Sunday 1 October 2023

Sambal Ini Jadi Pilihan No 1, Ternyata Cabai Hiyung yang Jadi Salah Satu Resep Rahasianya!

Siapa sih yang nggak suka makan ditemani sambal yang pedas dan nikmat? Semua keluarga Indonesia , apapun makanannya, belum terasa lengkap kalau tidak ada rasa pedas dan cabainya. Bicara mengenai cabai, menurut data Food and Agriculture Organization (FAO), Indonesia adalah penghasil cabai no. 4 terbesar di dunia! Tidak heran kalau setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas tanaman cabai tersendiri, salah satunya bernama Cabai Hiyung.


Fakta Menarik Seputar Cabai Hiyung

Cabai Hiyung adalah jenis cabai kecil yang terkenal pedas di Indonesia. Cabai ini memiliki sejarah yang panjang dan telah menjadi bahan makanan terbaik sejak zaman dahulu.

Cabai Hiyung ini memiliki karakteristik fisik yang khas. Bentuknya kecil dan lonjong, berwarna hijau saat masih muda dan berubah menjadi merah saat sudah matang.

Cabai ini biasanya dipanen saat masih muda, ketika ukurannya masih sekitar 1-2 cm. Rasa Cabai Hiyung sangat pedas dan aromanya khas dan menyengat.

Dibalik rasanya yang khas dan enak, cabai ini memiliki nilai gizi yang tinggi dan kaya akan vitamin C, antioksidan, serta senyawa-senyawa aktif lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Nama Hiyung yang melekat pada cabai ini sebenarnya berasal dari tempat budidaya cabai ini, yaitu di Desa Hiyung, Tapin, Kalimantan Selatan.

Menurut beberapa sumber, cabai ini pada awalnya berasal dari Desa Linuh. Kemudian, oleh seorang petani bernama M. Khalilurrahman atau dikenal dengan Pak Barjo, cabai ini dibudidayakan secara masif di Desa Hiyung.

Karakteristik tanah rawa-rawa dengan tingkat keasaman yang tinggi yang ada di desa Hiyung, sangat cocok dengan cabai ini. Karena itu, tidak mengherankan jika cabai ini bisa tumbuh baik di sana.

Apalagi, penanaman Cabai Hyung ini juga melibatkan penggunaan mulsa untuk menjaga kelembaban tanah sekaligus mencegah tumbuhnya gulma, melindungi tanaman dari sengatan sinar matahari, dan mengurangi evaporasi tanah.

Bandingkan dengan cabai biasa pada umumnya, Cabai Hiyung memiliki banyak keunggulan. Di samping cita rasanya yang terkenal khas dan enak, cabai ini juga terkenal memiliki dan tingkat kepedasan yang cukup kuat.

Cabai Hiyung Menjadi Salah Satu Rahasia Dibalik Kelezatan Sambal ABC

Cara tanam yang spesial dan perlakuan khusus dari petani di Desa Hiyung, Tapin, Kalimantan, membuat Cabai Hiyung menjadi salah satu cabai terbaik di Indonesia.

Cabai Hiyung yang dirawat dan dipetik langsung oleh petani di Kalimantan tersebut kemudian akan diseleksi untuk dipilih yang terbaik. Pilihan tersebut lah yang menjadi salah satu bahan utama Sambal ABC. 

Rasa Sambal ABC yang menggugah selera bukan sambal biasa. Ini adalah sambal spesial dengan kualitas rasa yang lezat. Sangat cocok dengan lidah masyarakat Indonesia, dan cocok juga dikombinasikan dengan berbagai jenis makanan Indonesia.

Sambal ABC: Bukan Sambal Biasa!

Berbagai varian Sambal ABC yang dibuat dari cabai berkualitas dan cocok dengan makanan apapun ini, selalu bisa menggugah selera.

Kalau kamu, varian Sambal ABC apa yang jadi favoritmu? Tulis di kolom komentar ya!

Kamu yang ngaku penggemar Sambal ABC wajib nyobain dan nyetok kelima varian Sambal ABC. Mulai dari, ABC Sambal Asli, Sambal Extra Pedas, Sambal Bawang Pedas, Sambal Manis Pedas, dan Sambal Ayam Goreng.

Selain bisa beli di pasar atau warung-warung terdekat, berbagai varian Sambal ABC ini juga bisa kalian beli di toko online seperti: Shopee, Tokopedia, Lazada dan Blibli dan pastikan kamu beli di Official Store ABC Heinz Indonesia. 

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk segera beli kelima varian Sambal ABC dan nikmati Sambal ABC yang lezat dan berkualitas! Klik link berikut ini untuk tau info menarik lainnya! 

Previous Post
Next Post

post written by:

Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

0 comments: