Friday, 9 August 2019

Makanan yang Paling Cepat Menurunkan Berat Badan

Tahukah kamu, tidak semua kalori diciptakan sama? Dan setiap makanan memiliki pengaruh yang berbeda-beda terhadap tubuh kita. Makanan yang berbeda akan memberikan pengaruh terhadap metabolisme tubuh Walaupun mungkin memiliki kandungan yang kurang lebih sama. Makanan-makanan tersebut bisa memiliki efek yang berbeda-beda terhadap tingkat kekenyangan, hormon, hingga dapat mempengaruhi kalori yang dibakar oleh tubuh setiap hari.



Jika selama ini kamu sedang berusaha mencari tahu apa saja makanan yang bisa membantu menurunkan berat badan, kamu sedang membaca artikel yang tepat.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang paling ramah untuk menurunkan berat badan dan sudah didukung oleh berbagai penelitian serta ilmu pengetahuan.


Telur


Telur memang banyak ditakuti oleh orang untuk dikonsumsi karena mengandung kolesterol tinggi. Studi terbaru menunjukkan bahwa telur sebenarnya tidak mempengaruhi kolesterol di dalam darah dan tidak menyebabkan serangan jantung. Fakta lainnya, telur adalah jenis lauk yang paling mudah kita dapatkan dan harganya pun tidak terlalu mahal. Dan yang lebih penting lagi, telur bisa membantu menurunkan berat badan.


Makanan ini banyak mengandung protein, lemak sehat, dan bisa memberikan rasa kenyang lebih lama serta rendah kalori.

Sayuran berdaun hijau atau Ada banyak jenis sayuran berdaun hijau. Namun, Jika harus memilih sayuran berdaun hijau yang benar-benar bisa memberikan kontribusi terhadap penurunan berat badan, maka bayam, sawi, dan kale adalah pilihan tepat. Tentu saja selain sayuran berdaun hijau yang telah disebutkan tersebut, sayuran berdaun hijau lain tetap memiliki manfaat untuk kesehatan maupun untuk menurunkan berat badan karena banyak mengandung nutrisi.

Yang pasti, sayuran berdaun hijau banyak mengandung serat, rendah kalori dan rendah karbohidrat. 

Ikan tuna


Sebenarnya ikan salmon adalah yang paling direkomendasikan. Namun di Indonesia, tentu saja ikan salmon sangat sulit kita dapatkan. Maka alternatif lain sumber asam lemak omega-3 yang bisa membantu menurunkan berat badan adalah ikan tuna. Berbagai jenis ikan laut lainnya bisa membantu menurunkan berat badan terutama yang banyak mengandung minyak.

Sebagian besar ikan laut mengandung yodium berfungsi untuk menyeimbangkan hormon tiroid dan menjaga metabolisme tetap optimal. Selain ikan salmon dan ikan tuna, ikan makarel, ikan sarden ikan herring dan ikan trout juga merupakan ikan yang baik untuk dikonsumsi.


Sayur silangan


Selain sayuran berdaun hijau, sayur silangan seperti kembang kol, kubis kubis brussel, hingga brokoli juga baik untuk dikonsumsi setiap hari dan bisa membantu menurunkan berat badan.

Protein yang terkandung di dalam sayuran jenis ini tidak setinggi yang ada di kacang-kacangan. Akan tetapi, sayur-sayur tersebut memiliki protein yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan sayur lainnya.

Baca juga: Jaga Kesehatan Gusi dan Gigi dengan 5 Vitamin Ini  


Daging sapi dan dada ayam


Banyak orang yang takut mengkonsumsi daging karena menganggap daging bisa membuat tubuh mudah gemuk. Anggapan ini tentu saja tidak berdasar mengingat menurut penelitian, daging merah seperti daging sapi yang bebas lemak dan dada ayam sangat baik untuk membantu menambah massa otot karena tinggi kandungan proteinnya.

Sudah waktunya kamu tahu bahwa daging merupakan makanan yang sangat baik untuk menurunkan berat badan karena kandungan proteinnya. Protein selain bisa membantu membakar kalori antara 80-100 per hari, juga bisa memberikan rasa kenyang lebih lama.

No comments:

Post a Comment