Monday, 9 July 2018

Menikmati Pesona Hutan Pinus Mangunan

Jika berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta, Wilayah Kabupaten Bantul memang terkenal banyak destinasi wisata yang sangat menarik. Ya, Kabupaten Bantul adalah salah satu wilayah yang paling luas di Daerah Istimewa Yogyakarta. Salah satu wilayah Bantul yang terkenal adalah Dlingo. Di Kawasan wisata ini tepatnya di Desa Mangunan terdapat sebuah Hutan Pinus yang sangat asri. Masyarakat mengenal hutan ini dengan nama Hutan Pinus Mangunan atau Hutan Pinus Imogiri.
Hutan Pinus Mangunan sangat cocok dijadikan destinasi wisata Anda bersama keluarga, pasangan, ataupun rekan kerja. Di lokasi ini Anda dapat merileksasi pikiran dengan duduk bersantai sambil menghirup udara segar atau sekedar berjalan-jalan sambil menikmati suasana hutan yang khas.

sumber gambar: spotjogja.com

Ribuan pohon pinus di Hutan Pinus Mangunan berdiri di kawasan seluas 500 Hektar. Hutan ini memiliki aroma khas Hutan pinus yang tajam. Selain itu Hutan Pinus Mangunan ini sering dimanfaatkan oleh pasangan muda untuk foto pre-wedding. Bisa menjadi rekomendasi yang cocok untuk Anda dan pasangan. Pohon pinus juga dikenal sebagai lambang cinta orang Korea. Menurut mereka pohon pinus yang berbatang tegak lurus adalah simbol cinta yang lurus dan tidak bercabang-cabang. Sedangkan daun pinus yang selalu hijau diibaratkan sebagai cinta yang tidak pernah berakhir. Itulah yang menjadi alasan kenapa banyak pasangan muda yang melakukan foto pra-wedding disana.


Untuk Anda yang suka sekali fotografi, latar belakang hutan pinus yang rimbun, Anda bisa mendapatkan spot foto yang menarik, jadi bukan hanya untuk pre-wedding saja, travelers juga dapat memanfaatkan spot foto ini untuk mengabadikan foto-foto yang menarik.

Hutan Pinus Mangunan selain menjadi obyek wisata, tetapi juga memiliki banyak manfaat lain. Sebelum menjadi salah satu destinasi wisata, hutan ini adalah sebuah tanah tandus yang direboisasi. Bukan hanya pinus, tetapi terdapat banyak pohon lain yang ditanam disana, seperti mahoni, akasia, kemiri, kayu putih, dan lain-lain.  Kawasan yang ditanam pohon tersebut bukan hanya sebagai tempat wisata, tetapi juga sebagai hutan lindung.

Untuk tujuan wisata, Hutan Pinus Mangunan memiliki fasilitas seperti gardu pandang, panggung pertunjukan yang menyatu dengan alam, Toilet, Musholla, dan warung-warung sederhana yang menjajakan aneka makanan dan minuman. Keberadaan sumber mata air Bengkung di Hutan Pinus Mangunan juga menarik perhatian para masyarakat karena sumber mata air tersebut dipercaya sebagai lokasi pertapaan Sultan Agung Hanyakrakusuma.

Hutan Pinus Mangunan terletak di Desa Dlingo, Mangunan, Bantul, Untuk masuk ke Hutan Pinus ini Anda tidak perlu membayar biaya masuk. Anda hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp 2.000 – Rp. 3.000 untuk kendaraan roda dua. Dan Rp 10.000 untuk kendaraan roda empat.

Karena tidak ada transportasi umum disana yang melayani rute hingga kawasan Hutan Pinus Mangunan ini, Anda disarankan untuk membawa kendaraan pribadi, atau jika Anda tidak membawa kendaraan, Anda dapat menggunakan Jasa Rental Mobil OMOcars Jogja. Jika Anda menggunakan mobil usahakan dikemudikan oleh orang yang sudah berpengalaman. Pastikan mobil yang digunakan dapat menanjak dengan baik. Rute untuk sampai ke Hutan Pinus Mangunan yaitu dari pusat kota Yogyakarta, sekitar 23 Kilometer.

Lokasi Hutan Pinus Mangunan ini bisa ditempuh selama kurang lebih 60 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor dari pusat kota. Anda bisa mengambil arah ke Jalan Imogoro Timur, lalu dari pertigaan Imogiri belok kearah makam raja-raja Imogiri dan masuk ke Desa Mangunan, dari situ Anda dapat langsung lihat plang-plang yang terpasang, cari plang Hutan Pinus Mangunan. Atau jika Anda bingung, Anda dapat menanyakannya ke warga sekitar.

Hutan Pinus Mangunan, Bantul memang sangat tinggi sehingga membentuk seperti konopi alami. Saat berada di bawah pepohonan Hutan Pinus Mangunan ini, berkas cahaya yang masuk akan terlihat sangat indah terutama disaat pagi hari. Jadi jangan heran Hutan Pinus Mangunan ini menjadi salah satu destinasi wisata yang popular di Yogyakarta. Bagaimana apakah kamu tertarik untuk mengunjungi Hutan Pinus Mangunan ini?

No comments:

Post a Comment