Thursday 15 December 2022

Sambal Ny. Rara: Citarasa Sambal Rumahan yang Pedasnya Nampol!

"Dek, sambelnya mana?"

"Bikinkan sambal dong dek."

"Dek, mau dibuatin sambal penyet tempe dong…"

Itulah sejumlah kalimat yang sering diucapkan oleh suami saya setiap kali makan tanpa sambal.

Suami saya ini emang doyan banget makan makanan pedas atau pakai sambal. Bahkan, dalam beberapa kesempatan saya seringkali dibuat kaget karena dia bisa ngabisin sambal satu cobek yang notabenenya saya persiapkan untuk 2 atau 3 kali waktu makan.

Tapi karena ada anak-anak, saya jadi makin jarang masak masakan pedas. Jadi, mau nggak mau, sambal lah yang menjadi alternatifnya.

Saking seringnya suami minta sambal setiap kali makan, sampai membuat saya secara khusus meluangkan waktu untuk ngajarin doi bikin sambal. Supaya kalau saya lupa, nggak sempat, atau buru-buru, suami bisa bikin sambal sendiri.

Alternatif Sambal Instan yang Enak

Karena sambal sudah nyaris jadi menu wajib suami setiap makan, maka aktivitas bikin sambal pun jadi tak terelakkan setiap kali masak.

Tapi, bikin sambal kadang-kadang nggak sebentar. Sementara saya… saya seringkali harus fokus mengerjakan beberapa deadline artikel dan lain-lain. Akibatnya, menu sambal ini semakin sering terlewatkan.

Selain itu, kalo makan di luar juga sambal ini sering kali tidak dihidangkan di beberapa warung makan. Kalaupun disedikan, kadang rasa sambalnya nggak sesuai selera suami.

Karena itulah saya sempat berfikir untuk membeli sambal instant. Karena menurut saya ini bisa jadi alterlatif terbaik kalo lagi nggak sempat bikin sambal atau kalau lagi traveling jauh.

Sambal Ny. Rara Cita Rasanya seperti Sambal Rumahan

Nyari sambal instan yang enak itu nggak gampang lho. Apalagi kalo kita punya selera tertentu.

Saya sendiri sebelum melirik sambal instan, sudah terlebih dahulu nyobain berbagai merek dan rasa saus sambal. Dari yang pedas biasa sampai yang pedas extra. Tapi, nggak satupun dari saus-saus ini yang bisa bikin suami tergugah. Mungkin karena rasanya yang kurang alami.

Karena memang, rasa saus beda banget sama sambal. Kalo saus emang lebih cocok digunakan sebagai bumbu masak atau sebagai cocolan.

Setelah sekian lama mencari, akhirnya saya menemukan sambel Ny. Rara (Nyonya Rara) yang punya cita rasa seperti sambal rumahan karena terbuat dari bahan yang fresh dan premium.

Pertama kali nyobain, kita langsung nyobain 3 varian rasa, yaitu:

  • Sambal Terasi
  • Sambal Kecombrang, dan
  • Sambal Tuna

Dari pengalaman nyobain 3 varian sambal Ny. Rara tersebut, saya maupun suami kompakan berpendapat kalau,

Sambal ini pedasnya nampol banget 

Jadi, bisa dipastikan kalau cabenya cukup banyak

Rasanya lebih alami khas sambal rumahan

Topingnya berlimpah. Pertama saat saya mencoba sambal kecombrang dan sambal tuna, dimana kita bisa melihat perbedaan tekstur dan aroma serta rasa dari ikan tuna maupun kecombrang

Kemasannya aman karena diberi segel jadi nggak Gampang tumpah

Variannya banyak. Selain Sambal Kecombrang, Tuna, dan Terasi seperti yang saya cobain di rumah, Sambal Ny. Rara punya beberapa varian lain seperti:

  •  Sambal Cumi
  • Sambal Teri Medan
  • Sambal Gami
  • Sambal Geprek
  • Sambal Jengkol
  • Sambal Bawang
  • Sambal Petai
  • Sambal Rebon Pedas

Selain berbagai varian sambal tersebut, sambal Ny. Rara juga punya sekitar 3 jenis paket sambal yang toppingnya dikombinasikan, seperti:

  • Paket Sambal Cute Banget (Cumi Teri Medan Bawang)
  • Paket Sambal Jeng Tuti (Jengkol Tuna Terasi)
  • Paket Sambal Bon Terek (Rebon Teri Geprek)
  • Paket Sambal Jeng Cumbrang (Jengkol Cumi Kecombrang)
  • Paket Sambal Gamteti (Gami Petai Teri)

Jadi, bisa dibilang, pilihan sambelnya itu lengkap banget sehingga kita bisa lebih mudah memilih sesuai dengan selera masing-masing.

Saya dan suami meskipun tergolong sebagai penggemar sambal nggak terlalu suka dengan sambal yang levelnya kelewat pedas.

Karena kalau terlalu pedas, saya sendiri kurang bisa menikmati apa sambalnya. Jadi, saya relatif suka sambal yang pedas tapi masih bisa dinikmati.

Nah, Sambal Ny. Rara ini punya dua varian level. Level yang pertama yaitu level Pedas Nampol dan yang kedua Pedas Nagih."

3 varian sambal yang saya coba tersebut adalah varian level Pedas Nagih yang menurut saya masih bisa dinikmati. Tapi kalau kamu suka dengan rasa pedas yang nampol! Varian Pedas Nampol bisa jadi pilihan tepat. Karena sambal varian ini menggunakan cabe rawit asli dengan jumlah yang berlimpah, sehingga rasanya pun jadi lebih dahsyat.

Meskipun saya sendiri belum pernah nyobain level Pedas Nampol, tapi saya yakin pedasnya pasti di atas rata-rata, karena cita rasa varian Pedas Nagih yang saya cobain aja udah lebih pedas dari sambal yang biasanya saya buat.

Harga Sambal Ny. Rara

Sambal Ny. Rara ini cocok banget untuk stok sambal di rumah. Karena kita nggak perlu lagi repot-repot bikin sambal kalau mau makan.

Topingnya yang berlimpah juga bikin kita nggak repot lagi nyari lauk. Waktu saya nyobain sambal terasi-nya, saking banyaknya topping-nya, saya bisa langsung makan nasi putih pakai sambal ini. Dan, rasanya seperti makan tuna pake sambal.

Kalau soal harga, menurut saya masih cukup masuk akal. Mengingat, sambal ini punya topping yang berlimpah dan cabenya juga nggak pelit.

Berikut adalah daftar harga sambal Ny. Rara:

  1. Kemasan 200gr: Rp 41.000 ~ Rp 48.500
  2. Kemasan 120gr: Rp 25.000 ~ Rp 29.500
  3. Kemasan 35gr: Rp 9.900 ~ Rp 10.900
  4. Paket 200gr: Rp 139.000
  5. Paket 120gr: Rp 88.000

Meskipun menurut saya semua kemasan mudah dibawa saat traveling, tapi kemasan yang kecil terkesan lebih praktis.

Buat kalian yang tertarik untuk membeli, selain bisa membeli langsung lewat WA, sosial media, dan lewat marketplace. Berikut adalah beberapa tempat Sambal Ny. Rara.

  • Whatsapp : https://ny.rara.co.id/chat/wa-comment/
  • DM Instagram, Tiktok, dan Facebook @sambal.ny.rara
  • Shopee : https://shopee.co.id/sambalnyrara
  • Tokopedia : https://www.tokopedia.com/sambalnyrara
  • Instagram : https://www.instagram.com/sambal.ny.rara/

Saya merekomendasikan tempat beli diatas karena itu adalah official store yang menurut saya lebih aman. Karena, selain bisa dapat sambal yang kondisinya keras dan siap makan, official store juga memberikan garansi 100%.

Jadi, kalau ada apa-apa dengan sambalnya selama proses pengiriman. Misalnya tumpah atau pecah. Kita bisa mengklaim garansi. Dan, sambalnya akan diganti 100%.

Untuk mengklaim garansi, kita cukup mengirimkan video unboxing. Jadi, kalau sambelnya sampai, jangan lupa divideoin supaya lebih gampang mengklaim garansi kalau ada apa-apa.

Cara Menyimpan

Karena ini adalah sampel yang fresh dan tidak menggunakan bahan pengawet, maka masa simpan nya pun sangat terbatas.

Kalau segelnya belum dibuka, kita masih bisa menyimpannya selama kurang lebih 1 bulan sejak dibuat. Untuk mengetahui tanggal kadaluarsanya bisa dilihat pada tutup kemasan.

Tapi kalau segelnya sudah dibuka, sambal ini hanya bisa tahan 4 hari. Tapi kalau mau awet, kita bisa menyimpannya di kulkas.

Nah bagi ibu-ibu yang nggak mau ribet namun masih ingin merasakan kenikmatan sambal rumahan, bisa langsung pesan sambal Ny. Rara di sini ya.. 

Previous Post
Next Post

post written by:

Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

0 comments: