Thursday, 1 November 2018

Makanan yang Harus Dihindari bagi Penderita Hipertesi

Belakangan, menjaga kesehatan adalah salah satu hal yang banyak diperjuangkan semua orang. Kehidupan yang banyak menawarkan berbagai sajian yang kurang mendukung kesehatan semakin banyak saja. Oleh karenanya, banyak orang berlomba-lomba melawan keinginan untuk mengkonsumsi makanan yang menjadi pemicu gangguan kesehatan.



Saya sendiri adalah ibu yang selalu berusaha menyediakan makanan sehat untuk keluarga dirumah. Mengurangi penggunaan MSG serta makanan-makanan siap saji adalah salah satunya. Meskipun anak-anak menyukai makanan siap saji yang sesekali saya hidangkan untuk mereka. Namun, saya sangat membatasi jumlah yang boleh mereka konsumsi. Karena dari makanan inilah kehidupan mereka dimulai.

Banyak orang dewasa yang kini terserang berbagai penyakit, salah satunya adalah Hipertensi. Hipertensi atau yang lebih dikenal dengan tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang bisa menyerang siapa saja, baik pria maupun wanita, bahkan penyakit ini jika tidak segera diobati akan mengundang beberapa penyakit lain yang mematikan seperti serangan jantung, dan juga stroke.


Bahkan kecemasan dan juga stres bisa menyebabkan seseorang terkena hipertensi dan semakin mengharuskan seseorang untuk mengikuti pengobatan yang tepat demi penyembuhan, selain itu beberapa makanan bisa menjadi faktor terjadinya tekanan darah tinggi salah satunya seperti garam. Oleh karena itu anda harus benar-benar selektif dalam memilih makanan demi menjaga pola makan yang sehat karena ternyata garam dan hipertensi erat hubungannya sebagai pemicu.

Penerapan pola makan yang sehat bukan hanya menghindari penyakit hipertensi saja, tetapi juga bisa menghindari penyakit yang lainnya, oleh karena itu penting sekali untuk menjaga apa yang harus dikonsumsi untuk menjaga kesehatan karena nyatanya tidak semua makanan baik dikonsumsi untuk jangka waktu lama atau keseringan. Berikut ini sejumlah makanan yang harus dihindari bagi penderita hipertensi

1.Mengurangi makanan asin atau garam

Garam mengadung natrium, jika asupan natrium tersebut berlebih maka akan merusak beberapa sistem yang ada di dalam tubuh seperti arteri yang saling berhubungan dengan jantung jika aliran darang berkurang pada jantung maka akan menyebabkan serangan jantung dan tentunya itu berakibat fatal. Untuk hindari makanan yang mengandung garam berlebih demi menjaga kesehatan.

2.Hindari makanan kaleng

Makanan kaleng merupakan makanan yang siap saji sehingga tidak perlu repot untuk terlalu lama memasaknya, namun beberapa makanan kaleng biasanya mengandung garam yang berlebih hal itu bertujuan untuk mengawetkan makanan tersebut, untuk itu hindari makanan  siap saji tersebut, jika memang anda tetap menginginkannya untuk sesekali maka anda bisa membilasnya dengan air ketumbar untuk mengurangi kandungan garamnya.

Itulah beberapa makanan yang harus dihindari bagi penderita hipertensi, pada intinya penderita harus melakukan diet garam agar untuk menjaga kesehatan tubuh.

No comments:

Post a Comment