Wednesday 25 October 2023

Bagaimana Sih Menulis Novel Romantis yang Baik untuk Pemula?

Bagi sebagian orang, menjadi penulis novel romantis tentu hal yang mudah dilakukan, namun untuk orang lainnya, menulis novel romantis adalah hal yang sulit dilakukan. 

Tentu saja ini diluar kendala writers block yang lain yang semua penulis miliki, Ada banyak kendala lain yang dialami oleh penulis novel romantis.


Mulai dari alur cerita yang mudah terprediksi oleh pembaca, sulitnya mendapatkan karakter yang bisa terhubung dengan pembaca hingga kesempurnaan karakter yang terlalu sempurna hingga karakter tersebut terlihat seperti tidak nyata.

Kendala yang lain yang juga sangat umum dialami adalah, karena banyaknya cerita novel romantis, menghindari pola cerita yang mirip dengan cerita-cerita yang sudah sering dilakukan adalah hal yang sulit dilakukan.

Untuk mendapatkan plot cerita yang berbeda dari yang lain merupakan tantangan tersendiri untuk penulis.

Selain itu, novel romantis yang sering menjebak adalah moment-moment romantis seperti hujan turun, senja serta saat mentari terbit adalah hal-hal klise yang menuntut penulis harus menemukan hal romantis lainnya yang berbeda.

Lalu bagaimana cara agar kita bisa menghindari hal tersebut?

Fokus pada perkembangan hubungan

Setiap penulis tentu menciptakan karakternya sendiri dengan cara yang berbeda. Dari pada terjebak dengan momen-momen romantis yang terpikirkan oleh banyak orang, terus mengembangkan hubungan karakter utama akan membuat penulis novel romantis bisa terus menulis.

Out of the box dan Berani Menciptakan karakter yang Unik

Kisah dalam novel romantis selalu menjadikan karakter utama terlihat biasa saja. Kamu bisa mulai dengan menggabungkan elemen-elemen dari genre lain ke dalam novelmu untuk menciptakan karakter yang berbeda. Intinya, penulis harus berani out of the box dan mencoba hal baru.

Selain itu, kamu juga bisa membaca banyak novel romantis yang ada di GoodDreamer.id untuk menemukan karakter-karakter uang unik dan akan membuatmu menemukan ide baru serta terhindar dari hal-hal klise saat menulis novel romantis. 

Novel romantis

Karakterisasi yang Mendalam

Tidak salah jika kamu memberikan karaktermu latar belakang, motivasi dan emosi yang mendalam. Hal ini akan menghubungkan pembaca dengan novelmu. Kamu bisa menciptakan karakter dari orang-orang disekitarmu atau orang yang kamu anggap sempurna. Lalu buatlah ia terlihat seperti nyata.

Hal ini bisa kamu mulai dari pendalaman motivasi dan tujuan setiap karakter dalam novel. Kemudian kamu juga menyisipkan konflik internal yang kuat, latar belakang yang mempengaruhi karakter, kelemahan dan kekuatan serta kedalaman emosional karakter.

Kamu bisa menjelajahi emosi karakter dengan mendalam seperti tentang mereka sendiri, perasaannya dan semua hal yang ada hubungannya dengan mereka. Perpaduan ini akan membuat karakter yang unik dan berbeda.

Membuat sudut pandang alternatif

Kamu bisa membuat berbagai sudut pandang yang bisa dijadikan alur cerita novel romantis. Diantaranya adalah, sudut pandang karakter pendukung, sudut pandang orang ketiga, sudut pandang tukang cerita, sudut pandang dari masa depan, sudut pandang historis dan masih banyak lagi.

Hal ini akan membuat novel romantis yang kamu buat akan terlihat berbeda.

Pelajari Genre dengan Baik

Penting sekali menentukan genre novel romantis yang akan kamu tulis sejak awal agar cerita tetap fokus dan menghasilkan cerita yang menarik.

Genre yang bisa kamu coba diantaranya adalah romantis para normal, romantis fantasi, romantis Sci-Fi, romantis misteri dan jangan lupa juga untuk memasukkan genre romantis komedi didalamnya.

Dengan begitu, kamu akan menemukan ide-ide baru yang akan membuatmu mudah dalam menulis novel romantis. Ingat.. Semua orang bisa menulis novel karena ia memiliki kisah dan imajinasi masing-masing yang berbeda dan unik.

Semoga artikel ini membantu yaaa… dan kamu bisa menemukan karakter dan genre cerita novel romantis milikmu dengan gaya yang berbeda. 

Silahkan langsung kunjungi https://gooddreamer.id/novel_romantis untuk menemukan banyak referensi novel romantisnya yaaa..

Previous Post
Next Post

post written by:

Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

0 comments: