Wednesday, 27 March 2019

Jenis Mainan Bayi 7 Bulan yang Bisa Meningkatkan Kecerdasan

Mainan bayi 7 bulan yang aman digunakan sangatlah banyak. Berdasarkan pengalaman yang saya miliki selama memiliki 2 balita, saya berusaha memberikan yang terbaik untuk  anak-anak saya dengan cara memilihkan mainan yang aman. Ibu mana yang tak ingin bayinya tumbuh sehat dan cerdas? Semua dari kita pasti menginginkan anak yang tumbuh normal dan pintar kan Bunda...

Namun lebih dari itu, sebagai seorang ibu kita pun ingin punya anak yang cerdas dan bisa dibanggakan. Pasalnya, anak yang tumbuh cerdas dan pintar selain bikin kita bangga, juga seringkali mampu mengurangi rasa was-was dan berbagai kekhawatiran yang ada dalam diri setiap ibu ketika mengawal tumbuh kembang buah hati mereka.



Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mendukung pertumbuhan dan kecerdasan anak. Mulai dari memberikan ASI (makanan sehat) hingga mengajaknya bermain. Perkembangan bayi dari lahir hingga berusia 7 bulan sangatlah cepat. Setiap bayi pasti akan terlihat senang saat menjelajah dan menemukan hal-hal baru di lingkungannya. Salah satu pendukung yang bisa membantu melatih kecerdasan otak bayi adalah mainan. Tips memilih mainan bayi 7 bulan yang aman dan bagus<3>. 

<3>
Mainan bayi 7 bulan yang menarik pilihannya sangat banyak dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Namun yang paling penting, mainan tersebut harus aman bagi mereka. Mainan yang aman untuk bayi setidaknya harus memenuhi tiga kriteria berikut ini: 
<3>
  • <3>Tidak bisa ditelan
  • Tidak mudah mencederai atau menyebabkan luka 
  • Tidak mengandung bahan yang berbahaya 
Sejak bayi berusia 5-7 bulan, mereka akan mulai senang mengeksplorasi mainan dan memasukkannya ke dalam mulut. Karena di usia ini bayi sudah bisa mengontrol tangan dan jari-jari mereka serta bibir dan lidah. Jadi, setiap kali memilih mainan untuk bayi pastikan faktor keselamatan adalah yang utama.
<3>
Jenis mainan bayi 7 bulan yang bisa meningkatkan kecerdasan<3>. Ada beberapa fitur pada mainan yang perlu ada dan harus diperhatikan agar mainan-mainan tersebut bisa memberikan dampak bagi anak. Beberapa di antaranya adalah: 
<3><3>
  • <3><3>Pilihlah mainan yang bisa mengeluarkan suara. Memberikan anak-anak mainan yang bisa mengeluarkan suara akan membantu meningkatkan perkembangan audio mereka. Mainan mainan yang bisa mengeluarkan suara seperti telepon atau alat musik dapat membantu meningkatkan kemampuan sensorik anak dalam mengenali berbagai jenis suara yang akan membimbingnya mengembangkan keterampilan bahasa.
  •  Mainan yang bisa mengeluarkan cahaya atau yang berwarna-warni. Mainan-mainan yang dapat mengeluarkan cahaya atau yang berwarna cerah akan membantu melatih visualisasi anak. Dari mainan-mainan ini, mereka bisa belajar tentang tentang warna dan pola. 
  • Mainan yang bergerak. Bayi usia 3-7 bulan biasanya sangat menyukai mainan-mainan yang bergerak. Dan bayi usia 7 bulan biasanya lebih tertarik dengan objek yang bergerak dibandingkan dengan objek yang diam saja. 
  • Mainan bertekstur. Mainan anak tidak harus selalu memiliki permukaan yang halus. Mereka juga bisa diberikan mainan-mainan yang bertekstur sedikit kasar hingga lembut. Mainan dengan tekstur akan membantu menstimulasi indra bayi. 
  • Teether. Sejak bayi berusia 5 bulan, mereka juga perlu diberikan mainan gigit-gigitan atau yang lebih dikenal dengan nama teether. Belilah sebuah mainan untuk dikunyah yang aman dan mudah dibersihkan. Teether merupakan salah satu mainan terpenting yang sebaiknya Anda beli jika bayi sudah mulai kelihatan akan mengalami tumbuh gigi. Mainan ini bisa dimasukkan ke dalam kulkas terlebih dahulu untuk menurunkan suhunya sehingga lebih dingin. Manfaatnya adalah untuk membantu memberikan rasa nyaman bagi gusi bayi yang sakit karena akan tumbuh gigi. 
  • Mainan yang tergantung. Mainan mainan yang digantung sangat bagus untuk bayi berusia 7 bulan. Pasalnya, mainan-mainan seperti ini akan membantu bayi mengembangkan keterampilan menggenggam dan keterampilan gimnastik karena mereka akan berusaha menggapai mainan-mainan tersebut. 

<3><3>Itulah beberapa contoh jenis mainan bayi 7 bulan yang bisa meningkatkan kecerdasan dan bisa membantu mengembangkan motorik halus maupun kasar buah hati. Semoga membantu ya Bunda...

No comments:

Post a Comment