi, salah satunya Makassar. Apakah Anda pernah berkunjung ke sana? Bila belum, segera rencanakan untuk berlibur bersama-sama di kota yang dulu disebut dengan Ujung Pandang ini.

Tuesday, 25 April 2017

Buruknya Majelis Ghibah

Sebagai orang yang harus bersosialisasi, saya gak bisa dengan mudah menghindari atau menolak sesama yang suka atau terbiasa ngomongin orang. Saya sendiri sebenarnya dulu juga penghobi gosip-gosip selebritis yang nongol di tipi.



Bahkan, kalau gak nonton acara gosip tertentu mesti ada yang kurang di hari itu. Dan sudah puluhan kali bahkan lebih saya kengatakan, sejak menikah saya seakan asing dengan hal-hal seperti itu.

Friday, 21 April 2017

Manfaat Berinvestasi Rumah Minimalis Modern

Setiap orang pasti menginginkan rumah idaman mereka sendiri. Sebagai rumah tangga baru, kami tentu saja juga memikirkan bagaimana rumah yang akan kami bangun kelak. Salah satu keinginan saya adalah memiliki rumah yang sederhana, minimalis namun bisa mencakup semua kebutuhan keluarga dengan baik.



Saat ini ada banyak sekali rumah yang mungkin bisa anda dapatkan dengan beberapa hal yang kaitannya akan memberikan sesuatu yang berbeda tentu saja. Lahan luas yang mungkin tidak bisa anda dapatkan saat ini tentu saja akan berbeda karena anda harus mengerti bahwa lahan yang sempit sebenarnya tidak terlalu memengaruhi hasilnya, anda bisa mendapatkan sesuatu yang lebih baik jika memang ingin mendapatkan manfaat dari rumah minimalis.

Harga tanah di daerah perkotaan yang saat ini semakin mahal tentu saja lama-lama akan membuat harga jual rumah juga semakin mahal. Oleh karena itu untuk anda yang ingin mendapatkan manfaat dari berjualan rumah anda bisa menyiasati dengan melakukan pembangunan rumah yang sesuai.

Thursday, 20 April 2017

Rempeyek Renyah Ala Mertua

Selama saya tinggal di Kalimantan, mertua saya sering sekali bikin rempeyek kacang. Kata beliau sih, anak-anaknya pada suka dan malah, mama mertua bikin karena permintaan anak-anaknya atau kalau anaknya mau pulang ke rumah. Yang dirumahpun suka mintain mama bikin rempeyek, ya.. siapa lagi kalau bukan suami saya haha.

Rempeyek renyah, foto sederhana yaa..


Dari kebiasaan yang selalu diturutin ini, hasilnya.. sekarang saya kena imbas suka bikin rempeyek karena suami minta. Duh.. kalo dah kata suami, dari mubah bisa jadi wajib haha. Ya.. mau gak mau saya harus mau bikinin si mas rempeyek. Beberapa kali bikin, saya ngerasa rasanya kurang pas dan kayaknya kurang salah satu bahan atau kebanyakan bahan. Maklumlah, masih tahap belajar :D.

Sukses bikin rempeyek


Kalau gak salah sih, saat bikin rempeyek yang kedua kalinya saya sukses bikin rempeyek renyah dan pas. Dari sana saya jadikan acuan cara membuat rempeyek yang enak dan renyah. Saya juga nyontoh resepnya mama mertua, kan saya dulu suka nungguin beliau bikin rempeyek, nungguin sambil makan maksudnya :p.

Wednesday, 19 April 2017

Tips Menjual Rumah di Perkotaan

Rumah adalah salah satu aset yang berharga dan sangat penting untuk kita miliki. Apa lagi rumah adalah tempat berkumpulnya keluarga dan banyak sekali keungggulan rumah. Namun, ketika menjual rumah Anda harus pintar dalam masalah pejualan maka disini saya akan memberikan tips menjual rumah di perkotaan agar cepat laku.



Yang pertama Anda juga harus memperhatikan Rumah dijual di Depok yang akan Anda jual tersebut. Yang perlu Anda persiapkan adalah rumah tersebut agar terlihat lebih menarik dan dapat membuat harga jual yang tinggi dan ini dapat memberikan Anda keuntungan.

Lalu seanjutnya Anda harus menetapkan harga, tentukan  harga rumah dengan tepat dan proposional dengan rumah yang Anda jual. Jangan memberi harga yang terlalu mahal karena bisa jadi membuat calon pembeli tidak tertarik. Namun, apabila Anda memberikan sedikit diskon dan bonus maka akan banyak yang tertarik untuk membeli rumah Anda.

Tuesday, 18 April 2017

Kerugian Ketika Sewa Apartemen Tanpa Banyak Pemahaman

Menyewa sebuah apartemen haruslah didasari banyak pemahaman penting sehingga tidak salah dalam memilih apartemen yang sangat mungkin untuk membawa kerugian pada diri sendiri. Karena memang sewa apartemen tidak hanya membawa banyak manfaat yang bisa dirasakan langsung, namun juga akan mengalami beberapa kerugian terutama jika tidak paham cara menyewa yang baik.



Kerugian ini akan sangat berdampak pada kegiatan sehari hari dan bisa saja menambah stress pekerjaan yang pastinya dirasakan oleh siapapun yang bekerja tanpa terkecuali. Dan berikut ini beberapa kerugian yang mungkin terjadi pada penyewa yang menyewa sebuaha apartemen tanpa memiliki pemahaman banyak sehingga tidak berpikir kemungkinan terburuk diakhir.

Sunday, 16 April 2017

Tips Jual Rumah Online Bagi Pemula

Banyak orang yang mengatakan berbisnis property lebih menguntungkan dari pada bisnis yang lainnya. Bisnis property dapat Anda lakukan tanpa adanya modal sedikitpun karena bisnis seperti tidak ada namanya kerugian dan akanmendapatkan untung yang besar.



 Akan tetapi banyak pula orang yang menjual propeti mereka melalui online dan tidak hanya melakukan promosi secara konvensional. Namun, jika Anda masih pemula dalam menjual rumah dijual di Surabaya secara online maka Anda perlu menyimaka sedikit ulasan berikut ini.

Wednesday, 12 April 2017

Metode Mendidik yang Sebaiknya Mulai Ditinggalkan

Metode mendidik anak-anak akan sangat mempengaruhi pertumbuhan mereka baik secara fisik maupun mental. Setiap orang tua memang memiliki caranya masing-masing dalam mendidik anak.
Akan tetapi, ada hal-hal umum cara mendidik yang banyak kita temukan di masyarakat.

Misalnya, bagaimana mereka melatih anak-anak untuk mandiri, bagaimana mereka mengajarkan kecintaan terhadap anggota keluarga yang lain, hingga bagaimana mereka mengajarkan anak-anak tingkah laku dan sopan santun.
Mendidik Anak
via cdn[dot]psychologytoday[dot]com

Modern ini, semakin banyak orang tua yang tidak memiliki kesempatan untuk mengawasi pertumbuhan dan perkembangan anak mereka di rumah karena mereka sibuk bekerja di luar rumah dari pagi hingga malam.

Akibatnya, semakin banyak anak yang tidak terkontrol dan tumbuh tanpa pengawasan orang tua. Sehingga, tidak heran apabila banyak orang tua yang tidak mengenal anaknya sendiri.

Banyak orang tua yang menganggap anaknya tumbuh dengan baik namun sejatinya anak tersebut hanya baik ketika berada di hadapan orang tua saja.

Friday, 24 March 2017

Nikmatnya Kuliner Khas Wonosalam, Kolak Durian

Daerah saya, tempat kelahiran saya di Wonosalam Jombang, daerah gunung Anjasmara terkenal sekali dengan penghasil buah durian. Setiap tahun durian Wonosalam pasti banyak diburu oleh pecinta buah ini. Saya dan suami termasuk orang yang doyan banget makan durian, tapi sayangnya tahun ini harga buah durian sangat mahal. Pas di kebun emak saya pohon durian jarang sekali berbuah. Tapi berhubung saya punya uang buat beli, meskipun satu dua buah, jadinya saya tetep bisa merasakan buah duren ini.

cara membuat Kolak duren
Kolak Durian Wonosalam


Awal-awal ada, buah durian harganya bisa mencapai Rp. 100.000 per buah. Tak heran kalau buah ini dijuluki buah-buahan milik orang kaya. Padahal gak juga, saya juga gak kaya kok, asal punya uang ya bisa beli, gak harus nunggu kaya. Eh gak dink, punya uang dan ada niat buat beli durian, itu yang bener haha.

Bibik Saya Penjual Duren


Adik ibu saya memang setiap tahunnya si Bibik ini jualan duren di daerah Pasar Buah Sumber, Wonosalam. Saya rasa bibik saya bisa memperoleh banyak keuntungan dari berjualan duren. Saya sendiri beberapa kali beli disana, entah harga sebenarnya atau harga diskon, yang jelas saya percaya aja saya bibik saya. Harga terbaiklah haha. Dan berhubung saya juga sedang hamil, makan duren bisa jadi alasan klasik kalau saya lagi ngidam #modus.

Kolak Durian yang Melegenda


Setiap pulang kampung ke Wonosalam, dipinggir jalan banyak sekali orang jualan duren. Dan tak kalah, warung-warung desa yang dulunya sepi, kini saat musim durian mendadak rame tak terkira. Dan pastilah, mereka sediain menu ketan durian di etalase makanan mereka. Sebenarnya kalaupun bikin sendiri sangat gampang sih, bahannya juga simple. Berhubung pengen cepet, durian yang saya beli dimakan mentahan ajaaa.. itupun kurang puas wkwkwk. Apalagi si Mas tersayang gak suka kalau sudah jadi kolak durian. Per porsi, kolak durian dihargai Rp.5.000 - Rp. 7.000 perak. Tergantung tempatnya. Dan itu kalau didesa sudah mahal banget nget ngettt.

Thursday, 16 March 2017

Jangan Hanya Memandang Keatas, Nak

Setiap hari, ada saja yang membuat saya belajar dari Kinza. Dari belajar melatih kesabaran yang belum juga berhasil sampai belajar menyikapi semua kelakuannya yang kadang membuat saya pengen berteriak. Kinzaaa.... Namun harus saya tahan, gimana tuh rasanya mau teriak tapi ditahan-tahan, ya kayak mau pipis tapi gak boleh pipis gitulah, bingung haha.

Saya salut banget sama seorang blogger yang sabar banget ngurusin anaknya yang memiliki kebutuhan kusus. Dia telaten banget ngerawat anaknya, sangat sabar. Rasa syukurnya gak pernah berhenti, mesti mungkin ada kalanya dia merasa sangat lelah dengan ujian itu, namun kelelahan tersebut tak pernah ditampakkan didepan orang lain. Sedangkan saya dan juga ibu-ibu yang sudah diberikan nikmat berupa kesehatan dan tumbuh kembang anak yang sangat baik, masih saja suka marah-marah. Seperti orang yang gak bisa bersyukur dengan nikmat tersebut.



Memandang Keatas, Membuat Kita jadi Pribadi yang Kurang Bersyukur


Awalnya, saya kepikiran untuk menulis hikmah yang saya dapatkan hari ini saat melihat Kinza mencari kerupuk yang tadi pagi kami beli di pasar. Kinza memang suka banget sama kerupuk, tapi kayaknya tenggorokannya Kinza itu ngikut-ngikut Abi-nya, tenggorokan kemayu alias mudah sekali radang. Nah.. saking sukanya sama krupuk, dia pasti mau nambah lagi pas krupuk ditangannya udah habis, maksudnya itu, season 1 dan mau lanjutin yang season 2 haha.

Sunday, 12 March 2017

Sahabatku Bertanya Tentang Hijab

"Niat baik, ayo disegerakan.. Jangan ditunda-tunda"

Begitu saya berkata kepada sahabat saya yang tinggal di desa karena menanyakan hal yang paling membuat saya bersemangat membahasnya, tentang Hijab. Dia bercerita, tentang keinginannya konsisten untuk mengenakan kerudungnya, namun karena beberapa hal, keinginan tersebut masih selalu ditunda-tunda.

Salah satu perwujudan tentang konsisten menggunakan jilbab adalah adanya hidayah yang datang kepada seseorang. Hidayah dari Allah yang membuat kita mudah sekali melakukan kebaikan demi kebaikan. Dan semua itu wajib kita syukuri jika saat ini, kita sudah memilikinya.

Sahabatku Bertanya Tentang Hijab
Saya di Pantai Senggigi, Lombok


Yang kedua adalah tentang niat dan keinginan dalam diri sendiri bagaimana bisa mewujudkan itu semua. Karena sebenarnya, masalahnya bukan datang dari orang lain, tapi dari dalam diri. Akan ada saatnya, seseorang mantab berjilbab tanpa ngurusin apa kata orang lain. Itu murni keinginan diri atas dorongan kebaikan. Disana, jika kita sudah pernah ngrasain gimana ademnya pake jilbab, saya yakin seyakin yakinnya.. pasti susah untuk melepasnya kembali.

Yang ada, semakin lama akan semakin lebar dan menjulur kebawah jilbab yang kita kenakan. Pernah suatu waktu saya kena skak oleh omongan teman disalah satu media sosial. Dan si teman ini memang sudah pakai jilbab panjang. Waktu itu, saya masih baru saja menggunakan jilbab yang alakadarnya. Bahkan pakaian yang saya gunakan masih jins dan kaos-kaos yang lumayan nempel di badan. Masa transisi butuh waktu, apalagi dulu saya gak punya uang banyak buat beli gamis-gamis syar'i atau mengganti celana jins saya dengan rok-rok panjang, saya sudah berniat tapi saya masih belum punya uang untuk membantu niat saya ini.

Disana teman saya menegaskan "Jilbab dan kerudung itu beda lho". Duh... Rasanya saya mati rasa, serasa diejek dan direndahkan dan seolah dia gak ngasih kesempatan kepada saya untuk berubah dan memang harus membutuhkan waktu. Memang sih beda sama dia yang udah punya penghasilan besar. Ya.. saya kan gak pernah sekolah gitu, jadi kerjaan ya cuma jadi babu aja hahaha.

Monday, 27 February 2017

Ini Pola Makan Sehat untuk Ibu Hamil

Pola makan ibu hamil - Diet sehat (pola makan yang sehat) adalah bagian penting dari gaya hidup yang sehat. Peran diet sehat akan lebih penting lagi ketika seorang wanita merencanakan kehamilan atau ketika mereka sudah hamil. Makanan sehat memiliki peranan yang penting selama kehamilan karena bisa membantu menjaga kesehatan ibu dan membatu perkembangan serta pertumbuhan bayi di dalam kandungan.

Seorang wanita hamil tidak perlu menambah jumlah porsi makan terlalu banyak, misalnya menjadi dua kali lipat dibandingkan biasanya. Yang perlu mereka lakukan hanyalah mengubah pola makan dan memilih makanan-makanan yang padat gizi (nutrisi).

Ini Pola Makan Sehat untuk Ibu Hamil


Menurut dokter (ahli kesehatan), berikut adalah makanan-makanan yang paling disarankan bagi ibu hamil.

Sayur-sayuran dan buah-buahan

Memperbanyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran sangat baik saat hamil maupun sebelum hamil serta saat menyusui. Karena sayur dan buah adalah sumber vitamin, mineral, serat, dan berbagai kebutuhan yang lainnya yang dapat membantu mencegah berbagai masalah kesehatan yang sering dialami oleh ibu hamil seperti sembelit atau gangguan pencernaan.

Anjurannya, ibu hamil setidaknya harus mengkonsumsi lima porsi buah-buahan dan sayuran setiap hari, baik itu buah segar, buah kaleng, buah yang kering, atau dalam bentuk jus.

Yang perlu di perhatikan, ketika mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran, selalu cuci buah dan sayuran sebelum dikonsumsi. Hindari mengkonsumsi sayuran mentah yang tidak dicuci dengan baik karena seringkali mengandung bakteri yang berbahaya untuk janin di dalam kandungan.

Thursday, 23 February 2017

Yang Paling Dekat Itu, Kematian

Dua hari yang lalu, saya dikejutkan dengan kabar meninggalnya suami seorang sahabat saya waktu di Bali, Mbak Nurul. Selama kenal dengan Mbak Nurul, saya menilai Mbak Nurul adalah pribadi yang ramah dan mudah sekali tersenyum. Selain itu, dia juga orangnya sedikit takut dengan hal-hal baru, mengambil keputusan-keputusan yang berbeda. Mungkin karena dia mudah sekali segan dengan orang lain atau memang begitulah dia, seorang yang sedikit kurang berani meskipun itu penuh adalah haknya. Itu dulu, mungkin sekarang dia sudah berbeda, saya sudah tidak pernah bertemu dengannya sejak meninggalkan Bali tahun 2013 lalu untuk menikah.



Saya pernah bertemu dengan suami mbak Nurul ini sepertinya hanya satu kali. Waktu itu, suaminya yang ngantar Mbak Nurul untuk Liqo'. Suaminya masih muda, masih berumur dibawah 40 tahunan gitu. Namun takdir memang tidak bisa kita rubah, termasuk juga dengan kematian. Saya membayangkan bagaimana kalau saya yang berada di posisi mbak Nurul saat ini, hanya bayangan saja saya bahkan kurang sanggup. Tapi apalah kita, meyakini dan mengimani takdir adalah salah satu Rukun Iman yang harus dipercayai sebagai umat Islam.

Kematianlah yang Paling dekat dengan Kita


Tanpa kita sadari bahkan kita lupakan, bahwa kematian kita sebenarnya yang paling dekat dengan kita. Banyak hal yang kita lupakan untuk mengumpulkan sebanyak mungkin bekal perjalanan setelah mati. Bahkan saya, saya sendiri belumlah maksimal, belum ada apa-apanya dalam masalah bekal ini. Berlomba-lomba dalam hal duniawi, iri kepada orang yang lebih kaya, iri kepada orang yang lebih pandai, buat apa? Iri kepada mereka yang punya kepribadian sholih, sholiha, penghafal Al-qur'an dan mereka yang memiliki ilmu agama serta tak pernah berhenti belajar tentang agama dan Al-Qur'an, bukankah seharusnya kepada mereka hati ini iri?

Thursday, 16 February 2017

Mental Pengemis, Harus Dibunuh Sejak Usia Dini

Banyak sekali kita lihat orang-orang yang dengan mudahnya meminta belas kasih orang lain atau melakukan hal-hal remeh yang intinya itu minta. Dijalan-jalan, dalam bis, bahkan pernah saya lihat mereka memanfaatkan lubang kecil ditengah jalan untuk minta uang dari pengguna jalan. Atau memperkecil jalan raya agar mobil tidak bisa masuk dua yang akhirnya masuk bergantian dan harus membayar beberapa receh. Jangankan mereka, yang memiliki harta yang cukup dimata kita atau mereka yang memiliki jabatan dan pekerjaan yang lumayan saja masih suka meminta sesuatu kepada orang lain. Dikit-dikit minta, dikit-dikit mau dan semua sejenisnya.

Kinza Mahveen Ali


Dari sana saya mempelajari satu hal, mereka sudah memiliki mental pengemis. Dasarnya mental ini memeang sudah ada dan mungkin sudah terlatih sejak masih kecil, seremeh apapun pekerjaannya, intinya itu ya minta. Saya bahkan miris sekali melihat anak kecil yang dibiarkan oleh orang tuanya melakukan hal-hal ini. Sebenarnya, kita bisa saja "membunuh" mental pengemis ini, namun memang harus butuh perjuangan yang gak mudah, perjuangan dan kebiasaan.

Mulai dari diri sendiri


Dulu, saya selalu berkata kepada teman saya yang akrab banget saat Kinza masih kecil, setiap ia telpon saya, saya bilang "Sangune bude...". Saya mengumpamakan diri saya Kinza dan berharap dapat sangu saat bertemu. Meski konteksnya hanya bercanda, ternyata hal-hal yang seperti ini akan menimbulkan mental pengemis pada diri anak-anak kita. Suami saya selalu mengingatkan, bahkan saat itu saya kena marah karena meskipun cuma bercanda, jangan pernah dikatakan lagi. Dari sana saya menyadari, bahwa diri saya sendiri harus dididik dulu sebelum saya menerapkan kebaikan kepada anak-anak saya nanti.

Tuesday, 14 February 2017

Anak Terlalu Kurus? Ini Tips Agar Anak Rajin Makan dan Gemuk

Saat masih balita, pertumbuhan anak-anak adalah indikasi penting akan kesehatan dan pemenuhan kebutuhan gizinya. Jika anak-anak terlihat kurus, biasanya diukur dari tinggi badan dan berat badan, maka hal tersebut mengindikasikan bahwa anak tersebut kurang gizi.

Rajin menimbang anak di posyandu adalah cara paling mudah untuk mengetahui apakah anak kita sudah mendapatkan gizi sesuai dengan yang dibutuhkan atau belum. Tapi kadang di Posyandu juga ada yang kurang profesional, mungkin membeli timbangan badan sendiri bisa juga menjadi alternatif tambahan.

Kadang-kadang, sebagai ibu, kita merasa sudah memberikan anak-anak makan dalam jumlah yang banyak. Akan tetapi ternyata timbangan atau tinggi badan anak tetap saja belum sesuai dengan standar.

Anak Terlalu Kurus? Ini Tips Agar Anak Rajin Makan dan Gemuk


Jika begitu, jangan ragu-ragu untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi yang ada di posyandu atau di puskesmas.

Karena mungkin saja selama ini ibu memberikan makanan dalam porsi yang tidak tepat atau, salah menerapkan pola makanan bergizi yang seharusnya bisa membantu tumbuh kembang anak.

Ngomong-ngomong soal anak yang sehat, biasanya diukur dari berat badan dan tinggi badannya. Umumnya, berat badan anak yang sehat bisa dilihat dari standar berikut ini.

Thursday, 9 February 2017

Cara Membantu Anak Agar Mau Rajin Makan

Setiap anak dilahirkan berbeda-beda dan tumbuh di lingkungan keluarga yang juga memiliki aturan dan gaya sendiri-sendiri. Sehingga, mereka juga tumbuh menjadi pribadi yang berbeda-beda. Salah satu perbedaan yang paling sering kita lihat adalah bagaimana mereka makan.

Gaya makan anak, entah itu pemilih, lahap atau sebaliknya, tidak suka sayuran, suka ngemil, dan lain-lain pada umumnya kebiasaan tersebut muncul karena berdasarkan perlakuan orang tua kepada anak.

KInza dan sahabatnya, Rafa


Walaupun tidak selalu, namun kebiasaan di rumah, baik itu kebiasaan ibunya, saudaranya yang lebih besar, atau kebiasaan keluarga yang lain seringkali ditiru oleh anak-anak.

Balita memang kadang-kadang sangat susah diajak untuk makan apalagi jika mereka sudah ngemil terlebih dahulu atau minum terlalu banyak air (susu).

Sebagian balita ada yang memang tidak terlalu doyan makan, kalaupun mau makan makannya hanya sedikit saja. Kadang-kadang kita sebagai orang tua merasa khawatir jika anak akan mengalami pertumbuhan yang lambat atau tidak mendapatkan nutrisi seperti yang dibutuhkannya karena tidak mau rajin makan.

Wednesday, 1 February 2017

Hamil? Siap-siap Dihujani Bully & Mitos Kehamilan dari Banyak Kalangan

Kehamilan saya yang kedua ini memang special. Banyak orang yang saya beritahu dan mereka mengeluarkan banyak sekali komentar-komentar yang kadang membuat saya tertawa. Memberitahu mereka, bukan berarti saya tidak tahu bahwa akan ada banyak sekali komentar-komentar miring yang bisa saja membuat Saya stres, saya tahu betul itu. Dari yang berkomentar biasa saja di depan saya sampai mereka yang entah ngomongin apa saja di belakang saya.



Tapi justru di sanalah sebenarnya peristiwa hamil ini menjadi salah satu peristiwa yang sangat istimewa. Dari mereka saya banyak belajar berbagai hal. Mulai dari tidak meyakini mitos-mitos yang tidak bisa dipikirkan dengan nalar sampai dengan ekspresi mereka yang luar biasa tentang kehamilan.

Thursday, 26 January 2017

Obat Anti Alergi yang Biasa Direkomendasikan oleh Dokter Alergi Anak  

Menjadi orang tua memang kita harus selalu mewaspadai hal-hal yang belum pernah kita alami sebelumnya. Banyak peristiwa baru yang akan terjadi jika kita tengah memiliki seorang anak. Dan salah satu dari sekian banyak hal tersebut adalah alergi.

Saat anak mengalami tanda dan gejala reaksi alergi, penanganan tingkat lanjut setelah menjauhkan allergen dari anak adalah membawanya ke dokter alergi anak sebagai upaya medis yang harus dilakukan. Selain akan melihat perkembangan dan sejarah reaksi alergi, penanganan medis alergi juga dibutuhkan untuk mengendalikan gejala dan tanda yang muncul akibat reaksi alergi.



Umumnya dokter akan melakukan beberapa tahapan tes sekaligus memberikan obat anti alergi yang akan membantu anak mengatasi gangguan kesehatan yang dialaminya akibat reaksi alergi yang dideritanya. Beberapa jenis obat-obatan medis yang umum digunakan dalam menangani masalah alergi di antaranya adalah:

1. Antihistamine


Obat ini akan menghambat efek histamine yang menyebabkan alergi seperti sesak napas, hidung tersumbat dan mata berair. Antihistamine terdapat dalam bentuk tablet, sirup, krim, tetes mata dan semprotan hidung.

2. Decongestant


Obat alergi ini terdapat dalam bentuk tablet, kapsul, obat tetes mata dan semprot hidung. Decongestant berfungsi untuk melegakan hidung tersumbat akibat alergi dan jenis penyakit lainnya.

3. Penghambat reaksi leukotriena


Leukotriena merupakan senyawa yang menyebabkan pembengkakan saluran pernapasan saat alergi. Obat ini berfungsi untuk menghambat efek dari leukotriena dan umumnya terdapat dalam bentuk tablet. Jenis tablet obat ini di antaranya monteleukast dan zafirlukast.

4. Penanganan Anafilaksis (kematian mendadak)


Serangan anafilaksis dapat diobati dengan suntikan epinefrin yang bisa dibawa secara bebas sesuai resep dokter. Anda juga bisa ditandai dengan gelang penanda alergi supaya jika reaksi anafilaksis terjadi, orang-orang akan tahu penyebabnya dan bisa mengambil tindakan yang tepat untuk Anda.

5. Obat semprot corticosteroid


Obat ini efektif untuk penanganan radang pada dinding hidung dan saluran pernapasan, terutama hidung tersumbat.

Selain obat-obatan di atas, upayakan untuk sejauh mungkin menghindari allergen. Umumnya untuk alergi susu sapi pada anak, dokter alergi akan menyarankan untuk menghentikan konsumsi susu sapi dan merekomendasikan konsumsi susu pengganti yang berasal dari protein nabati seperti susu soya/kedelai serta memberitahu untuk kenali alergi pada anak anda. Susu SGM Soya sering direkomendasikan dokter alergi pada anak yang menderita alergi susu, karena kandungan isolat kedelainya adalah jenis protein yang aman untuk tubuh dan baik untuk nutrisi tumbuh kembang anak.


Monday, 23 January 2017

5 Minuman Sebelum Tidur yang Bisa Menurunkan Berat Badan

Menurut ahli kesehatan, kalau mau langsing kita dianjurkan untuk tidak makan terlalu banyak sumber kalori di malam hari. Atau dengan kata lain, kita dianjurkan untuk mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran saja.

Tapi kebiasaannya, seperti rata-rata masyarakat Indonesia lainnya, kita cenderung lebih suka mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kalori seperti nasi, nasi goreng, mie instant, dll.

Kebiasaan begadang di malam hari juga adalah salah satu pemicu mengapa berat badan mudah naik. Karena ketika malam dan cuaca dingin, perut cenderung lebih mudah lapar sehingga memaksa kita makan lebih banyak makan atau mengkonsumsi cemilan.



Kabar baiknya, ada beberapa jenis minuman yang kadang-kadang kita konsumsi sebelum tidur yang ternyata tanpa kita sadari bisa membantu menurunkan berat badan. Apa saja minuman tersebut? Berikut diantaranya.

Saturday, 21 January 2017

Ekspresi Mereka Tentang Kehamilan

Kehamilan adalah hal yang paling saya tunggu akhir-akhir ini, menunggu kehamilan memang sangat mendebarkan. Tapi, ada hal yang wajib saya syukuri, bahwa gak sampai satu bulan akhirnya Allah percayakan juga kehamilan kedua untuk saya, Alhamdulillah.. Kinza akhirnya akan punya adik, semoga dilancarkan dan dimudahkan kehamilan ke dua ini.



Ada banyak sekali cara pasangan mengekspresikan kehamilan mereka dengan cara yang paling diinginkan. Waktu hamil Kinza dulu, saya bahkan sama sekali tidak pernah mengabadikan kehamilan saya. Entahlah, mungkin karena gak kepikiran, gak mood atau memang saking syok-nya tau kalau hamil jadi ambil foto terlupakan gitu aja. Bukannya gak special, malah special banget :D. Dan kemaren, saya coba ngasih tau beberapa teman dan keluarga tentang kehamilan saya disaat usia Kinza sudah 2,8 tahun.

Bersyukur


Orang yang pertama tau tentu aja suami ya, terus pas dijenguk sama emak, emak sama bapak yang saya kasih tau. Awal kehamilan itu saya sakit lumayan lama, saya gak tau kalau itu tanda kehamilan karena ada mahkluk baru salam rahim. Emak dan bapak gak bully saya ya.. beliau bilang

"Iyo, nduk.. mumpung masih muda"

Dan disambung sama bapak, "Punya anak aja banyak-banyak" :)).

Bapak memang tipe orang yang suka banyak anak, berhubung saya memang udah niat pake banget mau punya anak lagi, tentu aja dukungan seperti ini menambah semangat saya melupakan sakitnya saat kontraksi akan melahirkan hihi.

Kaget dan heran


Terus, ada lagi yang lucu nih.. Sama bibik saya sebelumnya saya sudah bilang waktu dia habis melahirkan anak yang lucu dan gendut beberapa bulan lalu.

"Nanti tak susulin, Te"

Dan pas kemaren saya kasih tau kalau saya hamil lagi, dia bilang Astagfirullah.. wkwkwkkww... Lah kenapa malah Istigfar? Trus katanya dia kaget, ya maksudnya nyusul gak secepat itu, katanya.. Lha wong saya juga pengen nimang bayi lagi gimana donk :D.

Kepengen 


Ada lagi, paman saya ini anaknya sudah 7 tahun lebih, sudah sekolah dan kepengennya dia punya anak lagi. Tapi istrinya belum siap dan belum mau buat lepas KB-nya. Pas saya tanya, katanya masih terbayang-bayang sakitnya melahirkan. Si suami kayaknya kepengen gitu saya lihat dari kata-katanya

"Nah buk.. Ibu ini memang susah kok"

Dan.. dan.. dan... akhirnya saya ngerasa bersalah juga dengan suasana pagi hari dirumah paman saya haha.

Bagaimana dengan tetangga

Entah kenapa mereka tau, padahal saya gak ngasih tau sebelumnya. Mungkin dari pengalaman yang sudah hamil berkali-kali, para tetangga akhirnya tau juga kalau saya sedang hamil muda. Mungkin pas saya sakit berhari-hari itu mereka taunya. Awalnya mereka melarang saya hamil lagi, eh pas tau saya hamil, mereka dukung :)). Entahlah.. apa yang dibicarakan dibelakang saya, kembali lagi saya gak akan peduli lah, wong saya gak minta ngurusin anak saya sama mereka. Tapi gak bleh suudhon juga ya... semoga mereka juga mendukung hihi.

Sebenarnya, yang paling saya butuhkan ya dukungan dan kasih sayang suami sih, dan taraaa... suami akhir-akhir ini mulai banyak bantuin saya nyuci piring, bersih-bersih dan nurutin semua yang saya mau. Duh seneng pokoknya kalau hamil gini, makin disayang hahaha.. semoga Allah memberi kalancaran dan kemudahan dalam kehamilan ke dua ini, Aamiin.. InsyaAllah..

Wednesday, 18 January 2017

Jaga Kesehatan Gusi dan Gigi dengan 5 Vitamin Ini

Kesehatan gigi dan gusi kadang menjadi salah satu hal yang sering disepelekan oleh sebagian orang. Mungkin karena kebiasaan diwaktu kecil yang jarang menggosok gigi. Jarang membiasakan anak untuk menjaga kesehatannya sendiri, jadi setelah tumbuh besar, kebiasaan itu terus terulang. Padahal, Gusi yang sehat tidak hanya akan membuat senyum kita semakin indah, melainkan juga menunjukkan bahwa mulut kita sehat secara keseluruhan. Seperti yang umumnya kita tahu, mulut merupakan pintu gerbang tubuh kita. Apabila mulut tidak sehat, maka kemungkinan besar tubuh pun akan sering sakit. Sebaliknya, apabila kesehatan mulut terjaga, maka kesehatan tubuh secara keseluruhan pun akan ikut terjaga.



Oleh sebab itu, menjaga dan merawat kesehatan mulut sangat penting untuk dilakukan. Untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi, kita harus memenuhi kebutuhan nutrisi. Vitamin bisa membantu melawan berbagai penyakit di dalam tubuh dan bisa membantu memperkuat imun tubuh agar dapat melawan berbagai benda asing seperti virus, bakteri, dan lain-lain yang akan menyerang.

Sebaliknya, kekurangan vitamin bisa menyebabkan gangguan gangguan kesehatan dan menyebabkan benda benda asing seperti virus maupun bakteri lebih mudah menyerang. Khusus untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi, ada beberapa vitamin atau nutrisi yang sangat dibutuhkan. Apa saja vitamin tersebut? Berikut diantaranya.

Vitamin A


Vitamin A memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan gusi dan mulut terutama dalam menjaga jaringan ikat agar tetap sehat. Selain itu, vitamin A juga berfungsi untuk membentuk tulang lunak yang hadir di dalam gusi. Vitamin A secara khusus dapat membuat gusi menjadi lebih sehat dan membantu mempertahankan aliran saliva di dalam mulut.

Beberapa sumber vitamin A yang bisa dengan mudah kita temukan di sekitar kita diantaranya adalah: berbagai jenis sayuran berdaun hijau, wortel, ubi jalar, minyak ikan, dan berbagai jenis buah musiman seperti buah mangga.

Vitamin B1


Apa peran vitamin B untuk menjaga kesehatan mulut?

Vitamin B secara khusus bisa membantu meningkatkan kesehatan mulut secara keseluruhan. Namun secara khusus, vitamin B berfungsi untuk mengurangi peradangan pada lidah dan membuat mulut kita bebas dari sariawan.

Karena kekurangan vitamin B seringkali menyebabkan seseorang mengalami luka atau iritasi pada mulut yang dianggap sebagai sariawan. Jadi, selain memenuhi kebutuhan vitamin C untuk mempercepat proses penyembuhan luka saat sariawan, kita juga membutuhkan vitamin B. Umumnya, vitamin B bisa ditemukan di makanan-makanan berikut ini: biji-bijian, daging, kacang-kacangan, dan sayuran berdaun hijau.

Vitamin C


Vitamin C bisa membantu memperkuat gusi dan membuat mulut bebas dari serangan bakteri. Namun selain itu, vitamin C seperti yang telah disebutkan di atas juga bermanfaat untuk membantu mempercepat proses penyembuhan. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan mulut mudah mengalami peradangan. Dan, gusi juga akan mudah mengalami pendarahan.

Di antara sumber-sumber vitamin C yang mudah kita temukan antara lain: berbagai jenis buah-buahan mulai dari buah strawberry, buah mangga, buah jeruk, buah jambu, paprika, dan buah-buah musiman lainnya seperti buah rambutan, buah durian, hingga buah melon.

Vitamin D


Vitamin D bermanfaat untuk membantu penyerapan kalsium. Ini adalah elemen penting yang akan membantu kita menjaga kesehatan tulang dan gigi. Memenuhi kebutuhan vitamin D harian akan membuat kita memiliki gigi yang kuat dan bebas dari resiko ginggivitis. Sumber-sumber makanan yang banyak mengandung vitamin D diantaranya adalah: ikan, susu dan berbagai produk susu, serta telur. Vitamin D juga umum kita dapatkan dari sinar matahari pagi hingga pukul 10.00.

Vitamin K


Manfaat vitamin K yang utama adalah untuk membantu membekukan darah. Itulah sebabnya mengapa vitamin K disebut sebagai clothing factor dalam istilah asing. Menurut ahli kesehatan, apabila kita mengalami kekurangan vitamin K, kita akan sering mengalami gusi berdarah dan mengalami kesehatan mulut yang buruk.

Agar tidak kekurangan vitamin K, sebaiknya rutin-rutinlah mengkonsumsi beberapa makanan sumber vitamin K berikut ini: Kedelai dan berbagai produk yang terbuat dari kedelai seperti tahu maupun tempe, dan sayuran berdaun hijau.

Friday, 6 January 2017

Resep - Semur Jengkol, Bau tapi Ngangenin

Makanan apa sih yang gak enak buat saya, saya pikir semua makanan saya mau dan masuk aja kedalam perut. Makanan mentah, makanan bau apalagi makanan yang enak haha. Sebenarnya, suami saya juga heran, biasanya saya makan makanan yang orang bahkan nyium aja gak mau #Tsah.. Maklumlah, Doi gak suka bau-bau yang menyengat seperti jengkol atau pete. Apalagi pete yang ada ulatnya, bisa didiemin saya gara-gara itu haha.

Semur Jengkol buatan Mrs. Jo ;)
Jengkol sendiri sebenernya enak banget kalo ngolahnya bener meskipun akan menimbulkan bau yang sungguh luar biasa saat ke kamar mandi. Belum lagi, bau di mulut yang gak ilang-ilang, rasanya nempel ditenggorokan gak mau luntur. Nah jika kebetulan kamu juga pengen ngrasaian gimana itu Jengkol apalagi dibikin semur, saya buatin resepnya ala saya yang enak banget, pedes nyes nyes gimana gitu. Asal tau aja, foto diatas itu porsi terakhir semur jengkol yang saya bikin sejak 3 hari yang lalu haha. Oke.. kita cus ke resep yuk..