Saturday, 13 April 2019

Lebih Baik Kredit Motor atau Beli Cash?

Beberapa tahun belakangan ini, memiliki kendaraan bermotor roda dua adalah sebuah keharusan. Pasalnya, tuntutan dan persaingan dalam dunia usaha yang sangat ketat memaksa kita untuk bisa mobile kapanpun dan dimanapun. Mau tak mau, memiliki sepeda motor adalah solusinya.

Kredit motor yang semakin mudah serta DP yang murah membuat masyarakat dengan penghasilan rendah sekalipun bisa memiliki kendaraan. Begitu juga dengan cicilannya yang ringan setiap bulan. Turut serta membuat kemampuan masyarakat untuk membeli dan memiliki sepeda motor semakin meningkat.


Mengandalkan sepeda motor, masyarakat kini bisa memulai berbagai macam Usaha yang dapat diandalkan sebagai sumber penghasilan. Mulai dari, jualan sayur keliling hingga jual berbagai jenis makanan seperti bakso hingga pentol. Tak hanya itu, itu sepeda motor juga cukup bisa diandalkan sebagai moda transportasi untuk bepergian kapanpun juga.

Keberadaan sepeda motor juga terasa sangat membantu dalam meningkatkan kemampuan hidup masyarakat. Dengan adanya sepeda motor, masyarakat bisa lebih mudah pergi ke rumah sakit pada saat mereka membutuhkannya tanpa harus menunggu ambulans atau transportasi umum, dan masih banyak keuntungan keuntungan lainnya.


Namun jika harus memilih antara kredit motor atau membeli secara cash, manakah yang akan Anda pilih? Manakah yang lebih baik, kredit motor ataukah beli tunai?

Kredit motor maupun membeli secara tunai memiliki keunggulan dan kekurangan sendiri-sendiri. Pada artikel ini, saya akan mencoba membahas beberapa keuntungan dan kerugian kredit motor terlebih dahulu.

Keuntungan kredit motor


Tak perlu menunggu hingga tabungan terkumpul untuk memiliki motor. Menabung hingga memiliki cukup uang untuk membeli sebuah sepeda motor kadang membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Bisa berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Bagi yang sedang butuh motor tapi dana sangat terbatas, membeli secara kredit adalah pilihan tepat.

Uang sisa kredit bisa digunakan untuk modal usaha. Sekalipun anda memiliki uang yang cukup untuk membeli motor secara cash, memilih membeli secara kredit justru bisa sangat menguntungkan. Pasalnya, uang sisa DP dan pembayaran bulanan bisa anda gunakan terlebih dahulu sebagai modal usaha. Semakin besar modal yang Anda gunakan, tentu akan lebih besar pula income yang akan anda dapatkan.

Kredit bisa menjadi alternatif terbaik untuk memiliki lebih dari satu kendaraan dengan budget yang terbatas. Untuk mendukung usaha atau bisnis yang Anda jalankan saat ini, memilih jasa kredit motor adalah ide tepat jika Anda membutuhkan sepeda motor lebih dari satu buah dengan budget yang sangat terbatas.

Lama cicilan maupun besarnya tagihan bisa disesuaikan dengan penghasilan. Jika penghasilan tidak terlalu besar, Anda bisa memilih tenor yang lebih panjang. Sebaliknya, jika gaji cukup besar. Anda bisa memilih tenor yang lebih singkat.

Sekalipun belum lunas, motor bisa langsung dibawa pulang dan digunakan layaknya motor yang sudah lunas.

Kerugian kredit motor


Akumulasi biaya yang lebih besar. Tidak dipungkiri jika biaya beli motor secara kredit jauh lebih besar dibandingkan dengan membeli secara cash. Namun kekurangan ini tentu saja bisa ditutupi apabila sisa uang kredit digunakan sebagai modal usaha. BPKB motor biasanya belum bisa dimiliki jika kredit belum lunas. Padahal dalam beberapa kasus BPKB bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal.

Keuntungan beli motor secara cash


Total biaya yang dikeluarkan jauh lebih sedikit. Jika dibandingkan dengan beli motor kredit yang dapat membuat budget pembelian membengkak sekian persen, membeli secara cash jelas jauh lebih hemat. Bisa langsung dapat BPKB. Sehingga, baik motor maupun BPKB-nya bisa dimanfaatkan sebagai sumber modal usaha.

Kekurangan beli motor secara cash



  • Membutuhkan uang dalam jumlah yang tertentu sesuai harga motor 
  • Kadang-kadang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menabung hingga uang terkumpul 
  • Membeli motor secara cash seringkali membuat dana untuk modal usaha jadi berkurang atau tidak ada sama sekali 


Itulah beberapa Kerugian dan keuntungan kredit motor serta beli motor secara cash. Masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan. Sekalipun memiliki sejumlah kekurangan, namun kredit motor dianggap solusi bagi Kebanyakan orang. Bahkan, banyak pebisnis yang sebenarnya memiliki cukup uang untuk membeli secara cash. Lebih suka membeli secara kredit karena mereka bisa memanfaatkan sisanya untuk diputar sebagai modal usaha.

No comments:

Post a Comment