Wednesday 1 November 2023

Sirka, Bantu Kamu Optimalkan Kesehatan Melalui Nutrisi

Dulu sebelum menikah, berat badan saya sangat ideal dan stabil. Berdasarkan asumsi saya sendiri, berat badan ideal saya bisa stabil karena, porsi makan saya tidak terlalu banyak, aktivitas fisik saya lumayan aktif, dan metabolisme tubuh saya masih tinggi.

Tapi nyaris 10 tahun menikah, berat badan saya naik tak terkendali hingga mendekati apa yang disebut sebagai kelebihan berat badan.

Selain bikin banyak baju jadi sempit, ternyata kelebihan berat-badan itu benar-benar nggak enak. Bawaannya suka ngantuk, malas gerak, dan kurang percaya diri.

Ketika perut udah mulai buncit, jari-jari membengkak, pipi makin tembem, dan dagu jadi bertambah, hehehe… Biasanya, saat itulah saya bertekad untuk diet ketat. Biasanya dengan mengurangi porsi karbohidrat seperti nasi dan gula serta makanan-makanan yang terkepung atau makanan-makanan yang digoreng. 

Pengalaman Saya Diet Mandiri

Terobsesi punya body langsing cara membuat saya memaksakan diri untuk melakukan diet ketat tanpa peduli apakah itu sehat atau tidak, yang penting saya bisa kelihatan lasing.

Tapi setelah banyak membaca dan setelah berkonsultasi dengan Ahli Gizi dari Sirka. Saya pun menyadari bahwa, punya body langsing tidak seharusnya dijadikan sebagai tujuan diet. Dan, diet yang dilakukan secara sembarangan juga sangat berbahaya bagi kesehatan.

Karena bisa saja, tubuh yang terlalu kurus adalah indikasi bahwa kita kekurangan berat badan. Kekurangan berat badan sendiri bisa disebabkan karena berbagai faktor. Misalnya seperti, kurangnya asupan nutrisi, gangguan makan, akibat masalah kesehatan tertentu, atau bisa juga disebabkan karena faktor genetik.

Sebaliknya, kelebihan berat badan hingga obesitas juga dianggap sebagai berat badan yang tidak ideal. Kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan seperti, diabetes tipe 2, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, hingga gangguan metabolik.

Saking terobsesinya pingin kurus, saya bahkan pernah beberapa kali membeli obat pengurus badan. Pikiran yang masih sempit dan kurangnya pengetahuan serta anggapan bahwa tubuh kurus itu cantik membuat saya beberapa kali mencoba diet ketat dengan membatasi asupan makan.

Sayang, hasilnya kadang tak sesuai harapan. Apalagi kalau kita kembali ke gaya makan yang lama. Dijamin kita akan mengalami efek Yoyo. Maksudnya, badan yang tadinya sudah susah payah dikurusin selama berbulan-bulan, bakal kembali melar hanya dalam hitungan minggu.

Tapi karena terobsesi untuk punya tubuh yang kurus, saya sering kepo kalau ada berita-berita tentang seleb yang sukses diet. Terutama, kepo dengan metode diet yang mereka terapkan.

Tapi semakin banyak saya membaca tentang berita para seleb yang sukses menurunkan berat badan, saya jadi semakin tahu rahasia diet mereka. Karena, dari sebagian besar berita yang saya baca, pasti tertulis “ahli gizi” sebagai salah satu faktor dibalik kesuksesan diet para seleb tersebut.

Inilah yang membuat saya bertanya-tanya, sebenarnya apa peran ahli gizi saat diet? Serta, mengapa mereka selalu dilibatkan dalam setiap usaha untuk menurunkan, menaikkan, atau mempertahankan berat badan ideal?

Peran Ahli Gizi untuk Diet

Karena merasa penasaran dengan peran ahli gizi dalam setiap diet para seleb yang sukses, saya pun mencoba mencari tahu lebih banyak tentang hal tersebut.

Dari banyak membaca, saya mengetahui berbagai peran penting ahli gizi jika kita melakukan diet. Tak hanya itu, saya juga jadi menyadari berbagai kesalahan-kesalahan yang saya lakukan selama menerapkan diet mandiri.

Saya rangkum dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa peran seorang ahli gizi yang sangat dibutuhkan saat kita diet.

  • Menilai kebutuhan gizi per individu. Setiap orang memiliki kebutuhan gizi yang berbeda-beda berdasarkan usia, aktivitas, kondisi kesehatan, hingga preferensi makanan masing-masing. Di sinilah peran ahli gizi, mereka bisa menentukan kebutuhan gizi kita dengan cara mengevaluasi kondisi kesehatan kita secara keseluruhan, mengevaluasi tingkat aktivitas fisik, dan preferensi makanan. Barulah mereka merancang diet yang sesuai dan aman. Jadi, kita tidak boleh sembarangan mengikuti atau menentukan sendiri pola diet seseorang
  • Menyediakan informasi nutrisi. Peran ahli gizi yang kedua adalah untuk memberikan pemahaman tentang nutrisi. Termasuk makronutrien berupa karbohidrat dan protein serta lemak, di samping mikronutrien yang berbentuk vitamin dan mineral. Singkatnya, ahli gizi akan membantu kita menilai gizi dan memilih makanan yang tepat untuk dikonsumsi
  • Membuat rencana diet. Ahli gizi bisa membantu kita membuat rencana diet yang seimbang sesuai dengan kebutuhan nutrisi per individu
  • Melakukan pemantauan dan evaluasi. Selain membuat rencana diet, seorang ahli gizi juga berperan penting dalam memantau dan mengevaluasi proses penurunan atau kenaikan berat badan. Manfaat melakukan Pemantauan dan evaluasi adalah untuk memperbaiki atau melakukan perubahan diet apabila rencana diet yang sudah dirancang belum berhasil
  • Selain itu, seorang ahli gizi juga berperan penting dalam
    • Merekomendasikan aktivitas fisik yang sesuai untuk mendukung diet
    • Memberikan dukungan psikologi
    • Memberikan edukasi tentang makanan
    • Mencegah agar kita tidak kekurangan nutrisi
    • Membantu menjaga berat badan yang sehat dan menghindari efek Yoyo, yaitu peningkatan berat badan yang cepat setelah berhenti diet

Setelah mengetahui berbagai alasan mengapa para seleb yang mau diet selalu melibatkan ahli gizi, saya jadi bertanya-tanya, kira-kira kalau saya sanggup nggak ya menyewa ahli gizi untuk membantu saya diet menurunkan berat badan?

Ternyata, menyewa jasa ahli gizi untuk konsultasi ataupun untuk membantu kita membuat rencana diet. Entah itu untuk menurunkan berat badan, menaikkan berat badan, menjaga berat badan ideal, diet promil atau saat menyusui, serta diet untuk berbagai penyakit kronis seperti gastritis, gerd, hingga hipertensi ternyata tidak semahal itu.

Cerita pengalaman saya berkonsultasi dengan ahli gizi akan saya ceritakan di bawah nanti. Sekalian, saya akan memberikan bocoran mengenai perkiraan harga atau tarif menyewa jasa ahli gizi untuk diet. So, keep reading ya bestie…

Bahaya Diet Ketat Tanpa Bimbingan Ahli Gizi

Sebagai orang yang pernah mencoba diet ketat secara mandiri tanpa bimbingan ahli dan tanpa ilmu, saya sudah mengalami sendiri bagaimana diet sembarangan seperti ini sangat merugikan kesehatan dan bisa menurunkan kualitas hidup kita.

Karena itulah, sebelum saya menceritakan pengalaman saya berkonsultasi dengan ahli gizi untuk diet menurunkan berat badan, saya pengen sharing sedikit mengenai bahaya diet ketat tanpa bimbingan ahli. Supaya kalian nggak melakukan kesalahan yang sama seperti saya. 

Jadi, setelah berdiskusi dengan ahli gizi dari Sirka dan setelah banyak membaca. Saya menyadari bahwa, diet yang selama ini saya terapkan tanpa ilmu dan bimbingan (ahli) sangat berbahaya bagi kesehatan. Pasalnya, diet sembarang ini berpotensi menyebabkan,

  • Kekurangan nutrisi (vitamin dan mineral). Kekurangan nutrisi dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti anemia, gangguan imun, hingga masalah tulang
  • Merosotnya tingkat metabolisme tubuh terutama jika kita melakukan diet kalori yang ketat
  • Kehilangan massa otot yang dapat berdampak negatif pada kekuatan serta metabolisme tubuh
  • Dapat juga menyebabkan gangguan makan seperti anoreksia atau bulimia
  • Bisa menurunkan tingkat energi dan konsentrasi. Karena kekurangan koleris serta nutrisi akan mengakibatkan tubuh tidak memiliki sumber energi hingga membuat lemah secara fisik membuat otak sulit untuk diajak berpikir
  • Di samping itu, diet ketat hingga menyebabkan kita kekurangan nutrisi juga dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan serius yang perlu diwaspadai seperti, masalah gangguan jantung, gangguan hormonal, osteoporosis, hingga gangguan pencernaan

Pengalaman Saya Mencoba Konsultasi dengan Ahli Gizi di Sirka

Beberapa waktu lalu, saya berkesempatan untuk mencoba konsultasi dengan dengan ahli gizi Sirka melalui google meet. Awalnya saya diminta untuk mengisi health assesment yang akan di review oleh nutrisionis dan akan dikupas tuntas dalam sesi google meet.

Disana Saya berbicara dengan Nutrisionis Sirka, Kak Himawati. Kak Himawati yang komunikatif membuat saya tidak malu-malu untuk bertanya secara terbuka.

Dari assesment saya, ternyata saya terdeteksi kelebihan berat badan dan benar, saya kurang gerak haha. Dari saran Nutrisionis Sirka, saya dianjurkan untuk bisa bergerak minimal 150 menit/minggu. Untuk waktu tidur dan tekanan darah semuanya normal.

Dilanjutkan dengan asupan makanan dan Frekuensinya, saya disarankan untuk lebih sering mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran. Saya juga menanyakan perihal cara diet yang beberapa waktu lalu viral di media sosial, menurut Kak Himawati, kebutuhan gizi setiap orang itu berbeda-beda, jadi tidak perlu meniru cara diet orang lain.

Mengenal Sirka

Sirka merupakan layanan kesehatan berupa program, bimbingan serta pendampingan dan produk nutrisi yang meliputi:

  1. Konsultasi dengan ahli gizi
  2. Program manajemen berat badan
  3. Kesehatan perempuan (promil, pcos, menyusui)
  4. Penyakit kronis (diabetes, gerd/gastritis, hipertensi)

Dengan misi membantu pelanggan Sirka untuk mengoptimalkan kesehatan melalui nutrisi. Dengan membangun kebiasaan hidup secara efisien yang memanfaatkan teknologi untuk memantau progress harian secara praktis. 

Tidak perlu khawatir, Seluruh praktisi kesehatan Sirka sudah terakreditasi oleh Kementerian Kesehatan.

Keunggulan Sirka

Yang perlu digaris bawahi adalah, Program Sirka ini tidak menjual atau menggunakan obat ya, melainkan bimbingan untuk menerapkan pola makan dan gaya hidup yang sehat. 

Sirka tidak hanya sekedar menawarkan penerapan diet dengan pola makan yang teratur, sehat dan bergizi seimbang. Tapi kamu juga bisa melakukan program lain seperti promil, Program penyakit kronis, hipertensi, diabetes juga program PCOS hingga program Post-partum dan menyusui.

Penutup

Peran ahli gizi tidak hanya untuk membantu mempertimbangkan kebutuhan nutrisi tubuh, tapi juga secara berkala memonitor perjalanan diet kita sesuai dengan kebutuhan tubuh kita secara pribadi.

Saya juga jadi tahu peran penting ahli gizi dalam menjalankan diet, baik untuk menurunkan berat badan, menaikkan berat badan, mempertahankan berat badan, ataupun untuk menghindari penyakit-penyakit kronis tertentu seperti, diabetes hingga hipertensi.

Mulai sekarang, yuk.. Jalani hidup sehat dengan nutrisi seimbang bareng Sirka dengan program-program kesehatan dengan cara yang menyenangkan dan kamu bisa pilih sesuai kebutuhan dengan harga yang terjangkau. Ya.. cukup dengan mulai dari 500/perhari aja. Seru kan?



Previous Post
Next Post

post written by:

Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

0 comments: