Monday 12 September 2022

Manfaat Lingkungan Bersih untuk Menunjang Produktivitas

Menjaga lingkungan agar tetap bersih adalah salah satu kegiatan yang sebenarnya tidak memerlukan usaha lebih. Apalagi jika kita adalah orang yang selalu memperhatikan kebersihan lingkungan sekitar. Tentu hal ini sangat mudah dilakukan.

Namun bagi sebagian orang, menjaga kebersihan ini merupakan sesuatu yang sulit. Membutuhkan usaha yang ekstra untuk mewujudkannya. Apalagi jika tidak ada kerjasama antar keluarga untuk menjaga rumah tetap bersih, tentu hal ini akan menjadi masalah tersendiri.



Padahal, lingkungan yang bersih memiliki peran besar untuk menunjang produktifitas kita.

Saya sendiri sering mengalami hal ini, jika saya sudah mulai membersihkan rumah sejak bangun tidur pagi sebelum subuh, mood saya akan sangat baik dan produktivitas kerja saya meningkat.

Akan ada banyak makanan di dapur, deadline menulis yang terselesaikan dengan baik, hingga suasana hati yang bahagia. 

Namun ketika rasa malas untuk membersihkan rumah lebih awal menghampiri, waktu saya terasa sangat sempit karena seluruh isi rumah berantakan. Dan tentu saja, mood saya akan buruk sepanjang hari.

Belajar mengatur waktu dan kerjasama untuk menjaga kebersihan lingkungan

Lalu bagaimana sih membagi waktu atau menyiapkan peralatan agar rumah tetap bersih dan anggota keluarga pun ikut peduli dengan kebersihan lingkungan tersebut.

Pertama, berkegiatan lebih awal

Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya, melakukan kegiatan lebih awal akan membuat produktivitas meningkat. Jika kita sudah bagun pagi segeralah mebersihkan rumah, salah satunya adalah area dapur.

Biasanya, ada sisa-sisa piring semalam yang belum dibersihkan karena malas. Segeralah mencuci piring kemudian lanjutkan dengan memasak. Setelah itu, jangan tinggalkan piring kotor setelah aktivitas memasak selesai.

Hal ini akan membuat kita semakin malas mengerjakannya jika ditunda-tunda. 

Bersihkan rumah setelah anak-anak berangkat ke sekolah

Memilih waktu yang tepat untuk membersihkan rumah yaitu saat anak-anak berangkat ke sekolah adalah pilihan yang tepat. Pasalnya, kita bisa fokus membersihkan tanpa harus ribut dengan anak yang berlarian kesana-kemari.

Dengan begitu pekerjaan akan cepat selesai dengan hasil yang sempurna.

Sediakan alat kebersihan lengkap di teras rumah

Untuk menjaga kebersihan lingkungan untuk menunjang produktivitas, membersihkan halaman depan adalah salah satu hal yang harus dikerjakan. Sediakan alat kebersihan yang lengkap seperti sapu dan serokan khusus untuk halaman depan. Bunda juga bisa meminta suami untuk membantu saat pulang dari mengantar anak kesekolah.

Konsisten 

Menjaga kebersihan rumah bisa terwujud dari kerjasama antar keluarga yang dilakukan secara konsisten. Mungin bunda merasa kesulitan untuk mengajari anak agar bisa menjaga kebersihan. Karena dari anak-anak yang belum mengerti manfaat kebersihan, mereka selalu membuat rumah jadi berantakan dan kotor. 

Berikut adalah beberapa tips untuk mengajarkan kebersihan kepada anak agar rumah terlihat rapi dan jauh dari kuman penyakit.

  • Ajarkan anak untuk menaruk baju mereka di gantungan yang disediakan.
  • Ajarkan pula untuk membuang sampah pada tempatnya
  • Ajak anak untuk merapikan mainan setelah selesai bermain, jangan ditunda meskipun alasannya karena nanti akan bermain kembali
  • Ajarkan anak-anak untuk menaruk piring/ perkakas bekas makan mereka di dapur
  • Jangan lupa juga untuk mengajarkan mereka agar mencuci kaki dan tangan setelah bermain. Karena biasanya, anak-anak bermain pasir dan tanah di luar sana yang membuat rumah jadi kotor.

Kesimpulan

Untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat, tentu kita membutuhkan konsistensi semua anggota keluarga untuk taat aturan. Dengan begitu, produktivitas akan meningkat serta rumah menjadi bersih dan anak-anak juga lebih sehat dan bahagia.

Selain menunjang produktivitas, manfaat lingkungan bersih juga bisa membuat anak-anak tumbuh dengan lebih baik. Kalau bunda, langkah apa yang biasanya dilakukan untuk menjaga kebersihan rumah untuk menunjang produktivitas?




Previous Post
Next Post

post written by:

Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

0 comments: