Sunday 31 July 2022

Cara Saya Membuat Pekerjaan Rumah Tangga Jadi Ringan

Sebagai seorang wanita sekaligus Ibu dari dua orang anak, saya selalu berusaha untuk maksimal dalam mengerjakan setiap pekerjaan rumah tangga. Termasuk, dalam hal mengurus anak.

Berbagai pekerjaan seperti memasak, cuci baju, menyetrika, dan berbagai pekerjaan rumah tangga lainnya, sudah pasti sangat melelahkan.

Tapi untungnya, suami saya yang juga seorang bloger dan bekerja dari rumah (WFH). Sehingga, pekerjaan saya bisa jadi lebih ringan. Belakangan, anak saya yang sudah mulai masuk sekolah juga saya ajarkan untuk mandiri. Sehingga, sedikit-sedikit mereka bisa membantu meringankan pekerjaan rumah tangga.

Di dalam keluarga kami, kami menekankan bahwa, kami hidup bersama di bawah satu atap. Maka, setiap pekerjaan adalah tugas bersama. Itulah sebabnya mengapa pekerjaan rumah tangga saya jadi lebih ringan.

Selain menekankan bahwa, setiap tugas rumah tangga adalah tugas bersama, ada berbagai hal yang saya biasakan agar pekerjaan rumah tangga jadi jauh lebih ringan, seperti yang akan saya bahas di bawah ini.

Kiat-kiat Saya dalam Meringankan Pekerjaan Rumah Tangga

Suami yang WFH adalah salah satu hal yang sangat saya syukuri. Karena, berkat keberadaannya di rumah, banyak pekerjaan yang bisa diselesaikan lebih cepat. Sehingga hari-hari saya pun tidak terlalu melelahkan.

Meski demikian, seperti yang saya ungkapkan sebelumnya di atas. Sebagai usaha untuk meringankan pekerjaan rumah tangga, saya mencoba menerapkan beberapa aturan, seperti:

1. Mengenakan pakaian yang nyaman untuk beraktivitas 

Saat mengerjakan pekerjaan rumah tangga, saya selalu berusaha untuk menggunakan pakaian yang membuat saya merasa nyaman tanpa mengurangi kesopanan.

Karena meskipun saya berada di rumah sendiri, saya tetap berusaha untuk menjaga kesopanan dalam berpakaian di depan anak-anak yang mulai tumbuh besar.

Beberapa waktu belakangan ini. Saya bahkan merasa jauh lebih nyaman saat mengerjakan berbagai pekerjaan rumah tangga dibandingkan dengan beberapa waktu sebelumnya.

Hal ini karena saya memilih menggunakan active wear dari Felancy. Saya sendiri agak sedikit menyesal karena baru merasakan betapa nyamannya beraktivitas menggunakan active wear.

Padahal, sebelum-sebelumnya, suami saya yang sering mengajak saya untuk berolahraga, sudah menyarankan saya untuk membeli sport bra. Tapi waktu itu saya tidak menganggapnya penting-penting amat.

Bagi ibu-ibu rumah tangga yang belum pernah mencoba menggunakan sport bra. Saran saya ini boleh dicoba.

Pasalnya, dengan mengenakan pakaian yang nyaman, saya sendiri merasa lebih bahagia dalam mengerjakan setiap pekerjaan.

Pengalaman pertama saya menggunakan activewear dari Felancy ini akan saya bahas setelah pembahasan point-poin di bawah ini. So, keep reading ya guys…

2. Kerja Sama

Budaya gotong royong adalah budaya yang menurut saya perlu dilestarikan. Karena dengan bekerja sama, setiap pekerjaan jadi jauh lebih mudah, lebih ringan, dan lebih cepat selesai.

Di rumah, ada banyak hal yang bisa dilakukan bersama-sama. Seperti cuci pakaian, melipat baju, hingga cuci piring.

