Monday, 24 June 2019

Ternyata Mudah, Begini Cara Membasmi Semut di Rumah

Sebagai ibu rumah tangga, saya pasti selalu berusaha melindungi setiap makanan maupun bahan makanan dari berbagai macam semut. Tidak hanya satu semut. Ada banyak jenis semut yang seringkali mengerumuni berbagai jenis makanan di dapur. Mulai dari semut gula hingga semut kecil-kecil yang suka dengan makanan-makanan gurih seperti ikan, daging ayam, atau sejenisnya.



Cara membasmi semut sebenarnya cukup mudah. Walaupun mudah, tapi kadang kala kita merasa malas untuk mempraktekkan beberapa tips menghilangkan semut di rumah yang kerap diulas oleh teman-teman blogger.

Saya sendiri sering merasa geli terutama apabila jumlah semut sangat banyak mengerumuni makanan di dapur. Apalagi, saat ini rumah kami bersinggungan langsung dengan kebun tebu dan persawahan. Hal tersebut menyebabkan jumlah semut yang mengincar makanan kami di dapur tentu saja meningkat, dibandingkan dengan tempat tinggal kami sebelumnya.


Tak hanya bikin geli, semut yang bejibun juga seringkali membuat makanan jadi sulit untuk dikonsumsi. Apalagi jika semua sulit dibersihkan setelah masuk ke pori-pori makanan. Sebagai ibu rumah tangga, saya pun merasa terpanggil untuk berbagi beberapa kiat yang bisa dicoba atau digunakan untuk membasmi semut di rumah. Terutama dengan menggunakan bahan alami yang mudah didapat.

Cara basmi semut di rumah 

Berikut adalah beberapa cara untuk membasmi semut dirumah:
  • Gunakan campuran soda dan gula bubuk, Kenapa kita menggunakan gula bubuk? Padahal gula bubuk sangat disukai oleh semut. Gula bubuk digunakan untuk memancing semut agar masuk ke dalam perangkap (soda) yang bersifat racun bagi para semut. Soda kue akan mengganggu kemampuan pencernaan semut dan menyebabkan mereka mati pada akhirnya. 
  • Cuka juga sangat efektif digunakan untuk menyingkirkan semut. Cara menggunakan cuka untuk menyingkirkan semut adalah, kita harus menyiapkan terlebih dahulu kemudian campurkan dengan air dalam jumlah atau takaran yang sama. Anda bisa menggunakan cuka Sari apel atau cuka biasa (cuka makan). Lalu gunakan larutan tersebut untuk menyemprot kawanan semut. Juga jalan masuk semut, dan tempat-tempat dimana semut biasa berada. Dijamin, semut akan menjauh.
  • Air lemon tidak hanya ampuh untuk membersihkan minyak dan lemak di piring tapi juga ampuh mengusir semut. Air perasan lemon memiliki aroma yang tidak disukai oleh semut. Selain itu, sifat asam yang ada pada air lemon dapat mengganggu navigasi semut. Jadi, untuk mengusir agar semut masuk ke dalam rumah. Kitabisa menggunakan bola kapas yang dibasahi dengan air lemon kemudian letakkan di tempat-tempat di mana semut biasa membuat jalan.
  • Kulit mentimun ternyata juga ampuh mengusir semut dari rumah . Saya salah satu orang yang termasuk gemar menggunakan mentimun sebagai bahan makanan. Tidak hanya sering disajikan dalam bentuk segar sebagai lalapan. Tapi juga saya sering menyajikannya sebagai sayur.
  • Resep tumisan mentimun Kebetulan saya dapatkan dari mertua. Sebelumnya saya tidak pernah membayangkan jika tumisan timun rasanya ternyata sangat enak.
  • Cabe rawit tak hanya pedas bagi manusia tetapi juga untuk semut. Cara basmi semut di rumah selanjutnya adalah dengan menggunakan cabe rawit. Mengapa cabe rawit bisa membuat semut menjauh?
  • Penyebabnya tidak lain adalah aroma cabe rawit yang sangat tajam dan keras. Hal tersebut dapat menyebabkan signal yang digunakan oleh para semut untuk berkomunikasi jadi kacau balau. Akibatnya, semut akan kesulitan untuk menemukan arah jalan pulang dan kesulitan bertahan hidup. Cara menggunakan cabe rawit untuk membasmi semut adalah, kita terlebih dahulu harus menyiapkan bubuk cabe rawit lalu taburkan di tempat yang sering dilewati oleh semut.
  • Kapur semut adalah cara paling instan yang bisa dicoba untuk menghilangkan semut di rumah . Kita sering menyebut kapur semut dengan nama kapur ajaib. Saya sendiri cukup sering menggunakan metode ini karena cukup praktis. Dan harga kapur semut juga tergolong murah. Tanya bisa mengusir semut, kapur ini juga efektif digunakan untuk membasmi kecoa. 

Namun rajin apapun kita membasmi semut, semut akan tetap datang kembali apabila dapur tidak dijaga kebersihannya. Aroma lemak, manis-manisan (gula), dan juga protein kerap menarik bagi para semut untuk mendatanginya.
Agar semut tidak datang, segera bersihkan dapur dari noda-noda ikan, tempe goreng, daging, gula dan lain sebagainya. Jika perlu, belilah sebuah lemari kaca yang bisa digunakan untuk menyimpan makanan. Atau segera memasukkan makanan ke dalam kulkas sekaligus untuk mencegahnya agar tidak mudah basi.

No comments:

Post a Comment