Saturday, 9 September 2017

Mau ke Malang dengan Kereta api? Matangkan 4 Persiapan Ini!

Semakin membaiknya sarana dan fasilitas yang ada di kereta api membuat moda trransportasi darat yang satu ini kian menjadi primadona. Harga tiket PT KAI yang tidak membuat dompet jebol pun menjadi salah satu pertimbangan orang-orang memilih kereta untuk beragam perjalanannya yang bersifat bisnis maupun wisata. Kamu pun mungkin termasuk salah satu dari mereka yang telanjur jatuh cinta pada moda transportasi darat yang satu ini.

Sumber gambar: rail-traveller.blogspot.com 

 Apalagi, hampir semua kawasan di Pulau Jawa sudah dilalui oleh kereta api dan memiliki stasiun-stasiun PT KAI yang strategis untuk penghentiannya. Bagi para backpacker atau mereka yang tidak diburu waktu, melakukan perjalanan ke berbagai kota dengan kereta api pun menjadi pilihan prioritas. Tidak terkecuali ketika kamu memutuskan pergi ke Malang menggunakan kereta api. Menggunakan kereta api Matamarja ataupun kelas yang lebih tinggi dapat menjadi opsi yang tepat. Soalnya dari stasiun penghentiannya, tidak sulit untuk segera melanjutkan guna sampai ke berbagai objek wisata populer di kota tersebut, mulai dari alun-alun, menuju Kota Batu, ataupun berpetualang seru ke Bromo ataupun Pulau Sempu.


Tapi tunggu dulu, sebelum kamu akhirnya berpetualang ke Malang dengan kereta api (KA) Matamarja, ada beberapa persiapan yang mesti kamu matangkan! Jika tidak, bisa-bisa acaramu dapat mendadak kacau nantinya. Berikut ini adalah persiapan-persiapan yang perlu kamu matangkan jika ingin nyaman selama berada di bangku-bangku KA Matamarja.

1.   Beli Tiket Kereta Jauh-jauh Hari

Harus diakui, semenjak Museum Angkut kian terkenal, jumlah kunjungan wisatawan yang menyinggahi Kota Malang kian meningkat. Hal ini berpengaruh juga ke penuh sesaknya moda-moda transportasi yang memiliki rute ke kota yang berada di Jawa Timur ini. Apalagi KA Matamarja, sebagai kereta api kelas ekonomi yang berbiaya terjangkau, tak ayal kamu harus gigit jari karena bangku-bangku kereta api ini kerap penuh.

Untuk itu, jika memang sudah memiliki rencana ke Malang, segeralah membeli tiket KA Matamarja dari jauh-jauh hari. Tidak sulit, bukan? Soalnya sekarang kamu bisa memesan  tiket PT KAI di situs Traveloka dengan mudah dan murah. Akan lebih aman, jika kamu memesannya minimal sebulan sebelum keberangkatan supaya rencana wisatamu tidak amburadul hanya karena gagal mendapatkan tiket menuju kota idamanmu tersebut.

Baca juga:  Tempat Liburan Manis Dengan Budget Minimalis di Jogja Ala Backpacker

2.   Sediakan Camilan yang Banyak

Di setiap kereta api memang tersedia gerbong khusus yang menjadi kafetaria, tempat kamu bisa membeli makanan tiap kali perut merasa keroncongan. Namun, perjalananmu akan lebih terjamin jika kamu menyediakan camilan yang cukup. Bagaimanapun, menuju Malang dari Jakarta misalnya, membutuhkan waktu hampir seharian. Di waktu tempuh tersebut, rasanya ada yang kurang jika mulutmu tidak mengunyah makanan-makanan ringan yang memberi rasa bahagia, bukan?

Membawa banyak camilan selama berada di perjalanan dengan kereta api juga dapat menghindarkanmu dari kebangkrutan. Bagaimanapun, harga makanan maupun camilan di kafetaria kereta api lebih mahal dibandingkan di toko-toko biasa. Jadi, amankan perut dan dompetmu dengan membawa camilan yang cukup, ya.

3.   Siapkan Bantal Leher sebagai Penyelamat

Kamu tahu berapa waktu tempuh yang mesti kamu lalui jika ke Malang menggunakan KA Matamarja. Jawabannya, sekitar 20 jam jika tepat waktu. Di sepanjang waktu tersebut, sangat mungkin kamu akan merasa pegal dan ingin menyandarkan diri sejenak untuk membuat badan beristirahat. Akan tetapi, sandaran bangku di kereta api ini harus diakui tidak terlalu nyaman dan siap membuat punggung dan lehermu merasa pegal mendadak.

Tapi tenang saja, kamu bisa menyiapkan alat penyelamat untuk mencegah lehermu dari rasa pegal yang tidak terkira selama perjalanan dengan KA Matamarja. Conalah bawa batanl leher ketika kamu hendak memulai perjalanan tersebut. Ketika mulai merasa pegal dan hendak beristirahat, kamu bisa menggunakannya sebagai sandaran lehermu. Dijamin, tubuhmu akan lebih segar begitu sampai di tempat tujuan.

Baca juga: Intip Tips Keren Ini Yuk, Saat Traveling Ke Makassar

4.   Jangan Lupa Kaus Kaki dan Jaket

Ketika memutuskan pergi ke Malang menggunakan kereta api, berarti kamu harus sudah siap bermalam di moda transportasi yang satu ini. Ya, perjalanan yang memakan waktu tempuh lebih dari 20 jam tersebut membuatmu mau tidak mau harus menginap di kereta api. Sebenarnya hal tersebut tidak terlalu menjadi masalah sebab banyak pengalaman seru yang bisa kamu peroleh. Hanya saja kamu mesti ingat, saat ini pendingin udara di tiap gerbong kereta telah optimal dan siap membuat siapapun penumpangnya mengalami menggigil jika tidak memiliki persiapan yang matang.

Untuk itu, sediakan kaus kaki dan jaket jika memang sudah hendak pergi dengan KA Matamarja. Hal ini akan membuat tubuhmu lebih hangat dari serangan suhu pendingin udara yang rendah. Pihak kereta api memang menyewakan selimut, namun akan lebih hemat dan hangat jika kamu juga menyiapkan peralatan perang sendiri guna meghadapi suhu dingin di kereta yang kamu tumpangi tersebut, bukan?

Jadi bagaimana, apakah persiapan-persiapan tersebut sudah kamu sediakan sebelum keberangkatanmu dengan kereta api ke Malang? Toh, hal-hal di atas bukan sesuatu yang sulit disediakan, bukan?

No comments:

Post a Comment