Tips Merawat Luka Diabetes

by - 16:57:00

Naiknya kadar gula dalam darah bisa mengakibatkan berbagai komplikasi. Salah satunya adalah dinding pembuluh darah arteri mengeras dan menyempit. Karena itu, aliran darah dari jantung menuju seluruh bagian tubuh penderita diabetes jadi terhambat. Padahal, saat ada bagian tubuh yang terluka, luka tersebut sangat memerlukan oksigen dan nutrisi yang terkandung dalam darah agar sembuh. Karena bagian yang luka tidak mendapat asupan oksigen dan nutrisi yang cukup, sel-sel tubuh pun semakin sulit memperbaiki kerusakan jaringan dan saraf, maka Mengobati luka pada pasien diabetes harus secara menyeluruh karena luka agar tidak bertambah parah.



Kekebalan tubuh lemah, Tingginya kadar gula dalam darah penderita diabetes membuat sel-sel yang bertugas untuk menjaga kekebalan tubuh melemah. Itulah sebabnya, luka sedikit saja bisa menjadi infeksi parah yang sulit diobati. Saat luka menjadi borok, sel-sel imun tetap tak bisa memperbaiki kerusakannya dengan cepat. Tips merawat luka diabetes, Penting bagi penderita diabetes untuk memperhatikan langkah-langkah berikut ini supaya terhindar dari borok luka atau amputasi. Jangan menyepelekan luka. Segera bersihkan luka sekecil apapun dan obati sebelum luka tersebut bertambah parah. Langsung bersihkan luka. Untuk mencegah infeksi, segera basuh luka dengan air yang mengalir. Oleskan salep antibiotik untuk mengobati luka. Kemudian, tutup dengan kasa atau perban steril.

Rajin mengecek luka dan mengganti perban. Bersihkan luka setiap hari. Oleskan kembali salep antiseptik dan ganti perban dengan yang baru. Sambil melakukannya, periksalah apakah luka tersebut membaik atau bertambah parah. Hindari asupan yang memicu terjadinya lonjakan gula darah selama proses penyembuhan luka. Gula darah yang tinggi hanya akan memperlambat proses penyembuhan luka dan dapat menimbulkan berbagai komplikasi yang merugikan. Periksa ke dokter. Segera hubungi dokter kalau luka semakin parah dan muncul gejala infeksi seperti bengkak, bernanah, atau demam. Termasuk, bila Kamu menemukan luka borok di kulit. Untuk berbagai tips tentang bagaimana cara merawat luka pada penderita diabet langsung klik saja laman https://www.guesehat.com/. Agar penyembuhan luka tetap bisa terjaga.

You May Also Like

0 comments