Sunday 24 October 2021

Yuk Lindungi Anak dari Konten Negatif di Youtube

Saat ini, banyak sekali konten-konten viral yang mengajarkan cara menipu guru, cara menyontek di kelas, hingga cara ngerjain teman atau prank.

Oleh karena itu, sebagai orangtua kita harus selektif dalam memilih tontonan untuk anak. Mengingat apa yang mereka tonton dapat mempengaruhi mental mereka. Apalagi, di usia dini, anak-anak akan bertindak layaknya spon yang menyerap apapun yang dilihat dan didengarnya.

Gadget seperti smartphone atau tablet yang terkoneksi ke internet berfungsi layaknya jendela dunia. Karena kombinasi smartphone dan internet bisa digunakan untuk mengakses berbagai macam informasi dari belahan dunia manapun.

Bahkan, kini semakin banyak platform yang digunakan oleh masyarakat dunia untuk berbagi (sharing) berbagai macam konten. Termasuk konten anak-anak yang berisi budaya dari daerah masing-masing.

Sayangnya, tidak semua konten yang bisa dengan mudah kita akses melalui YouTube dan platform lainnya, berisi konten-konten yang mendidik. Bahkan, tidak jarang konten-konten tersebut justru berisi budaya negatif yang tentu sedikit banyak dapat mempengaruhi anak-anak yang melihatnya.

Menumbuhkan kecintaan anak pada budaya Indonesia. Ada banyak hal yang bisa kita lakukan, termasuk diantaranya memperdengarkan lagu-lagu anak Indonesia seperti lagu Pelangi ciptaan AT Mahmud, lagu Naik Delman ciptaan Ibu Sud, lagu Balonku, dan masih banyak lagu-lagu Indonesia lainnya yang menarik.

Lagu-lagu tersebut selain sederhana dan mudah diingat oleh anak-anak, juga sungguh sangat bernilai. Karena di dalam liriknya terkandung nilai-nilai edukasi, etika, dan religi.

Rekomendasi Channel Lagu Anak di Youtube

Di YouTube sendiri, ada begitu banyak channel yang menyuguhkan lagu-lagu anak khas Indonesia atau lagu-lagu untuk anak-anak yang menggunakan bahasa Indonesia. Salah satunya adalah channel Hoala dan Koala.

Hoala & Koala

Apa sih kelebihan channel lagu-lagu anak Indonesia Hoala dan Koala ini?

Menurut saya, ada empat keunggulan utama dari channel Hoala dan Koala ini, sehingga cukup layak untuk direkomendasikan. Seperti misalnya,

1. Semua lagunya berbahasa Indonesia

Semua lagu-lagu yang ada di channel ini dinyanyikan dengan menggunakan bahasa Indonesia. Sehingga, sekalipun kita memutar semua lagu yang ada di playlist, tidak ada satupun lagu-lagu yang menggunakan bahasa asing atau bahasa Inggris.

Keuntungan mendengar lagu-lagu berbahasa Indonesia yang tidak dicampur-campur dengan bahasa Inggris akan membuat anak lebih mudah mengerti dan memahami serta mengikuti lagu yang mereka dengar.

2. Musiknya digarap dengan serius

Gubahan musik yang mengiringi lagu-lagu anak berbahasa Indonesia di channel Hoala dan Koala ini digarap dengan serius. Karena itu, nggak mengherankan kalau hasilnya pun terdengar begitu menyenangkan di telinga.

Beberapa lagu populer seperti lagu yang berjudul “Susu Favoritku untuk Anak Indonesia” yang sudah ditonton hingga 1 juta kali, dan digarap dengan nuansa beat yang akan membuat badan kita ikut bergoyang.

Selain menghadirkan genre pop, musik-musik di channel Hoala dan Koala juga ada yang digubah dengan nuansa Jazz, Elektronik, Big Band, dan genre musik-musik bernuansa menyenangkan lainnya.

3. Banyak lagu-lagu berisi nilai-nilai etika dan moral

Di channel Hola dan koala kita juga nggak hanya akan menjumpai lagu-lagu anak khas Indonesia, tapi juga ada beberapa lagu-lagu baru, spesial dari Hola & koala yang dalam liriknya terkandung nilai-nilai etika dan moral.

Nilai-nilai ini akan mengajarkan anak-anak bagaimana cara berperilaku di rumah serta mengenalkan juga aturan-aturan dasar di rumah. Seperti, membereskan mainan sendiri, berbagi dengan saudara, saling membantu, belajar menyayangi binatang, berolahraga, dan masih banyak yang lainnya.

4. Karakternya berbentuk 3 dimensi (3D)

Channel-channel yang menampilkan karakter tiga dimensi saat ini semakin populer dan diminati karena terlihat lebih hidup namun tetap menonjolkan ciri khas kartun yang disukai anak-anak.

Di channel Hoala dan Koala, semua lagu-lagunya menampilkan karakter yang dibuat dengan animasi 3D seperti lagu anak cuci tangan Hoala Koala. Mulai dari pemeran utamanya, yaitu Hoala, seorang gadis cilik berusia 3 tahun yang hobi bernyanyi, gemar membaca, pintar, dan suka menari.

Hoala sendiri sangat menyukai buku cerita yang di dalamnya terdapat gambar-gambar hewan lucu seperti koala, rubah, harimau, ikan hiu, singa, buaya, burung hantu, dan ada juga karakter dari buah jeruk yang bernama Miss Jeruk.

Cukup menarik, bukan? Nah, buat Ayah-Bunda yang kebetulan sedang mencari channel-channel lagu dan animasi anak Indonesia yang enak didengar, liriknya mengandung nilai-nilai moral dan etika, serta lucu dan menggemaskan, koala & koala bisa dijadikan sebagai pelindung bagi anak dari budaya negatif.

Tunggu apa lagi!? Yuk tonton dan subscribe channelnya!

Previous Post
Next Post

post written by:

Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

0 comments: