Tuesday, 12 September 2017

Karimunjawa, Alternatif Destinasi Liburan Mainstream Selain Pulau Bali

Setiap kali ada wacana liburan atau pergi berwisata, yang terlintas pertama kali selalu saja tempat-tempat wisata yang mainstream macam Bali atau Lombok. Padahal, Indonesia punya seabreg destinasi wisata keren lainnya yang enggak kalah dibandingkan dengan yang ada di Pulau Bali. Menurut saya yang sudah pernah tinggal di Bali beberapa daerah lain, objek wisata yang ada di daerah-daerah kadang justru enggak kalah menarik dibandingkan dengan objek wisata Bali. Bahkan, ada banyak hal menarik yang kadang-kadang enggak kita temukan di Bali, justru bisa kita temukan di daerah lain.

Menikmati Indahnya Sunset


Sekarang saya berdomisili di Jawa. Karena berdomisili di Jawa, saya pun lebih cenderung memilih beberapa destinasi wisata populer yang ada di Pulau Jawa jika ingin berwisata. Yang tentunya berlokasi dekat dengan tempat tinggal, sehingga biaya perjalanan dan waktu di perjalanan pun menjadi lebih singkat. Yang pasti, ada banyak kemudahan dan kelebihan yang akan kita dapatkan kalau berwisata ke tempat-tempat yang enggak terlalu jauh dari tempat tinggal.

Tips mempersiapkan perjalanan wisata


Setelah kenyang wara-wiri ke berbagai destinasi wisata, baik sebelum menikah dan setelah menikah, saya jadi punya banyak pengalaman dan menyadari satu hal penting yaitu, persiapan (rencana) wisata adalah faktor penting yang bisa menentukan kesuksesan dan kepuasan berwisata.

Tanpa ada rencana atau persiapan, seringkali kegiatan berlibur jadi terasa kurang berkesan, kadang-kadang repot sendiri, dan bahkan, enggak jarang perjalanan yang seharusnya menyenangkan berubah jadi mengecewakan.

Baca Juga: Intip Tips Keren Ini Yuk, Saat Traveling Ke Makassar

Itulah sebabnya mengapa saya menempatkan tips wisata sebagai salah satu poin di dalam artikel ini. Karena mungkin sebagian dari kamu enggak pernah merencanakan perjalanan wisata dan merasa fine-fine aja. Tapi nggak menutup kemungkinan jika suatu saat, kamu pun akan merasakan berbagi pengalaman mengecewakan yang pernah saya rasakan ketika pergi berlibur tanpa rencana.

Berikut adalah beberapa poin yang menurut saya cukup penting:

Destinasi wisata


Di antara sekian daftar destinasi wisata yang menarik buatmu, pilihlah salah satu yang paling kamu impikan. Menentukan destinasi wisata sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari atau bahkan beberapa bulan sebelumnya. Mengapa?

Jika sudah punya tujuan yang pasti, kita pun akan dengan mudah:
  • Mencari informasi mengenai tempat wisata yang akan kita tuju. Mulai dari info transportasi, apa saja yang menarik dan pantas dikunjungi, di mana mau tinggal, hingga bagaimana dengan ketersediaan akomodasi dan fasilitas di sana.
  • Kita akan memiliki kesempatan untuk menabung atau mempersiapkan budget wisata.
  • Persiapan yang kita lakukan akan lebih matang sehingga enggak terburu-buru.
  • Dan lain-lain

Booking tiket dan hotel


Banyak orang yang ingin pergi berwisata melakukan kesalahan pada bagian ini. Contoh, enggak jarang di antara mereka yang memesan tiket pesawat secara terpisah, baik waktu dan tempat memesannya. Padahal, keduanya sangat berkaitan satu-sama lain.

Jadi jangan heran apabila ada kasus wisatawan yang sudah booking hotel tapi enggak dapet pesawat, atau sebaliknya, kadang, kehabisan kamar atau kamar yang kita dapatkan ternyata enggak sesuai dengan apa yang kita inginkan karena sudah terlanjur pesan tiket pesawat. Jadi, ketika memesan hotel, kita pun harus memesan tiket sekaligus.


Booking terpisah lebih mahal

Kalau dulu saya memang selalu berusaha untuk memesan di waktu yang sama. Tapi metode itu sudah saya anggap kuno. Karena ternyata ada paket tiket hotel Traveloka yang terasa sangat membantu dalam menghemat waktu dalam booking tiket sekaligus hotel.


Booking hotel dan pesawat jadi satu lebih murah


Apa yang ditawarkan oleh salah satu online travel agen (OTA) ini bagi saya adalah salah satu bentuk pelayanan yang paling “mengerti” pelanggan. Dengan adanya paket ini, kita enggak perlu lagi khawatir dengan perbedaan waktu antara jadwal penerbangan dan check in hotel. Tapi yang paling penting, kita bisa menghemat lebih banyak waktu. Karena mencari hotel dan tiket pesawat secara terpisah, walaupun terkesan mudah dan bisa dilakukan dari rumah sambil santai, tetap saja makan banyak waktu dan kadang hasilnya enggak sesuai dengan keinginan.

Metode ini sangat membantu mengingat saya sendiri adalah seorang ibu rumah tangga yang sudah punya anak dan punya banyak kegiatan serta pekerjaan rumah tangga yang harus saya selesaikan setiap hari.

Oh ya, setelah saya banding-bandingkan antara membeli tiket serta memesan hotel secara terpisah dengan paket tiket+hotel dari Traveloka, saya rasa, selain bisa menghemat waktu dan mudah, ternyata harganya pun jauh lebih hemat. Lumayanlah, selisihnya bisa dipakai nambah-nambah uang jajan ketika liburan atau buat nambah tabungan sekolah anak.

Karena udah jadi satu paket, bayarnya pun jadi cukup satu kali. Enak dan simple banget pokoknya...

Saya sendiri sudah lama ngandalin e-banking untuk berbagai (transaksi) pembayaran ini-itu... Karena saya pikir, ngapain kita capek-capek pergi ke bank kalau segala sesuatunya bisa diselesaikan dari rumah.

Ngomong-ngomong soal metode pembayaran, Traveloka pun menyediakan berbagai pilihan metode pembayaran yang bisa kita pilih berdasarkan opsi yang kita punya, yang kita anggap sebagai cara paling mudah. Mulai dari transfer ATM hingga e-banking.

Nah, kalau kamu selama ini masih ngandalin cara-cara manual buat nyari hotel dan tiket pesawat ketika akan pergi berlibur; yang ribet dan makan waktu. Saya sarankan kamu mencoba metode di atas. Asli! Terasa ngebantu banget. Apalagi kalau kamu orangnya super sibuk dan enggak punya banyak waktu luang.

To do list


Saya orangnya selalu pengen mudah dan gampang. Kalau perlu, segala sesuatu yang harus saya lakukan nggak perlu pake mikir. Karena emang, selain pekerjaan di rumah yang menumpuk setiap hari, kalau dipaksa harus mengingat ini-itu, saya kadang-kadang merasa sering kewalahan. Ujung-ujungnya sering kelupaan atau kelewatan.

Baca juga: Tempat Liburan Manis Dengan Budget Minimalis di Jogja Ala Backpacker

Bagi saya, menginstal aplikasi to do list di smartphone adalah alternatif tepat untuk mencatat semua kegiatan dan jadwal hingga berbagai macam daftar:
  • Setiap belanja rumah tangga
  • Benda-benda yang harus saya bawa ketika bepergian
  • Menu harian
  • Jadwal pertemuan
  • Deadline pekerjaan, dan lain-lain
Saya pakai aplikasi Keep dari Google. List yang saya buat biasanya enggak saya hapus karena bisa saya gunakan berkali-kali tanpa harus repot-repot mencatat lagi setiap kali membutuhkannya.

Objek wisata Karimunjawa


Setelah sebelumnya tinggal di Bali dan Kalimantan, dua tahun belakangan ini saya dan keluarga kembali tinggal di Pulau Jawa. Selamat tinggal disini, saya selalu tertarik untuk mendatangi beberapa tempat wisata yang lokasinya dekat, mulai dari Malang, Kota Batu, Surabaya, dan daerah-daerah yang lainnya.

Karimunjawa Love Hill


Namun dari sekian destinasi wisata menarik tersebut, Karimunjawa adalah yang selalu saya impikan. Selain karena postingan teman-teman di Facebook, Instagram, dan sosial media yang lainnya, saya pribadi sering membaca artikel-artikel menarik yang ditulis oleh teman-teman blogger tentang keindahan dan daya tarik objek wisata di sana.

Menjangan Island


Apalagi, Karimunjawa ini juga lokasinya enggak terlalu jauh dari tempat tinggal saya yang sekarang. Diantara daftar tujuan wisata yang ingin saya datangi, Karimunjawa ada di list paling atas. Di samping pengeluaran dan kegiatan menabung untuk masa anak, saya tetap berusaha buat menyisihkan sedikit uang untuk liburan.

Semoga saja, nanti saya punya kesempatan untuk pergi berwisata ke sana, baik sendiri atau dengan keluarga. Tapi saya rasa, pergi ke sana dengan suami dan anak-anak pasti akan jauh lebih menyenangkan dan seru.

Karimunjawa: Top List


Setelah menjadikan Karimunjawa sebagai salah satu "top list" destinasi wisata saya, saya pun mulai hunting berbagai hal menarik dan kegiatan menarik yang bisa dilakukan di sana. Di dalam daftar saya, berikut adalah beberapa hal yang menurut saya paling worth untuk dilakukan.
  1. Scuba diving dan snorkeling
  2. Menyaksikan sunset di pantai Tanjung
  3. Mengunjungi Menjangan Island
  4. Selfie di Karimunjawa Love Hill
  5. Berenang bersama hiu
  6. Berkunjung ke pulau Cemara Kecil dan Pulau Cilik

Sunset di Pantai Tanjung


Hmmm.. udah gak sabar juga nunggu kesempatan itu datang kepada saya.. Kapan yaaa.. ;)

No comments:

Post a Comment