Saturday 10 July 2021

10 Manfaat Aloe Vera untuk Perawatan Kulit Wajah

Selama berabad-abad, lidah buaya yang dikenal juga dengan istilah aloe vera digunakan oleh berbagai peradaban untuk, merawat kulit, menjaga kesehatan, dan pengobatan.

Aloe vera termasuk tanaman kaktus yang tumbuh secara alami di iklim kering. Menurut ulasan yang diterbitkan dalam International Journal of Research and Medical Sciences, gel lidah buaya yang berwarna bening tersebut mengandung lebih dari 75 (ada juga yang menyebut 200) senyawa aktif. Diantara senyawa tersebut adalah, vitamin, antioksidan, asam amino, asam salisilat, hingga gula.

Manfaat Aloe Vera

Berbagai komponen tersebut telah terbukti bisa memberikan manfaat dalam perawatan kulit, khususnya perawatan kulit wajah.

Manfaat Aloe Vera untuk Perawatan Wajah

Joel Schlessinger, MD, seorang dokter kulit bersertifikat dan ahli bedah kosmetik yang berbasis di Omaha mengatakan bahwa, lidah buaya adalah salah satu bahan alami terbaik untuk merawat kulit.

“Biokimia yang terkandung di dalam lidah buaya memiliki sifat anti-virus, anti-jamur, dan dan memiliki sifat regeneratif sel apabila diterapkan pada kulit.” imbuh Dr. Schlessinger.

Akan tetapi, meskipun diyakini memiliki banyak manfaat dan mengandung puluhan bahan aktif, namun gel aloe vera sangat sulit untuk dipelajari. Hal ini disebabkan karena kandungannya yang sangat beragam.

Meski demikian, sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa, apabila digunakan secara bersamaan dengan produk lain, gel aloe vera bisa membantu mempercepat proses perbaikan masalah kulit.

Terlepas dari fakta tersebut, berikut adalah 10 manfaat aloe vera untuk perawatan wajah yang bisa kamu buktikan sendiri di rumah.

1. Menenangkan kulit dari sengatan sinar matahari

Kenneth Mark, MD, seorang dokter kulit dan ahli bedah kanker kulit yang berbasis di New York mengatakan bahwa, di dalam gel lidah buaya terkandung senyawa yang disebut polisakarida. Senyawa ini bisa membantu kulit memperbaiki dirinya sendiri dan membantu pembentukan sel kulit baru.

Di dalam gel aloevera juga terkandung senyawa carboxypeptidase, yaitu sejenis senyawa yang bisa meredakan nyeri. Itulah sebabnya mengapa tanaman lidah buaya kerap digunakan untuk menenangkan kulit yang terbakar akibat sengatan sinar matahari.

2. Meredakan iritasi kulit

Jennifer Gordon, MD, seorang dermatologist di Westlake Dermatology di Austin, Texas, mengatakan bahwa peradangan adalah salah satu faktor penyebab kondisi kulit seperti eksim, psoriasis, hingga lichen planus.

Menurutnya, kandungan acemannan di dalam gel lidah buaya merupakan enzim yang efektif mencegah peradangan atau iritasi kulit.

3. Melembabkan kulit wajah

Kalau kulit mukamu terasa kasar dan kering, kamu bisa memanfaatkan gel lidah buaya untuk melembabkannya. Karena seperti yang telah disebutkan di atas, gel tanaman lidah buaya mengandung 99% air.

4. Fungsi moisturizing

Jika ingin punya wajah yang kencang dan awet muda, kamu harus mempertahankan kelembaban kulitmu. Untuk bisa mempertahankan kelembaban kulit, menerapkan gel lidah buaya adalah salah satu caranya.

Karena menurut Dr. Schlessinger, lidah buaya bisa membantu mengunci kelembaban kulit wajah, sekaligus bisa bertindak layaknya lem yang akan membuat lapisan atas sel-sel kulit wajah merekat satu sama lain. Inilah yang menyebabkan kulit wajah jadi lebih lembut dan halus serta kencang.

5. Membuka pori-pori yang tersumbat

Asam salisilat merupakan satu dari sekian kandungan yang terdapat di dalam gel aloe vera. Menurut para ahli, kandungan tersebut adalah exfoliant yang sangat bermanfaat untuk merawat kulit, karena bisa membantu membuka pori-pori yang tersumbat.

Itu artinya, kandungan tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi komedo maupun jerawat. Disamping itu, aloe vera juga memiliki sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi yang akan sangat berguna untuk mencegah jerawat datang kembali.

7. Menunda tanda-tanda penuaan

Tanda-tanda penuaan adalah sesuatu yang tidak bisa dicegah seiring dengan bertambahnya usia. Akan tetapi, kita bisa meminimalisir atau menundanya dengan bantuan aloevera.

Buat kamu yang ingin terlihat awet muda atau terlihat lebih muda dibandingkan dengan usiamu saat ini, kamu bisa memanfaatkan gel lidah buaya untuk merangsang aktivitas fibroblas. Fibroblas adalah sejenis sel yang dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dan serat elastin pada kulit muka.

Apabila kulit memproduksi kolagen dan serat elastin dalam jumlah yang cukup, kulit muka kita akan jadi lebih elastis dan lebih kencang serta pori-porinya pun akan jadi lebih kecil.

Dengan kulit wajah yang kencang dan pori-pori yang kecil , tidak mengherankan apabila kita bisa terlihat lebih muda beberapa tahun dibandingkan dengan usia kita yang sebenarnya.

8. Menyamarkan flek hitam

Flek hitam di wajah yang muncul akibat jerawat ataupun akibat pigmentasi, dapat disamarkan dengan menggunakan gel lidah buaya.

Selain bisa membantu menyamarkan flek hitam, lidah buaya yang mengandung glutathione peroksida dan tirosinase, juga bisa membantu mencegah agar flek hitam tidak muncul di wajah kita. FYI, tirosinase adalah sejenis enzim yang bertanggung jawab terhadap perubahan kulit.

9. Mengandung antioksidan

Tahukah kamu, radikal bebas yang ada di dalam tubuh kita, selain dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, juga dapat membuat kulit kita cepat tua.

Untuk melawan radikal bebas, kita membutuhkan antioksidan. Dan, antioksidan salah satunya bisa diperoleh dari gel lidah buaya.

10. Aloe vera bisa berfungsi sebagai exfoliator

Setiap hari, selalu ada sel-sel kulit di wajah kita yang mati. Dan setiap bulan, sel-sel kulit tersebut akan terkelupas sendiri. Akan tetapi, tidak semua sel kulit yang sudah mati bisa terkelupas sendiri. Karena itulah, kita perlu melakukan eksfoliasi (mengangkat sel-sel kulit mati).

Salah satu bahan exfoliator yang bagus untuk mengangkat sel-sel kulit mati adalah gel lidah buaya. Karena menurut Dr. Mark, lidah buaya mengandung asam salisilat dan lignin yang sangat baik apabila digunakan sebagai exfoliator yang ringan.

Kesimpulan

Lidah buaya (aloe vera) sudah sejak lama dianggap sebagai tanaman ajaib karena, bisa digunakan untuk merawat seluruh tubuh kita baik bagian luar maupun dalam, dan dari ujung kaki hingga ujung rambut. Dari sekian banyak bagian tubuh kita yang membutuhkan perawatan, bagian wajah adalah salah satunya.

Untuk merawat wajah, bahan alami terbaik yang bisa kita gunakan salah satunya adalah aloe vera. Karena menurut penelitian, tanaman ini mengandung tidak kurang dari 75 bahan aktif. Mulai dari, vitamin, mineral, antioksidan, asam salisilat, glutathione peroksida, fenol, dan bahkan mengandung sifat antibakteri hingga antivirus.

Melihat banyaknya kandungan pada aloe vera tersebut, tidak mengherankan apabila gel tanaman ini dikenal memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk perawatan wajah.

Manfaat aloe vera untuk wajah diantaranya adalah, bisa mengencangkan kulit, mencegah dan mengobati jerawat, meningkatkan produksi kolagen, menenangkan kulit yang terbakar akibat sinar matahari, mencegah iritasi, mengecilkan pori-pori, hingga melembabkan kulit.

Previous Post
Next Post

post written by:

Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

0 comments: