Saturday, 23 March 2019

Cara Mencegah dan Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

Memiliki dua anak membuat saya belajar banyak hal tentang mereka. Secara tidak langsung, penyakit-penyakit bayi serta gangguan-gangguan yang dialami oleh mereka hampir saya pahami betul bagaimana cara mencegah dan mengatasinya. Semakin tumbuh dari bayi menjadi balita, menjadi orang tua yang tidak terlalu khawatir dengan hal-hal yang terjadi kepada anak saya tentu saja membuat saya sedikit senang.



Ada banyak sekali gangguan kesehatan yang sering dialami oleh anak-anak, dari sakit ringan seperti flu, biang keringat, demam, sampai gatal-gatal karena alergi. Nah di artikel kali ini, saya akan membahas tentang biang keringat ya... Alhamdulillah.. anak saya dua-duanya jarang sekali terkena biang keringat. Sebenarnya, apa sih biang keringat itu?

Biang keringat adalah ruam yang menonjol pada permukaan kulit dan biasanya disertai rasa gatal serta rasa panas. Kondisi ini terjadi karena cuaca yang lembab serta panas. Atau kadang biang keringat juga muncul saat anak terkena demam namun mengeluarkan banyak keringat. Kalau orang jawa bilang namanya keringet buntet. 



Mengapa anak kecil sering terkena biang keringat?


Biang keringat pada bayi dan anak-anak adalah hal yang biasa terjadi. Pori-pori kulit yang masih kecil serta saluran keluar keringat dan kelenjar yang belum sepenuhnya berkembang juga menjadi penyebab utamanya. Dalam kondisi ini, bunda tidak perlu khawatir, karena dalam beberapa hari, biang keringat akan hilang dengan sendirinya. Bunda hanya perlu mengupayakan bagaimana caranya agar kulit bayi dan anak tetap dalam keadaan baik dan nyaman.

Cara mencegah dan mengatasi biang keringat pada bayi


Sebenarnya, suhu ruangan dimana bayi tinggal haruslah suhu yang ramah dan nyaman digunakan. Menghindari udara panas dan lembab bisa membuat bayi terhindar dari biang keringat. Jangan lupa juga untuk membawa peralatan seperti kipas atau topi saat akan keluar rumah.

Poin kedua adalah pakaian. Pakaian terbaik untuk bayi dan anak adalah pakaian yang membuat mereka merasa nyaman. Bukan yang banyak pernah-pernik atau dengan beragam model dan gaya namun tidak nyaman saat dikenakan. Pilihlah pakaian bayi yang menggunakan serat alami dan longgar yang membuat bayi merasa nyaman.

Menjaga kulit bayi agar tetap sejuk juga bisa menjadi salah satu cara mencegah biang keringat pada bayi. Selain itu, usahakan untuk tidak terlalu sering menggendong. Gunakanlah bedak atau lotion pereda rasa gatal hanya jika diperlukan ya Bunda.. Karena kebersihan kulit bayi adalah hal utama yang harus dijaga agar bakteri tidak datang. Semoga bisa membantu.

No comments:

Post a Comment