Friday, 24 March 2017

Nikmatnya Kuliner Khas Wonosalam, Kolak Durian

Daerah saya, tempat kelahiran saya di Wonosalam Jombang, daerah gunung Anjasmara terkenal sekali dengan penghasil buah durian. Setiap tahun durian Wonosalam pasti banyak diburu oleh pecinta buah ini. Saya dan suami termasuk orang yang doyan banget makan durian, tapi sayangnya tahun ini harga buah durian sangat mahal. Pas di kebun emak saya pohon durian jarang sekali berbuah. Tapi berhubung saya punya uang buat beli, meskipun satu dua buah, jadinya saya tetep bisa merasakan buah duren ini.

cara membuat Kolak duren
Kolak Durian Wonosalam


Awal-awal ada, buah durian harganya bisa mencapai Rp. 100.000 per buah. Tak heran kalau buah ini dijuluki buah-buahan milik orang kaya. Padahal gak juga, saya juga gak kaya kok, asal punya uang ya bisa beli, gak harus nunggu kaya. Eh gak dink, punya uang dan ada niat buat beli durian, itu yang bener haha.

Bibik Saya Penjual Duren


Adik ibu saya memang setiap tahunnya si Bibik ini jualan duren di daerah Pasar Buah Sumber, Wonosalam. Saya rasa bibik saya bisa memperoleh banyak keuntungan dari berjualan duren. Saya sendiri beberapa kali beli disana, entah harga sebenarnya atau harga diskon, yang jelas saya percaya aja saya bibik saya. Harga terbaiklah haha. Dan berhubung saya juga sedang hamil, makan duren bisa jadi alasan klasik kalau saya lagi ngidam #modus.

Kolak Durian yang Melegenda


Setiap pulang kampung ke Wonosalam, dipinggir jalan banyak sekali orang jualan duren. Dan tak kalah, warung-warung desa yang dulunya sepi, kini saat musim durian mendadak rame tak terkira. Dan pastilah, mereka sediain menu ketan durian di etalase makanan mereka. Sebenarnya kalaupun bikin sendiri sangat gampang sih, bahannya juga simple. Berhubung pengen cepet, durian yang saya beli dimakan mentahan ajaaa.. itupun kurang puas wkwkwk. Apalagi si Mas tersayang gak suka kalau sudah jadi kolak durian. Per porsi, kolak durian dihargai Rp.5.000 - Rp. 7.000 perak. Tergantung tempatnya. Dan itu kalau didesa sudah mahal banget nget ngettt.


Resep dan Cara membuat Kolak Durian


Cara membuat kolak durian ini gampang banget, bahannya cuma ada 5 kalau gak salah.

Bahan Membuat Kolak durian


  • Durian
  • Ketan
  • Santan Kelapa
  • Gula
  • Garam

Ya.. cuma itu :D. Cara masaknya, mudah bangettt.. Ketannya di kukus, namun sebelum itu direndam dulu ya sekitar 2-3 jam. Kemudian buat kuahnya yang terdiri dari santan kelapa (usahakan agak kental) masukkan gula, garam, dan durian tentu saja. Sudah gitu aja kayak bikin kolak biasa. Tapi ingat, saat makan kolak durian, jangan maruk karena rasanya yang legit banget, jadi cepet kenyang dan bosen.

Nah hari inii... Alhamdulillah saya dibawain 2 bungkus kolak durian sama bibik saya. Sebenarnya saya pesennya udah dari sebulan yang lalu, tapi berhubung bibik saya baru turun ke Mojoagung, jadinya ya nunggu deh.. Pengen coba kuliner ini? Yuk main ke Wonosalam, atau bikin sendiri deh dirumah ;).

2 comments:

  1. Aku ngga doyan durian Mbaa.. Untung yaa..soalnya ga punga uang buat beli. :D

    ReplyDelete
  2. Di sini adalah tempat kenangan saya masa kecil, mulai dari sering 'nyuri' buah jeruk bali, main di sumber brantas, prosotan lumpur, tapi sampe sekarang saya nggak doyan durian. :)

    Kapan nuel mudik? Aq juga sudah puluhan tahun tidak ke wonosalam..kangen masa TK

    ReplyDelete