Saturday 24 July 2021

Apa Itu Essence Wajah dan Manfaat serta Penerapannya

Menerapkan facial essence adalah satu dari sekian langkah perawatan kulit ala Korea yang saat ini cukup populer di industri kecantikan. Tapi, pernahkah kamu bertanya-tanya, apa itu essence? Apakah fungsinya sama seperti serum? Dan, kapan skin care ini sebaiknya diterapkan? yuk kita cari tahu!

Apa Itu Facial Essence?

Kalau kamu adalah salah seorang penggemar trend K-beauty, kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan produk perawatan kulit yang lebih populer disebut ‘essence’ ini, bukan?

Sedangkan bagi kamu yang belum begitu paham mengenai fungsi, manfaat, dan kapan sebaiknya produk ini diterapkan dalam langkah-langkah perawatan wajah, kamu bisa mengetahuinya dengan membaca ulasan singkat di bawah ini.

Essence adalah produk perawatan kulit berbasis air yang mengandung bahan aktif. Di dalamnya, terkandung bahan-bahan yang dapat melembabkan, melindungi dan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

Cairan bergizi ini diformulasikan secara khusus menggunakan bahan-bahan yang dapat membantu menghidrasi dan menutrisi kulit wajah.

Karena itulah, produk skin care ini adalah pilihan terbaik yang bisa kamu gunakan untuk mengembalikan kelembaban dan keseimbangan warna serta pH kulit wajah.

Kapan Essence Digunakan atau Diterapkan?

Pada umumnya, facial essence diterapkan setelah wajah dibersihkan menggunakan facial cleanser (pembersih wajah). Apabila diterapkan setelah membersihkan kulit, essence akan berguna untuk membantu mengembalikan kelembaban sel-sel kulit yang tadinya kering akibat bahan-bahan yang terdapat pada pembersih wajah.

Dan, apabila dioleskan sebelum menggunakan serum atau pelembab, produk ini akan membantu agar kulit muka kita dapat menyerap produk perawatan lainnya seperti serum misalnya.

Manfaat Essence untuk Kulit Wajah

Essence pertama kali diperkenalkan ke pasar perawatan kulit pada tahun 1897. Dulu, produk ini lebih dikenal dengan istilah Eudermine.

Sejak saat itu, banyak perusahaan perawatan kulit yang memperkenalkan produk essence mereka masing-masing. Salah satunya adalah perusahaan L'Oréal-Paris yang memproduksi L'Oréal Revitalift Filler [HA] Volumizing Essence.

L'Oréal Revitalift Filler [HA] Volumizing Essence
L'Oréal Revitalift Filler [HA] Volumizing Essence

Setiap perusahaan mencoba untuk membuat essence versi mereka masing-masing. Ada yang menargetkan masalah kulit tertentu seperti, untuk kulit berjerawat, untuk melawan penuaan, hingga mengatasi kulit kering.

Manfaat essence untuk kulit wajah salah satunya adalah untuk membantu memaksimalkan penyerapan produk perawatan wajah lainnya seperti serum maupun pelembab.

Contoh: Jika serum atau pelembab yang kita gunakan efektivitasnya hanya 70% maka, efektivitas serum tersebut bisa meningkat drastis apabila diawali dengan menerapkan essence.

Dengan kata lain, produk perawatan kulit ini berfungsi untuk mempersiapkan kulit agar lebih mudah menyerap produk perawatan kulit yang akan kita gunakan selanjutnya.

Selain berfungsi untuk memberikan kelembaban, sebagian besar produk essence juga mengandung beberapa bahan aktif berkonsentrasi tinggi yang dapat membantu:

  • Menghidrasi sel-sel kulit
  • Melindungi skin barrier
  • Meningkatkan kesehatan kulit
  • Menyeimbangkan pH kulit
  • Melembutkan dan menghaluskan epidermis kulit

Tergantung dari jenis essence yang kamu pilih dan beli, ada yang bermanfaat sebagai, anti penuaan, anti jerawat, dan memberikan perlindungan terhadap sinar UV, serta mengandung antioksidan untuk mencegah tanda-tanda penuaan.

Apakah Essence Punya Efek Samping?

Beberapa toner dan serum kadang-kadang mengandung konsentrasi yang terasa agak keras ketika diterapkan pada kulit. Seperti, kandungan retinol atau asam salisilat misalnya.

Di sisi lain, essence (umumnya) mengandung bahan-bahan alami yang sangat jarang menimbulkan efek samping pada kulit. Karena alasan itulah maka, produk ini dianggap sebagai salah satu skin care paling aman untuk digunakan oleh semua jenis kulit.

Apa Perbedaan Essence dan Toner Kulit?

Ketika pertama kali menggunakan essence, kamu mungkin akan mengira bahwa produk ini serupa dengan toner. Hingga menyangka bahwa produk ini memiliki manfaat yang sama.

Tapi sayang, anggapan tersebut kurang tepat. Meski menyerupai tampilan toner, tapi essence berfungsi dan memiliki manfaat yang berbeda serta diterapkan pada langkah perawatan kulit yang berbeda.

Toner yang biasanya digunakan setelah membersihkan kulit adalah produk berbasis alkohol. Produk ini dibuat untuk tujuan membersihkan kulit secara mendalam.

Beberapa toner ada yang dilengkapi dengan kandungan yang dapat membantu mengencangkan kulit dan mengecilkan pori-pori serta menyeimbangkan warna kulit.

Dan yang perlu kamu tahu, sebagian besar toner lebih cocok dipakai oleh orang yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat. Sedangkan essence, cocok digunakan untuk semua jenis kulit.

Apa Perbedaan antara Essence dan Serum?

Kedua produk ini diakui sebagai produk perawatan kulit yang mengandung bahan aktif tingkat tinggi. Namun, keduanya memiliki peranan yang berbeda dalam rutinitas perawatan kulit sehari-hari.

Perbedaan yang paling mencolok antara essence dan serum terletak pada teksturnya. Jika serum memiliki tekstur yang lebih kental maka, essence (di sisi lain) memiliki tekstur yang cenderung lebih cair--sehingga lebih mudah menembus ke dalam kulit.

Peran utama serum bukankah untuk menghidrasi, melainkan untuk membantu mengatasi masalah kulit tertentu. Seperti perubahan warna kulit atau penuaan. Disamping itu, penggunaan serum juga (biasanya) perlu diikuti dengan pelembab yang akan berguna untuk mengunci serum agar dapat sepenuhnya meresap ke dalam kulit.

Kapan Essence Digunakan?


Cara menggungakan Essence Wajah

Essence harus diterapkan pada kulit wajah setelah dibersihkan dan sebelum menerapkan serum atau pelembab. Berikut adalah contoh langkah-langkah perawatan kulit yang akan memudahkan kamu untuk mengetahui kapan tepatnya essence sebaiknya digunakan.

  1. Bersihkan kulit secara menyeluruh dengan menggunakan facial cleanser (pembersih wajah)
  2. Oleskan toner menggunakan kapas atau ujung jari untuk membersihkan kulit secara mendalam
  3. Semprotkan Essence sebanyak 4 atau 5 kali ke tangan, lalu tepuk-tepukkan ke wajah secara lembut. Jangan digosok!
  4. Terapkan serum wajah
  5. Oleskan pelembab untuk mengunci serum

Kesimpulan

Fungsi essence dan manfaatnya berbeda dengan fungsi serta manfaat toner dan serum wajah. Menerapkan facial essence setelah wajah dibersihkan dan sebelum menerapkan serum, akan membuat serum dan produk perawatan wajah lainnya bekerja lebih maksimal.

Previous Post
Next Post

post written by:

Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

0 comments: