Friday 23 December 2022

Panduan Lengkap Membeli Jaket Wanita untuk Menunjang Penampilan

Meskipun tujuan awal kita membeli jaket adalah untuk menghangatkan tubuh, namun, perkembangan dunia fashion membuat jaket kini tidak hanya difungsikan sebagai penghangat tubuh. Melainkan, digunakan juga untuk menunjang penampilan agar terlihat lebih menarik.

Agar saat menggunakan jaket penampilan kita terlihat lebih menarik, tentu ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan.

Pada umumnya, faktor bentuk tubuh dan warna kulit serta koleksi pakaian yang kita miliki adalah faktor-faktor yang bisa mempengaruhi pilihan bentuk maupun warna jaket yang bisa kita beli.

Akan tetapi, selain ketiga faktor tersebut, ada faktor lain yang tidak kalah penting untuk dipertimbangkan. Faktor tersebut adalah faktor cuaca, usia, dan momen.

Tips Memilih Jaket Wanita untuk Menunjang Penampilan

Dalam menunjang penampilan agar terlihat lebih fashionable saat menggunakan jaket, berikut beberapa tips yang bisa dicoba dalam memilih jaket wanita.

1. Memilih jaket berdasarkan bentuk tubuh

Ada beberapa bentuk tubuh wanita yang paling umum yaitu, bentuk tubuh seperti jam pasir, seperti buah pir, segitiga terbalik, bentuk seperti apel, persegi panjang, tubuh mungil, dada besar, dan wanita hamil.

Berbagai bentuk tubuh tersebut bisa mempengaruhi penampilan secara keseluruhan saat kita mengenakan jaket jenis tertentu. Jaket seperti apakah yang paling cocok untuk setiap bentuk tubuh tersebut? Yuk kita cari tahu.

  • Untuk tubuh yang berbentuk seperti jam pasir, umumnya lebih cocok menggunakan jaket berbentuk mantel yang struktur dan bisa mengikuti lekuk tubuh. Biasanya, jaket yang dilengkapi dengan ikat pinggang sangat cocok digunakan oleh wanita yang memiliki bentuk tubuh seperti jam pasir
  • Bentuk tubuh seperti buah pir yang ditandai dengan payudara dan pinggang yang tampak lebih sempit dari ukuran pinggul, sangat cocok menggunakan jaket yang menonjolkan bahu dan pinggang serta menciptakan ilusi kaki yang jenjang. Jika memungkinkan, hindari jaket yang ukurannya sepinggul. Sebaliknya, pilihlah jaket yang panjangnya selutut
  • Jaket yang cocok untuk tubuh berbentuk segitiga terbalik yang ditandai dengan ukuran bahu yang lebih lebar dari ukuran pinggul adalah jaket yang bisa membuat tubuh bagian atas dan bawah terlihat lebih seimbang
  • Untuk pemilik tubuh berbentuk seperti buah apel sangat cocok jika menggunakan jaket jenis bomber atau mantel dengan potongan A-line
  • Kalau kamu adalah wanita bertubuh mungil dengan tinggi tidak lebih dari 160 cm, kamu akan sangat cocok menggunakan jaket yang dapat menciptakan ilusi tubuh yang tinggi. Itu artinya, sebisa mungkin hindari jaket dengan panjang selutut karena akan membuat kamu terlihat makin pendek
  • Jaket untuk tubuh persegi panjang atau wanita yang tinggi (jangkung), umumnya sangat cocok menggunakan hemline jacket
  • Untuk wanita dengan dada besar, biasanya lebih cocok jika menggunakan jaket dengan kerah yang lebar serta terbuka di bagian depan
  • Wanita hamil umumnya sangat cocok jika menggunakan jaket model cape yang stylish ataupun jaket yang dilengkapi dengan ikatan seperti trench coat atau wrap coat

2. Memilih jaket berdasarkan warna kulit

Selain bentuk tubuh, warna kulit juga bisa mempengaruhi penampilan kita saat menggunakan jaket dengan warna-warna tertentu.

Intinya, jika ingin memilih jaket yang bisa membuat kita tampil lebih menarik, maka kita perlu memilih jaket yang cocok dengan warna kulit kita.

  • Wanita dengan kulit cerah, pada umumnya cocok menggunakan jaket dengan warna dan motif apapun. Meski demikian, ada beberapa warna yang bisa merusak penampilan, atau sebaliknya bisa meningkatkan penampilan. Warna-warna yang terlalu terang seperti silver metalik atau warna neon umumnya bisa merusak penampilan wanita berkulit putih. Sebaliknya, mereka akan terlihat lebih cantik jika memilih warna pastel. Dan, akan terlihat lebih elegan jika memilih warna-warna gelap seperti warna hitam atau coklat
  • Untuk kulit sawo matang, biasanya sangat cocok jika menggunakan jaket berwarna ungu, kuning, atau marun. Sebaliknya, warna-warna yang gelap sebaiknya dihindari agar kamu tidak terlihat makin gelap
  • Untuk kulit kuning langsat, memilih jaket jaket berwarna cerah sangat direkomendasikan. Sebaliknya, cobalah untuk menghindari jaket berwarna krem atau abu-abu
  • Kulit gelap lebih cocok jika menggunakan jaket berwarna sangat cerah yang kontras dengan warna kulitnya seperti, pink, cyan, kuning, opale

3. Memilih jaket sesuai kondisi/cuaca

Di Indonesia, suhu udara di siang hari umumnya sangat panas. Sebaliknya, akan terasa dingin di malam hari. Dan, lebih dingin lagi di pagi hari.

Di siang hari saat cuaca panas, menggunakan jaket adalah salah satu opsi yang bisa kita pilih untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari dan bahaya sinar ultraviolet.

Sebaliknya, di malam hari kita perlu melindungi tubuh dari terpaan suhu yang dingin. Terlebih, jika kita berkendara dengan menggunakan sepeda motor.

Oleh sebab itu, memilih jaket juga perlu mempertimbangkan kondisi atau cuaca di lingkungan masing-masing. Bagi kamu yang tinggal di tempat-tempat yang sangat dingin seperti di daerah pegunungan, tentu akan lebih cocok jika menggunakan jaket dengan material yang dapat memberikan rasa hangat di bagian dalam serta dilengkapi dengan wind blocker di bagian luar.

Sedangkan untuk kamu yang tinggal di tempat-tempat dengan cuaca hangat, memilih jaket yang bisa melindungi tubuh dari terpaan angin tapi tidak terlalu berat dan panas seperti jaket yang terbuat dari bahan katun akan sangat tepat.

Agar tidak terasa semakin panas saat digunakan pada siang hari, sebaiknya pilihlah jaket dengan warna-warna terang seperti warna putih yang tidak menyerap panas dari matahari.

4. Pilih jacket branded

Selain berbagai faktor yang telah saya sebutkan di atas, penampilan kita saat menggunakan jaket juga kerap dipengaruhi oleh kualitas jaket itu sendiri.

Untuk mendapatkan jaket yang berkualitas, salah satu cara paling mudah adalah dengan memilih jaket branded atau yang dibuat oleh merek-merek ternama semisal H&M dan semacamnya.

Jacket wanita branded selain menawarkan kualitas yang bagus, juga umumnya menawarkan model yang menarik. Karena, brand besar seperti H&M umumnya punya desainer sendiri yang bertugas untuk merancang jaket yang trendi dan sesuai dengan zaman.

Previous Post
Next Post

post written by:

Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

0 comments: