Tuesday, 2 November 2021

Cuma Pakai 2 Bahan Bisa Bikin Bakwan Next Level

Bakwan... Meski banyak orang menyebut istilah ini sebagai istilah yang salah kaprah, namun siapa yang peduli!

Karena istilah ini sudah terlanjur melekat di benak masyarakat Indonesia.

Dari mulai, orang-orang kota hingga masyarakat di kampung. Semua fasih menyebut gorengan yang dibuat dari campuran tepung dan berbagai sayuran ini dengan istilah “bakwan.”

Jika dibandingkan macam-macam gorengan lainnya, bakwan yang dikenal dengan istilah ote-ote di Jawa Timur atau bala-bala di Jawa Barat ini, memang tiada tanding.

Gorengan ini hampir bisa dipastikan ada di warung-warung makan, bahkan warung kopi kaki lima sekalipun, tidak akan melewatkan bakwan sebagai salah satu sajian pendamping.

Popularitas bakwan bahkan membuatnya pernah menjadi salah satu sajian makanan pembuka pada pertemuan Megawati dan Prabowo pada tahun 2019 lalu.

Resep Bakwan Caisim Kobe

Kalau ada yang bertanya kepada saya, apakah saya pernah merasa bosan dengan gorengan yang satu ini?

Yang pasti kalau keseringan, di satu titik kita semua pasti akan merasa bosan.

Supaya nggak bosan, biasanya saya sengaja mencoba resep baru. Entah dengan memodifikasi resep atau menambah bahan-bahan baru.

Tapi seumur-umur, saya belum pernah mencoba membuat bakwan dengan bahan campuran sayur selain tauge, kol, dan wortel.

Hingga beberapa hari yang lalu, saya mencoba resep bakwan baru yang menggunakan kombinasi Kobe Tepung Bakwan Kress dan sawi hijau atau yang dikenal juga dengan sebutan caisim.

Bagaimana rasanya? Rasanya sungguh mengejutkan!

Saya nggak pernah membayangkan kalau resep bakwan caisim Kobe bakalan menghasilkan gorengan se-enak dan se-renyah ini.

Sebagai penyuka gorengan “kriuk” saya tentu saja langsung dibuat terheran-heran dengan kualitas kriuk Tepung Kobe ini.

Nggak sampai di situ, tepung ini bahkan bisa mempertahankan kerenyahannya hingga 2 jam lho! 2 jam guys! Beneran…

Apa yang saya rasakan dari Kobe Tepung Bakwan Kress benar-benar di luar dugaan saya.

Sebagai blogger dan penyuka gorengan, saya jelas dibuat heran. Karena, mengapa baru sekarang saya tahu kalau ada tepung Kobe yang bisa menghasilkan gorengan serenyah ini.

FYI, Kobe adalah produsen tepung bumbu pertama di Indonesia yang sudah ada sejak 1979 dan saat ini sudah punya banyak produk, khususnya tepung bumbu.

Nanti saya akan mencoba memberikan review mengenai kelebihan tepung bumbu Kobe di bagian akhir artikel ini ya...

Kembali ke cerita bikin bakwan caisim…

Ini juga merupakan kali pertama saya mencoba membuat bakwan dengan selain bahan yang biasanya (toge, wortel, dan kol).

Saya juga agak surprise karena saya nggak pernah membayangkan diri saya akan mencoba membuat gorengan dari caisim, meski sudah beberapa kali mencoba membuat gorengan dengan daun kenikir, bayam, hingga kembang kol.

Resep bakwan caisim yang saya buat sangat sederhana. Saya hanya mencampurkan Kobe Tepung Bakwan Kress sebanyak 70 gr dengan air 80 gr dan potongan caisim 90 gr.

Setelah tercampur rata, bahan-bahan tersebut saya goreng dengan menggunakan api sedang agar bakwan bisa matang secara merata.

Setelah matang, bakwan caisim Kobe bisa ditiriskan dan disajikan langsung. Atau, bisa juga disajikan dengan cocolan seperti bumbu kacang atau saus sambal.

Kobe Tepung Bakwan Kress

Tadi, di atas, saya telah berjanji untuk mereview sedikit tentang Kobe dan produknya, khususnya Kobe Tepung Bakwan Kress.

Buat saya, kata “Kobe” ini mengingatkan saya pada pemain basket Kobe Bryant dan wilayah Kobe di Jepang. Tapi, Kobe di sini tidak ada sangkut-pautnya dengan pemain basket ataupun wilayah Jepang tersebut.

Kobe disini adalah singkatan dari “Kata Orang Banyak Enak” yang memiliki tagline “Kobe ahlinya tepung bumbu!”

Kobe sendiri lahir pada tahun 1979. Pada awalnya, ini Kobe hanyalah industri rumahan di Semarang yang memproduksi tepung bumbu, dan menjadi produsen tepung bumbu pertama di Indonesia.

Mereka membuat tepung bumbu dari bahan-bahan alami seperti rempah-rempah tanpa tanpa bahan pengawet dan pewarna.

Di samping Kobe Tepung Bakwan Kress, Kobe juga memperkenalkan beberapa tepung bumbu lainnya seperti, Tepung Tempe Kriuk, Tepung Serbaguna, Tepung Kentucky SuperCrispy, Tepung Bumbu Putih, serta Tepung Pisang Goreng.

Kalau kalian penasaran dan ingin tahu lebih jauh tentang berbagai tepung Kobe dan resep-resep makanan atau camilan apa saja yang bisa dibuat dengan menggunakan bahan-bahan Tepung Bumbu Kobe, teman-teman bisa mengunjungi website www.dapurkobe.co.id atau bisa juga mampir ke akun sosial media mereka di Facebook, Instagram, Twitter, atau Tik Tok @dapurkobe.

Harga Kobe Tepung Bakwan Kress

Kobe Tepung Bakwan Kress dijual dalam berbagai pilihan kemasan. Ada yang kemasan 70 gram dan ada juga kemasan 210 gram. Harga kemasan 70 gram sekitar Rp3.000 dan 210 gram sekitar Rp6.500.

Latest
Next Post

post written by:

Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

0 comments: