Wednesday, 24 April 2019

Cara Merawat Rambut Rontok dengan Bahan Alami

Cara merawat rambut rontok memang sudah banyak sekali macamnya. Dari yang menggunakan teknologi canggih, dunia kedokteran bahkan dengan menggunakan cara yang alami. Rambut rontok sering kali membuat pemiliknya merasa tidak percaya diri. Selain membuat rambut tampak lepek, kerontokan juga bahkan bisa menyebabkan kebotakan pada beberapa orang. Oleh karenanya merawat rambut adalah salah satu usaha kita sebagai wanita untuk mempertahankan kepercayaan diri.


Namun, sebelum kita belajar mengatasi kerontokan rambut dengan alami, ada baiknya kita pelajari terlebih dahulu apa saja penyebab rambut menjadi rontok.

Stres


Stres selalu berhubungan dengan hal-hal yang kurang baik bagi tubuh manusia. Sejatinya, perasaan suntuk dan tidak nyaman serta emosi-emosi yang membuat kita menjadi orang yang suka uring-uringan bisa menyebabkan kerontokan rambut.


Alasan ini sengaja saya tulis dalam poin pertama karena begitu berpengaruhnya stres dengan kerontokan rambut. Stres dapat  menganggu siklus 3 fase penting yang dialami oleh rambut yaitu masa pertumbuhan, istirahan dan masa rontok. cara mengatasinya tentu saja kita harus menghindari hal-hal yang membuat kita menjadi stres. Tidurlah dengan teratur serta minum air mineral yang cukup untuk mengatasinya.

Kelebihan Vitamin A


Menurut penelitian dari Academy Of Dermatology, kelebihan vitamin A bisa memicu kerontokan rambut. Cara mengatasinya, jika kita memang harus mengkonsumsi vitamin, pilihlah suplemen yang mengandung masimal 20% Vitamin A setiap harinya.

Kekurangan protein


Hati-hatilah jika mungkin kamu sedang berdiet dengan makanan yang rendah protein.Seperti yang kita tahu, protein adalah zat pembangun utama pada tubuh. Rambut rontok karena kurang protein tidak bisa terlihat langsung dampaknya, melainkan dalam waktu 2-3 bulan berikutnya.

Terlalu sering menggunakan Hairdryer


Suhu yang terlalu panas yang dihasilkan dari hairdryer bisa merusak sifat alami rambut. Selain itu, alat-alat ini juga mempengaruhi kelembaban rambut. Akhirnya, rambut yang kebanyakan terkena catok atau hairdryer akan mudah kering dan bercabang.

Rontok Pasca melahirkan


Penyebab rambut rontok pada wanita lainnya adalah kondisi dimana wanita tersebut selesai melahirkan. Biasanya, wanita menyusui atau pasca elahirkan jarak 1-2 bulan, rambut mereka akan rontok. Namun tidak perlu khawatir, karena kondiri ini akan membaik dengan sendirinya.

Cara merawat rambut rontok dengan bahan alami


Kita bisa menggunakan beberapa bahan alami untuk menghilangkan kerontokan rambut. Bahan-bahan alami ini sudah dipercaya sejak dahulu kala karena kasiatnya yang sudah terbukti.  Beberapa bahan alami tersebut diantaranya adalah

  • Lidah Buaya
Kandungan dala lidah buaya bisa menjadikan rambut jauh lebih sehat dan kuat. Kamu bisa membasahi rambut terlebih dahulu sebelum mengoleskan gel lidah buaya diatas kepala. Lakukanlah setidakya 2 hingga 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  • Kemiri
Minyak kemiri sudah terbukti khasiatnya sejak jaman dahulu. Dengan menggunakan minyak ini, rambut akan menjadi lebih kuat. Cara pengaplikasiannya pun sangat mudah, yaitu dengan mengambil minyak dari kemiri lalu dioleskan di seluruh kulit kepala dan rambut. Lakukan perawatan ini secara rutin. 
  • Minyak essensial
Minyak essensial dikenal memiliki banyak manfaat dalam kehidupan. Misalnya saja, kamu bisa menggunakan minyak Lavender untuk membantu merangsang pertumbuhan. Cara penggunaannya pun terbilang sangat mudah, kamu hanya perlu memijat-mijatkan minyak ke kulit kepala, setelah meresap sempurna, kamu bisa mencucinya. Oh ya.. minyak essensial juga bisa mengurangi stres lho.. jadi kamu bisa mendapatkan banyak manfaat sekaligus bukan?
  • Jeruk Nipis
Jeruk nipis! Banyak sekali manfaat dari buah satu ini. Selain menyegarkan saat dibuat minuman, jeruk nipis juga memberikan banyak manfaat kesehatan salah satunya adalah untuk mengatasi rambut rontok. Caranya juga sama seperti bahan alami lainnya, mengaplikasikan langsung ke kelut kepala selama beberapa menit dan lakukan dengan teratur. Selain bahan-bahan diatas, kamu juga bisa menggunakan bahan alami seperti yogurt dan alpukat. Semoga membantu.

No comments:

Post a Comment