Wednesday, 19 June 2019

Apa Saja Keunggulan Mobil Balap Toyota 86?

Bagi sebagian orang, membeli mobil tidak hanya untuk memberikan rasa nyaman dan keamanan yang lebih baik ketika berkendara. Karena selain mencari rasa nyaman, pengendara mobil juga kerap ingin merasakan sensasi yang berbeda. Mobil bisa dijadikan sebagai alat untuk meningkatkan prestise, kemewahan, pangkat/jabatan, hingga status sosial. Beberapa jenis mobil dianggap memiliki tingkat keunikan dan dapat membuat pemilik atau pengendaranya terlihat lebih keren dan menarik.



Mobil balap adalah salah satu contoh jenis mobil yang kerap dibeli oleh mereka yang senang kebut-kebutan atau senang dengan barang-barang mewah. Karena memang, harga mobil sport rata-rata sangat mahal. Disamping karena mesinnya yang diformulasikan secara khusus, mobil balap juga umumnya dilengkapi dengan sasis dan bodi yang lebih spesial.

Namun tentu saja, ada banyak mobil balap yang diciptakan tidak untuk balapan melainkan, hanya menawarkan sensasi sebuah mobil balap. Sehingga, baik harga maupun desainnya tidak semahal dan tidak dibuat secara khusus layaknya sebuah mobil balap murni.


Salah satu contohnya adalah mobil balap Toyota 86 yang dikenal sebagai salah satu mobil sport coupe berukuran compact dan dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Mobil sport ini merupakan hasil kolaborasi antara Toyota dan Subaru. Karena ini adalah mobil hasil kolaborasi, maka wajar apabila sebutannya pun tidak hanya satu saja. Ya, di Indonesia, mobil ini memang lebih dikenal dengan nama Toyota 86. Tapi di luar sana, seperti di Eropa misalnya, mobil ini dikenal dengan nama Toyota gt86 dan di Amerika Serikat dikenal dengan nama Scion FR-S. Tidak hanya bernaung di bawah nama Toyota, mobil ini juga sebenarnya ditawarkan dengan trademark Subaru BRZ.

Keunggulan mobil Toyota 86


1.Harga lebih terjangkau

Toyota 86 merupakan salah satu contoh mobil balap murah bisa dengan mudah kita temukan di tanah air. Sebagai salah satu mobil balap entry-level, harga mobil ini tergolong ramah kantong.

2.Dilengkapi dengan mesin Boxer 2.0 l 

Mobil yang mengandalkan penggerak roda belakang (rear wheel drive) ini menggendong mesin 16 Valve DOHC D-4S Boxer yang bisa menghasilkan daya maksimum hingga 147 PS (6800 RPM) dan bisa menghasilkan torsi hingga 205 nm (6600 RPM). Mesin tersebut pernah mengantarkan Toyota 86 menjadi salah satu kampiun pada 24 Hour Endurance Racing di sirkuit Nurburgring Jerman untuk kelas V3.

3.Perawatannya murah dan mudah

Selain berharga mahal, biaya perawatan sebuah mobil balap juga biasanya cukup tinggi. Namun jika anda menginginkan sebuah mobil balap yang biaya perawatannya ringan dan mudah, Toyota 86 ini bisa menjadi pilihan.

4.Menyediakan kursi baris kedua

Jika kebanyakan mobil balap hanya menyediakan 1 baris kursi, maka mobil Sport Toyota 86 ini menyediakan 2 baris kursi. Sekalipun tingkat kenyamanan duduk di kursi baris kedua mobil ini tidaklah sebaik mobil penumpang pada umumnya.

Walau demikian, bagi Anda yang sering menggunakan mobil untuk jalan-jalan dan sering mengajak serta keluarga terutama anak-anak, mobil sport ini pasti akan sangat cocok untuk anda. Lebih dari itu, mobil ini juga telah dirancang secara khusus sehingga ramah anak.

5.Kualitas interior yang mewah

Finishing pada bagian interior mobil ini benar-benar menggambarkan sebuah mobil sport. Sentuhan-sentuhan desain kelas atas seperti jahitan yang real hingga lapisan Suede dengan hiasan kain dan kulit membuat tampilan di bagian dalam terasa lebih mewah dan berkelas.

6.Toyota 86 menyediakan bagasi yang cukup luas

Membawa barang menggunakan mobil ini dalam jumlah banyak tidak akan membuat Anda khawatir. Pasalnya, Toyota 86 dibekali dengan ruang cargo atau bagasi yang cukup luas. Ruang tersebut bahkan bisa diperluas jika anda melipat kursi di baris kedua. Kursi di baris kedua yang dilipat akan memberikan sebuah ruang dengan permukaan yang datar sehingga cukup nyaman dan aman untuk digunakan meletakkan berbagai macam barang.

7.Salah satu mobil balap dengan tingkat keamanan terbaik

Dari hasil uji tabrak yang dilakukan oleh The National Highway Traffic Safety Administration menunjukkan bahwa mobil ini adalah salah satu yang teraman. Mobil ini mendapatkan 4 bintang Dalam uji tabrak frontal 5 bintang dalam uji tabrak rollover. Selain menyediakan airbag di bagian depan, Toyota juga memberikan airbag di bagian samping mobil untuk memberikan perlindungan yang lebih baik.

No comments:

Post a Comment