Friday 28 May 2021

Pengalaman Pakai dan Rekomendasi Humidifier Murah

Kalau kamu sedang mencari rekomendasi humidifier murah dan bagus serta berkualitas. Kamu bisa mempertimbangkan beberapa produk yang direkomendasikan oleh situ kesehatan SehatQ. Karena saya percaya, rekomendasi mereka lebih kredibel dan terjamin.

Tapi sebelum kita ngomongin soal humidifier terbaik yang direkomendasikan oleh SehatQ. Saya ingin membahas sedikit mengenai fungsi atau manfaat serta cara kerja humidifier. Karena saya yakin, pasti banyak diantara teman-teman di luar sana yang mungkin masih awam dengan produk yang satu ini. Atau mungkin sudah pernah melihat dan menggunakannya tapi tidak tahu pasti--apa fungsinya dan bagaimana cara kerjanya?

pengalaman menggunakan humidifier

Kegunaan dan Cara Kerja Humidifier

Humidifier adalah alat yang bisa digunakan untuk melembabkan udara. Biasanya, alat ini digunakan di ruangan ber-AC dan cocok digunakan di tempat-tempat yang udaranya agak kering.

Mengapa kita membutuhkan udara lembab?

Menurut para ahli kesehatan, udara yang kering bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Misal, dapat menyebabkan kulit, rambut, dan bibir jadi kering, serta dapat menyebabkan iritasi hidung dan tenggorokan.

Selain melembabkan udara. Fungsi humidifier lainnya adalah, bisa membantu meredakan gejala flu atau hidung tersumbat, sakit kepala, mimisan, batuk kering, hingga mengatasi pita suara yang teriritasi.

Untuk melembabkan udara, humidifier bekerja dengan beberapa cara. Diantaranya adalah, dengan menggunakan sistem pemanas (steam), evaporator, putaran cakram, dan getaran ultrasonik. Mari kita kenali satu-persatu jenis-jenis humidifier tersebut.

1. Humidifier Terpusat (Central humidifiers)

Humidifier terpusat (sentral) digunakan dengan cara dipasang langsung ke unit AC atau pemanas rumah. Harga humidifier cukup mahal. Tetapi, merupakan pilihan terbaik karena bisa membantu melembabkan seluruh bagian rumah. Serta, jauh lebih aman dibandingkan dengan model tradisional yang berpotensi menyebabkan luka bakar dan tidak ramah anak.

2. Humidifier Evaporator

Humidifier model evaporator melembabkan udara dengan menggunakan filter yang dibasahi lalu dikipas. Model ini adalah pilihan yang harganya lebih terjangkau dibandingkan model sentral.

Harga humidifier model evaporator memang lebih murah dibandingkan dengan model sentral. Akan tetapi, model ini hanya cocok digunakan untuk kelembaban udara di satu ruangan.

Selain itu, model ini juga bisa menimbulkan masalah apabila mengeluarkan terlalu banyak uap. Terutama masalah bagi para penderita asma. Karena terlalu banyak uap di udara dapat meningkatkan kemungkinan pertumbuhan jamur.

3. Humidifier Impeller 

Pelembab udara ini bekerja dengan bantuan cakram yang berputar dalam kecepatan tinggi, layaknya cakram pada hardisk. Harganya cukup terjangkau dan ramah anak.

Sama seperti model evaporator, humidifier tipe impeller sayangnya hanya berfungsi di satu ruangan. Dan, berpotensi menyebabkan masalah bagi penderita asma dan penderita alergi apabila digunakan secara berlebihan.

4. Humidifier Steam Vaporizers

Cara kerja humidifier model steam vaporizer adalah dengan memanaskan air lalu mendinginkannya sebelum dilepaskan ke udara. Model steam vaporizer adalah model portable yang paling mudah kita jumpai dan harganya pun relatif murah.

Kekurangan model yang satu ini terletak pada bahayanya. Karena berpotensi menyebabkan luka bakar sehingga kurang ramah anak. Namun jika diletakkan di tempat yang aman, humidifier portable ini bisa jadi pilihan terbaik karena harganya yang ramah kantong.

5. Humidifier Ultrasonic

Yang terakhir adalah model ultrasonik yang bekerja menghasilkan uap dingin dengan menggunakan bantuan getaran ultrasonik. Harga humidifier model ultrasonic cukup beragam tergantung dari ukuran dan teknologi serta fitur yang dibawanya.

Humidifier ultrasonic bisa menjadi pilihan humidifier terbaik apabila kamu punya bayi atau anak kecil di rumah.

Pengalaman Pakai Humidifier

Sejauh ini, jenis humidifier yang pernah saya gunakan adalah humidifier steam vaporizer. Ini adalah pilihan model yang paling murah (terjangkau).

Sayangnya, model yang saya beli tidak menyediakan opsi pengaturan otomatis. Meskipun, alat tersebut akan otomatis mati setiap beberapa jam.

Kekurangan tersebut tentu saja membuat saya agak kesulitan untuk mengontrol seberapa sering dan seberapa banyak kelembaban yang saya butuhkan. Selain itu, alat tersebut juga tidak memiliki sensor kelembaban udara. Sehingga, penggunaannya sangat bergantung pada diri kita sendiri.

Berbagai kelemahan tersebut membuat saya kesulitan mengontrol kelembaban udara di ruangan dimana humidifier berada.

Tapi apabila digunakan dengan cara yang bijak, humidifier murah ini bisa menjadi pilihan bagi siapapun yang kebetulan punya budget terbatas, tapi membutuhkan pelembab udara untuk mengatasi udara kering.

Berangkat dari pengalaman tersebut, saya kemudian mencoba mencari beberapa alternatif humidifier yang bagus dan berkualitas. Salah satu sumber terpercaya yang saya temukan adalah rekomendasi dari website SehatQ.

Humidifier Terbaik yang Murah dan Bagus Rekomendasi SehatQ

Rekomendasi humidifier dari situs SehatQ berikut ini tidak saya urutkan berdasarkan, kualitasnya, harganya, ataupun faktor lainnya. Jadi, kamu bisa memilih salah satu yang kamu anggap paling cocok dan sesuai dengan kebutuhanmu.

1. Belli To Baby Humidifier WF 208

Ini adalah model humidifier ultrasonic yang harganya terjangkau. Harga humidifier Belli To Baby Humidifier WF 208 berada pada angka Rp 1 jutaan. Belli To Baby Humidifier WF 208 adalah salah satu pilihan terbaik untuk melembabkan udara di ruang bayi.

2. Belli To Baby Humidifier WFL 02

Opsi humidifier kedua untuk kamar bayi atau kamar anak adalah model Belli To Baby Humidifier WFL 02. Sama seperti model pertama, model WFL 02 juga bekerja dengan metode getaran mini untuk menghasilkan uap dingin dan kabut. 

Model Belli To Baby Humidifier WFL 02 dilengkapi dengan fitur Auto Induction, yaitu fitur yang secara otomatis bisa mendeteksi pergerakan manusia. Dengan adanya fitur ini, humidifier bisa bekerja lebih maksimal dan dengan cara yang lebih aman.

3. Boneco Ultrasonic Humidifier S250

Humidifier model ultrasonik lainnya yang direkomendasikan adalah Boneco S250. Kelebihan alat ini terletak pada ketersediaan fitur otomatis yang dapat mengatur tingkat kelembaban udara sesuai dengan keinginan atau kebutuhan kita.

Review lengkap humidifier model Boneco S250 bisa kamu lihat di situ SehatQ dengan mengklik link yang telah saya berikan tersebut.

4. Crane USA Personal Humidifier dan Aroma Diffuser (2-in-1)

Harga humidifier Crane Personal adalah yang paling terjangkau jika dibandingkan dengan model-model lainnya. Model ini serupa dengan yang pernah saya gunakan. Hanya saja, ukuran model Crane sedikit lebih besar karena bisa menampung air hingga 1 liter.

Meskipun harga humidifier terbaik ini relatif murah, namun alat ini bisa bekerja 8 jam nonstop, suaranya relatif senyap, dilengkapi dengan fitur Ultrasonik Cool Mist, otomatis mati apabila airnya habis, serta sudah mengantongi verifikasi FDA, yaitu Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat.

Previous Post
Next Post

post written by:

Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

1 comment:

  1. kalau ada anak yang sudah bisa jalan meletakkannya harus hati2 ya mba. khawatir bisa melukai dan barangnya rusak

    ReplyDelete