Monday, 6 May 2019

Tips Memilih Menu Buka Puasa Sehat Saat Ramadhan

Tips memilih menu buka puasa ini sengaja saya tulis karena mengikuti challenge-nya Blogger Perempuan. Dan Alhamdulillah.. Ramadhan tahun 2019 ini sudah memasuki hari ke 3. Seperti bulan puasa 2 tahun lalu.. saya dan keluarga harus pindah Harus pindah rumah lagi karena kontrakan di daerah Mojoagung Jombang sudah habis. Sebenarnya, Kita masih senang berada di sini namun karena tahun ini Kinza harus sekolah Jadi kita ingin pindah ke tempat yang memiliki fasilitas sekolah yang lebih baik dari itu.



Nah berhubung sekarang sedang ngomongin buka puasa nih, Saya akan berbagi tips buka puasa sehat saat Ramadhan agar kita tetap fit selama menjalani ibadah puasa 30 hari penuh di bulan suci ini.

Memilih makanan buka puasa


menurut pengalaman saya memilih makanan buka puasa adalah faktor utama yang menentukan bagaimana kita akan menjalani puasa ini.  Pasalnya banyak orang sakit dan tumbang setelah mereka melakukan aktivitas puasa seharian namun tidak diimbangi dengan cara yang sehat saat melakukan berbuka puasa.  Makanan untuk buka puasa sejati mengandung banyak serat untuk memenuhi nutrisi tubuh kita.  Makanan buka puasa setidaknya memiliki unsur empat sehat lima sempurna yaitu dengan kandungan yang lengkap.  Oh iya jangan lupa untuk tidak memilih makanan yang berminyak serta langsung mengkonsumsi makanan dingin yang berlebihan saat melakukan buka puasa yaa...  Alasannya hal ini akan membuat tubuh menjadi kaget tidak jarang yang bisa terkena flu keesokan harinya.

Dan tentu saja kalau badan tidak sehat, kegiatan berpuasa dihari selanjutnya juga menjadi tidak mudah untuk dilalui.

Kesalahan Menyiapkan Menu buka puasa


Setelah seharian berpuasa apalagi pada cuaca yang terik tentu saja membuat kita ingin menikmati sesuatu yang nikmat dan segar saat Jam buka puasa telah tiba.  Banyak sekali pilihan menu buka puasa yang menggiurkan untuk dinikmati saat jam buka puasa telah tiba, maka dari itu tidak heran jika banyak  orang yang berpuasa dan tiba-tiba membuat menu buka puasa dengan yang segar-segar dan relatif dingin.  Sebenarnya menu buka puasa yang tepat untuk kita yang menjalani puasa selama seharian adalah air hangat atau sesuatu yang hangat dengan memakai yang manis manis seperti kurma. Kesalahan menyiapkan menu buka puasa kebanyakan orang adalah dengan banyaknya makanan takjil yang mungkin saja tidak sanggup kita habiskan saat berbuka.

Tips berbuka puasa yang baik Ala Rasulullah


Berbuka puasa yang baik adalah berbuka puasa yang dilakukan seperti cara Rasulullah melakukannya. Berbuka puasa cara Rasulullah yang baik pertama adalah beliau segera menyegerakan buka Jika waktu sudah tiba serta mengakhirkan makan sahur.  Rasulullah selalu membaca doa saat berbuka. Dan menu buka puasa anjuran Rasulullah adalah berbuka dengan kurma dengan jumlah yang ganjil serta air.  Sangat sederhana sekali bukan cara berbuka Rasulullah bukan dengan makanan-makanan yang banyak serta akan membuat kita kekenyangan dan sulit untuk melakukan shalat tarawih.

Semoga dengan artikel ini kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi dengan menyiapkan menu buka puasa yang tepat agar puasa berjalan dengan lancar ya.. Selamat berpuasa :).

No comments:

Post a Comment