Thursday, 20 April 2017

Rempeyek Renyah Ala Mertua

Selama saya tinggal di Kalimantan, mertua saya sering sekali bikin rempeyek kacang. Kata beliau sih, anak-anaknya pada suka dan malah, mama mertua bikin karena permintaan anak-anaknya atau kalau anaknya mau pulang ke rumah. Yang dirumahpun suka mintain mama bikin rempeyek, ya.. siapa lagi kalau bukan suami saya haha.

Rempeyek renyah, foto sederhana yaa..


Dari kebiasaan yang selalu diturutin ini, hasilnya.. sekarang saya kena imbas suka bikin rempeyek karena suami minta. Duh.. kalo dah kata suami, dari mubah bisa jadi wajib haha. Ya.. mau gak mau saya harus mau bikinin si mas rempeyek. Beberapa kali bikin, saya ngerasa rasanya kurang pas dan kayaknya kurang salah satu bahan atau kebanyakan bahan. Maklumlah, masih tahap belajar :D.

Sukses bikin rempeyek


Kalau gak salah sih, saat bikin rempeyek yang kedua kalinya saya sukses bikin rempeyek renyah dan pas. Dari sana saya jadikan acuan cara membuat rempeyek yang enak dan renyah. Saya juga nyontoh resepnya mama mertua, kan saya dulu suka nungguin beliau bikin rempeyek, nungguin sambil makan maksudnya :p.



Bahan dan Cara membuat rempeyek


Gak banyak bahannya, jadi nyiapainnya juga cepet dan gampang tapi memang proses bikin matengnya itu yang sedikit lebih lama. Ya gimana.. gorengnya dikit-dikit kan :D. Beberapa waktu lalu saja karena saya sudah kelelahan dan sudah males mau ngapa-ngapain, si Mas yang saya minta untuk potong-potong kacang tanahnya. Selain itu, si Mas juga mau saya mintain tolong buat cuci wajan dan nyiapin semua peralatan dapurnya haha. Maklum, orang kepengen ya mau aja bantuin. Apalagi saya lagi hamil kan, jadiya ya si Mas kasian gitu sama saya :D.

Beda banget kalau dirumah mama, kalau mau rempeyek ya tinggal makan aja, kalau sama saya ya ayo bikin bareng haha.

Oh ya.. bahan dan cara bikin rempeyeknya:


  • Kacang tanah, seperempat kilo di potong atau dibelah
  • Tepung Beras, 350 gram
  • Tepung Tapioka, 2 sendok makan ga penuh
  • Air kurang lebih 300 ml
  • Kunyit, 2 cm
  • Bawang putih, 5 siung
  • Ketumbar, satu sendok es krim
  • Daun jeruk purut, 2 lembar
  • Kencur, 1 cm
  • Kemiri, 2 buah
  • Telur, 1 butir
  • Garam
  • Penyedap rasa (kalau perlu)
  • Minyak goreng, tentu saja

Nah, kadang ada yang make santan kelapa juga, airnya diganti sama santan, biar rasnaya lebih gurih. Tapi saya gak pake hehe. Cara bikinnya ya gampang banget, bumbunya semua di blender kecuali kacang tanah, tepung beras dan tapioka ya.. Diaduk jadi satu dan digoreng dengan minyak yang banyak agar matangnya merata, gak gosong.

Udah gitu aja sih, waktu yang diperlukan kurang lebih ya satu jam. Rempeyeknya hasilnya renyah banget. Saya dulu gak pake tepung tapioka, bedanya, hasil yang menggunakan tepung tapioka jauh lebih terlihat merata gitu dan gak mudah pecah saat digoreng. Kan bentuknya cait, jadi mereka lebih nyatu aja. Asal jangan banyak-banyak ya tapiokanya, nanti rempeyeknya jadi lembek hehe. Oke.. selamat mencoba ;).

No comments:

Post a Comment