Friday, 7 December 2018

Persembahan Kampung Berseri Astra untuk Indonesia Sejahtera

Dalam rangka persembahan Astra ke 61 Tahun untuk Indonesia Sejahtera. Astra Indonesia mempersembahan sebuah program untuk kontribusi sosial yang berkelanjutan. Ditujukkan khusus bagi masyarakat indonesia. Dengan pengembangan konsep yang menghubungkan pilar-pilar pendidikan, enterpreneur, kesehatan dan lingkungan. Dengan nama  “Kampung Berseri Astra”. Sehingga dengan adanya program “Kampung Berseri Astra” diharapkan dapat mewujudkan  lingkungan masyarakat yang meningkat kualitas hidupnya. Baik segi kebersihan, kesehatan, kecerdasan dan tingkat produktfitasnya.

Image from: Balipos.com

Mari Mengenal Program Kampung Berseri Astra


Program “Kampung Berseri Astra” sendiri memiliki beberapa fokus dalam implementasinya. Masing-masing memiliki konsep dan tujuan yang berbeda. Program KBA diantarnya adalah Kampung Berseri Astra “Kampung wisata”, Kampung Berseri Astra “Kampung Hijau”, Kampung Berseri Astra “Kampung Produktif”, Kampung Berseri Astra “Kampung Cyber” dan Kampung Berseri Astra “Kampung Budaya”. Setiap daerah atau kampung yang terdaftar , sudah melalui proses seleksi dan pemilihan yang tepat. Hingga tahun 2018 sudah tercatat sebanyak 77 kampung yang mengikuti program ini. Bahkan, ada wacana jika program kampung berseri menjadi role model bagi pengembangan kesejahteraan masyarakat Indonesia.


Kampung Berseri Astra Paguyangan Bali


Untuk menjadi anggota “Kampung Berseri Astra” tentu tidak dipilih secara asal-asalan. Salah satu daerah yang terpilih menjadi anggota kampung berseri astra adalah Bali. Dipopulerkan dengan nama “Kampung Berseri Astra Paguyangan Bali”. Tentu pihak Astra melihat bahwa Bali memiliki potensi wilayah yang bagus serta potensial. Sehingga menjadi salah satu daerah terpilih untuk program ini.
Kampung Berseri Astra Paguyangan Bali terletak dikecamatan Denpasar Utara Kota Denpasar, Provinsi Bali. Memiliki lokasi yang strategis dan potensi yang besar untuk maju dan dikembangkan. Potensi tersebut terlihat mulai sumber daya manusianya hingga sumber daya alamnya.

Uniknya masyarakat bali lebih menyukai menyebut “Kampung Berseri Astra” dengan sebutan “Banjar Berseri Astra”. Banjar Sendiri merupakan sebutan bagi pembagian daerah di bali. Bahasa luasnya kampung. “Banjar Berseri Astra” dilaksanakan pada tahun 2015 di paguyungan. Sesuai dengan tujuan diadakannya “Kampung Berseri Astra” dengan integrasi 4 pilar. Begitupun implementasi yang terjadi dilapangan.

Integrasi Pilar Pendidikan dan Kesehatan


Melalui pilar pendidikan, Porgram KBA ini difokuskan untuk sekolah pada tingkat pendidikan SD hingga SMP. Dimana, bukan hanya peningkatan tentang ilmu pengetahuan. Namun, juga fokus pada pembinaan membentuk sikap dan karakter siswa dalam kebiasaan hidup sehat dan peduli dengan lingkungan sekitar.Sedangkan untuk pilar kesehatan, pembinaan terhadap kualitas kesehatan terlihat pada pembinaan di posyandu-posyandu setempat.

Integrasi Pilar Enterpreneur dan Lingkungan Sekitar


Upaya KBA paguyangan di Bali dalam empat pilar berikutnya adalah pilar kewirausahaan atau enterpreneur. Yang tentu saja salah satu tujuannya adalah bagaimana caranya meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat setempat. Dalam pilar kewirausahaan ini, KBA memberikan pelatihan-pelatihan untuk menigkatkan produktifitas masyarakat paguyangan salah satunya dengan budidaya jamur.

Sedangkan untuk pilar lingkungan, KBA paguyangan lebih fokus dalam hal ekowisata. Dalam pelaksanaanya Astra sangat giat dalam perawatan taman disepanjang jogging track, beberapa diantaranya adalah dengan melakukan penanaman pohon puring dan berbagai jenis tumbuhan hijau. Sehingga lingkungan tersebut bukan hanya digunakan sebagai taman bermain. Namun, juga dapat digunakan sebagai arena edukasi.

Nah, itulah sekilas tentang Kampung Berseri Astra di Paguyangan Bali atau yang biasa disebut Banjar Berseri Astra oleh masyarakat bali. Begitu banyak manfaat yang bisa diperoleh dari program kerennya Astra. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas dan kemajuan daerah sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Lalu apaka kampungmu siap untuk menjadi anggota KBA berikutnya ?

No comments:

Post a Comment