Friday, 18 October 2019

Tips Beli Memilih Baju Atasan Wanita di Online Shop agar Tak Salah memilih

Dewasa ini berbagai macam toko online bermunculan layaknya "jamur di musim hujan," membuat kita (masyarakat) merasa gembira dan diuntungkan. Betapa tidak, kehadiran toko online membuat kita tak perlu lagi keluar rumah untuk berbelanja. Bahkan, harga yang ditawarkan kerap membuat kita tercengang. Belum lagi berbagai macam promo yang terdiri atas diskon hingga cashback, yang jelas-jelas membuat harga barang-barang di toko online jadi begitu murah.

Baju Atasan Wanita
Baju Atasan Wanita

Akan tetapi, kegembiraan tersebut tentu saja tidak boleh membuat kita lengah. Sekalipun menawarkan banyak kelebihan, nyatanya toko online juga menyisakan banyak sekali kelemahan. Yang apabila tidak diwaspadai, tentu akan membuat kita menyesal di kemudian hari.

Misalnya, di toko online kita tidak bisa langsung mencoba dan melihat dengan mata kepala berbagai produk (baju) yang dijual. Kita hanya bisa melihat foto dan deskripsi. Mengira-ngiranya dengan melihat foto dan deskripsi kadangkala tidaklah seperti apa yang kita bayangkan. Oleh sebab itu, kita harus tahu apa saja tips dan trik belanja online agar tak salah memilih. Terlebih jika yang kita beli adalah pakaian, seperti baju atasan contohnya.

Baju atasan wanita adalah salah satu barang (produk) yang banyak ditawarkan di toko online dan peminatnya pun tidak sedikit.

Seperti yang telah disampaikan di atas, selain bisa memperoleh harga lebih murah. Memilih belanja di toko online juga akan membuka kesempatan bagi kita untuk mendapatkan sebuah pakaian yang menarik serta sesuai dengan selera. Karena, tidak dipungkiri bahwa, toko online menawarkan dan menyediakan model atasan wanita yang lebih beragam dan lebih lengkap jika dibandingkan dengan toko konvensional. Bahkan jika dibandingkan dengan sebuah pasar atau mall sekalipun.

Nah, agar tak salah memilih baju atasan wanita saat berbelanja di olshop, ada baiknya kamu tahu apa saja yang perlu diperhatikan agar, ukuran baju yang kamu pilih tidak salah, warnanya tempat, begitu pula dengan pilihan bahan-bahannya.

Baca secara lengkap deskripsi produk yang tersedia


Deskripsi atau keterangan adalah bagian yang tak terpisahkan dari produk-produk yang dijual secara online. Melalui deskripsi, kita bisa mengetahui mengenai detail dari pakaian yang akan kita beli.
Pada deskripsi tersebut, biasanya akan dijelaskan panjang lebar mengenai bahan, ukuran, warna, hingga detail-detail lainnya.

Namun sayangnya, tidak semua penjual di toko online mau meluangkan waktu untuk menulis deskripsi yang jelas. Sehingga, banyak sekali produk-produk yang kadang “kita inginkan” tapi tidak kita dapati keterangan yang detail mengenai produk tersebut.

Tidak sedikit juga pedagang online yang sengaja melakukan copy-paste untuk mengisi deskripsi atau keterangan pada produk yang mereka jual. Sehingga, tak jarang deskripsi tersebut justru menyesatkan alih-alih memberikan kejelasan.

Oleh sebab itu, sebelum memutuskan untuk membeli, pastikan baju atasan wanita yang yang kamu pilih dilengkapi dengan deskripsi yang jelas.

Kalaupun baju atasan tersebut sangat kamu inginkan, entah karena modelnya sangat sesuai dengan selera yang selama ini kamu impikan. Pastikan kamu tetap berhati-hati. Jika keterangan tidak cukup lengkap dan jika foto yang tertera tidak cukup jelas, memanfaatkan fasilitas lain yang disediakan oleh toko online. Salah satunya adalah fitur chat. Dengan fasilitas ini kamu bisa berinteraksi atau melakukan tanya jawab dengan pedagang.

Pastikan ukuran tubuhmu sebelum berbelanja pakaian di toko online


Kerap kali kita membeli baju hanya berdasarkan size umum. Misal, size S, M atau L. Tapi sayang, tidak banyak diantara kita yang tahu bahwa size atau ukuran baju tersebut sekalipun sama-sama berukuran "M" tapi belum tentu panjang dan pendeknya sama antara merk A dengan merk B.

Ekspektasi vs reality
Ekspektasi vs reality

Oleh sebab itu, pastikan pada deskripsi tersedia juga ukuran-ukuran yang menggunakan konversi centimeter ataupun inci. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi kita untuk menyesuaikan dan mengukurnya dengan tubuh sendiri.

Pelajari tentang kain dan lihat contohnya


Betapa banyak diantara kita yang merasa tertipu ketika belanja online. Padahal, apa yang disampaikan oleh penjual sudah dijelaskan secara detail di bagian deskripsi.

Minimnya kemampuan memahami berbagai istilah, sering membuat kita kecele dan merasa tertipu. Padahal, apa yang telah disampaikan oleh pedagang melalui deskripsi sangat sesuai dengan keadaan baju atasan wanita yang ingin kita beli.

Di lain kasus. Tidak jarang kita melihat foto pakaian yang dijual tampak tebal dan tidak menerawang. Namun setelah barang tiba di rumah, ternyata pakaian tersebut menggunakan bahan yang sangat tipis dan menerawang.

Untuk menghindari agar kejadian seperti ini tidak menimpa kamu, pastikan kamu mengenali jenis-jenis kain sehingga bisa mengetahui secara pasti karakter kain tersebut.

Caranya, kamu bisa belajar tentang kain dengan mendatangi toko-toko kain dan bertanya-tanya. Atau, bisa juga dengan membaca karakter dan sifat kain tersebut mengandalkan Google.

Jangan hanya berpatokan pada foto


Foto produk juga kerap kali membuat kita merasa tertipu. Karena walau bagaimanapun, setiap penjual pasti ingin agar orang yang melihat produk mereka bisa langsung tertarik. Sehingga tak mengherankan apabila mereka berusaha membuat foto yang tampak sempurna.

Misal, di foto, baju yang dijual terlihat menggunakan bahan yang sangat halus. Padahal, kenyataannya baju tersebut menggunakan bahan yang agak kasar.

Jangan berpikir bahwa kamu bisa mengecilkan atau mengubah ukuran pakaian yang kamu beli


Sering kita menjumpai pakaian-pakaian yang benar-benar kita inginkan. Tapi sayang, ukurannya sedikit terlalu besar. Karena pakaian tersebut sudah terlanjur bikin kita jatuh cinta, kita pun memaksakan diri untuk membelinya. Dengan harapan, setelah tiba di rumah pakaian tersebut akan kita bawa ke tukang jahit untuk dikecilkan.

Ide seperti ini sangat tidak direkomendasikan. Selain akan membuat kita jadi lebih boros karena harus mengeluarkan lebih banyak uang untuk penjahit, juga belum tentu pakaian tersebut bisa dikecilkan sesuai dengan apa yang kita bayangkan.

Disamping itu, tidak jarang juga kita merasa enggan untuk pergi ke tukang jahit. Sehingga, alih-alih menggunakan pakaian yang pas di tubuh, kita pun membiarkan pakaian tersebut begitu saja tanpa dikecilkan, hingga terlihat kurang cocok saat dipakai.

Untuk menghindari kejadian tidak mengenakan ini, salah satu caranya adalah dengan mempelajari mengenai sifat-sifat atau karakter kain seperti yang telah disampaikan pada poin sebelumnya.

Itulah beberapa tips memilih baju atasan wanita di toko online agar tak salah memilih. Ingat! kamu juga perlu mewaspadai hal-hal yang dapat membuat kamu terbuai hingga menjadi lengah. Misalnya, harga yang sangat murah, diskon, model baju atasan wanita yang sesuai impian, atau rasa senang yang berlebihan.

No comments:

Post a Comment