Karena suami saya ada di rumah, saya jadi bisa mengajaknya mengerjakan beberapa pekerjaan rumah tangga bersama-sama.

Seperti cuci piring misalnya. Saat bekerja sama untuk mencuci piring, biasanya suami saya akan mengambil alih tugas menyabun semua peralatan makan dan saya bertugas untuk membilasnya.

Bekerja sama seperti ini tidak hanya membuat pekerjaan jadi jauh lebih mudah, lebih ringan, dan cepat selesai, dan tapi. Lebih dari itu, bekerja sama dengan orang-orang yang kita sayangi membuat pekerjaan terasa lebih menyenangkan. Disamping bisa memperkuat ikatan batin diantara kami.

Tidak hanya dengan suami, saya juga sering bekerjasama dengan anak-anak saat menyelesaikan berbagai pekerjaan rumah tangga.

Misalnya saat mencuci. Saya akan mengambil tugas untuk mencuci dan, anak-anak akan mengambil tugas untuk menjemur pakaian.

Sejak dini saya memang sudah mengajarkan anak-anak bagaimana caranya hidup mandiri. Agar saat mereka besar kelak, mereka sudah terbiasa melakukan pekerjaan-pekerjaan seperti ini.

3. Memulai kegiatan lebih awal

Bangun pagi di saat subuh tidak hanya membantu kami bisa beribadah tepat waktu. Tapi juga menyediakan waktu luang yang lebih banyak. Sehingga, saya, suami, maupun anak-anak bisa menyiapkan lebih awal berbagai hal yang kami butuhkan untuk hari itu.

Dengan memulai lebih awal. Kita tidak akan tergesa-gesa dalam mengerjakan setiap pekerjaan. Meski demikian, menyelesaikan secepat mungkin setiap pekerjaan juga akan memberikan keuntungan tersendiri yang nanti akan saya bahas pada poin ke-4.

Ketika melakukan kegiatan lebih awal, saya, suami, maupun anak-anak jadi lebih enjoy dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Hal ini bisa kami alami karena, tidak ada tekanan yang membuat kami harus terburu-buru dalam menyelesaikan tugas-tugas kami.

4. Menyelesaikan setiap pekerjaan secepat mungkin

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menyelesaikan pekerjaan lebih cepat. Dan, hal tersebut, kadang-kadang tergantung pada jenis pekerjaannya.

Cara menyelesaikan setiap pekerjaan secepat mungkin adalah dengan menerapkan multitasking. Bagi saya, memasak sambil mencuci peralatan makan yang kotor bisa menghemat lebih banyak waktu. Kadangkala, saya memasak sambil mencuci pakaian.

5. Mengajarkan anak untuk hidup mandiri

Setiap orang tua memilih cara mengasuh anak yang berbeda-beda. Bagi saya dan suami, kami sepakat untuk mengajarkan anak agar mereka bisa mandiri sedini mungkin.

Karena itu, kami tidak terlalu memanjakan anak-anak. Meski demikian, kami tetap menghargai dunia mereka dengan tetap memberikan keleluasaan kepada anak-anak untuk bermain dan menikmati masa kanak-kanaknya.

Namun, dengan mengajarkan anak-anak untuk hidup mandiri sedini mungkin, ada banyak pekerjaan rumah tangga yang jadi terasa lebih ringan.

Untuk mengajarkan anak hidup mandiri. Kami tidak hanya membiasakan mereka untuk menyikat gigi sendiri, mandi sendiri, belajar bagaimana cara cebok setelah buang air kecil maupun buang air besar sendiri, tapi, kami juga mengajarkan mereka bagaimana cara menjemur baju, mencuci piring, dan lain sebagainya.

Setelah mereka mulai terbiasa hidup mandiri, anak-anak bisa mandi sendiri, sikat gigi sendiri, makan tanpa disuapi, menggunakan seragam sekolah sendiri, hingga menyiapkan buku pelajaran mereka sendiri.

Dengan banyaknya kegiatan yang bisa dilakukan sendiri oleh anak membuat tugas saya dan suami sebagai orang tua jadi jauh lebih ringan. 

Jadi, seperti yang telah saya sampaikan di atas, bekerja sama dengan anggota keluarga yang lain dalam mengerjakan pekerjaan rumah tangga tidak hanya membuat pekerjaan tersebut lebih cepat selesai, tapi juga lebih menyenangkan, bisa membantu menguatkan ikatan di antara kami, dan sangat bermanfaat bagi anak-anak yang sedang belajar mandiri.

6. Mengenalkan tanggung jawab

Setiap anggota keluarga memiliki tanggung jawabnya masing-masing. Sebagai seorang ibu, saya tentu saja bertanggung jawab terhadap pekerjaan dapur dan berbagai pekerjaan rumah tangga lainnya seperti mencuci dan setrika.

Begitu juga dengan suami yang bertanggung jawab untuk mencari nafkah dan ikut membantu saya menyelesaikan berbagai pekerjaan rumah tangga yang bisa dilakukannya.

Lalu, anak-anak juga memiliki tanggung jawab mereka masing-masing. Mengenalkan tanggung jawab kepada anak-anak sejak dini juga sama bermanfaatnya dengan mengajarkan mereka mandiri.

Diantara tanggung jawab anak-anak adalah, membereskan mainan mereka setelah selesai bermain; menggantung baju dan tas mereka sepulang sekolah; menaruh pakaian-pakaian kotor mereka langsung di keranjang tempat pakaian kotor; atau mencuci peralatan makan yang mereka gunakan setelah mereka bisa melakukannya.

Felancy Activewear

Seperti janji saya pada poin pertama tadi. Saya akan sedikit mengulas tentang Felancy Activewear berbentuk sport vest (bra) yang saya beli beberapa waktu lalu.

Sejauh ini, hanya active wear (bra) merk Felancy yang pernah saya gunakan. Karena itu, merek ini pulalah yang saya sarankan jika suatu saat Anda ingin membeli active bra.

Karena seperti berbagai produk yang pernah saya review di blog ini, saya hanya menyarankan produk-produk yang pernah saya pakai. Kemudian saya review berdasarkan pengalaman pribadi.

Berdasarkan pengalaman saya sendiri. Saya merasa, active bra dari merk Felancy ini sangat nyaman digunakan. Bahannya benar-benar lembut dan pas di tubuh, terasa ringan, bisa menyerap keringat, dan sangat elastis sehingga saya bebas bergerak. Saya juga merasa lebih percaya diri saat menggunakannya ketika berolahraga atau melakukan berbagai aktivitas lainnya.

BTW, saya baru mencoba membeli activewear tipe Felancy Sport Fashion Vest Bra 070-80044. Saya sengaja memilih yang harganya agak murah untuk coba-coba. Karena kalau tidak nyaman, saya tidak akan terlalu rugi.

Tapi setelah membeli dan mencoba, bahkan untuk tipe yang paling murah, saya langsung merasa nyaman dan benar-benar terkesan. Sehingga, kalau nanti ada kesempatan, saya pasti akan membeli yang lebih baik.

Seperti yang saya katakan tadi di atas, tipe yang saya pilih adalah Felancy Sport Fashion Vest Bra 070-80044 berwarna orange dan ungu.

Sedangkan untuk ukurannya, hanya terdapat satu sisi yaitu free size. Namun, dengan bentuknya yang elastis, saya rasa, free size ini bisa tetap nyaman digunakan oleh siapapun yang punya lingkar dada antara 73 – 80 cm.

Untuk perawatannya, bisa dibilang sangat mudah ya... Karena activewear ini terbuat dari bahan stretch (elastis), tidak menggunakan kawat penyangga (wireless bra), dan tidak menggunakan hub (pengait) di bagian belakang.

Meski demikian, agar lebih awet digunakan, bra ini sebaiknya,

  • Dicuci dengan tangan
  • Sebaiknya tidak dicuci dengan air panas
  • Dicuci sebelum digunakan
  • Dicuci dengan pakaian pakaian yang berwarna sama
  • Sebaiknya tidak dicuci dengan menggunakan pemutih. Dan,
  • Tidak perlu disetrika

1. Harga Felancy Sport Fashion Vest Bra

Berapa harga Felancy Sport Fashion Vest Bra seperti yang saya beli?

Saat saya beli, bra ini dijual dengan harga sekitar Rp110.000 per pieces. Tapi beruntung, saat itu sedang ada diskon nyaris 50%. Saat menulis artikel ini, saya juga sudah mengecek kembali harganya, dan masih didiskon.

Jadi, kalau kalian tertarik untuk mencoba menggunakan sport bra untuk olahraga atau melakukan aktivitas yang mengharuskan kita untuk banyak bergerak, langsung saja cus ke website-nya.

2. Mengenal Merk Felancy 

Bagi teman-teman yang masih asing dengan merk Felancy, ini adalah salah satu brand pakaian wanita terbaik yang menawarkan, pakaian kasual dan pakaian dalam wanita seperti termasuk lingerie hingga bra.

Selain menawarkan sport bra, merk Felancy juga menawarkan sleepwear, sport bra, korset, body shape, hingga berbagai keperluan maternity (setelah melahirkan). Misalnya, bra untuk menyusui, sabuk untuk melangsingkan perut, hingga maternity panty.

MESA Club

Mumpung saya membahas tentang pakaian dalam. Sebagai emak-emak, saya juga sudah pasti akan membocorkan bagaimana caranya agar kita semua bisa belanja murah. Tau kan maksud saya?

Kalau mau beli daleman murah di semua Mesa Group, saya sarankan untuk join di Mesa Club. Supaya bisa dapat potongan harga Rp. 25.000 dengan minimal belanja Rp. 100.000 menggunakan promo kode yang akan saya berikan di bagian bawah nanti.

Untuk mendaftar, langkahnya sangat sederhana,

  1. Pastikan settingan kamera hp bisa membaca QR Code
  2. Sentuh icon QR Code yang muncul
  3. Tekan tombol "Go to website"
  4. Tekan tombol "Registrasi" kemudian lengkapi data yang diminta sesuai foto berikut
  5. Saat mengisi password, pastikan kamu menggunakan password yang kuat. Misalnya dengan mengkombinasikan antara huruf kecil dan besar, angka, serta tanda baca tertentu

Seperti yang saya janjikan tadi. Jika ingin dapat potongan harga Rp25.000 dengan minimal belanja Rp100.000, kita bisa menggunakan promo kode: Comfywithfelancy yang berlaku hingga tanggal 30 September 2022. Jadi, buruan ya… supaya nggak kelewatan.

Selain keuntungan tersebut, mendaftar jadi member Mesa Club juga akan memberikan kita beberapa keuntungan lain lho. Misalnya,

  • Akan langsung dapat poin 10.000 pada registrasi awal
  • Belanja minimal Rp. 10.000 akan dapat poin 100 dan berlaku kelipatannya
  • Kalau kita sudah belanja minimal Rp100.000, kita juga akan memperoleh birthday gift sebesar 100.000 poin
  • Poin-poin yang sudah kita kumpulkan bisa kita gunakan untuk mendapatkan potongan harga saat belanja di tokoh-tokoh seperti, toko Minoshe, the Brahouse, Women's Co., Intimo, serta toko online Mesa Group
  • Kita bisa membayar menggunakan poin maksimal 75% dari total poin

Gimana? Cukup menarik kan? Nah, tunggu apa lagi! Segera daftar jadi di member Mesa Club supaya bisa belanja pakaian dalam wanita dengan harga yang lebih murah ya.

Previous Post
Next Post

post written by:

Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

0 comments: