Sunday, 11 October 2020

Pengalaman Konsultasi Kesehatan Online di SehatQ.com

 Sepandai-pandainya kita menjaga kesehatan, adakalanya kita mengalami yang namanya ‘sakit.’ Tidak hanya diri kita sendiri, sakit juga bisa dialami oleh anggota keluarga yang lain, terutama buah hati kita.

Anak-anak memang rentan terhadap penyakit karena, selain imun tubuh mereka yang tidak sekuat orang dewasa, juga karena mereka belum tahu bagaimana cara menjaga kebersihan diri. Mereka kerap mengabaikan kebersihan dan mengutamakan kesenangan untuk bermain.

Konsultasi Kesehatan Online di Era Modern


Jika sudah terlanjur sakit, mau tak mau kita harus memeriksakan diri ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat dan agar bisa sembuh lebih cepat.

Sayangnya, tidak seperti dulu. Saat ini, berada di ruang publik tidak begitu direkomendasikan karena adanya wabah Covid-19. Kondisi ini mengharuskan kita untuk menjaga jarak, mengurangi interaksi, dan menghindari tempat-tempat yang ramai.

Padahal, rumah sakit atau pusat pelayanan kesehatan lainnya seperti klinik, adalah tempat dimana selama ini kita bisa menemui dan berkonsultasi dengan dokter. Sehingga sangat sulit bagi kita untuk menghindari keramaian.

Untungnya, di era modern ini semakin banyak teknologi yang memudahkan kita untuk melakukan berbagai hal. Tidak terkecuali--konsultasi dengan dokter. Salah satunya adalah teknologi smartphone yang dilengkapi dengan kamera dan koneksi internet. Teknologi ini memungkinkan kita untuk mengkonsultasikan kondisi kesehatan kita dengan dokter tanpa harus melakukan tatap muka langsung atau tanpa harus pergi ke rumah sakit dan klinik.

SehatQ.com adalah salah satu tempat konsultasi kesehatan online terbaik yang bisa saya rekomendasikan. Saya menyarankan layanan konsultasi online SehatQ karena, saya sendiri sudah pernah menggunakan layanan kesehatan online ini berbasis web dan aplikasi Android/iOS ini. Sehingga, sedikit banyak, saya tahu apa saja keuntungan dan kerugian berkonsultasi secara online.

Keuntungan Konsultasi Online di SehatQ

1. Bebas Antri

Mengantri adalah kegiatan yang sudah sangat jamak kita temukan di pusat pelayanan publik seperti rumah sakit hingga klinik. Meskipun saat ini sudah ada rumah sakit ataupun klinik yang menerapkan pendaftaran online. Namun sayangnya, di sebagian besar rumah sakit dan klinik masih menawarkan cara konvensional. Yaitu, pasien harus datang langsung dan mendaftar serta mengantri untuk menunggu panggilan.

Di era pandemi seperti ini, pergi ke ruang publik seperti rumah sakit untuk mendaftar dan menunggu antrian akan membuat kita rentan tertular atau menularkan virus corona. Meskipun, physical distancing telah diterapkan di tempat-tempat tersebut.

Sebaliknya, konsultasi di SehatQ secara online tidak mengharuskan kita untuk menunggu antrian. Meskipun harus menunggu sejenak, namun kegiatan menunggu ini lakukan langsung dari rumah tanpa harus duduk di ruang publik. Seperti di ruang tunggu rumah sakit ataupun klinik.

2. Respon Dokter Sangat Cepat

Ada banyak dokter yang siap melayani pasien untuk berkonsultasi kapanpun mereka dibutuhkan. Karena itulah, antrian untuk mendapatkan layanan, cenderung lebih singkat dibandingkan dengan mengantri di rumah sakit atau klinik yang kadang-kadang hanya dilayani oleh satu atau dua orang dokter untuk puluhan hingga ratusan pasien.

3. Bisa Dilakukan dari Manapun dan Kapanpun

Selama ada smartphone dan internet yang dapat digunakan untuk berkomunikasi secara online, maka selama itu pula lah kita bisa berhubungan dan berkonsultasi dengan dokter yang ada di SehatQ.

Jadi, tak lagi terbatas waktu dan ruang, kita bisa berkonsultasi menanyakan tentang kondisi kesehatan yang kita hadapi dengan dokter dimanapun kita berada. Kita bisa melakukannya dari rumah, saat berada di perjalanan, atau ketika pergi berwisata sekalipun.

4. Lebih Hemat

Disaat ada pandemi seperti ini, tidak hanya kegiatan kita di luar yang kadang-kadang terganggu. Penghasilan kita pun seringkali jadi lebih seret. Hingga, memaksa kita untuk lebih banyak menghemat uang agar tetap bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari seperti untuk membeli bahan pokok, sayur-mayur dan lauk-pauk serta beberapa kebutuhan primer lainnya.

Konsultasi kesehatan online di SehatQ sepenuhnya gratis. Karena itulah, saya pribadi sangat menyarankan teman-teman agar mau mencoba memanfaatkan fasilitas yang sudah ada ini. Meskipun tentu saja, kita tetap harus punya modal kuota internet.

Namun jika dibandingkan dengan konsultasi secara offline, konsultasi secara online tentu saja jauh lebih hemat meskipun kita diharuskan untuk membeli kuota internet. Apalagi, saat ini kebanyakan kita sudah selalu siap sedia dengan kuota sepanjang bulan sehingga tak perlu khawatir jika harus mengeluarkan sejumlah kuota untuk chatting dengan dokter di SehatQ yang pasti tidak memakan terlalu banyak kuota karena hanya mengandalkan teks dan gambar.

5. Booking Dokter Secara Online

Di direktori SehatQ, tersedia setidaknya 8000 dokter yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Mulai dari dokter umum hingga dokter spesialis.

Dengan adanya fasilitas booking dokter online di SehatQ, kita akan lebih mudah mendaftar jika ingin berkonsultasi dengan cara tatap muka langsung atau jika ingin memeriksakan kondisi kesehatan yang tidak mungkin dilakukan secara online. Keuntungan pertama, selain tidak perlu repot mengantri menunggu antrian di ruang publik yang dapat meningkatkan risiko tertular atau menularkan virus corona, booking online juga akan sangat menguntungkan karena kita bisa dengan mudah memilih dokter terbaik.

6. Banyak Promo

Tak hanya bisa konsultasi secara gratis, SehatQ.com juga menyediakan banyak promo yang bisa kita manfaatkan untuk menghemat biaya berobat atau berkonsultasi langsung dengan dokter-dokter spesialis sesuai dengan yang kita butuhkan.

Website SehatQ Adalah Penyedia Informasi Kesehatan Terlengkap

Disamping bisa konsultasi kesehatan online dengan menggunakan fasilitas chatting yang didukung fitur teks dan gambar, serta booking dokter online, SehatQ juga menyediakan banyak informasi seputar kesehatan--yang bisa kita peroleh dari websitenya.

Informasi obat, informasi mengenai penyakit tertentu, informasi rumah sakit yang ada di seluruh Indonesia, hingga toko obat online juga bisa dengan mudah kita akses di website SehatQ.com.

Jadi, buat teman-teman yang tertarik untuk mengetahui dosis atau kandungan serta manfaat atau efek samping obat-obatan tertentu, teman-teman bisa langsung mengakses mengenai informasi obat dengan mengklik link yang ada. 

Begitu juga apabila teman-teman tertarik untuk mengetahui tentang penyakit tertentu. Teman-teman bisa langsung membuka website SehatQ untuk mengakses informasi mengenai penyakit tersebut. Mulai dari gejalanya, faktor penyebabnya, bagaimana cara mengatasinya, hingga apa obatnya.

Toko Obat Online di SehatQ.com

Tinggal di kota kecil membuat akses saya pada obat-obatan atau kebutuhan tertentu jadi sangat terbatas. Untungnya, kehadiran fasilitas online seperti toko obat online SehatQ, membuat saya kini bisa lebih mudah untuk memperoleh obat-obatan (yang kadang-kadang) sangat sulit ditemukan di kota tempat saya berdomisili.

Meskipun beli obat secara online pasti membutuhkan waktu pengiriman yang tidak sebentar, namun beli obat online di SehatQ punya banyak keuntungan. Menurut saya, selain kita bisa membeli kapanpun dan dari manapun, beli obat online juga relatif lebih murah, lebih mudah, terjamin keasliannya, dan sering dapat promo sehingga potensi untuk menghemat uang lebih besar.

Kesimpulan Pengalaman Konsultasi Kesehatan Online

Saat ini, konsultasi kesehatan secara online memang masih sangat terbatas kemampuannya dalam memberikan solusi untuk setiap masalah kesehatan yang dihadapi oleh masyarakat. Meski demikian, keberadaan konsultasi online ini terasa sangat membantu disaat ada pandemi yang mengharuskan kita untuk menjaga jarak dan mengurangi interaksi dengan orang lain, bisa membantu kita menghemat lebih banyak uang di saat sulit, serta tidak terbatas waktu sehingga kita tidak perlu terburu-buru dan bisa menentukan sendiri kapan mau berkonsultasi.


Latest
Next Post

post written by:

0 comments: