Saturday, 12 October 2019

Jadwal Imunisasi Anak yang Perlu Bunda Tahu

Sebagai ibu yang sudah memiliki 2 orang anak, saya selalu perhatian dengan tumbuh kembang mereka. Dari hal-hal yang sangat penting yaitu asupan makanan yang mereka konsumsi sampai imunisasi yang harus mereka dapatkan sejak mereka lahir. Meskipun banyak sekali pro kontra tentang imunisasi, namun saya memilih untuk melakukan imunisasi untuk anak-anak saya karena banyak manfaat yang didapatkan.

Anak-anak yang aktif menandakan ia adalah anak yang sehat dan cerhat


Jadwal Imunisasi anak adalah hal yang selalu saya perhatikan sejak mereka lahir. Umur berapa saja mereka harus diimunisasi dan apa saja imunisasi yang akan mereka dapatkaan dari tenaga kesehatan. Biasanya sih saya ikut ke posyandu atau ke puskesmas terdekat untuk melakukan imunisasi tersebut. Nah.. bagi ibu haru nih yang mungkin kurang paham dengan imunisasi dan jadwalnya kapan saja, kali ini saya akan membagikan waktu-waktu untuk melakukan imunisasi Imunisasi dasar lengkap:


  • HB (Hepatitis B) dilakukan saat bayi berusia 0-7 hari setelah kelahiran
  • BCG dan Polio 1, dilakukan saat bayi berusia 1 bulan hingga 2 bulan
  • DPT/HB1 dan polio 2, Dilakukan saat anak berusia 3 bulan
  • Polio 3 dan DPT/HB3, dilakukan saat anak berusia 4 bulan
  • DPT/HB3 dan Polio 4 dilakukan saat anak memasuki usia 5 bulan
  • Imunisasi Campak, dilakukan setelah 4 bulan pemberian imunisasi terakhir atau tepatnya ketika anak berusia 9 bulan.
Dari jadwal imunisasi satu ke imunisasi selanjutnya biasanya disarankan berjarak 1 bulan, jadi jika anak melakukan imunisasi tidak tepat waktu, biasanya pemberian imunisasi selanjutnya juga mengikuti. 

Manfaat Imunisasi untuk anak


Dari sekian banyak kontroversi tentang imunisasi, saya adalah ibu yang memilih untuk pro imunisasi karena banyak manfaat yang menurut saya akan saya dapatkan. Dan jika ibu-ibu ingin tahu apa saja manfaat imunisasi untuk anak, berikut adalah penjelasannya:

  • Mencegah penyebaran penyakit - Banyak sekali kasus kematian pada bayi serta anak anak yang diakibatkan oleh penyakit menular seperti campak misalnya. Dengan vaksin campak yang kita dapatkan saat imunisasi, hal ini dapat mencegah kita dari penyakit campak. Begitupun dengan penyakit lainnya.
  • Melindungi anak dari resiko cacat dan kematian - Setiap orang memiliki resiko penyakit yang tidak terduga. Namun, dengan melakukan imunisasi, resiko ini bisa dikurangi bahkan dihilangkan.
  • Menghemat biaya dan waktu - Seperti yang kita tahu, kesehatan sangatlah mahal harganya, dengan melakukan imunisasi berbagai vaksin, InsyaAllah tubuh kita jauh lebih sehat dan kebal akan penyakit tertentu. Sehingga anak-anak dengan imunisasi memiliki daya tahan tubuh yang kuat.
Bagaimana, itu tadi hanyalah sedikit dari banyaknya manfaat melakukan imunisasi saat usia dini. Tentu saja, memberikan nutrisi yang baik dan halal adalah usaha yang juga sangat penting dalam tumbuh kembang anak. Memberikan ASI diawal kehidupan mereka juga salah satu usaha kita untuk menjadikan anak-anak yang sehat dan kuat. Semoga bermanfaat ya bunda..

No comments:

Post a Comment