Wednesday 19 October 2022

Bisakah Sunscreen Mencegah Penuaan dan Kanker Kulit?

Kegiatan membaca rutin saya pagi ini, saya mulai dengan membaca sebuah artikel tentang rekomendasi sunscreen Wardah dan manfaatnya di website ceklis.id.

Saya sengaja mencari artikel tentang sunscreen (tabir surya) karena saya merasa penasaran dengan efek negatif sinar UVA dan UVB terhadap kulit kita.

Meski tidak menemukan apa yang saya cari pada artikel tersebut, tapi ada banyak hal rekomendasi tabir surya bagus yang bisa saya temukan di sana. Disamping beberapa pengetahuan seperti, mengapa kita membutuhkan sunscreen? Sunscreen apa yang bagus untuk dipakai? Dan, cara memilih sunscreen yang tepat.

Saya yakin, banyak diantara pembaca yang pasti sudah familiar dengan manfaat tabir surya--yang bisa melindungi kulit dari efek negatif sinar ultraviolet. Tetapi, saya juga yakin kalau di antara teman-teman pasti tidak banyak yang tahu apa dampak spesifik sinar UVA dan UVB terhadap kulit kita, bukan?

Tapi sebelum saya memaparkan berbagai dampak sinar ultraviolet terhadap kulit secara spesifik. Terlebih dahulu saya ingin membahas–mengapa kita membutuhkan tabir surya dan bagaimana cara menerapkan serta memilih tabir surya yang tepat.

Pasalnya, meski sering mendengar istilah "sunscreen" dalam berbagai produk perawatan kulit, tapi masih banyak diantara kita yang belum memahami manfaatnya. Atau, bahkan enggan menggunakannya karena menganggapnya tidak terlalu penting.

Mengapa Kita Membutuhkan Sunscreen?

Pada dasarnya, semua orang, baik itu pria maupun wanita serta anak-anak yang berusia di atas 6 bulan membutuhkan tabir surya setiap hari. Dan, tidak peduli apakah kulitmu berwarna gelap atau terang, kamu tetap membutuhkan tabir surya.

Satu-satunya pengecualian adalah orang-orang yang memiliki kulit sensitif.

Mengapa setiap orang diharuskan untuk menggunakan tabir surya?

Tabir surya adalah produk yang mengandung bahan aktif yang bisa memblokir dan menyerap radiasi sinar ultraviolet dari matahari sebelum menembus kebalik kulit kita dan menyebabkan berbagai kerusakan.

Jika kulit tidak dilindungi dengan tabir surya, berikut adalah beberapa risiko kesehatan yang berpotensi kita alami.

  • Kanker kulit seperti kanker sel basal maupun sel skuamosa yang pada umumnya muncul di usia 50 tahun
  • Kerusakan kulit sejak usia dini
  • Penuaan dini pada kulit atau photoaging
  • Menyebabkan munculnya flek hitam serta kerutan-kerutan halus pada kulit
  • Menyebabkan pigmentasi
  • Melanoma
  • Menurut ahli kesehatan, sinar UV juga dapat menyebabkan kerusakan sistem kekebalan tubuh, karena sinar UV dapat menekan dan mengganggu efektivitas imun

 Mengapa Sinar Ultraviolet Berbahaya?

Sinar ultraviolet adalah radiasi yang dihasilkan oleh matahari. Sinar ultraviolet tidak bisa dilihat mata karena memiliki gelombang yang lebih pendek dibandingkan gelombang cahaya tampak. Meski tidak bisa dilihat, namun sinar ultraviolet bisa rasakan pada kulit.

Sinar ultraviolet (UV) terbagi menjadi dua yaitu UVA dan UVB. Keduanya memiliki panjang gelombang yang berbeda. UVA yang memiliki gelombang lebih panjang dipercaya dapat menyebabkan penuaan kulit. Sebaliknya, UVB yang memiliki gelombang lebih pendek dapat menyebabkan kulit terbakar dan bisa menembus serta merusak lapisan kulit terluar.

Sinar ultraviolet yang menyebabkan kulit terbakar memainkan peranan penting dalam pengembangan penyakit melanoma, yaitu sejenis kanker kulit yang sangat berbahaya.

Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa sinar UV yang dapat merusak kulit, juga dapat mengubah gen dan meningkatkan resiko kerusakan sel kulit.

Cara Melindungi Kulit dari Radiasi Sinar UV

Untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet, kita bisa menggunakan kain (pakaian) ataupun sunscreen (tabir surya).

Menurut The Skin Cancer Foundation, tabir surya yang bagus dan efektif adalah yang mengandung SPF 15 atau lebih tinggi.

Apa itu SPF?

SPF adalah singkatan dari Sun Protection Factor. Angka yang mengikutinya adalah informasi mengenai, berapa lama sinar UV bisa menyebabkan kulit terbakar.

Contohnya, kalau kita menerapkan sunscreen dengan SPF 30 pada kulit maka, akan dibutuhkan waktu sekitar 30 kali lebih lama sampai kulit terlihat gosong jika dibandingkan dengan tanpa menggunakan tabir surya.

Kapan Tabir Surya Sebaiknya Diaplikasikan?

Tabir surya sebaiknya diterapkan 30 menit sebelum keluar ruangan. Dan, para ahli merekomendasikan kita untuk memperbarui tabir surya setiap 2 jam sekali.

Baik itu jika kita terpapar sinar matahari terus-menerus ataupun setelah berenang dan berkeringat secara berlebihan.

Meskipun cuaca sedang mendung, pada siang hari kita tetap dianjurkan untuk menggunakan tabir surya. Karena 80% radiasi UV bisa mencapai permukaan bumi saat cuaca sedang mendung.

Bagaimana Cara Menerapkan Tabir Surya yang Benar?

Menurut para ahli, tabir surya perlu diterapkan ke seluruh tubuh sebelum kita berpakaian. Atau 30 menit sebelum keluar ruangan.

Atau paling tidak, oleskan tabir surya pada bagian-bagian tubuh yang tidak tertutup pakaian. Mulai dari bagian wajah, belakang telinga, pada leher (khususnya pada bagian tengkuk), lengan dan tangan serta kaki.

Rekomendasi Sunscreen Terbaik

Memilih sunscreen dengan SPF yang nilainya dua kali lipat lebih tinggi tidak berarti akan memberikan kita perlindungan dua kali lipat.

Karena sunscreen dengan SPF 15 akan memberikan perlindungan hingga 93%, dan Sunscreen dengan SPF 30 akan memberikan perlindungan maksimal hingga 97%. 

Meski demikian, semakin tinggi SPF dari tabir surya yang kita gunakan, tentu akan semakin baik, karena perlindungannya lebih maksimal.

Wardah adalah salah satu produsen sunscreen terbaik. Mereka menyediakan banyak jenis produk yang dapat dipilih berdasarkan kebutuhan.

Pada artikel yang saya baca di ceklist.id, di sana telah dibahas secara khusus berbagai produk sunscreen Wardah yang bisa kita pilih sesuai jenis kulit maupun berdasarkan kebutuhan masing-masing.

Jadi, buat kalian yang pengen tahu bagaimana cara memilih tabir surya Wardah yang tepat serta apa saja kelebihan setiap produknya, kalian bisa langsung membaca ulasan lengkap sunscreen wardah di ceklist.id dengan mengklik tautan yang telah saya cantumkan tadi.

Menurut pendapat saya, produk-produk Wardah sangat cocok dengan kulit wanita Indonesia. Begitu juga produk sunscreen mereka yang telah disesuaikan dan diformulasikan berdasarkan kondisi matahari di negara kita.

Selain karena alasan tersebut, saya merekomendasikan tabir surya merk Wardah karena harga sunscreen Wardah rata-rata cukup terjangkau.

Previous Post
Next Post

post written by:

Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

0 comments: