Tuesday, 20 August 2019

Tips Membimbing Belajar Membaca Anak agar Cepat Bisa

Untuk menarik minat baca anak, salah satu caranya, kita harus membacakan mereka buku atau cerita yang menarik, mengandung kosakata yang familiar, mudah dipahami, dan mudah dimengerti. Membacakan buku cerita, terutama dengan cara mendongeng sebelum tidur memiliki manfaat yang sangat besar dalam perkembangan otak anak sekaligus bisa memancing minat baca mereka. Setelah tertarik, selanjutnya, orang tua bisa mengajarkan anak bagaimana cara membaca.




Ibu Membaca untuk Anak


Belajar membaca anak dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah lingkungan. Karena anak-anak kerap meniru apapun yang mereka dengar dan lihat. Oleh sebab itu, menciptakan kondisi atau lingkungan yang positif dan bisa memancing minat baca anak harus benar-benar dimaksimalkan.


Membaca sendiri memiliki banyak manfaat bagi perkembangan otak maupun mental anak. Beberapa contoh manfaat baca buku bagi anak-anak diantaranya adalah:


  • Bisa membantu meningkatkan kemampuan bahasa dan kemampuan berkomunikasi sang anak
  • Semakin banyak anak-anak membaca, maka semakin banyak kosakata baru yang akan didapatkannya
  • Chat-an buku sebagai jendela dunia memiliki peranan yang sangat penting dalam memancing daya imajinasi anak
  • Penelitian telah menunjukkan bahwa membaca bisa menstimulasi mental sekaligus mencegah penyakit demensia dan alzheimer di masa tua
  • Di samping bisa menambah kosakata baru, membaca juga akan membuat anak mendapatkan lebih banyak informasi baru yang tentu akan sangat berguna bagi mereka untuk menghadapi setiap tantangan
  • Membaca akan membuat otak anak akan mengingat berbagai macam karakter, latar belakang, sejarah, nuansa, plot, dan berbagai hal dari buku-buku yang mereka baca. Semuanya itu akan membuat memori mereka jauh meningkat
  • Membaca juga akan membantu anak meningkatkan fokus dan konsentrasi mereka
  • Seiring dengan bertambahnya jumlah kosakata yang mereka dapatkan dari buku, Kemampuan mereka dalam menulis cerita pun akan meningkat. Anak yang gemar membaca akan memiliki keterampilan menulis yang baik karena melalui membaca anak-anak bisa mendapatkan gaya penulisan yang akan mempengaruhi tulisan-tulisan mereka
  • Membaca juga bisa menjadi hiburan gratis bagi anak-anak. Dan ini, ini adalah alternatif terbaik yang bisa Anda (sebagai orangtua) digunakan untuk mengalihkan perhatian anak dari gadget yang dari hari ke hari selalu membuat kita (para orang tua) merasa khawatir


Tips membimbing anak belajar membaca agar cepat bisa


1. Bacakan anak-anak buku cerita atau dongeng sebelum tidur

Agar anak-anak lebih mudah tertarik, cobalah mencari sebuah buku yang tidak terlalu jauh berbeda dengan kehidupan sehari-hari yang dijalani oleh anak. Sehingga cerita, kosakata, hingga nasehat-nasehat yang terdapat di dalamnya bisa ditangkap dengan mudah oleh anak. Selain itu, memilih buku yang menceritakan tentang hal-hal yang disukai oleh anak juga bisa membangkitkan minat baca mereka.

2. Pancing minat baca mereka dengan hadiah
Disamping memancing minat baca dengan menggunakan buku-buku cerita yang yang menjadi favorit anak, orang tua juga bisa memancing minat baca mereka dengan memberikan hadiah berupa mainan ataupun hadiah-hadiah lain yang mereka inginkan.

3. Pilih buku belajar membaca yang tepat

Ada banyak buku belajar membaca di luar sana yang bisa dipilih. Bagi saya, ketika mengajarkan anak pertama membaca, Saya memilih buku ABACAGA yang ditulis oleh Jazuli-Budiman-Tri Wahyu R.N. Menurut saya buku ini sangat praktis dan mudah dipahami oleh anak.

Setelah anak-anak bisa membaca buku tersebut, mereka juga bisa menggunakannya untuk belajar menulis.

4. Ayah-Bunda harus memberikan contoh

Minat baca anak kadang-kadang tidak timbul begitu saja. Bahkan setelah kita memberikan atau membelikan dan menyediakan mereka buku-buku yang menarik. Disamping beberapa tips membimbing belajar membaca anak agar cepat bisa di atas, Anda juga bisa mencoba memancing minat baca anak dengan cara memberikan contoh.

Sering-seringlah terlihat membaca di depan anak. Sesekali, bacalah buku-buku dengan suara keras agar terdengar oleh anak. Sehingga mereka, akan memperhatikan kebiasaan ayah/bunda.

5. Pilihlah buku sesuai dengan usia anak

Ketika memilih buku, pastikan anda memilih yang sesuai dengan tahapan usia anak. Di samping memilih buku yang menggunakan kosakata-kosakata yang sudah dipahami oleh anak memilih buku yang tampak menarik, buku tersebut juga harus didominasi gambar-gambar menarik dan penuh warna.

6. Selalu berikan anak-anak makanan sehat

Disamping mengusahakan berbagai tips di atas, pastikan anda juga memberikan asupan gizi seimbang agar tumbuh kembang otak anak menjadi semakin baik. Di samping memberikan sayur-sayuran, biji-bijian, buah-buahan, daging, kacang-kacangan, serta minyak ikan, otak anak juga perlu didukung dengan minum susu secara teratur. Karena di dalam susu anak biasanya terkandung kolin yang bermanfaat untuk mencerdaskan otak. Selain di susu, kolin juga banyak terdapat pada kuning telur.

No comments:

Post a Comment