Monday, 15 April 2019

Inilah 4 Resiko Jika Ambil Kredit Motor DP Murah

Banyak hal yang harus dipertimbangkan ketika Anda ingin membeli sebuah motor baru. tak hanya menentukan jenis motor tersebut, melainkan juga harus dilihat dari segi harganya, sesuaikan dengan budget yang dimiliki. Mengingat tidak bisa dipungkiri juga jika seandainya semakin kesini harga dari sebuah kendaraan juga kian mahal. Bahkan ada beberapa varian yang harganya sama dengan mobil. Misalnya saja adalah motor gede atau motor sport. Kredit motor DP murah belakangan ini memang banyak diincar oleh masyarakat.


Sebenarnya bukan tanpa alasan, melainkan karena mereka sama sekali tidak memiliki uang untuk pembayaran DP nya, bahkan ada yang menawarkan DP dengan nilai 0, artinya benar-benar tidak membayar uang muka, namun bisa membawa pulang kendaraan tersebut. Tentunya sangat menarik bukan. Banyak diantara masyarakat yang memilih untuk membelinya. Namun tahukah Anda bahwa meskipun pilihan kredit semacam ini terlihat menggiurkan, ketahui juga bahwa kredit motor DP murah tersebut sebenarnya juga memiliki berbagai macam resiko, berikut ini yang wajib untuk diwaspadai, yaitu:



  1. Menumpuk bunga, bunga dalam pembayaran kredit diambil dari sisa hutang. Sehingga jika seandainya tidak membayarkan DP sama sekali, tentunya akan membuat perhitungan nilai bunga tersebut meningkat semakin tinggi bukan. Akibatnya nilai bunga yang harus dibayarkan nantinya juga akan menumpuk kian mahal. Sehingga Anda harus berhati-hati, karena kerugian sebenarnya dirasakan di akhir ketika sudah mengangsur hutang tersebut.
  2. Cicilan kian berat, semakin besar nilai hutang yang dibayarkan, secara otomatis hal ini akan membuat nilai pembayaran kredit juga kian besar, akibatnya memberatkan cicilan Anda. Karena meskipun tenor atau jangka waktu yang dipilih untuk pembayaran cicilan panjang namun jika nominal hutang tinggi, maka tetap saja cicilannya berat.
  3. Menumpuk hutang untuk waktu yang lama, ketika jumlah hutang tinggi, mau tidak mau debitur harus memilih tenor yang panjang untuk pelunasannya, secara otomatis hal ini akan membuat Anda merasa bahwa hutang akan menumpuk untuk jangka waktu yang sangat lama, ada beban yang dirasa tidak bisa hilang.
  4. Kemungkinan untuk terkena denda juga semakin tinggi, nilai cicilan yang besar, ditambah dengan pemasukan yang tidak ada, hal ini otomatis akan membuat pembayaran semakin sering menunggak bukan, jika sudah semacam ini maka peluang untuk terkena denda keterlambatan juga semakin besar, sangat merugikan bukan.


Jadi jangan asal pilih tawaran kredit motor DP murah, karena meskipun di awal terbilang ringan, tidak harus membayar uang muka dalam jumlah yang tinggi. Namun nantinya Anda akan merasakan rugi atau menyiksa di akhirnya. Tak jarang juga beberapa orang yang tidak sanggup untuk melunasi hutang tersebut nantinya harus rela motor yang dimiliki disita.

No comments:

Post a Comment