Thursday, 25 April 2019

Cara Mudah Memperoleh Lisensi Gambar dari Stock Foto

Membuat merchandise seperti kaos, mug, topi, kalender, hingga poster seringkali terlihat dan terdengar "mudah." Tapi kenyataannya, membuat gambar-gambar yang rapi dan bermakna bukan hal yang mudah. Apalagi jika waktu yang tersedia untuk membuatnya sangat terbatas. Seringkali ide tidak bisa muncul begitu saja.


Membuat gambar atau grafis juga tidak pernah sederhana. Dibutuhkan keahlian dan penguasaan terhadap software yang baik untuk menghasilkan sebuah image atau gambar yang sesuai keinginan dan ide. Belum lagi, harga software yang digunakan untuk menggambar seringkali tidak murah.
Tentu lain halnya jika software-software tersebut didapatkan secara ilegal (software bajakan). Tapi bagi saya pribadi, menggunakan software bajakan sudah lama saya tinggalkan. Saya lebih suka memilih menggunakan software asli sekalipun harus mengorbankan lebih banyak uang dan tenaga untuk mendapatkannya. Karena saya percaya, apa yang akan kita peroleh dari software tersebut sangat bergantung bagaimana kita mendapatkan software-nya.

Prinsipnya, jika kita menggunakan software bajakan, otomatis, karya maupun uang yang kita dapatkan juga tidak akan berkah. Kaitannya dengan hal tersebut, saya ingin sharing cara memperoleh gambar "halal" yang mungkin kamu butuhkan pada saat akan membuat merchandise seperti kaos, mug, pin, ataupun kalender. Tentu saja tanpa perlu membeli software yang harganya mahal dan tanpa harus mendesain sendiri gambar yang kamu butuhkan. Untuk mendapatkan gambar maupun video yang bisa digunakan secara sah, kita harus membeli dan memperoleh lisensi. Contohnya adalah situs AnekaPics, Yang jual account premium  Shutterstock tidak hanya lisensi lisensi standar, tetapi juga lisensi enhanced.

Di situs tersebut, selain membeli lisensi kita juga bisa memanfaatkannya untuk download gambar dari Shutterstock. Situs ini menawarkan download Shutterstock yang lebih mudah di samping bisa beli starter stock image dengan harga lebih murah.

Pada artikel ini, saya ingin sedikit berbagi pengalaman. Ketika dulu saya pernah membutuhkan gambar untuk membuat kalender. Disamping waktu yang sangat mepet dan ide yang sangat terbatas, saya pun berusaha mencari gambar-gambar di website. Tapi sayang, sebagian besar gambar-gambar tersebut ternyata berasal dari Shutterstock.

Seperti yang kita tahu, preview gambar dari Shutterstock rata-rata diberikan Watermark dan ukurannya pun sangat terbatas. Sangat sulit untuk memperoleh sebuah gambar resolusi tinggi.
Setelah tahu banyak gambar-gambar yang saya butuhkan bisa didapat dari Shutterstock, saya pun mencoba mencari tahu bagaimana caranya memperoleh atau mendownload gambar-gambar tersebut untuk saya gunakan tanpa harus repot dengan metode pembayaran ini itu.

Salah satu sumber informasi yang menurut saya sangat penting adalah info mengenai lisensi gambar-gambar yang akan kita download atau beli di Shutterstock. Dari sana, saya pun akhirnya tahu bahwa ada dua macam lisensi yang tersedia. Yang pertama adalah standard license. Di mana gambar yang kita beli bisa digunakan dalam jumlah yang sangat terbatas. Apabila akan digunakan untuk membuat merchandise seperti kaos atau T-shirt, pin, mug, hingga kalender, kita harus memperoleh enhanced license.

Rekomendasi situs yang jual Shutterstock murah


Belakangan saya mengetahui bahwa gambar-gambar yang ada di Shutterstock ternyata tidak hanya bisa dibeli langsung melalui situs itu sendiri, melainkan bisa juga melalui situs lain yang bekerjasama dengan Shutterstock. AnekaPics.com adalah salah satu reseller-nya.

Umumnya di AnekaPics.com, lisensi yang akan kita dapatkan adalah lisensi standar yang penggunaannya sangat terbatas. Jika ingin menggunakan gambar secara digital ataupun untuk dicetak dalam bentuk iklan atau poster, kaos, kalender, atau ditayangkan di televisi, digunakan dalam video hingga film, maka kita wajib memperoleh enhanced license.

Seperti yang saya katakan diatas, jika ingin dapat lisensi yang tak terbatas (enhanced license) kamu bisa membelinya langsung di Shutterstock. Tapi kalau kamu ingin dapat harga lebih murah, kamu tetap bisa mengandalkan AnekaPics yang, selain jual Shutterstock standard license juga melayani siapapun yang membutuhkan enhanced license.

Tapi kalau gambar yang kamu butuhkan hanya akan kamu gunakan untuk hal-hal lebih sederhana dan hanya membutuhkan jumlah yang terbatas. Misal, untuk dipajang di web atau blog, aplikasi seluler, hingga ebook, saya rasa membeli lisensi standar sudah bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Dan, AnekaPics.com merupakan salah satu tempat membeli Shutterstock murah yang sebaiknya kamu manfaatkan jika ingin dapat harga lebih terjangkau. AnekaPics adalah salah satu pilihan jasa yang jual Shutterstock license versi standar yang paling saya rekomendasikan. Nah, gimana? Selama ini kamu sudah paham kan bedanya lisensi enhanced dan standar. bagi kamu yg masih bingung lisensi apa yg tepat, tenang aja tim penjualan mereka akan dengan senang hati membantu. Konsultasi gratis sampai puas.

No comments:

Post a Comment