Sunday, 11 April 2021

10 Persiapan Menyambut Ramadhan 2021 agar Ibadah Lebih Khusyu

Berapa tahun yang lalu, setiap kali mendekati bulan suci Ramadhan, antusiasme umat Islam begitu terasa hingga mampu menimbulkan getaran di dalam jiwa. Namun kini, modernisasi membuat banyak umat Islam mulai melupakan tradisi Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam (S.A.W) dalam menyambut bulan Ramadhan.

Ramadhan 2021


Bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia. Di bulan ini, kita tidak hanya dianjurkan berpuasa sebulan penuh dengan menahan lapar dan dahaga sejak subuh hingga maghrib. Tapi juga bisa memaksimalkan untuk mengubah diri menjadi pribadi yang lebih baik.

Menyambut datangnya bulan Ramadhan, dan agar kegiatan ibadah di bulan suci ini bisa lebih khusuk, berikut beberapa persiapan yang perlu kita lakukan.

Persiapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Bertaubat, memperbanyak berdoa, hingga berpuasa adalah beberapa persiapan yang kerap dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Selain beberapa persiapan seperti yang dicontohkan oleh Rasul, ada sejumlah persiapan lainnya yang juga diperlukan agar kegiatan ibadah bisa lebih lancar dan khusuk.

1. Bertaubat

Bertaubat sejatinya tidak hanya dianjurkan menjelang Ramadhan, tapi juga dianjurkan setiap saat karena manusia pada dasarnya tak pernah luput dari salah dan dosa.

Taubat menurut pengertiannya adalah, memohon ampunan Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Agar taubat bisa diterima, tentu kita harus bersungguh-sungguh meninggalkan perbuatan-perbuatan dosa. Dan inilah yang disebut sebagai taubat nasuha.

Dengan bertaubat, ada kesempatan menghapus dosa, membersihkan hati, meraih cinta Allah, meraih keberuntungan, dan akan mengubah kita menjadi orang yang gemar melakukan amal saleh.

Karena itulah, bertaubat adalah salah satu cara terbaik menyambut datangnya bulan Ramadhan.

2. Perbanyak berdoa

Diantara doa yang diajarkan oleh Rasulullah dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan adalah doa mengharap panjang umur agar dipertemukan dengan bulan Ramadhan dan doa yang dapat memperkuat keimanan.

Doa menyambut Ramadhan yang pertama adalah doa memohon berkah di bulan Rajab dan Sya'ban serta doa memohon agar dipertemukan dengan bulan Ramadhan.

Berikut adalah doa menyambut bulan Ramadhan dalam bahasa Arab beserta artinya.

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجب وَشَعْبَانَ ، وَبَلغنَا رَمَضَانَ 

“Ya Allah Berkahilah kami pada bulan Rajab dan Sya'ban, dan sampaikan kami di bulan Ramadhan.”

Doa lain yang diajarkan oleh Rasulullah adalah:

اللَّهُمَّ أَهْلِلْهُ عَلَيْنَا بِاْلأَمْنِ وَاْلإِيْمَانِ وَالسَّلاَمَةِ وَاْلإِسْلاَم رَبِّيْ وَرَبُّكَ اللهُ هِلاَلَ رُشْدٍ وَخَيْرٍ 

Ya Allah, jadikanlah bulan ini (bulan yang membawa) keamanan, iman, keselamatan, keislaman (bagi kami), Tuhanku dan Tuhanmu (adalah) Allah, bulan petunjuk dan kebaikan. (HR. Turmudzi).

3. Mengganti Hutang Puasa

Pada bulan puasa yang lalu, adakalanya kita mendapatkan cobaan berupa musibah seperti sakit, atau melakukan perjalanan (musafir), atau bagi wanita ada yang haid dan nifas sehingga tidak bisa berpuasa.

Puasa-puasa yang ditinggalkan di bulan Ramadhan yang lalu. Harus diganti dengan puasa dalam jumlah yang sama seperti yang ditinggalkan atau membayar fidyah.

4. Menyambung tali silaturahmi dan bermaaf-maafan

Ada banyak faktor yang membuat kita kadang berselisih dengan keluarga sendiri, teman, atau tetangga, yang membuat hubungan tali silaturahmi terputus.

Memutuskan tali silaturahmi tidak dibenarkan dalam ajaran Islam. Karena itu, jika terlanjur pernah memutus tali silaturahmi. Maka, menjelang bulan Ramadhan ini adalah momen paling tepat untuk menyambung kembali tali silaturahmi yang sempat terputus.

Menyambung tali silaturahmi hukumnya wajib. Pasalnya, memutuskan tali silaturahmi sama artinya dengan memutuskan hubungan dengan Allah.

قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ‏:‏ أَنَا الرَّحْمَنُ، وَأَنَا خَلَقْتُ الرَّحِمَ، وَاشْتَقَقْتُ لَهَا مِنَ اسْمِي، فَمَنْ وَصَلَهَا وَصَلْتُهُ، وَمَنْ قَطَعَهَا بَتَتُّهُ

Artinya: Allah Maha Besar dan Maha Kuasa berfirman. "Aku Adalah yang Maha Pengasih. Aku membuat ikatan persaudaraan dan memberinya nama dari nama-Ku. Maka, barang siapa mempertahankan ikatan silaturahmi, maka mempertahankan hubungan denganNya. Dan Aku akan memutus hubungan dengan siapa saja yang memutuskan silaturahmi." (kitab Al-Adab Al-Mufrad).

5. Perbanyak Puasa di bulan Syaban 

Salah satu sunnah Rasulullah menjelang bulan Ramadhan adalah memperbanyak puasa di bulan Sya'ban. Sesuai dengan hadis dari Aisyah r.a yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim yang artinya:

Dari Aisyah r.a. Ia menuturkan, “Rasulullah S.A.W biasa mengerjakan puasa, sehingga kami mengira bahwa beliau tidak pernah tidak berpuasa, dan beliau biasa tidak berpuasa, sehingga kami mengira bahwa beliau tidak pernah berpuasa. Akan tetapi, aku tidak pernah melihat rasulullahsaw berpuasa sebulan penuh, kecuali pada bulan Ramadhan, dan aku tidak pernah melihat beliau lebih banyak berpuasa (sunnah) daripada puasa di bulan Sya'ban”. (HR. Bukhari & Muslim).

6. Install Aplikasi untuk Mendukung Ibadah

Persiapan menyambut Ramadhan 2021 yang tidak kalah penting lainnya adalah, menginstal aplikasi untuk mendukung kegiatan ibadah agar lebih lancar dan khusyu. Berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi yang kerap kita butuhkan di bulan Ramadhan.

  • Aplikasi Waktu Sholat. Selain akan mengingatkan kita waktu salat, aplikasi ini juga sangat bermanfaat untuk memudahkan kita bangun tepat waktu sahur, dan berbuka tepat waktu
  • Aplikasi Al-Quran dan terjemahannya. Ramadhan adalah momen paling tepat untuk memperbanyak tadarus atau membaca Alquran. Selain memperbanyak membaca Quran, ini juga merupakan momen paling tepat untuk mengkaji lebih dalam kitab suci tersebut. Karena Al-Quran sejatinya adalah pedoman hidup

7. Membuat Resolusi Selama Ramadhan

Ramadhan adalah bulan yang penuh ampunan dan bulan yang mulia, yang datangnya hanya setahun sekali. Agar tak menyesal di kemudian hari, membuat resolusi Ramadhan agar bulan mulia ini bisa dimanfaatkan dengan maksimal, adalah pilihan bijak. Beberapa kegiatan ibadah di bulan Ramadhan yang layak dijadikan sebagai resolusi di antaranya adalah:

  • Tarawih 30 hari
  • Tadarus hingga khatam minimal 30 juz
  • Belajar tajwid
  • Belajar fiqh
  • Tahajjud
  • Itikaf
  • Sedekah
  • Menambah hafalan Al-quran
  • Menambah hafalan do’a

8. Jauhkan diri dari dosa

Taubat adalah jalan bagi kita untuk memohon ampunan dan menghapus dosa. Jika sudah bertaubat, akan sangat tepat apabila kita menjauhkan diri dari perbuatan dosa.

Di era modern ini, teknologi adalah bagian dari hidup kita yang paling sering menuntun kita ke jurang dosa. Beberapa contoh pintu dosa yang kerap tanpa sadar kita kerjakan di antaranya adalah:

  • Mendownload atau menyimpan musik serta film bajakan
  • Memainkan game-game dengan karakter seksi yang berpotensi menjadi ladang zinah mata hingga dapat membangkitkan syahwat
  • Mengumbar keburukan atau aib orang di status
  • Mendengar, menonton (di Youtube) dan membaca berita-berita yang berkaitan dengan aib orang lain

9. Beli perlengkapan ibadah

Perlengkapan ibadah seperti mukena, sarung, peci, hingga Al-quran dapat dibeli menjelang Ramadhan untuk menambah semangat dan kelancaran beribadah.

10. Beli baju lebaran lebih awal

Mengenakan pakaian terbaik ketika shalat Idul Fitri sudah menjadi tradisi di Indonesia. Karena itu, tak mengherankan apabila banyak masyarakat yang kerap terlihat membeli baju lebaran menjelang lebaran.

Sayang, berbelanja menjelang lebaran seringkali membuat kita lebih boros. Karena harga pakaian seringkali naik. Agar tidak boros, jika ingin beli gamis baru untuk menyambut lebaran, ada baiknya kamu berbelanja lebih awal.

Sunday, 4 April 2021

 Pengalaman Naik Pesawat Bersama 2 Bayi

Naik pesawat dengan 2 bayi sekaligus adalah pengalaman baru untuk saya. Bukan.. Mereka bukan bayi-bayi saya, tapi bayi adik ipar saya. Perjalanan mudik dari Jawa ke Kalimantan ini merupakan acara liburan bareng adek ipar yang ingin manfaatin waktu cuti melahirkan yang dia punya.



Karena mungkin waktu 3 bulan itu lumayan banget buat tinggal dirumah aja, makanya ia gunakan buat mudik ke rumah orang tuanya. Biasanya sih orang tua yang datang ke Jawa, tapi Qodarullah.. Mama mertua sedang sakit yang belakangan kita tahu ternyata terkena Covid (hasil pemeriksaan reaktif setelah sakit lebih dari 2 minggu dengan gejala batuk tak berhenti, panas dingin bergantian, dan gak nafsu makan)

Awalnya ada sedikit drama karena sakitnya mama bukan bagian dari rencana saat akan pulang. Biasanya, mama mertua orang yang paling ceria dan sehat sepanjang waktu. Memang kalau sudah takdir dari Allah, kita tidak bisa mengundur ataupun menundanya. Untuk cerita tentang Covid dan dunia Corona di Kalimantan akan saya ceritakan di postingan lain ya.. 

Pengalaman melakukan perjalanan dengan Bayi

Awalnya, adik saya berangkat lebih dulu bareng anak saya Kinza karena saya harus menghadiri pernikahan adek sepupu di Jawa. Namun, suaminya harus pulang lebih awal karena akan ada ujian di kampusnya.

MasyaAllah.. Nampaknya perjalanan saya kemarin adalah perjalanan yang sungguh luar biasa. Berikutnya Saya bersama dua anak lelaki saya Kinza (7 tahun) dan Zayn (3,5 tahun) bareng dengan suami dan adek ipar saya dengan dua bayi Ula (1,5 tahun) dan Elman (3 bulan) tanpa suami adik ipar.

Sebenarnya, saya sudah membayangkan akan banyak drama saat perjalanan pulang. Mengingat situasi kami yang berangkat dari rumah selepas subuh sekitar pukul 06.00 WITA. Di jam ini, bayi-bayi harus sudah ready buat pergi karena pesawat kami pukul 17.30 WITA.

“Kok pagi banget sih berangkatnya? Kan masih nanti sore?”

Bhaikkkk.. Sekarang saya jelaskan gimana jauhnya rumah orang tua kami dari Bandara.

Desa Padang Pengrapat, Tanah Grogot, Paser adalah tempat orang tua kamu tinggal. Kami harus melakukan perjalanan ke Penajam Paser Utara untuk nyebrang menuju Balikpapan. Dari Tanah Grogot menuju Penajam membutuhkan waktu sekitar 5 jam dengan kecepatan standar tanpa berhenti.

Berhubung kita bersama bayi, belum sarapan juga jadinya kita harus menyesuaikan dengan keadaan yang ada. Berhenti untuk makan atau sekedar rehat karena bayi bayi rewel sudah diantisipasi.

Sebenarnya waktu berangkat tidak begitu heboh ya, karena bayi-bayi masih fit dan belum capek. Kami bertiga bergantian menggendong Ula dan Elman karena mereka sibuk rebutan “nen” alias mimik Asi Umminya, bhaikk.. Sampai sini pasti paham. Ini tidak begitu repot karena masih ada mama mertua yang gantiin. Sementara anak saya Zayn juga lumayan ribet sementara Abi-nya nyetir mobil. 

Zayn memang begitu, dia susah sekali di alihkan perhatiannya, kalau sudah mau A ya A. Apalagi dia sempat muntah karena mungkin belum sarapan. Makanya, waktu Ayah mertua mengambil alih kemudi, saya merasa tenang karena Zayn bisa diatasi Abinya.

Drama Dimulai Saat naik Ferry menuju Pelabuhan Kariangau

Hujan yang tak berhenti disepanjang perjalanan kami menuju Penajam membuat suasana makin galau. Tidak masalah kami yang tua-tua kehujanan, tapi bayi-bayi tidak boleh kehujanan. 

Untungnya, di mobil Ayah ada 3 payung yang sebenarnya saya juga heran, kenapa ada banyak sekali payung yang berada di lain tempat. Salut buat Ayah yang tidak terduga haha. Kami sempat menolak diantar oleh Mama dan Ayah sampai pelabuhan Kariangau di seberang sana. Mengingat mama masih dalam masa pemulihan yang masih nggak boleh terlalu capek.

Namun, akhirnya saya bersyukur banget karena beliau mendampingi kami sampai seberang.

Di Kariangau Nggak ada Grab yang Mangkal

Waktu sudah menunjukkan pukul 01.00 WITA, kami menuju ruang tunggu untuk melanjutkan perjalanan berikutnya. Tujuan kami adalah Rumah Sakit TNI AL Dhomber untuk melakukan tes antigen. Ya.. sekitar 1 jam perjalanan dari pelabuhan.

Awalnya yang santai karena mengira bakalan nemu langsung Grabber yang stay di pelabuhan, akhirnya adrenalin kita kembali diuji, Nggak ada grab! Tidak ada satupun driver dalam jangkauan, ada sekitar 30 menit kami galau disana. Tapi adek saya pinter juga, dia ubah pin buat nyari grab car nya. Qodarullah.. Ada grab yang barusan ngantar penumpang menuju pelabuhan. 


Saturday, 20 March 2021

Pentingnya Membahagiakan Diri Sendiri

Membahagiakan diri sendiri memang harus benar-benar kita perjuangkan agar bisa menjalani kehidupan yang lebih indah. Mau dipungkiri atau tidak, kadang kita sibuk dengan urusan orang lain hingga lupa membahagiakan diri sendiri.

Ada banyak sekali cara sederhana untuk membahagiakan diri sendiri, namun cara sederhana ini kadang tidak atau belum kita lakukan. Jadi, setelah saya menjalaninya, menutup sebentar telinga dengan musik kesukaan tanpa harus memikirkan hari itu sangat perlu. Ada warna dalam kehidupan ini, dan itu harus diperjuangkan.



Namun, jika kalian bingung mencari bagaimana cara membahagiakan diri kalian dengan cara yang sederhana, saya akan memberikan sedikit ide agar jiwa kita tetap sehat dan waras. Terlebih menjadi seorang ibu, seorang istri, anak dan menantu adalah bukan permasalahan yang sepele.

Luangkan waktu, Lakukan hal yang paling kalian sukai

Seperti saya yang menyukai waktu bersama blog ini, setidaknya saya meluangkan waktu untuk berhenti sejenak untuk menikmatinya. Kadang, duduk menulis dan mendengarkan lagu kesukaan bisa membuat hati bahagia dan kadar kewarasan tetap terjaga. 

Kalau kalian punya banyak hal yang kalian suka, pilih salah satu yang paling paling paling membuat kalian bahagia. Sudah sering saya katakan, kalau menulis adalah obat yang mujarab untuk membuang segala beban yang tak bisa kita sampaikan kepada orang lain termasuk suami sendiri.

Dengan menulis, kita bisa menyembuhkan banyak luka dan mengobatinya dengan tanpa protes. Siapa sih yang tidak senang diterima sebagai diri sendiri. Dalam tulisan kalian, kalian akan merasa diterima dengan baik, tidak ada umpatan, kritikan bahkan penolakan. 

Temukan Sahabat Baru

Beberapa bulan terakhir, saya seperti menemukan sahabat baru yang bisa membuat saya jadi diri sendiri. Berawal dari minat yang sama, hobi yang sama dan kita semua sama, sebagai perempuan. Ada beberapa orang disana, di grup WA yang kami namai Unstoppable Blogger, grup ini selalu ramai sampai ribuan chat setiap harinya. Membahas apapun, bercerita apapun dan meluangkan kisah apapun.

Tidak mudah memang menemukan orang yang cocok dengan kepribadian kita, butuh waktu untuk merasa klik dengan seseorang. Butuh waktu juga untuk menaruh kepercayaan dengan orang lain, selama kita tak menghianati mereka, kepercayaanpun akan terbentuk dengan sendirinya. Seperti pasangan hidup, jangan terlalu digenggam, juga jangan terlalu dilepas.

Tutup Mata dan Telinga

Ya, kalian butuh untuk melihat kedalam diri sendiri menutup mata dan telinga, mendengarkan suara hati. Terserah dengan suara sumbang yang ada diluar sana, asal dirimu bahagia, lakukan saja segera. 

Tetap berada didalam Garis

Iyaaa.. kalian boleh melakukan apapun yang kalian suka untuk membahagiakan diri sendiri asal, semua yang dilakukan tetap berada dalam garis batas kebaikan, batas tidak melupakan kewajiban, batas tidak membuat diri semakin rugi. Dari sekian banyak cara sederhana, mendekatkan diri kepada Allah dan melakukan ibadah-ibadah yang merupakan kebutuhan kita dengan baik juga akan membuat kita bahagia.

Jika kalian belum bisa merasakan kebahagiaan ketika mulai mendekatkan diri dengan Allah, mungkin ada yang salah dengan diri sendiri, coba lihat lagi. Karena sumber kebahagiaan adalah ketika kita dekat dengan-Nya. Semoga.. kita bisa menjadi pribadi yang bahagia. Menghargai diri sendiri dan menerimanya dengan ikhlas apapun kekurangannya. 

Saturday, 13 February 2021

Kursus Online di Skill Academy
Kursus adalah cara paling mudah untuk mempelajari keterampilan atau meningkatkan kemampuan dalam waktu yang relatif singkat. Melalui lembaga non formal ini, kita bisa belajar berbagai macam skill yang beli dibutuhkan untuk berbisnis ataupun bekerja.

Skill Academy



Tapi, pandemi Covid-19 membuat banyak lembaga yang diliburkan karena larangan belajar tatap muka. Sehingga, belajar secara daring adalah alternatif terbaik. Dari sekian banyak pilihan, kursus online di Skill Academy adalah salah satu yang terbaik. Apa saja materi yang bisa dipelajari dan apa keuntungan ikut kelas Skill Academy?

Mengenal Tempat Kursus Skill Academy


Sebelum kita membahas tentang apa saja materi atau kelas yang tersedia di Skill Academy serta apa keuntungan kursus di lembaga ini. Baiknya, kita gali dulu apa itu Skill Academy? Agar, lebih mudah memahaminya.

Skill Academy adalah sebuah perusahaan teknologi yang bergerak di bidang layanan berbasis pendidikan hasil inovasi dari Ruangguru. Mereka menyediakan berbagai pilihan kelas untuk mengembangkan kemampuan. 

Beberapa contoh kelas yang tersedia di Skill Academy diantaranya adalah, kelas keterampilan menjahit, berbahasa Inggris, akting, mendesain busana, menulis copy wright, menjadi content writer, dan masih banyak yang lainnya.

Kelas di Skill Academy


Secara garis besar, setidaknya ada 7 kategori kelas yang tersedia di Skill Academy. Mulai dari kelas pra kerja, persiapan tes, pengembangan diri, teknologi dan software, pemasaran, bisnis dan keuangan, kategori mentoring.

Meskipun terkesan hanya sedikit, namun jika digali lebih jauh, kita akan menjumpai banyak sekali pilihan kelas yang mungkin saja kita butuhkan sesuai dengan bakat atau pekerjaan yang ingin kita geluti.

Sebagai contoh, di Skill Academy ada kelas, make up artist, fashion design, kelas menjadi blogger profesional, bisnis rumahan, kelas jualan online, barista, kelas akting, bahasa Inggris, desain, belajar Microsoft Office, belajar menjadi youtuber profesional, cara membuat dan menjual masker kain, memasak, bikin kue, dan masih banyak yang lainnya.

Selain menyediakan kelas atau kursus dengan materi dalam bentuk video. Skill Academy juga menyediakan kelas webinar yang bisa diikuti secara langsung dan memungkinkan kita untuk memberikan pertanyaan dengan jawaban yang juga langsung.

Keuntungan Kursus di Skill Academy


pelatihan online indonesia

Karena kursus Itu pasti butuh biaya. Maka, sewajarnya Apabila kita ingin tahu apa saja keuntungan yang bisa diperoleh jika memilih tempat kursus seperti di Skill Academy, bukan?

Bagi kamu yang penasaran dan ingin apa saja keuntungan kursus di Skill Academy, kamu bisa melihat ulasan singkat saya ada berikut ini.

1. Harga kursus murah


Faktor biaya adalah faktor yang kerap kali membuat kita enggan untuk mengikuti kursus padahal sangat membutuhkan ilmunya untuk bekerja atau untuk meningkatkan kemampuan diri agar bisa berbisnis dan sukses.

Untungnya, Skill Academy menawarkan harga kursus murah yang kuponnya bisa dibeli langsung di website Skill Academy ataupun di marketplace (online shop) populer yang ada di tanah air. Seperti Tokopedia misalnya.

Harga kursus di Skill Academy saat ini, dimulai dari harga Rp90.000. Murah banget kan? Nggak Hanya murah. Skill Academy juga sering menawarkan harga kursus yang lebih terjangkau melalui Flash Sale kupon yang bisa kamu jumpai di momen-momen tertentu. Jadi, pastikan kamu menginstal aplikasinya atau daftar Skill Academy peserta ikuti sosial medianya agar bisa memperoleh info terbaru.

2. Instruktur profesional


Selain harga dan kredibilitas lembaga, kita juga biasanya akan melihat siapa yang menjadi instruktur atau tutor saat ingin mempelajari ilmu atau keterampilan tertentu, bukan?

Di Skill Academy, para instrukturnya adalah orang-orang profesional dan berpengalaman. Bahkan, kita bisa belajar langsung kepada profesional, yaitu orang-orang yang dianggap sangat ahli di bidangnya.

Saya beri contoh, bagi yang ingin belajar desain busana, di sini ada kelas yang diasuh oleh Ivan Gunawan. Yang kita kenal sebagai salah satu desainer busana tanah air.

Terus, ada juga Fedi Nuril yang dikenal sebagai salah satu aktor kawakan di tanah air. Di Skill Academy, beliau membuka kelas persiapan karir sebagai aktor.

Contoh lain, kalau kamu tertarik dan ingin mempelajari bagaimana cara make up dan peluang bekerja jadi makeup artist, kamu bisa belajar langsung mengikuti kelas kursus makeup yang diinstruktrui oleh Bubah Alfian.

Keren kan? Selain nama-nama bagian tersebut. Masih ada banyak nama-nama bagian lainnya yang akan kamu jumpai di berbagai kelas yang tersedia di Skill Academy.

3. Materi dapat diakses selamanya


Kelebihan Skill Academy lainnya adalah, materinya bisa diakses selamanya. Ini akan sangat menguntungkan terutama bagi kita yang kebetulan lupa dengan materi tertentu dan sangat membutuhkannya.

Dengan akses selamanya. Kita bisa membuka kembali materi lama yang kita lupakan tersebut untuk mempelajarinya kembali agar lebih menguasai.

4. Dapat sertifikat


Secara sama halnya seperti kursus offline, saat kursus online di Skill Academy kita juga akan dapat sertifikat yang menjadi bukti bahwa kita sudah pernah mengikuti kelas tertentu.

5. Waktu kursus yang fleksibel


Kendala lain yang kerap membuat kita malas ikut kursus adalah karena alasan waktu. Di Skill Academy, kita bisa mengulik materi kursus kapanpun kita punya waktu luang. Baik itu siang, sore, ataupun malam hari sekalipun.

Fleksibilitas waktu kursus ini akan membuat, tidak akan mengganggu pekerjaan. Jadi, sambil mengikuti kursus online Skill Academy, kita bisa tetap bekerja atau beraktivitas seperti biasa.

Monday, 8 February 2021

10 Rekomendasi Kulkas 2 Pintu Terbaik 2021
Mengapa ibu rumah tangga lebih suka membeli kulkas 2 pintu dibandingkan dengan kulkas 1 pintu meski harganya sedikit lebih mahal?

Mungkin karena lebih mudah dibersihkan, tidak bersalju, antara freezer dan kulkas terpisah sehingga suhu terjaga dengan baik, atau mungkin juga karena pemisahan antara freezer dan kulkas membuat aroma makanan jadi tidak bercampur.

kulkas 2 pintu terbaik


Jika anda tidak terlalu mengkhawatirkan hal-hal yang telah kami sebutkan diatas, ada mungkin tertarik membeli kulkas 1 pintu yang pasti jauh lebih murah, lebih hemat listrik, dan hemat tempat.

Jika ingin mendapatkan kulkas pintu tunggal terbaik tanpa repot mencari, silahkan baca artikel rekomendasi kulkas 1 pintu favorit ibu rumah tangga yang pernah kami tulis sebelumnya. 

Sedangkan bagi Anda yang tetap ingin membeli kulkas pintu ganda, berikut adalah merk dan tipe yang kami rekomendasikan.

Rekomendasi Kulkas 2 Pintu Terbaik 2021

1. AQUA Japan AQR-D270

Harga: Rp2.650.000

Selain dikenal sebagai salah satu kulkas 2 pintu terbaik di tahun 2021 ini. Aqua Japan tipe AQR-D270 punya beberapa kelebihan yang sebaiknya anda tahu, seperti misalnya:

Kapasitasnya besar dan harganya juga murah. Kapasitasnya yang besar dan harga yang terjangkau adalah dua perpaduan yang membuat buat lemari pendingin ini tampak menarik bagi banyak ibu rumah tangga. 

Dengan ruang yang lebih luas, kita bisa menyimpan lebih banyak sayur-sayuran, daging, buah-buahan, dan berbagai bahan makanan lainnya termasuk obat-obatan serta kosmetik.

2. Sharp SJ-236ND-FW/FP/GB (Kirei II Series )

Harga: Rp2.800.000

Kulkas Sharp 2 pintu seri Kirei II punya beberapa kelebihan, seperti misalnya: dilengkapi dengan fitur fan cooling system. Yaitu sistem pendingin yang akan membuat suhu dingin di dalam kulkas lebih merata.

Kulkas ini juga dianggap sebagai salah satu kulkas yang bandel dan aman karena dilengkapi 7 perlindungan. Yaitu, perlindungan dari sambaran petir, gigitan tikus, ketidakseimbangan, perlindungan dari bahaya api, getaran, anti nyetrum, dan mesinnya telah dilengkapi dengan perlindungan terhadap voltase yang tidak stabil.

Jika anda sering menyimpan makanan beku dan menginginkan kulkas dengan freezer yang luas, lemari es Sharp ini bisa jadi pilihan. Pasalnya, Sharp Kirei 2 dilengkapi dengan lemari pembeku berukuran 68 liter.

3. Aqua Japan AQR D240

Harga: Rp2.350.000

Fitur utama kulkas 2 pintu Aqua Japan ini diantaranya adalah:

  • Fitur full insulation yang membuat kulkas jadi lebih hemat energi dan proses pendinginan berlangsung dalam waktu yang lebih singkat
  • Fitur multi air flow yang berfungsi untuk mempercepat proses pendinginan lemari es, serta
  • Fitur anti bacteria yang dilengkapi dengan sistem penyaringan Nano Ferit ganda. Fitur ini dapat membantu menghilangkan serta mencegah bakteri dan bau pada kulkas
  • Kulkas 2 pintu harga 2 jutaan ini juga dilengkapi dengan kotak penyimpanan sayur berukuran cukup besar dan twist ice untuk memudahkan pengguna membuat es batu.

Desain eksterior Aqua Japan AQR D240 tampil sangat elegan dengan hiasan line pattern. Warnanya yang cenderung netral memungkinkan kita untuk meletakkan kulkas di sudut manapun di dapur.

4. LG GN-B195SQMT Smart Inverter

Harga: Rp3.300.000

Kulkas 2 pintu LG dengan kapasitas 187 liter ini adalah kulkas dengan kompresor Smart Inverter yang sangat hemat daya dengan input rate sekitar 70W. 

Teknologi yang canggih pada kompresor ini memungkin kompresor bekerja maksimal dan bertahan lebih lama. Sehingga tak mengherankan apabila LG berani memberikan garansi kompresor hingga 10 tahun untuk kulkas ini.

Selain hemat daya, kulkas merk LG ini juga dilengkapi dengan fitur berlimpah. 

Mulai dari fitur Moist Balance Crisper yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan embun di dalam kotak. Membuat makanan jadi lebih awet. 

Fitur multi air flow yang menyalurkan suhu dingin ke seluruh bagian kulkas dengan sangat cepat, serta kotak penyimpanan sayur dan buah berukuran 15,9 liter.

Kulkas 2 pintu LG ini ditawarkan dengan tampilan yang modern. Bagian luarnya dibalut dengan warna polos tanpa pattern, desainnya tampak futuristik dan ergonomis.

5. Sharp SJ-236MG-GB Glossy Door (Kulkas Low Watt)

Harga: Rp2.800.000

Kulkas low watt 2 pintu merk Sharp tipe SJ-236MG-GB berkapasitas 205 liter ini dilengkapi dengan desain pintu geometrik, freezer ekstra besar, lampu LED, ice twist, anti bakteri dan bau (AG+ Nano Deo), rak berbahan tempered glass, serta fitur fan cooling system.

Desain luar kulkas tampak elegan dengan pattern shading random polkadot.

6. Polytron Belleza 21BG

Harga: Rp2.750.000

Kulkas 2 pintu Polytron ini tampil mewah dengan lapisan kaca tempered serta ornamen bunga yang cantik pada pintunya.

Kelebihan lain lemari es Polytron dua pintu ini terletak pada kapasitasnya yang besar, harganya relatif murah, tersedia egg pocket, serta bottle pocket, dan di freezer terdapat ice twist tray.

Kelebihan kulkas Polytron Belleza 21BG lainnya adalah, fitru 4 Ways Air Flow System. Kehadiran teknologi ini membuat suhu dingin di dalam kulkas bisa dicapai lebih cepat dan penyebarannya pun lebih merata.

Disamping itu, terdapat juga fitur humidity control crisper yang bisa membantu menjaga kelembaban pada kontainer makanan.

Kelembaban yang terjaga membuat buah maupun sayuran jadi tidak mudah layu dan kering.

7. Aqua Sanyo D261 Low Watt

Harga: Rp2.500.000

Ini adalah salah satu alternatif kulkas hemat energi yang bisa anda beli selain beberapa rekomendasi kulkas 2 pintu yang telah kami sebutkan di atas.

Konsumsi daya kulkas Aqua D261 sekitar 80 watt/Hr. Selain konsumsi dayanya yang rendah, kulkas dengan kapasitas 230 liter ini juga terkenal hemat energi karena dilengkapi dengan fitur full insulation. Yaitu, fitur yang dapat membantu mempercepat proses pendinginan. Sehingga, energi yang dibutuhkan lebih sedikit.

Kulkas ini dilengkapi juga dengan fitur Nano Ferrite Double Filter System & Deodorizer yang berfungsi untuk mencegah bau dan bakteri. Serta bermanfaat untuk menjaga kesegaran makanan agar tetap optimal.

8. Sharp SJ-246XG-MR/MS

Harga: Rp3.000.000

Sharp adalah merk kulkas yang kualitasnya terjamin dan fiturnya lengkap serta harganya terjangkau. Tipe SJ-246XG-MR/MS adalah salah satu contohnya.

Kulkas yang telah dilengkapi dengan label “Halal MUI” dan garansi kompresor 5 tahun ini telah dilengkapi dengan teknologi modern seperti Fan Cooling System, lampu LED, 7 Shields, dan rak berbahan tempered glass yang mampu menahan beban hingga 100 kg.

Kapasitas kulkas ini mencapai 250 liter yang terdiri atas 37 liter untuk refrigerator atau lemari pendingin dan 68 liter untuk freezer atau lemari es.

9. Sharp SJ-197ND VP/VB

Harga: Rp2.550.000

Kulkas dengan kapasitas 172 liter ini sangat cocok untuk kebutuhan kantor maupun rumah tangga. Pasalnya, kapasitas freezer dan ruang penyimpanan buah dan sayur pada kulkas ini tergolong luas.

Tampilan luarnya terlihat cantik dengan kehadiran desain Aurora baru yang tampak lebih mewah dan menarik.

Konsumsi dayanya sekitar 100 watt. Kulkas ini telah dilengkapi dengan fitur fan cooling system, low wattage and voltage, serta rak tempered glass yang ringan dan kuat menahan beban hingga 100 kg.

10. Panasonic NR B209N S

Harga: Rp2.800.000

Rekomendasi kulkas 2 pintu terbaik di tahun 2021 yang terakhir adalah Panasonic NR B209N S yang tersedia dalam 3 pilihan warna. Yakni, stripe silver, champagne grey, dan earth grey.

Keistimewaan kulkas dua pintu ini terletak pada kebutuhan dayanya yang sangat hemat--sekitar 80 watt saja. 

Disamping itu, kulkas Panasonic berkapasitas 151L ini juga telah dilengkapi dengan kompresor tipe DRC yang bandel dan hemat energi, serta Crack Free Door Interior yang membuat kulkas jadi terkesan lebih kokoh dan awet.

Wednesday, 3 February 2021

Keluarga Bahagia Dalam Pernikahan

Keluarga bahagia adalah bagian dari mimpi semua orang dalam pernikahannya, tujuan kehidupan dan harapan banyak pasangan. Banyak deskripsi yang mencerminkan keluarga bahagia, dari yang remeh sampai yang sulit dimengerti orang lain.

Keluarga bahagia


Saya sendiri adalah seorang istri yang mendeskripsikan kebahagian dengan sederhana. Tak muluk dan apa adanya.

Sebelumnya, kenalan lagi dengan saya Mrs. Jo, istri dari Mr. Joo tentu saja. Dari kecil, saya merasakan betul bagaimana keluarga yang bahagia itu dari orang tua saya yang sederhana. Anak kecil tak mengerti deskripsi bahagia itu seperti apa, hanya saja ketika tumbuh dewasa, kebahagiaan lah yang membuat anak kecil ini menyadarinya.

Bapak emak saya bukan orang kaya yang punya banyak harta, mereka berdua hanya orang desa yang memiliki kehidupan layaknya orang desa biasanya.

Harta bukan ukuran jadi keluarga bahagia

Meskipun hanya orang desa biasa, saya melihat Emak Bapak selalu kompak. Menikah adalah ibadah terpanjang dan terlama yang harus manusia lewati. Dalam pernikahan sering kali kebahagiaan dideskripsikan dengan profil pasangan yang kaya raya dan memiliki banyak harta. Meskipun uang adalah salah satu penunjang yang gak boleh kita abaikan, tetap saja.. harta dan uang bukan ukuran pasti pasangan suami istri bisa bahagia.

Keluarga yang penuh senyum kebahagiaan adalah mereka yang menciptakan suasana rumah menjadi tempat yang selalu dirindukan. Suasana rumah yang selalu bikin kangen. Ketika saya menjadi bagian dari keluarga lain saat menjadi pembantu rumah tangga dulu, saya merasakan betul bagaimana berada di dalam rumah yang nyaman dan rumah yang tidak nyaman.

Ada sebuah rumah megah tapi tak nyaman untuk ditinggali, bahkan gak betah jika berlama-lama disana. Padahal rumah adalah tempat pulang. Begitupun dengan berita yang ada di media sosial, banyak sekali orang-orang yang berpisah dengan pasangannya padahal mereka kaya raya. Ternyata.. Bukan uang dan harta kekayaan sumber dari kebahagiaan.

Punya pasangan menawan juga bukan ukuran jadi keluarga bahagia

Menikah seseorang karena agamanya, bukan karena kecantikannya, harta bendanya. Tentu ungkapan ini sudah sering kalian baca dan lihat, bukan? Setelah menikah, ketampanan dan kecantikan juga bukan hal yang paling banyak dalam menentukan kebahagiaan kehidupan berumah tangga.

Paras bukan ukuran yang pantas dijadikan hal nomer atas untuk mengukur sebuah kebahagiaan. Adakalanya.. Pasangan kita bersyukur karena kita adalah orang yang bisa mengerti dia, mengimbanginya dan memaklumi semua kekurangannya. 

Adakalanya juga, pasangan kita lebih menyukai kita yang selalu berada di rumah dengan muka polos tanpa make up.

Lalu bagaimana bisa keluarga bahagia tercipta?

Saya, bukanlah orang yang memiliki paras anggun tapi saya bersyukur dengan semua kelebihan yang Allah berikan kepada saya.

Jika dulu saya mengukur segala sesuatu dari uang dan materi, sekarang saya sama sekali tidak mampu mengukurnya. Orang memiliki hati yang harus dihargai, perasaan yang harus dimengerti. 

Ketika kita sudah berada dalam ranah rumah tangga, suamilah prioritas kita. Ada yang bilang “wanita jangan mau menjadi budak lelaki”. Hah.. biarkan saja mereka, karena saya adalah penganut wanita yang selalu berada di bawah lelaki, suami saya. Tidak ada yang salah dengan itu.

Berada diibawah tidak selalu direndahkan terlebih lagi jika pasangan kita mengerti agama. Dalam keadaan marah pun dia masih menghargai kita, menunjukkan kesabarannya dan yang paling bermakna adalah mereka mau menasihati kita.

Karena kepada pasangan, kita harus saling mengingatkan tentang kebaikan, mengingatkan tentang semangat hidup untuk menjemput kematian terbaik. Bukan saling menuntut dan mencela, bahkan berkata kasar kepada pasangan.

Saling terbuka satu sama lain, seperti sejatinya ketika akad sudah menyatukan 2 orang, begitulah kita harus menjadi pakaian antara satu dengan yang lainnya. Tidak ada yang sempurna, manusia hanyalah kumpulan kekurangan dalam diri yang harus di diarahkan ke yang baik.

Keluarga bahagia dalam pernikahan tentu saja yang saling terbuka. Memberi dan menerima semua yang pasangan kita miliki dengan hati yang lapang. Memikirkan sejuta alasan kebaikannya ketika kita sedang kecewa. Memikirkan sejuta alasan untuk tersenyum bareng dia ketika kita menangis karenanya.

Kesimpulannya?

Hah.. mengukur dari fisik, harta, paras akan habis idmakan waktu, tetapi hati.. Akan tetap seperti dia adanya, tak akan berubah meskipun waktu terus berjalan. Semoga kehidupan rumah tangga kita bisa menciptakan keluarga yang bahagia dan menjadi pernikahan impian untuk setiap pasangan.

Friday, 22 January 2021

Kelebihan dan Cara Belajar Bersama Native Speaker

Belajar dengan penutur asli bahasa Asing (native speaker) sebenarnya lebih banyak memiliki keuntungan, karena kamu akan belajar langsung dengan cara praktik. Namun, akan sangat membuat frustasi ketika Anda tidak memahami native speaker- terutama jika Anda sudah lama belajar bahasa Inggris. Saat Anda terlibat dalam percakapan dan perlu terus meminta seseorang untuk mengulang atau memperlambat, hal itu bisa membuat Anda kehilangan semangat! Berikut tiga tip yang dapat membantu Anda lebih memahami apa yang native speaker ucapkan :

1.Bersabarlah

Belajar mendengar native speaker
Belajar mendengar native speaker (foto: unsplash.com)

Beri diri Anda waktu untuk terbiasa dengan aksen orang tersebut - dan juga cara penutur asli menekankan beberapa kata, mengurangi suara lain, dan menghubungkan suara. Berikut ini beberapa contoh untuk menunjukkan kepada Anda apa yang saya maksud. Kata yang membuat bingung / kalimat native speaker menekankan kata-kata informasi, seperti yang dapat Anda lihat pada kalimat di bawah ini. (kata yang membuat bingung dicetak tebal.)

  • What time is your meeting today?
  • Can you go shopping on your way home?
  • What did you think of her presentation?

Jika Anda dapat fokus pada kata-kata yang ditekankan, Anda akan lebih mudah untuk memahami.

2.Menjadi pendengar yang aktif

Untuk memahami penutur asli dengan baik, Anda perlu berkonsentrasi saat mendengarkan. Tidaklah cukup untuk berpikir bahwa keterampilan mendengarkan Anda akan meningkat jika Anda hanya memutar radio di latar belakang, misalnya.

English Listening
English Listening (foto: unsplash.com)

Jadi ini berarti memutuskan untuk mendengarkan sesuatu (trek audio, lagu, podcast, video, dll) dan kemudian mendengarkan lebih dari sekali sehingga Anda yakin Anda mengerti.

3.Berlatihlah mendengarkan secara teratur

Ini mirip dengan poin 1 di atas. Meningkatkan keterampilan mendengarkan Anda sehingga Anda dapat memahami penutur asli bahasa Inggris membutuhkan waktu - dan latihan dengan sabar untuk terus belajar. Setidaknya dengan belajar secara langsung praktik kamu tidak perlu berlama-lama mempelajari rumus simple present tense, karena Anda akan terbiasa mendengarkan dan mempraktikannya

Jika Anda merasa kesulitan, dengarkan beberapa menit sehari - setiap hari. Kemudian jika sudah lebih mudah, Anda dapat mendengarkan untuk waktu yang lebih lama. Tidak masalah apa yang Anda dengarkan - kartun, lagu, bagian dari film, podcast, video YouTube akan membantu "melatih telinga Anda" sehingga Anda menjadi lebih terbiasa dengan pola dalam bahasa Inggris lisan.

Anda juga akan menemukan bahwa saat Anda mendengarkan, akan lebih mudah untuk mengidentifikasi pengucapan bahasa Inggris yang umum seperti tekanan kata, tekanan kalimat, dan hubungan antar kata. Tapi juga, pengucapan bahasa Inggris Anda juga akan meningkat saat Anda mulai "memahami" elemen pengucapan ini.

Friday, 27 November 2020

Apa itu Clean Eating dan Bagaimana Contoh Menunya?
Hidup sehat dan panjang umur adalah harapan banyak orang. Sayangnya, tidak banyak diantara kita yang mempraktekkan gaya hidup sehat. Sebaliknya, kita lebih suka mempraktekkan gaya hidup tidak sehat. Buktinya, kita lebih suka mengkonsumsi makanan yang disebut “junk food” dibandingkan dengan "makanan sehat."

Clean Eating Adalah
Clean Eating | Gambar dari provisionhealthcare.com

Clean eating adalah salah satu contoh gaya hidup sehat yang bisa membuat hidup kita lebih sehat dan umur lebih panjang.

Menurut penelitian terbaru, lebih dari 50% kematian di dunia ini diakibatkan karena penyakit jantung dan diabetes yang timbul akibat pola makan tidak sehat.

Pada dasarnya, apa yang kita makan sama pentingnya dengan berolahraga. Itulah alasan mengapa mengkonsumsi makanan yang sehat (clean eating) sangat penting dan direkomendasikan.

Apa yang Dimaksud dengan Clean Eating? Bagaimana Contoh Menunya?


Mengkonsumsi makanan yang tidak sehat seperti junk food. Selain merugikan kesehatan, juga bisa membuat berat badan terus bertambah karena lemak yang terus bertumpuk.

Padahal, setiap orang ingin memiliki berat badan yang normal atau ideal. Karena kelebihan berat badan dapat memicu kematian dini, penyakit jantung, diabetes, dan berbagai macam penyakit berbahaya lainnya.

Untuk menjaga berat badan ideal. Atau, jika kamu saat ini kelebihan berat badan, kamu perlu mempraktikkan clean eating.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa, 75% penurunan berat badan pada seseorang tergantung pada diet yang diterapkannya.

Ya, untuk memperoleh berat badan ideal, kita tidak hanya harus rajin berolahraga, tapi juga perlu memperhatikan pola makan dan memilih jenis makanan yang tepat.

“Clean Eating” adalah istilah yang banyak digunakan akhir-akhir ini. Dan saya yakin, banyak diantara kamu yang pasti bingung serta bertanya-tanya, apa sih yang dimaksud dengan (clean eating) tersebut?

Beberapa orang mengira bahwa clean eating itu adalah, semua makanan selain makanan olahan. Atau sama artinya dengan mengkonsumsi makanan dalam keadaan utuh atau dalam keadaan masih mentah (tidak ditanak atau dimasak). Tidak juga!

Clean eating bisa berarti, menjauhi makanan yang diproses (Contohnya: keripik kentang, permen, bakso, atau sosis) dan lebih memilih makanan asli atau yang tidak diproses (mengalami proses yang minimal). Contohnya adalah, rujak buah, salad, atau smoothie.

Clean eating juga bisa berarti mengurangi jumlah pemrosesan pada makanan sebelum dikonsumsi.

Menu Clean Eating
Contoh menu clean eating | gambar dari shape.com

Semakin alami atau semakin utuh makanan yang kamu konsumsi, itu artinya semakin baik. Sehingga, tidak ada nutrisi penting yang hilang akibat pemrosesan makanan. Meski demikian, clean eating tidak berarti menjauhi semua makanan olahan. Melainkan, mengurangi atau meniadakan sama sekali prosesnya. Termasuk proses memasak.

Mengapa Makanan yang Diproses Dianggap Kurang Sehat?


Makanan olahan dapat menimbulkan berbagai masalah bagi kesehatan kita. Mulai dari, meningkatkan risiko kenaikan berat badan hingga risiko penyakit kardiovaskular. Hal tersebut disebabkan karena, makanan olahan yang telah diproses secara berlebihan biasanya kehilangan banyak nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh--untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Pemrosesan yang berlebihan akan membuat makanan tersebut tidak beda dengan ampas yang sudah kehilangan sari-sari pentingnya.

Makanan-makanan yang sudah diproses biasanya memiliki jumlah kalori yang berlebihan dan minim protein maupun nutrisi.

Selain kehilangan banyak nutrisi akibat pengolahan. Makanan-makanan olahan juga kerap mengandung zat aditif seperti gula tambahan, pengawet, lemak tidak sehat, karbohidrat olahan, dan lain sebagainya. Semua itu akan membuat kita jadi ketagihan hingga lebih suka mengkonsumsi junk food daripada makanan sehat.

Makanan-makanan yang diproses sebagian besar kehilangan nutrisi selama pemrosesan. Tepung adalah salah satu contoh makanan yang diproses secara berlebihan hingga membuat kandungan serat hingga nutrisi mikro yang terdapat di dalamnya hilang.

Meski demikian, mempraktekkan clean eating tidak berarti menghindari sama sekali makanan-makanan kemasan. Karena ada beberapa contoh makanan kemasan yang juga penting bagi kesehatan kita. Garam beryodium yang dapat menangkal penyakit gondok hingga susu yang diperkaya dengan vitamin D untuk mencegah rakhitis adalah contoh makanan kemasan yang sebaiknya tidak dihindari.

Berikut adalah beberapa contoh makanan yang bisa dimasukkan ke dalam pola makan clean eating untuk dikonsumsi setiap hari.

  • Sayur maupun buah-buahan segar ataupun beku
  • Telur
  • Daging tanpa lemak
  • Ikan
  • Biji-bijian yang tidak dibuat menjadi tepung seperti beras merah, gandum utuh, oatmeal, hingga popcorn
  • Minyak seperti, minyak zaitun extra Virgin, minyak kelapa murni, dan lain sebagainya
  • Produk susu bebas hormon
  • Legum kering

Apa Manfaat Clean Eating?


Menerapkan clean eating memiliki banyak manfaat. Mulai dari menurunkan berat badan, menjaga berat badan ideal, membuat kulit tampak lebih bercahaya dan sehat, mengurangi resiko terkena diabetes, dan masih banyak manfaat yang lainnya.

1. Mengapa menerapkan clean eating bisa membantu menurunkan berat badan?


Fakta bahwa clean eating bisa membantu menurunkan berat badan, telah didokumentasi dalam berbagai penelitian.

Sejumlah faktor penting yang buat clean eating bisa menurunkan berat badan diantaranya adalah:

  • Makanan tersebut kaya nutrisi dan bisa membantu mengurangi rasa lapar
  • Makanan utuh umumnya mengandung protein yang lebih tinggi. Dan sebaliknya, lebih rendah kalori jika dibandingkan dengan makanan olahan
  • Lebih banyak mengandung serat larut yang akan membuat sistem pencernaan kita jadi lebih sehat dan lancar

2. Mengurangi resiko terkena kanker


Jika kamu ingin sehat, panjang umur, dan bebas dari kanker, maka mulai saat ini cobalah untuk menerapkan clean eating. Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa ada korelasi positif antara pola makan yang sehat dengan pencegahan berbagai jenis kanker. Mulai dari kanker payudara hingga kanker usus besar.

3. Mengurangi resiko tekanan darah tinggi dan penyakit jantung


Penyakit kardiovaskular merupakan salah satu penyebab kematian di dunia ini selama bertahun-tahun. Penyakit ini dikait-kaitkan dengan kadar kolesterol jahat yang tinggi. Dan, salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan beralih ke pola makan yang sehat (clean eating).

Menurut penelitian, mengkonsumsi 3 porsi makanan utuh setiap hari bisa menurunkan resiko tekanan darah tinggi dan penyakit jantung secara signifikan. Jika kamu menginginkan jantung yang sehat dan sistem kardiovaskular yang berfungsi dengan baik, kamu harus mulai berhenti mengkonsumsi makanan siap saji dan beralih ke pola makan yang sehat.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh


Sistem kekebalan atau imun tubuh adalah suatu sistem penting di dalam tubuh kita yang harus selalu berfungsi pada kemampuan maksimumnya. Kabar baiknya, clean eating bisa membantu kamu mendapatkan sistem kekebalan tubuh maksimal.

Cara memperoleh sistem kekebalan tubuh yang sehat adalah dengan mengkonsumsi setidaknya 5 porsi sayur dan buah-buahan per hari. Ini akan membantu meningkatkan respon antibodi pada tubuh dan meningkatkan respon imun tubuh hingga 82%. Tidak hanya itu, mengkonsumsi 5 porsi sayur dan buah-buahan setiap hari juga akan membuat sistem pertahanan tubuh kita lebih kuat melawan infeksi.

5. Membuat kulit jadi lebih sehat dan bercahaya


Jika kamu menginginkan kulit yang sehat, kencang, segar dan bercahaya, kamu tidak perlu mengeluarkan jutaan rupiah untuk membeli bahan kosmetik. Hanya dengan mengkonsumsi makanan sehat atau menerapkan clean eating, kulit akan menjadi lebih sehat. Karena di dalam makanan makanan yang sehat terkandung antioksidan, lemak sehat, berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan oleh kulit kita.

6. Mencegah diabetes


Diabetes merupakan salah satu penyakit yang semakin banyak dialami oleh manusia modern. Salah satu penyebabnya adalah karena pola makan yang tidak sehat. Di Amerika sana, menurut fakta yang ada, lebih dari 750.000 orang kehilangan nyawa setiap tahun karena penyakit diabetes. Bagaimana dengan di Indonesia?

Menurut penelitian, lebih memilih makanan makanan sehat yang bersumber dari makanan nabati yang utuh, bisa membantu mengurangi resiko diabetes secara signifikan.