Thursday 23 March 2023

Cobain Resep Es Cendol Omela yang Manisnya Nampol!

Siapa di sini yang ingin membuat minuman segar yang pas dinikmati siang hari? Minuman es cendol memang paling pas dinikmati saat siang hari karena mampu melepaskan dahaga, kalau bulan ramadhan seperti sekarang, minuman ini cocok disajikan untuk takjil. Minuman yang berasal dari Jawa Barat ini juga biasa dijadikan sebagai menu selingan atau sebagai hidangan penutup.

Nah, jika ingin membuat, tidak ada salahnya untuk mencoba resep Es Cendol Omela yang manisnya nampol banget di lidah. Buat kamu yang suka makanan dan minuman manis, pasti akan menyukai minuman ini karena ada campuran krimer Omela di dalamnya.



Yuk, langsung cobain menunya. Ini bahan-bahan yang perlu kamu siapkan:

  • Cendol (pastinya!)
  • 80 gram Tepung Tapioka
  • 70 gram Tepung Maizena
  • 1 sdm Tepung Beras
  • 1 sdt Jelly Bubuk
  • 1/2 sdt Garam
  • 400 mili liter air pandan
  • 300 mili liter air
  • Es batu secukupnya.
Bumbu Kuah:

  • Saus gula merah
  • 200 gram gula merah
  • 2 lembar daun pandan
  • 100 mili liter air
  • 200 mili liter air
  • 80 ml Omela Krimer
  • 1/2 sdt garam.

Cara Menyajikan:

Hidupkan kompor dan panaskan panci, bersamaan dengan air, daun pandan, dan gula merah hingga larut. 

Di panci yang berbeda, masukkan bahan-bahan cendol sambil diaduk secara perlahan dengan api kecil. Apabila adonan sudah mulai mengental dan tercampur rata, tuang adonan cendol ke dalam cetakan. Cendol yang sudah dicetak dimasukkan ke dalam wadah dengan air es. 

Ambil krimer Omela secukupnya dan campur dengan air sedikit. Masukkan cendol yang sudah dingin, larutan gula merah, dan es batu secukupnya. Es cendol Omela siap dihidangkan!

Sederhana sekali langkah-langkahnya, ya? Bayangkan menikmati Es Cendol Omela ini pada siang hari yang panas. Pasti enak banget menikmati segarnya air gula merah dan es cendol. Apalagi ada larutan Omela yang manisnya terasa banget di lidah dan teksturnya yang lembut. Kamu yang suka minuman dan makanan manis pasti suka. Bikin minuman apapun memang #palingpasdenganOmela! Pas manisnya, pas creamynya.

Sebagai informasi, resep Es Cendol Omela yang ada di atas paling pas dinikmati oleh 8 orang, dan memakan waktu kira-kira 45 menit membuatnya. Jadi, bisa juga sebagai hidangan ringan di rumah yang dinikmati keluarga. Praktis dan tidak bikin ribet tentunya.

Trik Bikin Es Cendol di rumah dengan Mudah


Sekarang kamu sudah tahu resep membuat Es Cendol ala Omela yang gurih dan lezat. Namun, ada kalanya seseorang enggan mencoba karena takut gagal membuatnya. Mungkin karena masih pemula atau belum pernah membuat cendol sebelumnya.

Kamukah salah satunya? Kalau iya, tidak perlu khawatir. Ada tips dan trik untuk membuat cendol di rumah dengan mudah. Sehingga kamu bisa membuat minuman cendol tanpa perlu gagal. Berikut tips dan trik tersebut.

1. Gunakan Bahan Berkualitas

Untuk membuat cendol yang nikmat dan kenyal, kamu harus menggunakan bahan-bahan yang berkualitas tentunya. Biasanya cendol dibuat dari tepung hunkwe atau dari tepung beras. Kemudian dimasak dengan daun suji atau pandan untuk memberikan warna hijau.

Nah, bahan-bahan tersebut dapat dengan mudah kamu temukan di pasar. Pastikan kamu memilih bahan-bahan yang masih segar dan berkualitas, sehingga cendol yang dibuat nantinya memiliki tekstur yang kenyal dan nikmat. Di samping itu, jangan sampai kamu tergiur dengan harga yang terlalu murah. Karena bisa jadi itu merupakan bahan-bahan yang tidak begitu bagus.

Pastikan bahan utama yaitu tepung dan bahan pelengkap seperti gula merah, santan, dan garam, masih baik kualitasnya.

2. Baik Tepung Hunkwe atau Tepung Beras, Sama Enaknya!

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, ada dua versi cendol yaitu yang terbuat dari tepung hunkwe dan yang terbuat dari tepung beras. Perbedaan dari keduanya terletak pada tekstur yang dihasilkan.

Jika memilih bahan tepung hunkwe, kamu akan mendapatkan tekstur cendol yang kenyal dan tidak mudah hancur. Bentuknya pun lebih lancip dan panjang ketika dicetak di adonan.

Namun, jika memilih bahan tepung beras, kamu akan mendapatkan tekstur yang tidak begitu kenyal, seperti cendol hunkwe. Bentuk cendolnya pun sulit untuk dibuat memanjang sehingga penampilannya cenderung lebih bulat. Jika kamu pernah mencoba dawet khas Banjarnegara, cendol yang digunakan biasanya berbahan tepung beras.

3. Pakai Krimer Kental Manis

Umumnya, membuat es cendol menggunakan kuah berbahan santan. Namun, beberapa orang ada yang kurang suka atau bosan dengan rasa cendol santan yang itu-itu saja. Karena itu, beberapa orang akhirnya mencari alternatif lain agar rasanya lebih istimewa.

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan krimer kental manis Omela yang rasanya gurih dan lezat, sebagai pengganti kuah santan. Kamu pun bisa mencobanya jika bosan dengan rasa es cendol kuah santan yang biasa ditemukan di kaki lima atau di restoran. 

Nah, itu dia trik yang bisa kamu coba ketika membuat cendol sendiri rumah. Tentunya dengan menyesuaikan selera masing-masing. Baik menggunakan tepung hunkwe atau tepung beras, keduanya sama enaknya.

Berbekal resep dan trik membuat es cendol barusan, kini kamu makin optimis untuk membuat es cendol sendiri di rumah, kan? Kalau begitu, jangan ditunda-tunda lagi, ya. Segera buat dan coba masakan es cendol buatanmu. Dan jangan lupa gunakan Omela untuk mendapatkan rasa yang lebih istimewa. Bikin minuman apapun di rumah #palingpasdenganOmela!
Previous Post
Next Post

post written by:

Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

0 comments: